8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Gaming di Tahun 2022 – cara membeli komputer game

Mau beli laptop gaming baru tapi bingung mau cari apa? Berikut 8 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop gaming di tahun 2022.

Anda sedang menonton: cara membeli komputer game

Ada banyak masalah yang bisa Anda mengalami saat membeli laptop gaming. Anda mungkin bingung antara berbagai jenis istilah kartu grafis dan bagaimana mereka mempengaruhi kinerja. Mungkin Anda tidak tahu panel layar mana yang harus dipilih. Atau mungkin Anda tidak yakin dengan perbedaan antara DLSS dan Ray Tracing. Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan lebih banyak lagi dengan daftar praktis yang telah kami buat ini yang memiliki semua tip yang harus Anda ingat saat membeli laptop gaming.

8 Tips untuk Laptop Gaming yang Bagus (2022)

Daftar ini tidak hanya berisi tip umum untuk komponen umum, tetapi juga sejumlah hal lain yang mudah dilupakan orang. Gunakan tabel di bawah ini untuk membaca bagian yang ingin Anda ketahui lebih lanjut.

1. Pilih Sistem Operasi

Sistem operasi selalu menjadi kerangka utama yang kami gunakan untuk mengontrol segalanya. Sementara Windows tetap menjadi standar emas untuk permainan komputer untuk waktu yang lama sekarang, platform lain seperti macOS dan Linux juga memiliki kegunaannya. Baca terus di bawah ini dan putuskan kasus penggunaan khusus Anda:

Windows

Berasal dari serangkaian rilis, Microsoft Windows telah benar-benar berubah. Windows 10 terbaru merupakan OS yang bekerja dengan cepat dan efisien. Jika Anda adalah tipe gamer yang menginginkan banyak dukungan dan kompatibilitas untuk hampir semua game di luar sana, Windows 10 adalah cara yang tepat.

Selain Windows yang diperbarui secara berkala, ada lebih banyak alasan lagi untuk membeli laptop Windows karena Windows 11 terbaru akan segera dirilis oleh Microsoft. Windows akan memungkinkan pengguna pengalaman sederhana sambil memberi mereka keseimbangan pilihan yang sehat untuk perubahan kustom. Jadi untuk gamer yang ingin langsung memainkannya, gunakan Windows.

Dapatkan Windows untuk segalanya OS yang menyeimbangkan game dan tugas sehari-hari dengan baik. Untuk sebagian besar pengguna, ini akan berhasil.

Hindari DOS – Sesekali Anda mungkin menemukan laptop yang dikirimkan dengan DOS sebagai OS-nya. DOS adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengelola file dan tidak mampu bermain game atau fitur yang biasa Anda gunakan. Jadi, kecuali Anda ingin menginstal Windows atau Linux sendiri, hindarilah.

Linux

Meskipun Linux bukanlah sistem operasi tunggal tetapi inti dari banyak sistem operasi, platform populer ini telah digunakan oleh beberapa pengguna yang lebih memilih untuk kesederhanaan dan kekuatan untuk menyesuaikan banyak elemen. Linux hanya menguasai 3 persen pangsa pasar, yang sebagian menjadi alasan Anda tidak melihat banyak laptop gaming yang sudah diinstal sebelumnya.

Linux memang menyediakan tingkat penyesuaian yang lebih baik dibandingkan dengan platform lain. Anda dapat menginstal distribusi Linux ringan dan bahkan Menjalankan Android di Linux.

Selain itu, kondisi permainan di Linux terus berkembang setiap hari. Ada sejumlah game untuk Linux untuk dijalankan secara native. Namun, Anda lebih baik tetap menggunakan Windows sampai Anda tahu persis apa yang Anda hadapi.

Dapatkan Linux jika Anda ingin mempelajari seluk-beluknya atau sudah menyadari kerumitannya.

macOS

Apple yang populer dipatenkan OS telah dikagumi oleh pengguna karena kemudahan penggunaan dan alur kerjanya yang sederhana. Namun, gamer yang ingin berinvestasi dalam laptop gaming harus menyadari kompatibilitas terbatas macOS dalam hal bermain game. Tidak hanya perangkat kerasnya yang kurang mendukung karena macOS eksklusif untuk Apple, tetapi OS itu sendiri bukanlah lingkungan yang stabil untuk bermain game. Meskipun ada game seperti Cuphead, League of Legends, dan Minecraft: Java Edition yang berjalan dengan baik di Mac, gamer akan kesulitan menemukan game favorit mereka di macOS.

Namun, macOS adalah tambahan yang bagus untuk pengguna profesional yang ingin membuat alur kerja yang baik. Selain itu, macOS 12 adalah iterasi terbaru dan dilengkapi dengan lebih banyak fitur. OS ini dirilis ke publik tahun ini nanti.

Dapatkan macOS jika Anda hanya ingin bermain game kasual sambil menggunakan fitur milik Apple.

2. Ketahui Prosesor (CPU) Anda

Cara mengukur prosesor

Prosesor pada dasarnya adalah otak dari sistem dan ketika Anda menginvestasikan banyak uang untuk suatu produk, sebaiknya gunakan otak yang dapat berpikir cepat. Berikut adalah poin yang harus Anda ingat saat menilai CPU:

Generasi

Perusahaan seperti Intel dan AMD merilis prosesor mereka yang ditingkatkan setiap tahun dan generasi yang berbeda adalah cara praktis untuk mengkategorikannya. Generasi yang lebih baru dibangun di atas teknologi yang lebih baru dan lebih cepat dan lebih hemat daya. Jadi misalnya Intel i7-11700K (Gen ke-11) lebih cepat daripada i7-6700K (Gen ke-6). Saat Anda ingin membeli laptop baru, berusahalah untuk mendapatkan generasi yang lebih baru. Dengan cara ini CPU laptop Anda akan mutakhir dan dapat bertahan beberapa tahun bermain game sebelum Anda harus menggantinya.

