20 tips dan trik untuk meningkatkan kinerja PC di Windows 10 – percepat komputer windows 10 saya

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda kiat terbaik untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda yang menjalankan Windows 10 dengan mengubah pengaturan dan membuat peningkatan perangkat keras yang mudah.

Anda sedang menonton : mempercepat komputer windows 10 saya

Windows 10 cepat (terutama pada perangkat keras modern). Namun, performa akan mulai menurun di beberapa titik karena banyak faktor, termasuk masalah kompatibilitas dan bug, virus atau jenis malware lainnya, masalah perangkat keras, dan banyak lagi.

Jika Anda menyadari bahwa komputer Anda semakin lambat, bukan berarti Anda harus menggantinya dengan sistem yang baru. Penyesuaian perangkat lunak dan perangkat keras yang sederhana dapat secara signifikan mempercepat pengalaman Windows 10 (membuka di tab baru).

Dalam panduan Windows 10 ini, kami akan memandu Anda melalui daftar panjang cara untuk mempercepat, mengoptimalkan, dan meningkatkan kinerja komputer Anda – baik komputer tersebut memiliki konfigurasi perangkat keras lama atau modern.

1. Mulai ulang perangkat

Mematikan dan menghidupkan ulang komputer Anda mungkin merupakan salah satu hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Mungkin sudah jelas, tapi itu bukan hal pertama yang biasanya terlintas dalam pikiran.

Saat perangkat dihidupkan ulang, komputer biasanya menghentikan aplikasi dan proses. Data yang dimuat ke dalam memori juga dibersihkan, yang membantu menyelesaikan masalah kinerja dan stabilitas sehari-hari karena sistem operasi tetap berjalan untuk waktu yang lama.

Untuk mematikan dan memulai ulang komputer Windows, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Mulai.
  2. Klik tombol Daya.
  3. Pilih opsi Matikan. Kiat cepat: Opsi “Tidur” atau “Hibernasi” tidak menyetel ulang sesi sistem atau menghapus data di memori.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Tekan tombol daya untuk menyalakan komputer.
  2. < /ol>

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Windows 10 akan dimulai ulang, dan kali ini kinerjanya akan meningkat secara nyata.

    2. Menonaktifkan aplikasi startup

    Pada Windows 10, banyak aplikasi dapat mendaftarkan dirinya sendiri untuk memulai secara otomatis selama startup dan terus berjalan di latar belakang, membuang sumber daya sistem yang dapat memperlambat pengalaman.

    Kapan Anda mencoba mempercepat Windows 10, disarankan untuk menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan saat startup, atau, setidaknya, yang tidak Anda gunakan secara teratur.

    Untuk menonaktifkan aplikasi saat startup di Windows 10, gunakan langkah-langkah ini :

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Aplikasi.
    3. Klik Startup.
    4. Klik menu Urutkan menurut dan pilih opsi Dampak startup.
    5. < li>Matikan sakelar sakelar untuk aplikasi yang tidak perlu (terutama yang ditandai sebagai “Dampak tinggi” oleh sistem).

    < p class="credit">(Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Nyalakan ulang komputer Anda.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, komputer harus mulai lebih cepat dari sebelumnya. Tentu saja, peningkatan peningkatan akan bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda nonaktifkan dan konfigurasi perangkat keras.

    3. Nonaktifkan peluncuran ulang aplikasi saat startup

    Windows 10 memiliki fitur yang memulai ulang aplikasi dari sesi terakhir Anda setelah reboot, bahkan sebelum Anda masuk. Meskipun ini adalah fitur berharga yang dapat mempercepat proses melanjutkan dengan cepat di mana Anda tinggalkan, itu juga dapat memengaruhi kinerja sistem.

    Jika fitur untuk memulai ulang aplikasi saat startup diaktifkan, Anda dapat menonaktifkannya dengan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Akun.
    3. Klik Opsi masuk.
    4. Di bagian “Mulai ulang aplikasi”, matikan sakelar sakelar.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, aplikasi yang berjalan di desktop tidak akan dibuka kembali selama pengaktifan ulang berikutnya sehingga mempercepat kinerja sistem secara keseluruhan.

    < h2 id="4-disable-background-apps-3">4. Nonaktifkan aplikasi latar belakang

    Pada Windows 10, beberapa aplikasi dapat terus menjalankan tugas di latar belakang bahkan saat Anda tidak menggunakannya. Jika Anda ingin mempercepat komputer Anda sebanyak mungkin, Anda dapat memutuskan aplikasi mana yang dapat beroperasi di latar belakang atau menonaktifkan fitur untuk memblokir semua aplikasi.

    Untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang pada Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Privasi.
    3. Klik Aplikasi latar belakang.
    4. Matikan tombol sakelar untuk aplikasi yang ingin Anda hentikan berjalan di latar belakang.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. (Opsional) Nonaktifkan sakelar Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang untuk menonaktifkan fitur semua aplikasi modern (kecuali aplikasi win32).

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, aplikasi tidak akan membuang sumber daya lagi jika Anda tidak menggunakannya secara aktif untuk meningkatkan kinerja sistem.

    5. Copot pemasangan aplikasi yang tidak penting

    Biasanya, perangkat baru datang dengan aplikasi yang tidak Anda perlukan, termasuk bloatware biasa dan alat sistem yang tidak akan pernah Anda gunakan yang hanya akan membuang-buang ruang pada drive dan sumber daya. Saat mencoba meningkatkan kinerja sistem, Anda harus selalu menghapus aplikasi yang tidak penting tersebut.

    Untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak penting di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Aplikasi.
    3. Klik Aplikasi & fitur.
    4. Pilih aplikasi yang akan dihapus.
    5. Klik tombol Copot pemasangan.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Klik Copot Pemasangan tombol lagi. Atau lanjutkan dengan petunjuk di layar untuk menyelesaikan penghapusan aplikasi.

    Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda mungkin perlu mengulangi petunjuk untuk mencopot pemasangan aplikasi tidak penting lainnya dari perangkat.< /p>

    6. Instal aplikasi berkualitas saja

    Aplikasi lama dan berdesain buruk serta aplikasi yang memuat fitur yang tidak perlu dapat memengaruhi kinerja komputer Anda secara negatif. Selain itu, hanya karena aplikasi berasal dari perusahaan yang Anda percayai, bukan berarti itu aplikasi yang bagus.

    Jika Anda ingin menjaga perangkat Anda tetap sehat dan cepat, instal hanya aplikasi yang bagus. Biasanya, Anda ingin menginstal aplikasi yang tersedia dari Microsoft Store karena telah ditinjau keamanan dan kinerjanya. Jika aplikasi tidak tersedia melalui toko, hanya unduh aplikasi dari sumber tepercaya dan konfirmasikan bahwa aplikasi tersebut berfungsi di Windows 10.

    Jika Anda tidak yakin, Anda dapat meneliti secara online untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang aplikasi tersebut. Misalnya, Anda dapat memeriksa forum vendor perangkat lunak untuk memeriksa apakah pengguna mengalami masalah atau memposting pertanyaan di forum untuk mengetahui detail selengkapnya.

    Untuk menginstal aplikasi dari Microsoft Store di Windows 10, gunakan ini langkah-langkah:

    1. Buka Microsoft Store.
    2. Gunakan kotak telusur untuk menemukan aplikasi.
    3. Pilih aplikasi dari hasil.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Klik tombol Dapatkan atau Pasang.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, aplikasi akan diinstal pada perangkat Anda. Jika aplikasi tidak tersedia di Microsoft Store, unduh penginstal dari sumber tepercaya, dan ikuti langkah-langkah situs web dukungan vendor untuk menginstal dan mengonfigurasi program.

    7. Membersihkan ruang hard drive

    Apakah Anda memiliki Disk Hard Drive (HDD) atau Solid-State Drive (SSD) tradisional, menjalankan Windows dengan hard drive hampir penuh tidak pernah bijaksana karena akan memengaruhi kinerja.

    Jika komputer memiliki perangkat keras yang relatif baru dan Anda melihat aplikasi, pengelolaan file, dan tugas lain yang kesulitan untuk diselesaikan, kemungkinan karena drive kehabisan ruang. Biasanya, ini menjadi lebih jelas setelah drive terisi sekitar 70 persen dari total kapasitas.

    Salah satu cara untuk mencegah penyimpanan memengaruhi kinerja adalah dengan menggunakan pengaturan Penyimpanan untuk menghapus file sementara dan tidak perlu untuk diambil kembali ruang.

    Untuk mengosongkan ruang dengan setelan Penyimpanan di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Sistem.
    3. Klik Penyimpanan.
    4. Di bawah bagian “Disk Lokal” , klik opsi File sementara. (Jika Anda tidak melihat opsi tersebut, klik opsi Tampilkan kategori lainnya untuk melihat item yang tersisa dalam daftar.)

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Periksa file yang ingin Anda hapus untuk mendapatkan kembali ruang dan meningkatkan kinerja sistem. Kiat cepat: Saat memilih file sementara, ingatlah bahwa mencentang opsi Unduhan akan menghapus semua yang ada di dalam folder “Unduhan”. Jika Anda ingin menyimpan file-file ini, jangan centang opsi ini. Anda juga dapat memilih untuk menghapus item “Penginstalan Windows Sebelumnya” (jika ada).
    2. Klik tombolTombol Hapus file.

