20 Cara Mudah Mempercepat & Membersihkan PC Anda di 2022 – cara mudah mempercepat komputer

Ingin meningkatkan kecepatan PC Anda? Lihat daftar rinci tips kami yang dapat Anda ikuti untuk mempercepat komputer Anda dan mengidentifikasi virus potensial.

Anda sedang menonton : cara mudah mempercepat komputer


Alex Kassian

Alex Kassian


20 Cara Mudah Mempercepat & Membersihkan PC Anda di 2022

Kurang waktu? Inilah cara tercepat, tercepat, dan termudah untuk mempercepat (dan membersihkan) komputer Anda:

  • Download TotalAV — program ini memiliki salah satu pengoptimal sistem dan kinerja Windows terbaik di pasar. Cukup instal program dan Pengoptimal Otomatis akan meningkatkan kecepatan CPU, mengurangi waktu mulai, mengurangi jeda, membersihkan sampah sistem, menghapus file duplikat dan cache, dan melakukan lebih banyak lagi.

Jika komputer Anda berjalan lambat, jangan panik.

Performa PC yang lebih lambat dari waktu ke waktu benar-benar normal, terutama setelah bertahun-tahun digunakan terus-menerus. Ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari drive disk yang terlalu penuh hingga kegagalan perangkat keras.

Biasanya, Anda dapat memulihkan mesin Anda kembali ke performa optimalnya dengan beberapa perbaikan sederhana yang dapat dilakukan sebagian besar pengguna non-teknis di rumah.

Berikut adalah 20 solusi sederhana untuk mempercepat dan membersihkan komputer. Perbaikan ini akan membantu Anda mempercepat perangkat secara signifikan, memperpanjang masa pakai PC, serta menghemat waktu dan uang Anda.

Coba TotalAV 30 Hari Bebas Risiko

Mengapa Komputer Lambat Seiring Waktu?

Perlambatan komputer dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Perangkat keras tua dan usang.
  • Masalah perangkat lunak.
  • Virus atau malware sistem.

Setelah bertahun-tahun digunakan terus-menerus, komponen komputer dapat menjadi aus, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih lambat. Ini benar-benar normal, meskipun bisa sedikit mengganggu. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk meningkatkan ke perangkat baru, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat sistem lama.

Selain itu, semakin banyak perangkat lunak yang Anda instal, semakin banyak file yang Anda simpan, dan semakin banyak Anda menggunakan prosesor komputer, semakin keras mesin Anda harus bekerja. Beberapa software mungkin memperlambat sistem Anda secara tidak perlu dengan berjalan di latar belakang, sehingga secara perlahan menguras daya pemrosesan dan masa pakai baterai Anda.

Perlambatan komputer juga dapat disebabkan oleh virus dan malware. Virus dan malware PC seperti ransomware, spyware, dan keylogger dapat masuk ke komputer dengan mudah jika Anda tidak memiliki perlindungan keamanan internet yang tepat. Setelah malware berada di sistem pengguna, terkadang sulit untuk mengetahui keberadaannya, dan menghapusnya bisa menjadi mimpi buruk jika Anda tidak menginstal antivirus yang andal.

Jadi, mari kita bahas 20 cara cepat dan mudah untuk mempercepat dan membersihkan komputer Anda.

1. Restart Komputer Anda

Menyalakan ulang komputer Anda mungkin merupakan perbaikan termudah untuk hampir semua masalah PC, termasuk perlambatan sistem secara umum. Saat memulai ulang komputer, Anda menghentikan semua perangkat lunak yang sedang berjalan, tugas, proses, dan data terbuka yang menghabiskan daya pemrosesan komputer Anda.

Saat Anda mem-boot ulang, komputer Anda akan memiliki lebih banyak memori bebas untuk dioperasikan, itulah sebabnya kemungkinan besar kinerjanya akan jauh lebih cepat.

Karena memulai ulang mesin Anda hampir tanpa usaha (dan cukup cepat), Anda harus selalu menggunakan metode ini terlebih dahulu sebelum mencoba yang lain.

2. Hentikan Tugas Berat & Program

Perlambatan komputer sering kali terkait dengan program yang membutuhkan banyak RAM, daya CPU, atau ruang hard drive agar dapat berjalan dengan baik.

Anda dapat menutup aplikasi dan program yang tidak digunakan secara manual, atau Anda dapat membuka Pengelola Tugas Windows yang menunjukkan program dan proses latar belakang yang menggunakan sebagian besar RAM, CPU, dan memori Anda.