Kecepatan Jam

Salah satu faktor terpenting dalam memilih prosesor adalah mengetahui kecepatan clocknya. Tanpa terlalu teknis, kecepatan clock prosesor adalah kecepatan di mana prosesor dapat mengeksekusi beberapa instruksi sekaligus. Kecepatan clock diukur dalam GHz yang berarti CPU 3,2 GHz akan menjalankan 3,2 miliar siklus per detik.

Namun, ketika prosesor yang lebih baru keluar, desain dan arsitekturnya berubah dan ini mungkin berarti bahwa CPU lama dengan kecepatan clock yang lebih tinggi mungkin dikalahkan oleh yang lebih baru dengan kecepatan yang lebih rendah. Oleh karena itu, lebih baik membandingkan dua prosesor dari generasi yang sama.

Kecepatan jam sangat penting untuk bermain game karena semakin cepat frekuensi CPU, semakin baik permainan akan berjalan.

Jumlah Core

Sama seperti kecepatan clock, penting bagi CPU untuk memiliki banyak core untuk kinerja yang lebih baik. Inti bertindak seperti unit terpisah yang membantu CPU pada dasarnya melakukan banyak tugas dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Hal ini terjadi ketika satu tugas besar dibagi menjadi utas (bagian) yang berbeda dan setiap utas diberikan ke inti yang berbeda.

aturan dasarnya adalah semakin banyak multitasking yang Anda lakukan, semakin banyak core yang harus Anda gunakan. Anda akan menemukan CPU dual-core di laptop kerja dasar. Jika Anda ingin bermain game dan melakukan tugas berat lainnya, cari prosesor enam hingga delapan inti. Untuk utas, cari CPU dengan 6 hingga 8 utas untuk kinerja yang lebih baik.

Selain itu, dengan Teknologi Hyper-Threading Intel proses ini menjadi lebih cepat. Hyper-Threading memungkinkan alokasi beberapa utas ke inti yang sama sehingga semua inti bekerja sama untuk menjalankan game yang menggunakan teknologi ini. Sebagian besar game modern menggunakan Hyper-Threading Intel untuk mencapai performa gaming yang maksimal.

Pertarungan Intel vs AMD

Dalam hal Intel vs AMD, pasar game laptop masih agak kabur . Karena Intel’s 11th Gen Tiger Lake dan AMD Ryzen 5000 series baru saja dirilis, laptop dengan CPU ini sangat sedikit untuk saat ini. Namun, tolok ukur terbaru menunjukkan bahwa CPU Intel Tiger Lake H i9-11980HK yang akan datang telah mengungguli Ryzen 9 5900 HX dari AMD ‘dengan nyaman’.

Dalam hal mendapatkan laptop gaming, baik chip Intel maupun AMD mengemas pukulan yang solid dan memberikan performa gaming yang layak untuk dibelanjakan. Sementara AMD telah memberikan banyak persaingan kepada Intel dalam beberapa tahun terakhir dan telah mengumpulkan dukungan populer, Anda dapat menggunakan Intel jika Anda tidak tertarik untuk bereksperimen. Namun, gamer mungkin menemukan beberapa laptop AMD lebih hemat biaya daripada rekan Intel mereka. Diberikan di bawah ini adalah keluarga CPU paling umum yang akan Anda temui dari kedua perusahaan saat berbelanja.

Intel – Core i3, i5, i7, i9 Generasi ke-11

AMD – Ryzen 5, Ryzen 7, Ryzen 9

3. Pikirkan Kartu Grafis (GPU)

Sama seperti bagaimana CPU laptop menangani berbagai instruksi, GPU-nya melakukan fungsi yang sama untuk proses intensif grafis seperti output video dan game. GPU yang baik adalah aset penting bagi seorang gamer yang ingin mendapatkan framerate yang mulus dan pengalaman yang baik. Namun, GPU datang dalam dua bentuk. Mari kita urutkan:

Grafis Terintegrasi

GPU terintegrasi mengacu pada kartu grafis yang berbagi ruang dan memori di tempat yang sama sebagai CPU. Istilah terintegrasi berarti mereka ditempatkan (terintegrasi) bersama-sama pada chip yang sama. Jadi CPU dengan grafis terintegrasi akan mampu menangani proses baik CPU maupun GPU secara bersamaan.

Karena memori bersama dan fitur lainnya, performa GPU terintegrasi lebih lemah jika dibandingkan dengan GPU khusus. Oleh karena itu, Grafis terintegrasi lebih cocok untuk gamer biasa yang ingin bermain game dengan persyaratan grafis rendah dan yang sebagian besar berfokus pada keluaran video seperti Netflix atau YouTube. Gamer yang serius harus tetap menggunakan GPU khusus.

Grafik Khusus/Diskrit

Grafik Khusus merujuk pada kartu grafis yang dipasang secara terpisah dari CPU Anda . Kartu ini berfungsi memiliki sumber daya independen dan tidak berbagi memori apa pun yang datang dalam bentuk VRAM dengan CPU Anda. Jadi, setiap kali Anda melihat RTX 2070 dengan VRAM 8 GB, memori itu hanya akan digunakan untuk bermain game dan proses video lainnya.

Karena GPU khusus tidak menggabungkan sumber dayanya dengan CPU, lebih cocok untuk gamer penggunaan menengah hingga berat yang tidak ingin berkompromi pada kualitas grafis dan kecepatan bingkai. Selain itu, editor video yang mencari perangkat keras pengeditan yang lebih baik harus tetap menggunakan GPU khusus untuk pekerjaan mereka.