    (Kredit gambar: Masa Depan)< /p>

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, jika sistem dapat memperoleh kembali ruang yang cukup, kinerja perangkat akan meningkat secara nyata.

    Selain menggunakan pengaturan Penyimpanan, Anda juga dapat menggunakan File OneDrive Fitur sesuai permintaan untuk mengosongkan ruang. Anda dapat menggunakan petunjuk ini untuk menyiapkan File Sesuai Permintaan (terbuka di tab baru) di perangkat Anda.

    Jika Anda tidak dapat mengklaim kembali cukup ruang, gunakan panduan ini (buka di tab baru) untuk menemukan lebih banyak cara untuk mengoptimalkan penyimpanan di komputer Anda.

    8. Gunakan defragmentasi drive

    Jika Anda memiliki komputer dengan perangkat keras lama dan hard drive tradisional yang berputar, mengatur data dapat meningkatkan responsivitas.

    Untuk menjalankan alat defragmentasi di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Sistem.
    3. Klik Penyimpanan.
    4. Di bagian “Setelan penyimpanan lainnya”, klik opsi Optimalkan Drive.
    5. (Kredit gambar: Masa Depan)

      1. Pilih drive yang memerlukan defragmentasi.
      2. Klik tombol Optimalkan.

      (Kredit gambar: Masa Depan)

      Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, alat ini akan mengatur ulang file agar dapat diakses lebih cepat saat dibutuhkan lagi, yang berarti peningkatan kinerja yang nyata. Satu-satunya peringatan adalah bahwa prosesnya bisa memakan waktu lama, tergantung pada data yang disimpan di drive. (Jika Anda memiliki sistem yang lebih lama, sebaiknya biarkan proses berjalan semalaman.)

      Jika Anda memiliki komputer dengan SSD, menggunakan alat defragmentasi akan menjalankan target perintah trim (membuka di tab baru) untuk memberi tahu perangkat penyimpanan tentang blok dengan data yang dapat dihapus dengan aman. Proses ini dapat meningkatkan kinerja secara signifikan karena drive tidak perlu menghapus blok selama proses penulisan data.

      9. Konfigurasi ReadyBoost

      Selain itu, untuk menggunakan alat defragmentasi pada komputer dengan perangkat keras lama, Anda juga dapat menggunakan fitur ReadyBoost untuk meningkatkan kinerja.

      ReadyBoost bukanlah hal baru di Windows 10. telah ada selama bertahun-tahun sebagai fitur yang menggunakan flash drive atau kartu SD untuk menyimpan file untuk meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. (Jika perangkat memiliki SSD, fitur ini tidak akan tersedia karena tidak menawarkan manfaat tambahan.)

      Untuk mengaktifkan ReadyBoost di Windows 10, sambungkan flash drive USB dan gunakan langkah-langkah berikut:< /p>

      1. Buka File Explorer.
      2. Klik “PC Ini” dari panel kiri.
      3. Di bawah bagian “Perangkat dan drive”, klik kanan flash drive USB dan pilih opsi Properties.

      < /p>

      (Kredit gambar: Masa Depan)

      1. Klik tab ReadyBoost.
      2. < li>Pilih opsi Dedikasikan perangkat ini ke ReadyBoost.

      (Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

      1. Klik tombol Terapkan.
      2. Klik OK< /strong>.

      Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, drive yang dapat dilepas akan membantu meningkatkan kinerja komputer.

      Kami merekomendasikan SanDisk Extreme Go (terbuka di tab baru) jika Anda memerlukan flash drive USB untuk digunakan dengan ReadyBoost karena kapasitas penyimpanan, keandalan, dan harganya.

      Penyimpanan yang andal

      (terbuka di tab baru)

      SanDisk Extreme Go (CZ800) adalah pilihan yang sangat baik untuk digunakan dengan fitur ReadyBoost. Drive USB menawarkan penyimpanan hingga 128 GB dengan kecepatan transfer cepat hingga 200 MB/dtk, didukung oleh merek yang kuat, dan harganya terjangkau.

      Mulai $20 di Amazon

      (terbuka di tab baru)

      10. Lakukan pemindaian malware

      Saat perangkat mulai berjalan sangat lambat, ini dapat mengindikasikan infeksi malware. Biasanya, virus, spyware, dan jenis malware lainnya diketahui menghabiskan banyak sumber daya sistem sehingga perangkat tidak dapat digunakan.

      Meskipun Windows 10 dilengkapi dengan Microsoft Defender Antivirus, itu tidak menjamin bahwa malware akan masuk ke sistem. Jika Anda mencurigai perangkat telah terinfeksi, Anda harus mencoba menjalankan pemindaian virus lengkap.