Untuk melakukannya, buka Task Manager (klik kanan ikon “Windows Start” di pojok kiri bawah, pilih “Task Manager”) temukan program yang ingin Anda tutup di bawah tab “Processes”, pilih program atau proses tertentu yang ingin Anda hentikan, dan klik “End Task” di sudut kanan bawah jendela. Anda juga dapat melakukannya dengan mengeklik kanan program yang ingin Anda tutup dan mengeklik “Akhiri Tugas”.

2. Hentikan Tugas & Program Tugas Berat3. Unduh Program Pengoptimalan Perangkat

Program pengoptimalan perangkat — seperti yang disertakan dengan antivirus seperti Norton dan TotalAV — membuat pembersihan dan mempercepat PC Anda menjadi sangat mudah.

Misalnya, fitur Penyetelan Sistem TotalAV mengelola penggunaan memori perangkat Anda dengan mengidentifikasi aplikasi yang menghabiskan terlalu banyak memori dan sumber daya perangkat Anda dan memberi Anda daftar aplikasi yang disarankan untuk ditutup.

3. Unduh Program Pengoptimalan Perangkatmerek antivirus teratas yang menawarkan fitur pengoptimalan berbasis langganan. Untungnya, semuanya cukup terjangkau. Dan antivirus seperti TotalAV”>TotalAV menawarkan jaminan uang kembali 30 hari, yang berarti Anda dapat mengoptimalkan dan membersihkan PC Anda dan mendapatkan pengembalian dana penuh jika Anda tidak ingin mempertahankan program — membuat perbaikan ini benar-benar gratis.

4. Hapus Aplikasi, Perangkat Lunak & Bloatware

Jika Anda memiliki terlalu banyak perangkat lunak yang diinstal dan/atau dijalankan, komputer Anda tidak akan secepat dan dioptimalkan sebagaimana mestinya.

Meskipun banyak program penting, Anda harus menghapus apa pun yang tidak lagi Anda gunakan. Anda juga ingin menghapus “bloatware” yang sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar komputer akhir-akhir ini — aplikasi dan utilitas bersponsor yang sebenarnya tidak Anda gunakan.

Untuk menghapus program dan bloatware yang tidak digunakan, klik kanan tombol “Windows Start” di pojok kiri bawah dan pilih “Apps and Features” untuk melihat daftar semua software yang diinstal di komputer Anda. Dari sana, mudah untuk mencopot pemasangan program dan menghentikannya menggunakan sumber daya PC Anda.

4. Hapus Aplikasi, Perangkat Lunak & Bloatware yang Tidak Digunakan5. Hapus File Besar (Secara Manual dan dengan Pembersihan Disk)

Setelah bertahun-tahun digunakan, banyak penyimpanan komputer Anda mungkin berisi data seperti:

  • File sisa dari penginstalan program.
  • Halaman web offline.
  • File sementara.
  • Siapkan file log.
  • Kompresi file.
  • Dan banyak lagi…

Pada akhirnya, file-file ini akan menumpuk menjadi “file monster” yang membuat komputer Anda bekerja lebih keras.

Menghapus file-file ini dapat memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga satu jam (atau bahkan lebih lama), bergantung pada ukurannya. Untuk menghindari menunggu lama, coba bersihkan file yang tidak perlu setelah menyelesaikan setiap tugas.

Untuk melakukannya, klik kanan tombol “Windows Start” dan buka File Explorer. Kemudian pilih “PC Ini”.

Xem Thêm  Komputer Lambat setelah Peningkatan Windows 10 - pembaruan windows 10 memperlambat komputer

Menggunakan kotak pencarian di pojok kanan atas, ketik “size:empty”. Ini akan mengembalikan hasil untuk file yang 0 byte. Anda kemudian dapat mengklik tab “Telusuri” dan memilih ukuran dari “Kosong hingga Raksasa”. Dari sana, hapus salah satu file “Besar”, “Besar”, atau “Raksasa” yang tidak penting.

5. Hapus File Besar (Secara Manual dan dengan Pembersihan Disk)Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi Pembersihan Disk bawaan gratis di Windows untuk membantu Anda menyelesaikan kekacauan digital.

Ketik “Disk Cleanup” di kotak telusur di samping ikon Windows dan klik aplikasi. Kemudian, pilih drive yang ingin Anda akses.