Xem Thêm  Cara Memainkan Fortnite di PC - bisakah kamu bermain fortnite di komputer?

NVIDIA vs AMD

Sama seperti diskusi kita sebelumnya, pertempuran di sini juga tidak jelas. AMD dan NVIDIA telah saling berhadapan selama beberapa bulan terakhir dan keduanya memiliki kemenangan dan kekalahan. Kartu seperti Radeon RX 6700XT telah memberikan persaingan ke NVIDIA 3070 dan kemudian raksasa seperti RTX 3080 telah melawan RX 6900XT.

Untuk konsumen yang menginginkan laptop gaming, saran kami adalah mengadu GPU potensial mereka dengan pesaing langsung dan memutuskan tolok ukur tertentu. Cara praktis untuk melakukan ini adalah dengan mencari tolok ukur permainan untuk dua GPU yang berbeda. Anda akan menemukan banyak video seperti itu. Misalnya benchmark game seperti ini:

Beberapa istilah GPU yang mungkin Anda baca dan artinya:

Saat menelusuri berbagai laptop game online, Anda mungkin menemukan beberapa istilah seperti DLSS, Max-Q, atau GTX /RTX. Berikut artinya –

DLSS 2.0 –

Deep Learning Super Sampling adalah teknologi yang dikembangkan oleh NVIDIA< /kuat>. DLSS dibuat untuk meningkatkan framerate dalam game dan memaksimalkan kualitas gambar. Ide dasarnya di sini adalah untuk membuat game terlihat seperti berjalan pada resolusi yang lebih tinggi daripada yang sebenarnya berjalan. Untuk membaca tentang DLSS secara mendalam, lihat penjelasan praktis kami.

AMD FidelityFX Super Resolution

AMD’s Super Resolution (FSR) adalah jawaban perusahaan untuk DLSS NVIDIA. Teknologi baru ini bertujuan untuk mencapai hasil yang sama tetapi dengan cara yang berbeda dan dengan dukungan untuk GPU yang lebih lama. Sementara DLSS menggunakan AI, AMD menggunakan algoritme peningkatan spasial tingkat lanjut untuk mendapatkan resolusi yang lebih tinggi.

Meskipun DLSS hanya terbatas pada GPU NVIDIA RTX, FSR AMD adalah sumber terbuka dan akan mendukung seri Radeon RX 6000, 5000, RX 500. Selain itu, FSR akanjuga bekerja dengan GPU NVIDIA termasuk versi lama seperti seri GTX 10 yang tidak didukung oleh DLSS. AMD FSR diluncurkan pada 22 Juni 2021, dan tentunya akan memberikan lebih banyak pilihan bagi para gamer yang ingin membeli perangkat keras yang bagus.

Jadi, jika Anda melihat salah satu teknologi ini disebutkan di detail laptop Anda, periksa dan bandingkan.

NVIDIA Max-Q

Saat melihat beberapa GPU laptop, Anda mungkin menemukan sesuatu seperti NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 GDDR6 6 GB dengan Max-Q. Jadi apa artinya ini? NVIDIA Max-Q adalah komitmen perusahaan untuk mengambil line-up populer mereka seperti seri RTX 20 dan 30 dan melangsingkan faktor bentuk mereka. Jadi dalam contoh kami, RTX 2060 dengan Max-Q akan bekerja sama dengan 2060 normal tetapi akan jauh lebih ramping dalam ukuran dan mengkonsumsi lebih sedikit daya.

Kinerja di GPU Max-Q akan lebih sedikit dibandingkan dengan ukuran normal tetapi hanya sehelai rambut. Seperti DLSS, MaxQ adalah eksklusif NVIDIA dan ditandai dengan jelas di akhir masing-masing GPU. Untuk gamer yang mencari laptop gaming ramping, NVIDIA Max-Q adalah jawabannya.

GTX vs RTX

Lini produk NVIDIA sebelumnya (GTX 1060.1070, 1080ti) untuk waktu yang lama adalah Giga Texel Shader eXtreme (GTX) . Ray Tracing Texel eXtreme (RTX) adalah teknologi perusahaan yang mendukung seri 20 (2060,2080 dll). Selain itu, arsitektur RTX gen ke-2 NVIDIA adalah untuk seri 30 terbaru (3060.3080 dll) dan mengemas lebih banyak daya dalam hal kecepatan clock, VRAM, dan kinerja grafis secara keseluruhan. Salah satu fitur RTX yang paling menonjol adalah Ray Tracing.

Teknologi yang relatif baru ini diluncurkan dengan seri 20 dan dilanjutkan dengan seri 30. Ray tracing mensimulasikan perilaku fisik cahaya dalam game untuk membuatnya dalam kualitas sinematik dan cahaya serta pantulannya tampak hidup dan seperti mimpi. Jadi seperti pantulan sebening kristal yang Anda lihat di genangan air di hari hujan, Anda dapat mengalami hal yang sama di dalam game seperti Cyberpunk. Berikut video untuk membantu Anda melihat perbedaannya –

2070 vs 2070 SUPER

Anda mungkin melihat dua versi dari GPU yang sama dan mungkin bingung apa artinya SUPER. Tanpa terlalu membingungkan Anda, seri SUPER diluncurkan oleh NVIDIA sebagai peningkatan dari jajaran GPU mereka yang sudah ada. Salah satu yang paling menonjol adalah seri 20. Misalnya – 2070 SUPER adalah versi yang disempurnakan dari 2070 GPU. Varian Super memberikan kecepatan clock yang lebih cepat, peningkatan kinerja game. Namun, perlu diketahui peningkatannya tidak akan sebesar itu tetapi masih lebih baik daripada varian aslinya. Jadi jika melihat varian SUPER dengan harga yang bagus, ambillah.