      Untuk menjalankan pemindaian virus lengkap di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

      1. Buka Mulai.
      2. Telusuri Keamanan Windows dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
      3. Klik di Virus & perlindungan ancaman.
      4. Di bagian “Pembaruan perlindungan virus & ancaman”, klik opsi Periksa pembaruan.

      (Kredit gambar: Masa Depan)

      1. Klik Periksa pembaruan tombol.

      < ol start="6">

    6. Klik Virus & perlindungan ancaman dari panel kiri.
    7. Di bawah bagian “Ancaman saat ini”, klik opsi Opsi pindai.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Pilih Pemindaian penuh< /strong> opsi.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Klik tombol Pindai sekarang.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Microsoft Defender Antivirus akan mendeteksi dan menghapus malware yang memengaruhi kinerja.

    Pemindaian Microsoft Defender Offline

    Jika Anda tidak dapat menggunakan antivirus default karena tidak berjalan, pembaruan tidak berfungsi, atau ada masalah pemindaian, perangkat mungkin memiliki malware rumit yang tidak dapat dihapus saat Windows sedang berjalan. Jika demikian, antivirus menyertakan opsi untuk melakukan pemindaian offline.

    Untuk menyelesaikan pemindaian offline Microsoft Defender Antivirus, gunakan langkah-langkah berikut:

      < li>Buka Mulai.
    1. Telusuri Keamanan Windows dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
    2. Klik < kuat>Virus & perlindungan ancaman.
    3. Di bagian “Ancaman saat ini”, klik opsi Opsi pindai.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Pilih pemindaian Offline Microsoft Defender opsi.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Klik tombol Pindai sekarang.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, sistem akan secara otomatis memulai ulang ke pengalaman offline Microsoft Defender, dan itu akan melakukan pemindaian untuk mendeteksi dan menghapus ancaman apa pun yang tidak dapat dihapus saat Windows 10 sedang berjalan.

    Jika Anda menggunakan solusi antimalware lain seperti Malwarebytes, Bitdefender (membuka di tab baru)Trend Micro (membuka di tab baru), atau Norton (terbuka di tab baru), periksa dokumentasi dukungan mereka untuk menghapus virus dan program jahat lainnya.

    Microsoft secara proaktif merilis pembaruan untuk mengatasi masalah, menambahkan fitur baru, dan menambal kerentanan keamanan. Meskipun terkadang pembaruan menjadi penyebab beberapa hal tidak berfungsi dengan benar, mempertahankan pembaruan dapat mempercepat perangkat Anda.

    Pada Windows 10, pembaruan terjadi secara otomatis, tetapi bergantung pada pembaruan atau konfigurasi perangkat, pembaruan tidak dilakukan selalu unduh dan instal segera setelah tersedia. Jika komputer Anda berjalan lebih lambat dari biasanya, mungkin saja pembaruan tersedia untuk meningkatkan kinerja.

    Untuk menginstal pembaruan secara manual di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Perbarui & Keamanan.
    3. Klik Windows Update.
    4. Klik tombol Periksa pembaruan.

    (Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

      < li>(Opsional) Di bawah bagian “Pembaruan opsional tersedia”, klik opsi Unduh dan instal sekarang jika ada pembaruan kumulatif yang tersedia.
    1. Klik Mulai ulang sekarang< /strong>.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, pembaruan baru akan membantu meningkatkan kinerja sistem.

    Tingkatkan ke versi terbaru

    Jika perangkat memiliki rilis Windows 10 yang lebih lama, meningkatkan ke versi terbaru dapat membantu mempercepat kinerja atau memperkenalkan fitur baru yang dapat membuat Anda lebih produktif untuk bekerja selesai lebih cepat.

    Untuk meningkatkan ke versi terbaru Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    1. Buka Setelan.
    2. Klik Perbarui & Keamanan.
    3. Klik Pembaruan Windows.
    4. Klik tombol Periksa pembaruan.

    (Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

    1. Di bagian “Pembaruan Fitur”, klik opsi Unduh dan pasang sekarang jika versi baru tersedia. (Jika opsi ini tidak tersedia, komputer telah menginstal versi terbaru, atau versi terbaru belum sepenuhnya kompatibel dengan konfigurasi perangkat keras Anda.)
    2. Klik Mulai ulang sekarang tombol.

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, perangkat akan dimulai ulang untuk menerapkan versi baru, meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

    Jika komputer Anda berjalan lambat karena masalah kompatibilitas atau driver yang dirancang dengan buruk, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan menginstal driver versi terbaru atau pra-rilis dari situs web dukungan produsen secara manual.

    Sebelum melanjutkan, Anda perlu mengunduh paket driver terbaru yang tersedia dari situs web produsen, buka kompresi file menggunakan file ekstensi self-extracting atau .zip (buka di tab baru), lalu gunakan ini langkah-langkah:

    Catatan singkat: Jika memungkinkan, disarankan untuk menggunakan situs web dukungan pabrikan petunjuk untuk menyelesaikan tugas ini. Jika petunjuk tidak tersedia, Anda dapat merujuk ke langkah-langkah di bawah ini.

    1. Buka Mulai.
    2. Telusuri Pengelola Perangkat dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
    3. Perluas cabang untuk driver perangkat yang menyebabkan masalah. Misalnya, Display adapters.
    4. Klik kanan perangkat dan pilih opsi Update driver.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Klik Jelajahi komputer saya untuk opsi perangkat lunak driver.

    1. Di bawah bagian “Telusuri driver di lokasi ini”, klik tombol Jelajahi.

    (Kredit gambar: Masa Depan)

    1. Pilih folder dengan file penginstalan driver perangkat.< /li>
    2. Klik tombol Oke.
    3. Klik tombol Berikutnya.
    4. Klik tombol Tutup tombol .

    Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, versi baru driver akan diinstal untuk memperbaiki kompatibilitas atau masalah lain yang memengaruhi sistem dan meningkatkan kinerja.

    Pada Windows 10, ada beberapa cara untuk memperbarui driver perangkat. Jika memerlukan bantuan tambahan, Anda dapat menggunakan panduan ini yang menguraikan metode yang berbeda untuk memperbarui driver secara manual (terbuka di tab baru).

    Aplikasi usang dapat memperlambat komputer, yang biasanya disebabkan oleh bug atau masalah kompatibilitas dengan versi baru Windows 10.

    Meskipun aplikasi dari Microsoft Store dapat diperbarui secara otomatis, Anda harus menginstal pembaruan secara manual untuk banyak aplikasi desktop tradisional. Jika Anda memiliki aplikasi yang memengaruhi kinerja, periksa situs web dukungan perangkat lunak Anda untuk pembaruan yang lebih baru dan petunjuk untuk menerapkannya.

    Untuk memperbarui aplikasi Microsoft Store secara manual di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

    < ol start="1">

  3. Buka Microsoft Store.
  4. Klik tombol Perpustakaan dari sudut kiri bawah.
  5. Klik tombol Dapatkan pembaruan.

(Gambar credit: Future)

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, jika pembaruan tersedia, pembaruan akan diunduh dan dipasang secara otomatis.

12. Beralih ke paket daya kinerja tinggi

Windows 10 menyertakan paket yang berbeda (Seimbang, Penghemat daya, dan Kinerja tinggi) ke mengoptimalkan penggunaan daya pada komputer Anda. Jika Anda ingin meningkatkan kinerja sistem, gunakan opsi “Kinerja tinggi” karena opsi ini memungkinkan perangkat menggunakan lebih banyak daya untuk beroperasi lebih cepat.

Untuk memilih paket daya baru di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik Sistem.
  3. Klik Daya & sleep.
  4. Di bagian “Setelan terkait”, klik opsi Setelan daya tambahan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik Tampilkan paket tambahan opsi (jika berlaku).
  2. Pilih paket Kekuatan performa tinggi.

(Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

Jika Anda tidak melihat paket apa pun, Anda mungkin perlu buat paket daya khusus (terbuka di tab baru) untuk meningkatkan kinerja menggunakan setelan “Kinerja tinggi”.

Di laptop, Anda juga dapat mengubah mode untuk meningkatkan kinerja dengan mengetuk atau mengeklik ikon baterai di area notifikasi bilah tugas dan pilih opsi Kinerja terbaik menggunakan penggeser.

13. Nonaktifkan efek visual sistem

Di Windows 10, Anda akan menemukan banyak efek visual, mulai dari animasi hingga bayangan hingga elemen visual yang lebih canggih, seperti buram dan transparansi, dan bagian dari bahasa Desain Lancar.

Meskipun efek ini dapat membuat pengalaman lebih menarik secara visual, efek ini juga memerlukan sumber daya yang dapat memperlambat komputer dengan perangkat keras lama. Namun, Anda dapat menonaktifkan efek ini untuk menghemat sumber daya dan membuat Windows 10 terasa lebih cepat.

Nonaktifkan efek visual

Untuk menonaktifkan animasi, bayangan , font halus, dan efek lainnya pada Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik < strong>Sistem.
  3. Klik Tentang.
  4. Di bawah bagian “Setelan terkait”, klik Setelan sistem lanjutan< /strong> opsi dari panel kanan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tab Lanjutan.
  2. Di bawah bagian “Kinerja”, klik tombol Setelan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tab Efek Visual.
  2. Pilih opsi Sesuaikan untuk kinerja terbaik untuk menonaktifkan semua efek dan d animasi. Kiat cepat: Menggunakan opsi ini juga akan memengaruhi cara font dirender. Jika Anda ingin agar font tetap tajam dan lebih mudah dibaca, pilih opsi Kustom, hapus semua setelan, tetapi biarkan opsi Fon layar tepi halus dicentang.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Terapkan.
  2. Klik tombol OK.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, efek visual akan dinonaktifkan, dan interaksi dengan elemen (jendela dan menu) akan terasa lebih responsif.

Nonaktifkan efek transparansi

Untuk mempercepat Windows 10 menonaktifkan efek Desain Lancar, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik Personalisasi.
  3. Klik Warna.
  4. Matikan sakelar Efek transparansi.

(Kredit gambar: Masa Depan)

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Windows 10 akan terasa lebih cepat, dan perangkat akan mengosongkan beberapa sumber daya sistem untuk tugas yang lebih penting.

14. Nonaktifkan pengindeksan pencarian

Meskipun pencarian Windows 10 adalah fitur penting untuk menemukan aplikasi, pengaturan, dan file, proses pengindeksan terkadang dapat menghabiskan banyak sumber daya yang dapat berdampak negatif pada pengalaman – terutama pada perangkat kelas bawah. Jika Anda menjaga agar file tetap teratur, Anda dapat memperlambat proses pengindeksan dengan mengecualikan semua lokasi pencarian.

Untuk mengonfigurasi pengindeks guna meningkatkan kinerja sistem di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik Telusuri.
  3. Klik Telusuri Windows .
  4. Di bagian “Setelan Pengindeks Penelusuran Lainnya”, klik opsi Setelan Pengindeks Penelusuran Lanjutan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik Ubah tombol.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Tampilkan semua lokasi.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Di bawah bagian “Ubah lokasi yang dipilih”, hapus semua lokasi yang dipilih.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Oke.
  2. Klik tombol Tutup.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Pencarian Windows akan terus berjalan di perangkat Anda, tetapi Windows 10 tidak lagi mengindeks lokasi yang ditentukan, meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

15. Meningkatkan ukuran file halaman

Di Windows 10, “file halaman” adalah file tersembunyi di drive yang berfungsi sebagai memori, dan berfungsi sebagai luapan memori sistem, yang menyimpan data untuk aplikasi yang sedang berjalan di komputer.

Jika Anda meningkatkan ukuran file paging, ini dapat membantu meningkatkan kinerja sistem.

Untuk mengubah file halaman guna meningkatkan kinerja di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik Sistem.
  3. Klik Tentang.
  4. Di bawah bagian “Setelan terkait”, klik Opsi pengaturan sistem tingkat lanjut.

  1. Klik tab Lanjutan.
  2. Di bawah bagian “Kinerja”, klik tombol Setelan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tab Lanjutan.
  2. Di bawah bagian “Memori virtual”, klik tombol Ubah.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Hapus Opsi kelola ukuran file paging secara otomatis untuk semua drive.
  2. Pilih opsi Ukuran khusus.
  3. Tentukan ukuran awal dan maksimum untuk file halaman dalam megabita. Kiat cepat: Biasanya, disarankan untuk menggunakan jumlah satu setengah kali total memori yang tersedia untuk “Ukuran awal” dan tiga kali memori yang tersedia untuk “Ukuran maksimum” bila memungkinkan. Anda dapat mengonfirmasi jumlah total memori yang tersedia di halaman setelan Tentang.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Setel.
  2. Klik OK tombol.
  3. Klik tombol OK lagi.
  4. Mulai ulang komputer Anda.

Setelah Anda selesaikan langkah-langkahnya, perangkat akan dimulai ulang, dan Anda akan melihat peningkatan kinerja saat menggunakan aplikasi. Saat mengonfigurasi file halaman di Solid-State Drive, kinerjanya akan lebih terlihat.

Jika setelan baru menyebabkan masalah atau kinerja tidak membaik, Anda selalu dapat mengembalikan perubahan dengan petunjuk yang sama yang dijelaskan di atas. Namun, pada langkah No. 9, pilih opsi Ukuran terkelola sistem dan centang opsi Kelola ukuran file paging secara otomatis untuk semua drive .

16. Pulihkan kondisi kerja sebelumnya

Terkadang perangkat Anda akan melambat setelah menginstal pembaruan sistem, driver perangkat, atau aplikasi baru. Jika Anda tidak dapat menentukan mengapa komputer lambat, Anda dapat membatalkan perubahan apa pun dengan memulihkan status kerja sebelumnya menggunakan titik Pemulihan Sistem.

Untuk menerapkan titik pemulihan guna memperbaiki masalah kinerja pada Windows 10, gunakan langkah-langkah ini :

  1. Buka Mulai.
  2. Telusuri Buat titik pemulihan dan klik bagian atas hasil untuk membuka aplikasi System Properties.
  3. Klik tab System Protection.
  4. Klik System Restore< /strong> tombol.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Berikutnya.
  2. Pilih titik pemulihan terbaru untuk menyelesaikan masalah kinerja.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik Pindai untuk yang terpengaruh program untuk mengidentifikasi aplikasi yang akan dihapus jika dipasang setelah t titik pemulihan telah dibuat.
  2. Klik tombol Tutup.
  3. Klik tombol Berikutnya.
  4. Klik tombol Selesai.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, komputer akan kembali ke kondisi sebelumnya dan mengembalikan saat kinerja tidak menjadi masalah.

Pemulihan Sistem tidak diaktifkan secara default. Ini berarti Anda harus mengaturnya sebelum Anda dapat mengembalikan perubahan sistem.

17. Perbaiki file pengaturan Windows

Jika komputer menunjukkan tanda-tanda masalah kinerja, mungkin karena file sistem yang rusak. Jika demikian, Anda dapat menggunakan alat baris perintah Deployment Image Service and Management Tool (DISM) dan System File Checker (SFC) untuk memperbaiki penyiapan tanpa menginstal ulang.

Perbaiki file penginstalan dengan DISM

Untuk menggunakan DISM guna memperbaiki file sistem yang rusak guna meningkatkan kinerja dan stabilitas pada Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Mulai.
  2. Telusuri Command Prompt, klik kanan hasil teratas dan klik Jalankan sebagai Opsi Administrator.
  3. Ketik perintah berikut untuk memperbaiki instalasi dan tekan Enter: DISM /Online /Cleanup-image /Restorehealth< /li>

(Kredit gambar: Masa Depan)

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, perangkat sekarang akan beroperasi secara normal jika utilitas telah berhasil diselesaikan. Jika pemindaian bermasalah, Anda juga harus menggunakan alat baris perintah SFC. (Anda selalu dapat mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini di panduan panduan DISM kami (terbuka di tab baru).)

Perbaiki file instalasi dengan SFC

Untuk menggunakan SFC guna memperbaiki file sistem yang rusak pada Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Mulai.
  2. Telusuri Command Prompt, klik kanan hasil teratas dan klik Run as Administrator option.
  3. Ketik perintah berikut untuk memperbaiki instalasi dan tekan Enter: sfc /scannow

(Kredit gambar: Masa Depan)

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, alat tersebut seharusnya dapat memperbaiki masalah apa pun memengaruhi kinerja.

Anda dapat memeriksa panduan ini dengan detail selengkapnya tentang menggunakan alat Pemeriksa File Sistem, termasuk langkah-langkah untuk melihat detail pemindaian, memperbaiki file individual, dan menjalankan sistem offline reputasi udara.

18. Setel ulang perangkat ke default pabrik

Atau, Anda dapat menyetel ulang komputer ke setelan default pabrik untuk memulai yang baru dengan salinan Windows 10 yang bersih untuk meningkatkan pengaktifan dan penonaktifan, masa pakai baterai, dan kinerja sistem secara keseluruhan.

Peringatan: Jika Anda memilih untuk menghapus file, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat cadangan lengkap atau menyalin file ke drive eksternal sebelum melanjutkan.

Untuk menyetel ulang perangkat ke setelan default, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Setelan.
  2. Klik Perbarui & Keamanan.
  3. Klik Pemulihan.
  4. Di bagian “Setel ulang PC ini”, klik Mulai tombol.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Simpan file saya. (Anda juga dapat mengeklik tombol Hapus semuanya untuk menghapus semuanya dan memasang salinan bersih Windows 10.)

< /p>

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Pilih opsi Instal ulang lokal. Kiat cepat: Jika Anda ingin penginstalan Windows 10 yang bersih tanpa aplikasi yang telah diinstal sebelumnya dengan perangkat atau jika opsi Instal ulang lokal tidak berfungsi, pilih Unduhan cloud opsi.

(Kredit gambar: Masa Depan)

  1. Klik tombol Berikutnya.
  2. Klik tombol Setel Ulang.

(Image credit: Future)

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkahnya, Windows 10 akan diinstal ulang, menghapus konfigurasi sebelumnya, pengaturan , dan aplikasi untuk membantu Anda meningkatkan kinerja sistem. Jika Anda memilih opsi untuk menghapus semuanya, ingatlah untuk memulihkan file Anda dari cadangan sebelumnya setelah proses.

Jika Anda ingin menginstal Windows 10 dari awal, lihat panduan mendalam kami untuk melakukan < span rel="noopener" target="_blank">bersihkan instalasi (terbuka di tab baru).

19. Upgrade ke drive yang lebih cepat

Jika Anda tidak melihat peningkatan kinerja bahkan setelah melalui proses reset, mungkin sudah waktunya untuk mengupgrade hard drive ke SSD.

Upgrade ke SSD Solid-State Drive mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja pada perangkat keras lama. Biasanya, SSD (terbuka di tab baru) tidak memiliki bagian yang bergerak seperti hard drive tradisional, yang berarti data dapat dibaca dan ditulis jauh lebih cepat.

Saat Anda mengganti HDD dengan SSD (terbuka di tab baru), Windows 10 akan melakukan booting lebih cepat, aplikasi akan diluncurkan dan berjalan lebih cepat , dan kinerja keseluruhan akan lebih tajam dan lebih cepat.

(Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

Jika Anda berencana untuk meningkatkan ke SSD, kami merekomendasikan Samsung 860 EVO karena kinerjanya yang cepat, keandalan, dan garansi lima tahun.

20. Tingkatkan memori sistem

Memori sistem yang tidak memadai juga dapat menjadi penyebab komputer Anda berjalan lambat, terutama jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi dan banyak tab terbuka di browser web.

Jika Anda mau menentukan apakah komputer Anda membutuhkan lebih banyak memori, Anda harus terlebih dahulu mengonfirmasi jumlah total memori yang terpasang pada perangkat dan bagaimana sistem menggunakannya.

Untuk melihat jumlah total dan penggunaan memori saat ini di Windows 10, gunakan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Mulai.
  2. Telusuri Pengelola Tugas, dan klik hasil teratas untuk membuka aplikasi.
  3. Klik tab Kinerja.
  4. Klik Memori dari panel kiri.
  5. Di sebelah kanan, periksa jumlah total RAM di pojok kanan atas, dan di pojok kiri bawah, di bawah “Sedang digunakan (Terkompresi)”, Anda dapat menemukan jumlah total memori yang saat ini digunakan.

(Kredit gambar: Masa Depan)

Jika jumlah total memori “sedang digunakan” selalu tinggi (sekitar 80 persen), inilah saatnya untuk menambahkan memory stick.

Meskipun menambahkan lebih banyak memori (terbuka di tab baru) relatif mudah, menemukan kit yang kompatibel bisa jadi rumit. Selalu ingat untuk menggunakan Pengelola Tugas untuk mengetahui jenis memori yang Anda butuhkan dan jika ada slot yang tersedia (terbuka di tab baru). Anda juga disarankan untuk memeriksa situs web produsen perangkat Anda untuk menemukan informasi yang lebih spesifik tentang persyaratan memori.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik percepat komputer windows 10 saya

Cara Mempercepat Kinerja PC/Laptop Lemot – Windows 10 – 75% Lebih Cepat

  • Penulis: bakpWOW_TV
  • Tanggal posting: 2018-08-02
  • Nilai: 4 ⭐ ( 2974 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: This video is very simple, but most people don’t know the benefits yet. Please practice and feel the pleasure.

    Tutorial Windows10 Ngelag Lemot

    Get the latest videos from bakpwow_TV by Click SUBSCRIBE!

Jadikan Windows 10 lebih cepat – percepat komputer Anda

  • Penulis: windowspower.de
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6794 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Jadikan Windows 10 lebih cepat. Tips dan Trik. Windows 10 adalah sistem terbaik dan tercepat yang dimiliki Microsoft di pasar. Tapi seiring waktu,

Bagaimana Cara Mempercepat Performa Windows 10 di Laptop?

  • Penulis: www.acerid.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6043 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Bagaimana mempercepat performa Windows 10 di laptop kamu? Ada cara terbaik untuk mengatasi hal ini.

10 Cara Mempercepat Kinerja PC dan Laptop Windows 10

  • Penulis: telset.id
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6111 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Laptop Anda sudah terasa lemot atau lambat? Kalau ya, Anda harus mengikuti cara ini untuk mempercepat kinerja laptop maupun PC Windows 10

Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot

  • Penulis: comportcomputers.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 1810 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Windows 10 yang lemot tentu mengganggu aktifitas keseharian Anda. Mari simak cara mempercepat kinerja Windows 10 pada komputer atau PC Anda!

17 Cara Mempercepat Perfoma Windows 10

  • Penulis: winpoin.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 8542 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Merasa bahwa perfoma sistem Windows 10 terasa lambat? tidak perlu khawatir, berikut Winpoin berikan 17 cara untuk mempercepatnya.

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Windows 10 Mudah

  • Penulis: www.kotaktekno.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 3271 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: windows 10 lemot karena banyak aplikasi yang berjalan dan salah setting. dan berikut cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan mudah.

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Printer rumahan terbaik di tahun 2022 untuk kerja jarak jauh, kantor di rumah, dan lainnya - printer komputer terbaik untuk uang