5. Hapus File Besar (Secara Manual dan dengan Pembersihan Disk)6. Hapus File Lama & Unduhan

Utilitas Disk Cleanup sangat cocok untuk menghapus file yang Anda tidak pernah tahu menghabiskan ruang, tetapi kemungkinan Anda memiliki lebih banyak file lama yang dapat dihapus untuk mengosongkan ruang.

Penyebab terbesar yang harus dilihat adalah foto, video, dan file di folder Download Anda. Selama beberapa tahun, folder Unduhan Anda mengumpulkan foto, dokumen, dan lampiran email yang mungkin tidak lagi Anda perlukan — dan mereka menghabiskan banyak ruang di hard drive komputer Anda.

Pertimbangkan untuk memindahkan beberapa file ke platform penyimpanan cloud, seperti OneDrive, atau mencadangkan file ke drive terpisah untuk mengosongkan ruang di penyimpanan komputer utama Anda. Ini dapat meningkatkan kecepatan komputer Anda secara signifikan.

Mencadangkan file juga melindungi Anda jika hard drive Anda rusak, komputer Anda hilang, atau jika terjadi kerusakan lainnya.

Anda dapat menggunakan OneDrive untuk menyimpan apa pun yang tidak perlu sering Anda akses. Ini sudah terpasang di sistem operasi Windows, mudah digunakan, dan gratis.

Untuk mengelola OneDrive Anda, buka File Explorer, klik kanan “OneDrive”, dan klik “Pengaturan”

Anda dapat mengelola semua pengaturan di sana, termasuk kapan dan di mana untuk mencadangkan file lama dan yang tidak digunakan. Jika Anda ingin menghapus sesuatu dari komputer Anda tetapi menyimpannya ke OneDrive, pastikan itu disinkronkan ke awan OneDrive sebelum Anda menghapusnya dari komputer Anda.

7. Kosongkan Recycle Bin Anda

Kebanyakan orang menghapus file, tetapi file ini dipindahkan ke Recycle Bin dan kemudian dilupakan. Penting untuk mengosongkan Recycle Bin secara teratur untuk menghapus file yang terhapus sepenuhnya dari sistem Anda.

7. Kosongkan Tempat Sampah Anda8. Hapus Ekstensi Browser yang Tidak Digunakan

Jika browser internet Anda berjalan lambat, itu mungkin karena Anda memiliki terlalu banyak ekstensi yang berjalan secara bersamaan.

Menghapus ekstensi yang tidak Anda perlukan akan menghemat memori komputer, sehingga mempercepat kinerjanya secara keseluruhan.

Jika Anda menggunakan Google Chrome, cukup klik kanan ikon ekstensi yang ingin Anda hapus dan pilih “Hapus dari Chrome”.

8. Hapus Ekstensi Browser yang Tidak Digunakan9. Hapus Tembolok Peramban, Riwayat & File Internet Sementara

Kecuali Anda memiliki kebutuhan khusus untuk melacak riwayat browser, Anda harus menghapusnya secara teratur. Ini akan mencegah komputer dan browser web Anda tertinggal. Saat menghapus data penjelajahan, Anda juga harus menghapus cookie, gambar yang di-cache, dan file sementara lainnya.

Di Chrome, buka menu utama Chrome (3 titik vertikal) di sudut kanan atas browser Anda dan klik “Riwayat”. Pilih “Hapus data penjelajahan” untuk melihat semua opsi Anda.

9. Hapus Tembolok Peramban, Riwayat & Berkas Internet SementaraTotalAV, yang tidak hanya menawarkan penjelajahan yang aman dengan perlindungan antivirus tetapi juga membersihkan cookie dan riwayat penjelajahan dengan beberapa klik.

Untuk menjaga kecepatan komputer yang stabil, biasakan membersihkan cache browser, riwayat, dan file internet sementara secara teratur.

10. Optimalkan Aplikasi Startup dengan Task Manager

Komputer Anda biasanya meluncurkan semua jenis proses, tugas, dan program yang berbeda saat boot. Beberapa program diperlukan dan bermanfaat, tetapi program lain dapat memperlambat waktu startup secara tidak perlu.

Anda dapat mengelola program startup yang ingin dijalankan di latar belakang menggunakan Pengelola Tugas.