3080 vs 3080ti

Sama seperti varian SUPER, versi ti GPU secara bertahap lebih cepat daripada pendahulu mereka. RTX 3080ti yang baru diluncurkan akan memberikan kinerja dua kali lebih cepat daripada 3080 standar. Jadi, saat melihat GPU di laptop, perhatikan tanda ti.

Beberapa GPU laptop bagus yang mungkin Anda temui:

Anggaran Gaming Kelas Menengah Pengalaman – NVIDIA GTX 1650, 1650ti, AMD Radeon RX 5500M
Game Berperforma Tinggi – AMD Radeon™ RX 6600M, RTX 2060, 2070
Ekstrim Game – AMD Radeon™ RX 6800M, RTX 3070ti, 3080ti,

Bagaimana jika CPU dan GPU saya menggunakan AMD?

Meskipun tidak banyak perbedaan antara memiliki komponen yang berbeda atau sama dari suatu perusahaan , ada beberapa manfaat yang dapat dinikmati pengguna AMD.

1. Teknologi AMD SmartShift –

SmartShift adalah satu-satunya sistem manajemen daya AMD yang memungkinkan CPU dan GPU mengkonsumsi daya dari anggaran bersama. AMD Smartshift memutuskan daya yang dibutuhkan oleh CPU dan GPU dan mendistribusikannya secara merata sehingga memberikan setidaknya 10 persen peningkatan kinerja gaming. Namun, perlu diketahui bahwa ini memerlukan CPU AMD dan GPU AMD Khusus.

2. Rasio Performa Per Watt –

Manfaat lain yang akan dimiliki oleh pengguna AMD secara bersamaan adalah jumlah daya yang dihemat. AMD telah menjanjikan sinkronisasi antara berbagai bagiannya akan meningkatkan rasio PPW dan sistem akan lebih hemat daya.

4. Random Access Memory (RAM)

Juga dikenal sebagai memori jangka pendek komputer, RAM bertanggung jawab untuk menangani beberapa proses seperti bermain game, membuka beberapa aplikasi di komputer saat bekerja bersama-sama dengan CPU. Ini berbeda dengan Hard drive Anda yang menyimpan file game untuk jangka panjang.

Namun, semua aplikasi tersebut menggunakan memori. Itulah alasan Anda melihat RAM dalam berbagai ukuran seperti 4, 8, 16, 32GB dan seterusnya. Semakin besar RAM Anda, semakin banyak aplikasi/game yang dapat diproses secara bersamaan.

Jadi berapa banyak RAM yang cukup?

Dulu, memiliki RAM 4GB saja sudah dianggap ekstrem. Namun, seiring berjalannya waktu dan industri game telah berkembang, persyaratan RAM minimum telah meningkat. Sebagian besar laptop gaming tingkat pemula dikirimkan dengan RAM 8 GB dengan ruang untuk ditingkatkan.

8GB – Untuk game ringan sehari-hari

Sementara 8GB adalah persyaratan minimum untuk sebagian besar game dan akan memungkinkan Anda untuk menjalankan mereka dengan pengaturan yang layak, akan ada saat-saat ketika Anda akan menemukan diri Anda menginginkan lebih. Kebutuhan ini akan terlihat paling jelas ketika Anda menaikkan pengaturan dan lag mungkin terjadi. Karena sebagian besar game 2021 mendatang akan membutuhkan banyak sumber daya, mungkin ada kalanya 8GB saja tidak cukup. Jadi jika Anda bisa, Anda harus berusaha untuk meng-upgrade. Jadi, 8 GB akan cukup untuk gamer ringan dan pengguna sehari-hari.

16GB – Sweet spot

Game berat membutuhkan sumber daya yang besar. Tidak hanya RAM 16GB yang akan membawa Anda melewati pintu tetapi itu akan memungkinkan Anda untuk memiliki pengalaman bermain game yang sangat nyaman. 16GB cukup untuk menjalankan tugas-tugas intensif seperti mengaktifkan banyak tab Chrome saat menjalankan game di latar belakang dengan Discord di samping. Jadi, untuk gamer yang ingin menjalankan game mereka dengan nyaman sambil melakukan tugas lain, 16GB adalah pilihan yang tepat.

32GB – Sedikit Berlebihan

Meskipun Anda mungkin percaya bahwa semakin banyak RAM yang saya miliki, semakin baik, Anda tidak selalu benar. Sebagian besar game bahkan di tahun 2021 tidak memerlukan lebih dari 16 GB RAM untuk berfungsi secara optimal. Meskipun mendapatkan 32GB akan memberi Anda banyak ruang untuk bernafas, diragukan Anda akan benar-benar menggunakannya untuk merender beberapa video saat bermain game. Namun, untuk individu yang pengguna yang sangat kuat (editor video, desainer 3D, animator grafis intensif), 32GB lebih tepat. Kecuali Anda memiliki uang cadangan, lebih baik tetap menggunakan 16 GB dan tingkatkan versi nanti jika diperlukan.

RAM Tersolder vs Tidak Tersolder

Saat melihat laptop, Anda mungkin melihat RAM di dalamnya diiklankan sebagai 8 GB (Disolder ) +8 GB SODIMM. Ingin tahu apa artinya ini?

RAM yang Disolder – pada dasarnya mengacu pada praktik pabrikan yang memasukkan RAM yang menyatu dengan Motherboard. RAM yang disolder menjadi bagian dari sistem dan tidak dapat diupgrade. Jika pengguna dengan RAM yang disolder akan meningkatkannya, mereka perlu membeli stik tambahan dan memasukkannya ke slot kosong lainnya (jika ada). Solder adalah metode yang disukai oleh komunitas gamer dan untuk alasan yang baik. Ini pada dasarnya menghilangkan daya dari pelanggan yang sekarang harus menghubungi pabrikan untuk opsi. Cobalah untuk menghindari RAM Solder sama sekali.

DIMM/SODIMM (untuk Laptop) – Ini adalah jenis RAM yang ingin Anda dapatkan. SODIMM RAM mengacu pada tongkat individu yang telah ditempatkan di laptop tetapi tidak dilas. Jika seorang gamer menginginkannya, mereka dapat mengganti salah satu stik RAM dengan RAM yang lebih besar atau lebih cepat tanpa kesulitan. Namun, selalu merujuk ke perusahaan laptop Anda sebelum Anda melakukannya. Beberapa perusahaan membatalkan garansi produk jika dibuka tanpa izin.

Kecepatan DDR dan RAM

Selain memiliki kapasitas RAM yang lebih tinggi, kecepatan di mana beroperasi juga penting. Kecepatan RAM menunjukkan seberapa cepat ia dapat melewatkan data dari dan ke CPU Anda. Semakin tinggi kecepatannya, semakin cepat proses ini. Kecepatan RAM diukur dalam Megahertz (MHz) yang diterjemahkan menjadi jutaan siklus per bagian. (Ingat kecepatan CPU sebagai GHz? Ya, seperti itu)

Kecepatan RAM sejalan dengan sesuatu yang dikenal sebagai Kecepatan Data Ganda (DDR). Angka di akhir menandakan generasi. Misalnya – RAM DDR4 adalah generasi saat ini. Seperti kecepatan RAM, semakin baru DDR, semakin cepat kecepatan transfernya. Jadi, saat mencari RAM di laptop gaming Anda, periksa Generasi DDR dan kecepatannya. Ini akan terlihat seperti > 16GB DDR4 3200Mhz SODIMM.

5. Penyimpanan

Anda mungkin menemukan laptop potensial Anda memiliki SSD, HHD, atau SSHD, atau kombinasi keduanya. Berikut adalah cara memilih:

Hard Disk Drive (HDD)< /h4>

HDD menawarkan banyak manfaat seperti tersedia dalam berbagai kapasitas (14TB), dengan biaya yang sangat rendah dibandingkan dengan SSD tetapi juga memiliki beberapa kekurangan. Karena HDD menggunakan bagian bergerak yang secara fisik menyimpan data ke disk, kecepatan baca/tulis drive jauh lebih lambat dibandingkan dengan SSD.

Selain itu, HDD memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan SSD karena seiring waktu disk mereka habis dan perlu seluruh drive perlu diganti. Untuk alasan ini, mereka juga lebih rentan terhadap kerusakan yang tidak disengaja.

Solid State Drive (SSD)

Solid State Drive adalah cara penyimpanan yang jauh lebih baru di industri. Namun, karena SSD adalah teknologi yang relatif baru, harganya lebih mahal dibandingkan dengan kakaknya. Namun demikian, SSD menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan HDD.

Salah satu yang terpenting adalah Kecepatan. Karena SSD menggunakan sirkuit listrik, mereka membaca dan menulis dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Sementara HDD standar membaca dan menulis dengan kecepatan 180MB/180MB per detik, SSD yang serupa dalam penyimpanan dan ukuran dapat mencapai 3200MB/3200MB per detik. Itu adalah lompatan besar.

SSD juga lebih awet dan tahan lama karena tidak adanya bagian yang bergerak. Mereka dapat dimasukkan ke dalam faktor bentuk yang lebih kecil, itulah sebabnya Anda mungkin melihatnya di slot M.2 yang pada dasarnya seukuran stik RAM kecil.

< /p>

SSD hadir dalam berbagai bentuk seperti SATA, NVMe/M.2, dan lain-lain. Sementara SSD SATA cocok di slot yang sama dengan hard drive dan memberikan kecepatan baca-tulis rata-rata 550/510 MB/s, SSD NVMe biasanya muat pada konektor M.2 dan kecepatan transfernya bisa jauh lebih tinggi hingga 2700/dtk. 2600MB.

Solid State Hybrid Drive (SSHD)

SSHD adalah kombinasi dari Hard Disk Drive dan Solid State Drive. SSHD dibuat sebagai cara untuk memberikan kecepatan transfer SSD yang cepat dengan penyimpanan dalam jumlah besar dan harga HDD yang terjangkau. Ini mencapai ini dengan memiliki memori jenis SSD kecil yang mengingat tindakan paling sering yang Anda lakukan di komputer Anda dan kemudian menyimpannya. Penggunaan jangka panjang seperti menyimpan file berat dikelola oleh bagian HDD tradisional. Jadi intinya, Anda mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Intel Optane

Anda mungkin mendapatkan memori khusus ini yang disertakan dalam laptop Anda. Intel Optane adalah chip memori mandiri yang bekerja sebagian seperti SSHD. Optane adalah teknologi yang dapat beradaptasi yang berarti mempelajari tugas yang paling sering Anda lakukan dan mengingatnya bahkan saat laptop Anda mati. Ini berarti bahwa lain kali Anda meluncurkan PC dan melakukan tindakan yang selalu Anda lakukan, tindakan itu akan lebih cepat.

Jadi, mana yang harus saya dapatkan?

Dapatkan HDD jika – Anda memiliki banyak file game untuk disimpan dan tidak tidak keberatan menunggu di satu atau dua layar pemuatan.
Dapatkan SSD jika – Anda seorang gamer yang prioritas utamanya adalah kecepatan dan tidak keberatan dengan penyimpanan rata-rata.
Dapatkan SSHD jika – Anda menginginkan yang terbaik dari kedua dunia sekaligus ringan di dompet.

< h3 id="h-6-picking-the-right-screen">6. Memilih layar yang tepat

Resolusi Layar

Resolusi layar adalah salah satu faktor yang secara langsung akan memengaruhi pengalaman bermain game Anda. Resolusi paling umum yang mungkin Anda temui adalah 1920X1080 (Full HD/1080p), 2560×1440 (2K, 1440p) dan 3840×2160 (4K UHD). Resolusi layar Anda secara langsung memengaruhi kualitas visual game Anda dan seberapa baik laptop Anda menjalankannya.

Sebagian besar laptop gaming dilengkapi dengan layar Full HD. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa laptop yang Anda beli bekerja dengan seimbang dan memberikan framerate yang cukup tanpa kehilangan apapun. Semakin tinggi resolusi layar, semakin banyak sumber daya yang akan dikonsumsi saat bermain game. Itulah alasan mengapa Anda akan menemukan permainan Anda tertinggal jika Anda memainkannya dalam resolusi 4K melalui laptop kelas menengah.

Menampilkan tampilan Full HD tidak masalah dan dalam banyak kasus direkomendasikan. Namun, jika Anda ingin berinvestasi dalam jumlah besar untuk laptop gaming yang memiliki komponen kuat, Anda dapat memilih tampilan 4K dengan aman. Selain itu, jika Anda mengalami masalah, Anda selalu dapat menurunkannya melalui aplikasi Anda.

Waktu Respons 1 hingga 5 md 

Waktu respons adalah jumlah waktu yang diperlukan agar monitor berpindah dari satu warna ke warna lain. Dalam hal Gaming, ini berarti kecepatan. Waktu respons yang lebih pendek akan memberi Anda keunggulan kompetitif karena Anda melihat warna dalam game lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan dengan pemain dengan waktu respons yang lebih tinggi.

Sebagai aturan praktis, waktu respons harus antara 1 md hingga 5 md. Semakin tinggi dan monitor memiliki peluang ghosting. (Bila Anda dapat melihat bayangan objek yang telah berlalu)

Refresh Rate – 60Hz, 144, 320 dll

Ini adalah salah satu hal yang akan Anda lihat di detail laptop gaming Anda. Sederhananya, kecepatan refresh monitor adalah berapa kali monitor diperbarui dengan gambar baru setiap detik. Kecepatan refresh diukur dalam Hertz (Hz). Refresh rate berjalan seiring dengan waktu respons. Namun, kecepatan refresh yang tinggi lebih penting karena secara langsung memengaruhi jumlah bingkai yang dapat Anda lihat. Untuk mengetahui kecepatan refresh Anda, Anda dapat melihat alat praktis ini.

Misalnya – Monitor kecepatan refresh 60HZ tidak dapat menampilkan lebih dari 60FPS karena perangkat kerasnya terbatas. Pilihan paling umum tetap 144HZ karena memberikan keseimbangan yang adil antara GPU dan monitor. Namun, jika komponen laptop Anda adalah kelas atas dan Anda menginginkan keunggulan CS:GO yang kompetitif, layar 320Hz akan lebih baik.

Teknologi Penyegaran Variabel – Apa itu GSync dan FreeSync –

Saat bermain game, masalah yang beberapa pemain mengalami layar robek. Ini terjadi ketika kecepatan refresh monitor tidak dapat mengikuti data yang dikirim oleh GPU sistem. Ini menghasilkan dua ‘layar’ virtual yang saling bertabrakan menciptakan efek ini. Sobek layar merusak pengalaman game dan secara efektif menarik Anda keluar dari pengalaman.

Sinkronisasi Vertikal (V-Sync)

V-Sync memecahkan masalah ini dengan membatasi jumlah frame yang dapat dicapai oleh game. Ini membantu kartu grafis mengenali batas bingkai monitor dan kedua perangkat bekerja dalam ‘Sinkronisasi’ untuk menghilangkan robeknya layar. Namun, karena batas bingkai ini, V-Sync diketahui menyebabkan pengalaman berombak saat bermain game. Cara V-Sync berhembus panas dan dingin adalah salah satu alasan pembuat laptop memiliki tampilan kecepatan refresh yang lebih tinggi. Sobek layar kurang terlihat pada layar 144 atau 320 Hz.

G-Sync

G-Sync adalah jawaban NVIDIA untuk masalah ini. Teknologi eksklusif ini memastikan bahwa kinerja output dari GPU dan monitor cocok dan tidak ada layar yang sobek atau tersendat. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan tingkat output tampilan bersamaan dengan kecepatan refresh GPU.

Jadi, jika GPU menghasilkan 55 frame per kedua, layar akan menurunkan kecepatan refreshnya sendiri menjadi 55. Jika angkanya semakin berkurang, monitor juga akan turun. Ini memastikan bahwa GPU dalam perintah dan memutuskan kecepatan refresh yang akan ditampilkan. Masalah V-Sync terpecahkan dan pengalaman bermain game lancar.

Namun, G-Sync adalah teknologi khusus dan memerlukan chip khusus untuk hadir di dalam monitor. Chip ini tidak dapat diinstal oleh pengguna dan sistem harus sudah diinstal sebelumnya dengan bagian ini. Namun, waktu berubah karena banyak laptop gaming dengan G-Sync keluar secara teratur.

AMD FreeSync

Bergabung dengan pertempuran, AMD mengeluarkan teknologi FreeSync miliknya sendiri yang mencapai efek yang sama tetapi dengan cara yang berbeda. Meskipun G-Sync memerlukan monitor yang didukung, semua kebutuhan FreeSync adalah HDMI atau DisplayPort dan sistem apa pun dengan ini dapat menggunakan FreeSync. Dari sinilah teknologi mendapatkan namanya. Sejak AMD menjadikannya open source, AMD memilih untuk menyebutnya FreeSync.

Jenis Panel – Rasio Kontras, TN, IPS, VA

Jenis panel juga memiliki sudut dalam pengalaman bermain game. Berikut beberapa detail selengkapnya:

Rasio Kontras: Rasio antara putih paling terang dan hitam pekat yang dapat dihasilkan monitor. Rasio kontras 1000:1 berarti kecerahan gambar yang sepenuhnya putih adalah 1000 kali lebih banyak daripada kecerahan gambar yang sepenuhnya hitam. Aturan umumnya adalah memilih rasio kontras tinggi untuk lingkungan yang lebih gelap dan yang lebih rendah untuk lingkungan yang lebih terang.

Twisted Nematic (TN) – Panel TN adalah salah satu jenis panel yang paling banyak digunakan karena harganya yang terjangkau. Panel TN menawarkan waktu respons yang luar biasa cepat. Jadi untuk penonton kompetitif yang bermain Rainbow Six Siege atau CS:GO, panel TN akan memastikan Anda mendapatkan waktu respons tercepat (serendah 1 md). Namun, TN memiliki kelemahannya sendiri seperti reproduksi warna/hitam yang buruk, sudut pandang rata-rata, dan rasio kontras yang buruk.

In-Plane Switching (IPS) – Panel IPS dianggap sebagai jenis panel terbaik karena berbagai alasan. Sebagai permulaan, panel IPS mengemas reproduksi warna, kualitas gambar, dan sudut pandang yang menakjubkan. Karena akurasi warnanya, mereka cocok untuk pembuat konten dan desainer. Namun, panel IPS juga memberikan waktu respons rata-rata hingga 5 md sehingga cocok untuk gamer biasa juga. Meskipun, mengingat fitur-fiturnya, panel IPS lebih mahal dibandingkan dengan rekan-rekan mereka.

Penyelarasan Vertikal (VA) – Dianggap sebagai pertengahan antara dua di atas, panel VA menawarkan akurasi warna yang baik, sudut pandang yang lebih lebar, dan kontras yang sangat baik rasio dibandingkan dengan TN dan IPS. Panel VA disarankan untuk penggunaan yang lebih umum dan bukan untuk bermain game berkecepatan tinggi.

7. Potensi Peningkatan di Masa Mendatang

Seperti hal lainnya, membeli laptop gaming adalah investasi, yang kemungkinan besar akan tetap bersama Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. Oleh karena itu, salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan laptop Anda bagus untuk dibeli adalah dengan memastikan apakah bisa diupgrade atau tidak.

Perhatikan bahwa Anda tidak akan mendapatkan pilihan untuk menukar CPU dan GPU Anda dengan yang lebih baik seperti di PC. Sebagian besar laptop tidak dirancang untuk dibuka dan ditingkatkan seperti itu. Belum lagi produsen memiliki aturan garansi ketat yang menghentikan Anda melakukan itu. Namun, ada beberapa bagian yang harus Anda pilih untuk ditingkatkan. Yang paling umum adalah:

RAM

Sebelum kita membahas caranya beberapa produsen laptop menyolder slot RAM yang ditutup sehingga pelanggan tidak dapat memutakhirkannya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, hindari membeli RAM yang disolder. Namun, jika laptop Anda dilengkapi dengan slot RAM terbuka, sangat mudah untuk membeli stik tambahan atau bahkan mengupgrade yang sudah ada. Selalu pastikan untuk membeli jenis RAM yang benar dan periksa kembali detail garansi dengan perusahaan laptop.

Penyimpanan

Jika Anda memiliki laptop gaming yang dilengkapi dengan HDD, Anda selalu dapat memilih SDG gaming murah dan kemudian ganti HDD Anda dengan satu. Slot untuk meningkatkan penyimpanan Anda harus mudah diakses dan dibuka.

Jadi, pastikan saat Anda membeli laptop gaming, lihat halaman detail produk untuk mengetahui potensi peningkatan mesin masa depan Anda.

8. Hal-hal yang sering diabaikan orang

Sementara mengikuti tip laptop gaming di atas akan melihat Anda melakukan pembelian yang baik, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan.

Keyboard

Keyboard pada laptop adalah sesuatu yang mungkin mudah Anda abaikan. Jenis keyboard yang dipasangkan dengan sistem Anda adalah penting. Laptop gaming modern yang kuat dilengkapi dengan keyboard mekanis yang menawarkan umpan balik taktil. Tombol pada keyboard mekanis menghasilkan bunyi klik dengan setiap penekanan. Selain itu, keyboard mekanis memiliki berbagai jenis sakelar (tombol) yang berbeda sifatnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat Panduan Ultimate Keyboard Mekanik kami. Gunakan keyboard mekanis jika Anda menginginkan pengalaman bermain game yang lebih terpusat.

Untuk pengguna yang menginginkan keseimbangan yang adil antara bermain game dan pekerjaan tradisional, keyboard bergaya chiclet dapat berguna. Tombol keyboard Chiclet datar dan menawarkan lebih banyak ruang di antara setiap tombol. Keyboard chiclet berguna untuk gamer kasual yang juga ingin menyelesaikan pekerjaan lain.

Build Quality

Anda mungkin ingin pulang dan bermain saja, tetapi pertimbangkan sejenak kualitas build mesin yang akan Anda beli. Selalu pastikan laptop yang Anda beli kokoh dan tidak terbuat dari plastik yang terlihat dan terasa murahan. Laptop dengan suku cadang yang kuat tetapi kualitas pembuatan rata-rata dapat menyebabkan masalah bagi Anda dalam jangka panjang.

Misalnya –  seri laptop gaming yang populer saat itu, seri ASUS TUF Gaming adalah kombinasi spesifikasi yang sangat baik untuk harganya. Model FX504GE khususnya sangat mengagumkan. Namun, seiring bertambahnya usia laptop, masalah pembuatan mulai muncul yang mencakup sisi layar yang patah saat membuka dan menutup, alasnya menonjol masuk dan keluar karena plastik tipis dan keseluruhan bangunan tidak kokoh secara umum.

Pendinginan

Salah satu hal yang sering diabaikan para gamer adalah sistem pendingin laptop. Sebelum mengklik beli sekarang, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal seperti:

Heatpipe

Heatpipe menyerap panas dan mengarahkannya dengan aman ke kipas laptop sehingga dapat dibuang. Sementara sebagian besar laptop gaming hadir dengan desain pipa panas yang rumit, Anda selalu dapat memeriksanya sendiri dengan membuka halaman produk dan melihat bagian dalamnya. Ini adalah inti dari sistem pendingin Anda karena memungkinkan komponen tetap dingin saat Anda bermain game.

Jumlah penggemar

Sementara sebagian besar laptop gaming dilengkapi dengan kipas ganda untuk pendinginan jika Anda kebetulan menemukan sistem dengan lebih banyak kipas, berhati-hatilah pastikan untuk memeriksa silang sistem pendinginnya secara keseluruhan untuk mendapatkan ide yang lebih baik. Penggemar laptop harus memiliki jumlah blade yang baik dan RPM tinggi untuk mendinginkan secara efektif.

Intake Pendingin

Laptop harus diberi ventilasi yang benar dari berbagai sisi untuk kipas agar berfungsi secara efektif. Pastikan sistem potensial Anda memiliki ventilasi yang cukup di berbagai sisi sehingga memungkinkan udara lewat. Lebih banyak lebih baik.

Masa Pakai Baterai

Meskipun kami tidak pernah mengharapkan Anda untuk bermain game di baterai laptop Anda, baterai itu seharusnya dapat bertahan sendiri jika terjadi pemadaman listrik. Cari laptop yang baterainya dapat menghabiskan setidaknya 4 jam masa pakai rata-rata. Kurang dari itu dan Anda akan segera mencari soket.

Garansi dan layanan Purna Jual

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan cara penanganannya sendiri. Pastikan untuk membaca spesifikasi garansi dari pabrikan laptop Anda untuk mengetahui apa yang akan ditanggung. Selain itu, sebaiknya kunjungi forum publik untuk membaca tentang pengalaman pengguna merek guna mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa yang mungkin Anda hadapi.

Port seperti Type-C, USB 3.1

Sementara Port terbaru adalah praktik standar pada laptop gaming, tidak ada salahnya untuk memeriksa jumlah dan jenis port yang akan Anda sediakan. Jika Anda adalah pengguna hebat yang menyukai kecepatan transfer data yang lebih cepat, pastikan untuk memiliki port Tipe-C.

Gunakan tips Laptop Gaming ini untuk melakukan pembelian yang cerdas

Ada begitu banyak pilihan untuk mendapatkan laptop gaming yang tepat. Namun, gunakan tip di atas dan Anda akan mendapat lebih banyak informasi saat menelusuri halaman produk di lain waktu. Jadi, laptop mana yang akhirnya Anda pilih untuk kebutuhan gaming Anda? Punya tips lain yang Anda ingin kami sertakan? Beri tahu kami di komentar di bawah.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara membeli komputer game

Cara LANGGANAN Game Pass SEHARGA Rp1.500

  • Penulis: Take One Indonesia
  • Tanggal posting: 2022-03-31
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9823 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Hallo guys, kali ini gua bareng aaron dari @NEOPLAY mau sharing cara berlangganan PC Game Pass, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam video ini, Enjoy!

    Jangan lupa Like, Comment, Share dan Subscribe video ini 😀 !!

    JOIN DISCORD : https://discord.gg/xxCAyjm​

    Follow us for more information on:
    instagram : https://www.instagram.com/takeoneind
    instagram : https://www.instagram.com/take.spot
    instagram : https://www.instagram.com/neoplay.id
    YouTube : https://www.youtube.com/c/NeoPlayID

    For business:
    Email: takeoneindonesia@gmail.com

Panduan Membeli Monitor Komputer untuk Game dan Lainnya

  • Penulis: my24hours.net
  • Nilai: 3 ⭐ ( 2880 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: My24hours.net, Indonesia – Panduan membeli monitor komputer berikut mungkin dapat membantu Anda yang ingin membeli monitor PC untuk gaming atau kebutuhan

Tips Langkah-Langkah Persiapan Sebelum Membeli Komputer Rakitan Terbaru

  • Penulis: www.sutamatamasu.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5259 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Apakah Anda Ingin Membeli Komputer Rakitan Terbaru Untuk Pekerjaan atau Gaming? Berikut Tips Persiapan Sebelum Membeli Komputer Rakitan Terbaru

3 Tips Jitu Membeli Komputer PC All In One – Kompirasi.com

  • Penulis: www.kompirasi.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 3329 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Komputer PC All in One PC atau lebih sering disebut dengan PC AIO sekarang ini menjadi PC yang cukup digemari. Seiring dengan perkembangan zaman, sepertinya tidak ada orang yang tidak mengenal komputer.

Tips Ketika Membeli Komputer Game Di Medan

  • Penulis: asthepageturnsdotcom.wordpress.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6496 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Beberapa minggu yang lalu, Razer mengeluarkan laptop gaming Razer Blade Pro PC model mewah, perangkat ramping yang khusus dibuat untuk game PC. Mereka menjelaskan kepada kami mengumpulkan panduan pemula jika Anda masuk ke game PC untuk pertama kalinya. Ada beberapa hal dasar yang ingin Anda pahami, serta beberapa tip tentang cara menyiapkan komputer anda dan…

YM Game Collections: Cara Membeli Komputer Gaming

  • Penulis: gamecollectionsym.blogspot.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5757 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Cara Membeli Komputer Gaming Berat

  • Penulis: www.kencanaku.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9570 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi