15 Masalah Umum PC dan Cara Mengatasinya – masalah dengan semua dalam satu komputer

Anda tidak perlu lari ke bengkel setiap kali PC Anda bermasalah. Banyak masalah PC umum memiliki solusi yang agak sederhana, dan Anda

Anda sedang menonton: masalah dengan semua dalam satu komputer

Anda tidak perlu menjalankan bengkel setiap kali PC Anda berakhir dengan masalah. Banyak masalah umum PC memiliki solusi yang cukup sederhana, dan Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan beberapa langkah sederhana.

Untuk membantu Anda memecahkan sendiri masalah umum PC, saya telah membuat daftar 15 masalah perangkat keras PC yang paling umum dan apa pilihan Anda jika Anda menghadapinya.

1. PC Terlalu Panas

PC yang memanas memperlambat seluruh sistem dan menyebabkan sering mogok. Selain itu, komponen PC juga dapat rusak secara permanen karena terpapar panas secara terus-menerus.

Ada dua alasan utama PC Anda memanas, yaitu sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik atau PC memanas hingga sistem pendingin Anda tidak dapat menanganinya lagi. Dalam kedua kasus tersebut, saya telah menulis artikel komprehensif tentang solusi yang berbeda untuk menangani PC yang terlalu panas. Silakan periksa.

2. Port USB Tidak Berfungsi

Jika port USB Anda berhenti berfungsi, tidak perlu rusak. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat memperbaiki masalah ini:

Metode 1: Mulai ulang PC

Menyalakan ulang PC adalah jawaban untuk banyak masalah, dan ini juga merupakan solusi umum untuk masalah port USB.

Metode 2: Copot driver port USB

Mencopot driver port USB akan memaksa Windows untuk menginstal ulang ketika Anda akan me-restart PC. Ini dapat memperbaiki masalah. Berikut cara melakukannya:

  1. Tekan tombol

    Windows

    +

    R

    dan masukkan devmgmt.msc pada dialog Run untuk membuka Pengelola Perangkat.

  2. Di sini, perluas opsi Universal Serial Bus controllers.
  3. Sekarang klik kanan entri USB Host Controller lalu klik Copot pemasangan.
  4. Ulangi ini untuk semua entri dengan USB Host Controller untuk menghapus driver untuk semua port USB.
  5. Setelah dihapus, mulai ulang PC dan Windows akan menginstal ulang driver secara otomatis dan memperbaiki masalah driver apa pun.

pencopotan masalah perangkat keras

Metode 3: Nonaktifkan penangguhan selektif USB

USB Selective Suspend adalah fitur hemat daya Windows yang menangguhkan port USB yang tidak digunakan atau tidak digunakan untuk menghemat daya. Terkadang itu bisa menghentikan port USB agar tidak berfungsi. Berikut cara menonaktifkannya:

  1. Tekan tombol

    Windows

    +

    R

    dan ketik powercfg.cpl pada dialog Run untuk membuka Opsi Windows Power.

  2. Di sini, klik Ubah setelan paket di samping paket Anda saat ini, lalu klik Ubah setelan daya lanjutan.
  3. Sekarang, perluas setelan USB dan nonaktifkan setelan penangguhan selektif USB.
  4. Mulai ulang PC untuk melihat apakah masalah port USB telah diperbaiki.

nonaktifkan usb suspend

Catatan: Opsi ini harus tetap diaktifkan jika Anda ingin menghemat daya baterai. Jika tidak memperbaiki masalah port USB, aktifkan kembali.

3. PC terus terputus dari WiFi

Jika Wi-Fi Anda berfungsi dengan baik tetapi PC Anda terus terputus darinya, maka kartu jaringan PC Anda mungkin tidak menerima daya penuh. Windows memiliki opsi penghemat daya bawaan yang memberikan lebih sedikit daya ke kartu jaringan. Anda perlu menonaktifkan fitur ini:

  1. Buka Setelan lanjutan di Opsi Daya.
  2. Di sini perluas Setelan Adaptor Nirkabel, lalu luaskan Mode Hemat Daya.
  3. Setel ini ke Kinerja Maksimum.

kinerja maksimal

4. PC berbunyi

Motherboard PC cukup pintar untuk mendeteksi masalah dan membunyikan bip dalam ritme yang berbeda untuk memberitahu Anda. Berikut adalah artikel tentang apa artinya sebenarnya ketika PC berbunyi bip beberapa kali.

Jika PC tidak mulai setelah bunyi bip, biasanya masalah akan sulit diselesaikan sendiri. Namun, saya akan membuat daftar dua masalah paling umum yang menyebabkan bunyi bip terjadi, dan untungnya, Anda juga dapat menyelesaikannya sendiri.

Masalah 1: RAM tidak pada tempatnya

Masalah yang baru-baru ini saya tangani. Jika RAM di dalam PC Anda terlepas atau tidak pada tempatnya, PC Anda akan berbunyi bip 2-3 kali dan tidak bisa boot sama sekali. Solusinya sederhana, buka PC (pengguna laptop harus membiarkan ahlinya menangani ini) dan masukkan kembali RAM. Begini caranya:

  1. Keluarkan RAM sepenuhnya dan bersihkan semua kotoran di dalam slot menggunakan cotton bud.
  2. Sekarang masukkan kembali RAM dan berikan tekanan yang cukup pada kedua ujungnya untuk memastikan RAM sepenuhnya berada di dalam.
  3. Setelah itu, tutup klip dan pastikan terkunci dengan benar. Bahkan RAM yang sedikit longgar tidak akan dapat berfungsi.

Video ini akan membantu Anda memasang RAM dengan benar

Masalah 2: Perangkat keras yang baru ditambahkan

Komponen perangkat keras yang rusak atau tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan bunyi bip. Keluarkan komponen perangkat keras yang baru ditambahkan dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah. Jika PC berfungsi dengan baik setelahnya, pasang dengan benar atau perbaiki (atau ganti).

5. Kipas PC tidak berfungsi

Jika Anda melihat satu atau lebih kipas di PC Anda tidak berfungsi, itu mungkin karena kotoran di dalamnya. Anda harus membuka PC dan menggunakan kaleng udara bertekanan atau peniup daun untuk membersihkan kipas dan komponen lainnya.

Berikut adalah video untuk membantu Anda dalam proses pembersihan:

Jika bukan masalah kotoran, Anda juga dapat menggunakan aplikasi SpeedFan untuk melihat apa masalahnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengontrol kipas agar berfungsi kembali. Meskipun motherboard PC Anda harus mendukung kontrol kipas untuk menggunakan aplikasi ini.

Windows

+

R

dan ketik msconfig pada dialog Run untuk membuka Konfigurasi Sistem.

  • Pindah ke tab Boot dan klik Opsi lanjutan.
  • Sekarang centang kotak di samping Memori maksimum dan masukkan jumlah maksimum RAM yang telah Anda pasang (dalam MB).
  • Klik OK dan mulai ulang PC agar berfungsi.
  • system config

    Sebaiknya Anda tahu: Saat melakukannya, Anda juga harus mencentang kotak di samping opsi Jumlah prosesor dan memastikan PC Anda menggunakan semua inti CPU sebagai dengan baik. Setel ke jumlah maksimum jika Anda ingin menggunakan semua daya CPU.

    Jika ini tidak menyelesaikan masalah, maka ada juga kemungkinan salah satu RAM tidak terpasang dengan benar. Coba instal ulang.

    7. Penggemar yang bekerja terlalu keras

    Kipas PC Anda bekerja sesuai dengan seberapa panas PC Anda. Semakin tinggi suhu, semakin cepat kipas akan bekerja. Jika suhu PC Anda baik-baik saja (Anda dapat menggunakan HWMonitor untuk memeriksanya), tetapi kipas bekerja dengan kecepatan penuh; maka Anda harus mengontrolnya secara manual.

    Anda juga dapat menggunakan aplikasi SpeedFan untuk tujuan ini. Ini akan memberi tahu Anda kecepatan lari semua kipas di dalam PC Anda sehingga Anda dapat mengatur kecepatannya. Jangan khawatir tentang kompatibilitas aplikasi, masalah kipas yang bekerja terlalu keras hanya terjadi pada motherboard yang dapat mengontrol kipas.

    8. PC mogok sebelum memuat OS

    Jika PC Anda hanya menampilkan logo pabrikan dan kemudian mogok tepat sebelum seharusnya memuat sistem operasi, maka itu adalah masalah dengan RAM atau hard disk. Karena OS tidak dapat memuat, maka RAM rusak dan tidak dapat menahan boot loader atau hard drive rusak dan tidak dapat memuat data di dalamnya.

    Jika Anda memiliki beberapa slot RAM, maka mengeluarkan masing-masing satu per satu dan memulai PC akan membantu menemukan pelakunya. Pada akhirnya, Anda harus mengganti RAM atau hard disk yang rusak, mana saja yang bermasalah.

    9. PC tidak menyala

    Jika PC Anda tidak menyala sama sekali – bahkan tidak ada satu lampu pun di dalamnya, pasti ada masalah dengan sumber listriknya.

    Pengguna desktop: Jika kabel ekstensi, stopkontak, dan sambungan lainnya PC Anda berfungsi dengan baik, mungkin masalahnya ada pada kabel daya PC. Ganti kabel daya monitor dengan CPU (jika Anda tidak memiliki cadangan) untuk melihat apakah kabel tersebut menyala. Anda harus mendapatkan kabel daya baru jika ini memperbaiki masalah.

    Pengguna laptop: Keluarkan baterai dan pasang kembali sebelum memulai laptop. Jika tidak berhasil, keluarkan baterai lagi dan sambungkan kabel pengisi daya ke laptop. Mulai PC dengan daya pengisi daya dan lihat apakah itu berfungsi. Anda harus mengganti baterai jika masalah ini teratasi.

    Catatan: Anda juga harus menghapus semua jenis perangkat eksternal yang terhubung ke PC Anda saat mencoba ini. Perangkat yang tidak berfungsi dapat menyebabkan masalah ini.

    10. PC Berisik

    Jika Anda mendengar banyak suara tambahan saat menggunakan PC, kemungkinan besar Anda harus membersihkannya. Bersihkan atau gunakan sekaleng udara bertekanan atau peniup daun untuk membersihkannya sendiri. Jika Anda telah meng-overclock GPU dan CPU PC Anda, itu juga bisa menjadi penyebab gangguan tersebut.

    Berikut adalah video dengan metode sederhana untuk membersihkan PC Anda:

    Ada juga kemungkinan disk di dalam DVD ROM mengeluarkan suara ekstra. Anda dapat memeriksa artikel ini tentang semua komponen PC yang menimbulkan gangguan untuk informasi selengkapnya.

    11. Hard drive berisik

    Jika Anda mendengar suara klik atau gerinda dari hard drive, mungkin sudah waktunya untuk mendapatkan yang baru. Hard drive memiliki masa pakai yang terbatas dan suara keras adalah tanda utama kerusakan hard drive yang hampir terjadi. Anda dapat menggunakan alat pemantauan hard drive CrystalDiskInfo untuk memeriksa kesehatan hard drive Anda. Alat ini akan memberi tahu Anda kondisi hard drive saat ini dengan tanda seperti “Baik”, “Awas” atau “Buruk”.

    BlueScreenView adalah utilitas Nirsoft hebat yang akan menampilkan informasi penting jika Anda baru saja mengalami Blue Screen of Death. Anda harus dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah menggunakan informasi ini. Berikut adalah beberapa alasan umum untuk BSOD dan solusinya.

    1. Driver rusak

    Driver yang rusak mungkin menjadi penyebab BSOD. Untuk mengetahuinya, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Pengelola Perangkat dengan mengetikkan devmgmt.msc di Run.
    2. Di sini perluas setiap menu dan cari ikon segitiga kuning di samping setiap driver.
    3. Jika Anda menemukannya, klik kanan padanya dan pilih Perbarui Perangkat Lunak Pengemudi untuk memperbarui drivernya.

    perbarui driver

    Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga sepertiIObit Driver Booster untuk menemukan dan memperbaiki masalah driver secara otomatis.

    2. Terlalu banyak tekanan pada RAM

    Jika Anda membuka terlalu banyak program yang tidak dapat ditangani oleh RAM, maka sistem dapat membeku dan menampilkan BSOD. Untuk itu, Anda sebaiknya berhenti membuka terlalu banyak program atau meningkatkan RAM.

    3. Hard disk rusak

    BSOD juga merupakan tanda hard disk sekarat, gunakan petunjuk pada masalah #11 di atas untuk mengidentifikasi masalah hard disk.

    4. Pemanasan PC

    Memanaskan PC juga menyebabkan BSOD jika terlalu banyak tekanan pada komponen. Gunakan instruksi pada soal #1 untuk menyelesaikannya.

    13. Monitor kosong

    Jika monitor Anda tidak menampilkan apa-apa, ini bisa menjadi masalah dengan monitor itu sendiri atau kartu grafisnya. Anda harus menghubungkan monitor ke PC lain untuk melihat apakah masalahnya ada pada PC atau monitor.

    Jika monitor tidak menyala sama sekali, ganti kabel daya dengan yang berfungsi dan lihat apakah itu membantu. Berikut ini artikel bagus tentang cara memperbaiki monitor yang tidak menampilkan apa pun.

    14. Monitor menjadi hitam setelah beberapa detik

    Jika monitor menjadi hitam setelah beberapa detik ditampilkan, mungkin ada masalah dengan kualitas warna atau penyesuaian layar. Tekan tombol penyesuaian otomatis pada monitor Anda untuk melihat apakah itu memperbaikinya. Jika tidak, Anda harus mengubah warna tampilan dari 32bit menjadi 16 bit.

    Anda dapat menghubungkan PC ke monitor lain untuk menyesuaikan warna dari setelan kartu grafis. Menekan penyesuaian otomatis dapat menampilkan tampilan selama beberapa detik. Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dan menyesuaikan warna sambil menekan penyesuaian otomatis.

    15. Masalah keyboard

    Jika keyboard Anda mengeluarkan suara dan tidak dapat mengetik kata berulang dengan benar, berarti tidak ada masalah dengan keyboard. Anda harus mengaktifkan tombol sakelar dan tombol filter di pengaturan Windows yang menyebabkan masalah seperti itu. Untuk menonaktifkannya:

    1. Buka Panel Kontrol dan klik Kemudahan Akses.
    2. Di sini klik tombol Ubah cara kerja keyboard Anda.
    3. Sekarang hapus centang pada kotak di samping Toggle keys dan Filter Keys untuk mengatasi masalah ini.

    filter keys


    Cara Memperbaiki Mouse Kiri- klik Kerusakan di Windows

    Cara Memperbaiki Kerusakan Klik Kiri Mouse di Windows

    Klik kiri mouse Anda adalah fungsi yang paling sering digunakan untuk membantu membuka file dan program serta mengonfirmasi perintah… Baca selengkapnya

    Pembulatan

    Banyak masalah perangkat keras di atas dapat dengan mudah diperbaiki dengan mengubah setelan atau menggunakan perangkat lunak. Namun, beberapa di antaranya pasti mengharuskan Anda untuk mengunjungi bengkel komputer.

    Setidaknya ada baiknya mengetahui apa yang salah dengan PC Anda sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang sesuai. Beri tahu kami di komentar jika Anda menghadapi masalah perangkat keras PC sebelumnya dan bagaimana Anda menyelesaikannya.


    Melihat informasi lebih lanjut terkait topik masalah dengan semua dalam satu komputer

    Masalah umum dalam penggunaan komputer bye: maz yuga…

    alt

    • Penulis: Konten Maz yuga
    • Tanggal posting: 2022-04-06
    • Nilai: 4 ⭐ ( 2471 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian: presentasi
      pembelajarandaring
      mahasiswa

      assalamu’alaikum….
      sanak….
      den izin ya sanak post tugas disini..
      jangan lupa di share ya sanak…
      dan satu lagi like & subscribe nya jgn lupa sanak…

      next video bakalan diperbaiki lagi…

      ohayu….

      bye. maz_yuga

    • Penulis: www.idntimes.com
    • Nilai: 3 ⭐ ( 2931 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian:

    6 Masalah Pada Jaringan Komputer, Penyebab Dan Solusinya

    • Penulis: www.orapada.com
    • Nilai: 5 ⭐ ( 6259 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian: Mengalami masalah pada jaringan komputer merupakan hal yang sangat menyebalkan. Pasalnya kini semua aktivitas manusia terhubung melalui jaringan komputer.

    Masalah Umum pada Komputer dan Cara Mengatasinya

    • Penulis: racun97.wordpress.com
    • Nilai: 5 ⭐ ( 7611 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian: Setelah sekian lama menjalani aktivitas mengotak-atik komputer, berdasarkan pengalaman, akhirnya saya dapat menemukan beberapa permasalahan yang umum terjadi pada komputer. Permasalahan-permasalahan ini menyangkut hardware komputer. Berikut ini adalah beberapa permasalahan umum yang terjadi pada komputer beserta solusi-solusi untuk mengtasinya. 1. Masalah Pada Power Supply Gejala : Jika setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada…

    Masalah dan Solusi pada Komputer

    • Penulis: satutempat.wordpress.com
    • Nilai: 3 ⭐ ( 9494 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian: 1. Masalah Pada Power Supply Gejala : Jika setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala . Apa yang harus kita lakukan? Solusi : Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa…

    • Penulis: ppii.uitm.edu.my
    • Nilai: 4 ⭐ ( 5982 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian:

    Masalah-masalah yang Sering Terjadi Pada Komputer

    • Penulis: www.kompasiana.com
    • Nilai: 3 ⭐ ( 2090 peringkat )
    • Cocokkan hasil pencarian: Permasalahan yang sering terjadi pada komputer dan Laptop – Pernahkah Anda bermasalah dengan PC, komputer atau Laptop di rumah atau di kantor, padahal

    Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

    Xem Thêm  Panduan pembelian MacBook 2022: Laptop Mac mana yang terbaik? - komputer apple mana yang harus saya beli?