Buka Pengelola Tugas dan pilih tab “Mulai”. Anda akan melihat daftar semua program yang diluncurkan setiap kali komputer dihidupkan (bersama dengan dampak setiap program pada kecepatan startup).

10. Optimalkan Aplikasi Startup dengan Pengelola TugasTotalAV mempermudah proses ini dengan memungkinkan Anda mengaktifkan dan menonaktifkan program startup dengan mudah.

11. Periksa Malware, Adware & Spyware

Perangkat lunak perusak dan virus dapat menginfeksi komputer Anda dan memengaruhi kinerja dengan mengambil alih sumber daya komputer di latar belakang.

Perangkat lunak antivirus terkemuka dapat membantu melindungi PC Anda dengan memindai dan menghapus ancaman. Antivirus terbaik menyertakan perlindungan waktu nyata untuk memblokir malware agar tidak memasuki sistem Anda sejak awal.

Ada banyak antivirus gratis yang tersedia, tetapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki perlindungan malware dan keamanan internet yang komprehensif. Tetapi banyak antivirus top datang dengan harga terjangkau, dan semuanya datang dengan jaminan uang kembali, sehingga Anda dapat membeli produk, memeriksa/membersihkan perangkat, lalu mengembalikan produk sebelum jaminan uang kembali berakhir.

Antivirus favorit saya adalah Norton — memiliki tingkat deteksi/penghapusan malware 100% bersama dengan salah satu pengoptimal perangkat terbaik di pasar. TotalAV juga merupakan opsi yang sangat bagus karena dilengkapi dengan fitur tambahan, termasuk alat pengoptimalan perangkat yang mudah digunakan untuk non- pengguna teknis.

12. Nonaktifkan Pengindeksan Penelusuran

Untuk membantu Anda menemukan file dan program yang Anda butuhkan secepat mungkin, PC Windows menyimpan indeks terbaru dari semua drive Anda.

Ironisnya, membangun indeks ini membutuhkan sumber daya sistem (terutama untuk PC berdaya rendah) dan dapat memperlambat kinerja komputer Anda. Namun Anda selalu dapat menonaktifkan atau mengubah pengindeksan penelusuran.

Untuk menonaktifkan pengindeksan penelusuran, buka “Panel Kontrol Opsi Pengindeksan” (ketik “indeks” di kotak telusur tombol Mulai) dan klik “Ubah”. Batalkan pilihan semua drive komputer Anda jika Anda tidak ingin mereka diindeks.

12. Matikan Pengindeksan PencarianSetelah proses ini, pengindeksan Windows Search Anda sepenuhnya dinonaktifkan. Pencarian Anda akan memakan waktu lebih lama, tetapi komputer Anda tidak akan macet dengan mencoba untuk terus membangun dan memperbarui indeks semua file Anda. Anda selalu dapat mengaktifkannya kembali jika ada masalah dengan kinerja penelusuran.

Xem Thêm  Apakah Arlo Pro 3 kompatibel dengan sistem Arlo saya yang sudah ada? - sistem kamera arlo pro 3 3

13. Jalankan Pemecah Masalah

Terkadang ada setelan tersembunyi yang memengaruhi performa, dan Anda dapat menemukan serta memperbaiki masalah dengan beberapa pemecahan masalah umum.

Telusuri “Setelan pemecahan masalah” di kotak penelusuran Kemudian, klik setiap area dalam daftar pemecahan masalah dan klik “Jalankan pemecah masalah” untuk menganalisis masalah pada sistem Anda.

13. Jalankan Pemecah MasalahUtilitas terutama akan mencari masalah yang sudah saya bahas dalam daftar ini, tetapi juga harus menemukan beberapa hal yang mungkin memengaruhi kinerja (seperti setelan daya tersembunyi atau setelan video).

14. Sesuaikan Penampilan & Pengaturan Visual

Menyesuaikan visualisasi komputer Anda kemungkinan tidak akan meningkatkan performa secara drastis, tetapi hal ini dapat membantu dalam beberapa kasus.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetik “sesuaikan tampilan dan kinerja Windows” di kotak telusur dan klik setelan yang muncul — ini akan membuka kotak dialog “Opsi Kinerja”.

Anda dapat menghapus centang pada setelan tampilan tertentu atau cukup pilih setelan “Sesuaikan untuk performa terbaik”. Hal ini menyebabkan Anda kehilangan semua efek visual sistem (seperti fade dan animasi) yang mungkin sedikit membantu kecepatan.

14. Sesuaikan Tampilan & Pengaturan Visual15. Ubah Pengaturan Daya PC Anda

Komputer Anda terkadang memerlukan sedikit performa untuk menghemat energi, terutama jika laptop tidak terhubung ke stopkontak.

Mengubah pengaturan daya PC itu mudah. Cukup klik ikon baterai di baki Windows Anda dan geser penggeser ke “Kinerja Terbaik”.

15. Ubah Pengaturan Daya PC Anda16. Pindai Hard Drive Anda dari Kesalahan

Salah satu kemungkinan penyebab perlambatan PC adalah kesalahan dalam cara hard drive Anda menyimpan dan mengakses data.

Untungnya, Windows memiliki utilitas bawaan yang membantu memindai dan memperbaiki masalah hard drive seperti bad sector, cluster yang hilang, atau kesalahan direktori. Untuk memeriksa kesalahan hard drive, klik kanan pada disk lokal Anda (biasanya drive C:) di File Explorer, pilih “Properties”, buka tab “Tools”, dan klik “Check”.

16. Pindai Hard Drive Anda untuk Mencari Kesalahan17. Defrag Hard Drive Anda (Hanya HDD)

Mendefragmentasi hard drive Anda pada dasarnya berarti mengatur data yang disimpannya dengan lebih baik.

HDD (hard disk drive) model lama menjadi sedikit berantakan dan kacau seiring waktu saat mereka memindahkan bit data. Defragmentasi membantu menyortir data dan meletakkannya di tempat yang seharusnya, membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk diakses.

Cobalah metode ini jika semua solusi sebelumnya tidak cukup efektif dalam mempercepat komputer Anda.

Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa jam untuk diselesaikan, tergantung pada ukuran penyimpanan file.

Yang harus Anda lakukan untuk mendefrag HDD Anda adalah mencari di kotak pencarian Windows untuk “defrag” dan membuka aplikasi “Defragmentasi dan Optimalkan Drive”. Saat Anda membuka aplikasi, pilih drive yang ingin Anda bersihkan dan tekan “Optimalkan”.

17. Defrag Hard Drive Anda (Hanya HDD)18. Instal ulang Windows

Jika komputer Anda sangat lambat, pertimbangkan untuk memulai lagi dengan versi Windows yang baru.

Anda dapat melakukannya dari rumah dan Anda tidak perlu membayar untuk versi baru Windows jika Anda sudah menginstal dan mengaktifkan Windows. Namun penginstalan dapat memakan waktu hingga beberapa jam, dan Anda harus menginstal ulang semua aplikasi dan setelan (dan bahkan mungkin file Anda).

Untuk melakukannya, pertama-tama, cadangkan semua file Anda, dan pastikan file Anda benar-benar telah dicadangkan.

Kemudian, masuk ke panel “Pengaturan” komputer Anda dan klik “Perbarui & Keamanan”. Kemudian klik “Pemulihan” dan kemudian “Mulai”.

18. Instal ulang Windows19. Overclock CPU Anda

Overclocking pada dasarnya berarti memaksa komponen CPU Anda berjalan lebih cepat dari yang dirancang.

Metode ini bisa sedikit berbahaya, karena overclocking dapat menyebabkan prosesor menjadi terlalu panas dan rusak. Anda bahkan tidak dapat melakukan overclock CPU jika motherboard terkunci.

Overclocking juga bisa sangat memakan waktu dan biaya jika Anda mengacaukan CPU dalam prosesnya.

Saya tidak akan merekomendasikan opsi ini untuk sebagian besar pengguna. Tetapi untuk pengguna tingkat lanjut yang berpikiran teknis dan berpengalaman dalam meningkatkan PC mereka, ini mungkin sesuatu yang patut dicoba.

Sebelum melakukan overclocking CPU, Anda perlu mengupgrade sistem pendingin komputer (dengan kipas bertenaga lebih tinggi) dan memperbarui kecepatan clock melalui BIOS.

Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan, ini adalah cara cerdas untuk mempercepat komputer.

20. Tingkatkan Perangkat Keras Komputer Anda

Jika semuanya gagal, mungkin ada masalah mekanis yang membatasi kinerja komputer Anda. Mungkin komponen komputer Anda sudah sangat ketinggalan zaman sehingga tidak dapat memenuhi tuntutan modern.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk meningkatkan beberapa komponen komputer Anda untuk mempercepat sistem Anda. PC Desktop biasanya akan lebih mudah diupgrade daripada laptop, tetapi selalu hubungi produsen Anda terlebih dahulu.

Anda memiliki beberapa opsi di sini, tergantung pada apa yang menyebabkan komputer Anda melambat:

  • Tingkatkan RAM komputer Anda untuk menangani lebih banyak tugas secara bersamaan.
  • Ganti HDD Anda ke SSD untuk akses yang lebih cepat dan mudah ke file serta waktu muat yang lebih singkat.
  • Tingkatkan GPU (prosesor grafis) Anda untuk pengalaman bermain game dan video definisi tinggi yang lebih baik.

Sebaiknya Anda mencari saran dan bantuan profesional saat meningkatkan RAM, hard drive, GPU, atau komponen lain komputer Anda.

Xem Thêm  Soal: PC Tidak Bisa Booting Setelah Pembaruan BIOS – Pemulihan & Perbaikan - cara memperbaiki bios windows 10

Menjaga Kinerja PC yang Baik

Terlepas dari apa yang menyebabkan PC Anda melambat seiring waktu, ada beberapa praktik terbaik yang perlu diingat untuk kinerja sehari-hari yang lebih baik seperti:

  • Selalu tutup aplikasi dan software yang tidak Anda gunakan.
  • Pindahkan file besar ke drive penyimpanan eksternal dan/atau ke platform penyimpanan cloud.
  • Kosongkan Recycle Bin Anda secara teratur dan hapus cache perangkat lunak serta unduhan yang tidak perlu.
  • Nyalakan ulang komputer Anda secara teratur.
  • Lakukan defrag sesekali (jika Anda memiliki HDD) dan chkdsk memindai kesalahan.
  • Lindungi perangkat Anda dengan program antivirus yang andal.

Dalam kebanyakan kasus, perbaikan sederhana ini akan meningkatkan kecepatan komputer Anda. Perangkat lunak antivirus seperti Norton dan TotalAV< /span>terkenal karena meningkatkan kinerja komputer selain memberikan perlindungan terhadap ancaman dunia maya.

Namun, semua komputer dan komponennya menurun dan harus diganti atau ditingkatkan dari waktu ke waktu. Namun dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menundanya dan membuat komputer Anda berumur panjang dan bahagia.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara mudah mempercepat komputer

Cara Mempercepat StartUp Komputer / Leptop dengan Mudah

alt

  • Penulis: GA TECH
  • Tanggal posting: 2021-08-06
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1320 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Program StartUp (Startup Program) merupakan program yang secara otomatis akan aktif (start) bersamaan dengan di-load nya OS Windows (semua edisi). Kadang juga diartikan sebagai Program Residen (Resident Program) yang berada dalam memory (RAM) selama komputer dalam keadaan ON. Program Residen selalu stand by untuk digunakan sewaktu-waktu. Program seperti ini pasti menyita resource komputer, meski tidak sedang digunakan.

    Program Startup berada didalam Komputer dengan berbagai cara, antara lain :
    Berasal dari Windows sendiri, sebagai sebuah system operasi, windows membutuhkan banyak “dukungan” agar bisa beroperasi secara optimal, dukungan ini diantaranya berasal dari berbagai macam Program StartUp yang akan ter-instal pada saat dilakukan instalasi Windows.
    Berasal dari Program Aplikasi yang kita install kedalam pc kita untuk membantu menyelesaikan berbagai jenis kegiatan kita didalam pc. Disamping kegunaan atau fungsi Program Startup ini untuk meng optimalkan program tersebut, terkadang juga memiliki fungsi yang tidak terlalu berhubungan dengan program induk, misal sebagai advertorial/iklan.
    Berasal dari Infeksi Malware atau lebih dikenal sebagai Virus. Pada umumnya Malware ini juga sebuah program startup yang keberadaannya jelas merugikan pengguna/user.
    Program Startup Membutuhkan Sumber Daya PC

    Seperti diketahui, bahwa pada saat komputer start, maka system-operasi Windows akan sangat memerlukan sumber-daya pc maksimal karena banyaknya file Windows yang mesti di-load. Idealnya pada saat seperti ini, harus tersedia sumberdaya (resource) pc yang cukup untuk loading system operasi – terlebih pada penggunaan Windows edisi baru (Windows 7 dan 8).
    Resource seperti memory/RAM, processor, akses hard drive, system bus dll. harus siap secara optimal saat “melayani” proses startup Windows. Apabila kondisi ini bisa terwujud, maka bisa dipastikan loading system operasi (booting – startup) akan cepat selesai. Meskipun (seperti dijelaskan dalam artikel berjudul PC Lambat di blog ini), masih ada banyak hal yang berpengaruh terhadap kecepatan operasional sebuah komputer.

    Sebaliknya, apabila pada saat loading (startup), system operasi harus berebut resource dengan program lain (Program Startup) yang juga butuh resource untuk me-load dirinya, maka jelas waktu yang diperlukan untuk merampungkan loading akan menjadi lebih lama, karena “jatah resource” untuk startup Windows menjadi tidak maksimal. Situasi ini akan terbawa terus sampai saat Windows sedang menangani bermacam program aplikasi.

    Program Startup yang selalu cenderung menjadi Program Residen, akan memegang “jatah resource-nya” dan tidak bisa digunakan oleh program aplikasi lain, meskipun Program Startup tsb sedang “nganggur”. Akibatnya bukan hanya Windows yang jadi “lo-la”, malah program aplikasi pun menjadi “loyo” karena lapar akan resource. Terkecuali kita memiliki pc dengan resource yang sangat besar.
    Kesimpulannya, dari aspek performa sistem PC, maka keberadaan Program Startup (residen) sangatlah “merugikan”.
    Kebiasaan dalam Instalasi Program Aplikasi
    Melakukan instalasi software memang bukan sesuatu yang sulit (… hanya … next …next …next…” ), terlebih saat ini para pembuat software sudah mengusahakan agar proses instalasi produknya menjadi se-sederhana mungkin, dengan sedikit mungkin melibatkan interaksi penggunanya. Semuanya serba otomatis, berjalan dengan sendirinya. Yang perlu dilakukan adalah menjalankan program instalasinya (executable file), setuju dengan agrement-nya, dan menunggu proses selesai, selanjutnya tinggal menggunakannya. Bahkan kalau perlu, user cukup melakukan 1 (satu) kali “klik-mouse” dan program ter-instal sampai selesai. Begitu simple.

    Tampak sekali dalam proses seperti ini, user tidak punya kesempatan melakukan kontrol terhadap proses instalasi tersebut. Celakanya tidak banyak yang perduli akan hal ini. Dan cara ini terus dilakukan setiap kali memasang program baru kedalam pc.
    Akhirnya, yang kita dapat adalah situasi dimana setiap program aplikasi akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk me-load dirinya sampai bisa mulai dipergunakan. Sebab program yang dipasang tanpa disertai kontrol apapun dari user, bukan tidak mungkin akan memasang pula program pendukung yang merupakan program startup (resident), yang otomatis berjalan ketika Windows di-load.
    =======================================
    Bantu Support Chanel GA TECH ya
    https://www.youtube.com/channel/UCBP_wgb5ybrWjJueJ0MUxYg?sub_confirmation=1

    IKuti GA TECH
    Facebook : https://www.facebook.com/gatech86
    IG : https://www.instagram.com/gtech6299/
    ===========================================================

Cara Meningkatkan Performa Komputer Anda

  • Penulis: www.hp.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 9545 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: .post-holder .post-header .post-info .label, .post-holder .post-header .post-info .value, .post-holder .post-header .post-info a {
    font-family: “HP Simplified Light”;
    font-weight: 300;
    font

13 Cara Mempercepat Startup Komputer Super Cepat

  • Penulis: dosenit.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 4726 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: 13 Cara Mempercepat Startup Komputer pada sistem operasi Windows atau sistem operasi lain yang sangat ampuh dan mudah dilakukan.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot dengan Mudah dan Cepat

  • Penulis: idcloudhost.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 5827 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Simak Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot dengan Mudah dan Cepat agar Anda bisa memperbaiki sendiri laptop lemot Anda sebagai berikut

Cara untuk Meningkatkan Performa PC dan Laptop Windows 10

  • Penulis: tekno.kompas.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6148 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Windows 10 dibekali dengan sederet fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa perangkat.

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Komputer – Maxi Komputer

  • Penulis: maxikomputer.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5306 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

9+ Cara Mempercepat Kinerja Komputer & Laptop ‘Windows’

  • Penulis: dianisa.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9271 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan dalam mempercepat kinerja komputer / laptop, baik menggunakan windows 7, windows 8, / windows 10

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi