9 Laptop Rekayasa Teratas untuk 2021 – laptop terbaik untuk mahasiswa teknik komputer

Ingin tahu laptop mana yang Anda butuhkan untuk perangkat lunak teknik? Baca lebih lanjut untuk menjelajahi laptop terbaik untuk teknik pada tahun 2021 dan seterusnya.

Anda sedang menonton : laptop terbaik untuk mahasiswa teknik komputer

9 Laptop Teknik Teratas untuk tahun 2021

Setahun yang lalu, saya menulis artikel tentang membeli laptop untuk perangkat lunak teknik. Selama setahun terakhir, banyak seri laptop dengan spesifikasi CAD telah mengambil lompatan besar ke depan karena model-model baru telah keluar. Mayoritas opsi yang dipertimbangkan untuk daftar tahun lalu menjalankan prosesor generasi ke-7, dan karena itu dikesampingkan sepenuhnya dari pertimbangan. Sebagian besar laptop yang dianggap memiliki prosesor Intel generasi ke-8, dan tidak ada prosesor AMD dalam daftar sama sekali.

Tahun ini kami telah melihat pembaruan besar pada sebagian besar model, dengan pergeseran ke Intel generasi ke-10 untuk sebagian besar model, atau ke opsi kinerja serupa dari AMD. Kami juga telah melihat pertumbuhan kapasitas baterai dalam hal watt-jam, yang dikombinasikan dengan teknologi yang lebih baru dalam daya pemrosesan menawarkan kinerja baterai yang lebih baik. Terakhir, kami telah melihat lebih banyak laptop yang beralih ke kartu grafis generasi terbaru. Semua ini berarti bahwa daftar laptop potensial untuk dipertimbangkan untuk aplikasi teknik tahun ini telah bertambah secara substansial, membuat Anda dimanja oleh banyak pilihan.

Tahun lalu, saya juga menulis panduan untuk membuat komputer desktop teknik, tahun ini juga telah diperbarui dengan kemajuan terbaru. Dengan rilis besar dari AMD awal tahun ini, dan Intel di akhir tahun, kami telah melihat beberapa peningkatan kinerja yang menakjubkan saat persaingan antara AMD dan Intel memanas seperti yang belum terjadi selama beberapa dekade. Saya sangat menyarankan untuk melihat komputer desktop jika Anda ingin menggunakan komputer di lokasi tetap tanpa perlu berpindah-pindah. Anda mendapatkan lebih banyak kinerja per dolar dibandingkan dengan laptop mana pun yang dapat Anda beli. Tahun ini, saya juga memiliki artikel yang melihat komputer rekayasa pra-bangun yang dapat Anda beli siap untuk dijalankan. Meskipun tidak seefektif membangun mesin sendiri, mereka menawarkan penghematan waktu dan garansi/keuntungan layanan untuk bisnis atau individu yang sibuk.

Laptop Terbaik untuk Perangkat Lunak Teknik: Persyaratan

Jika Anda memerlukan laptop terbaik untuk perangkat lunak teknik dan Anda bekerja pada tingkat profesional, saya berharap Anda memerlukan komputer yang dapat sering bepergian antara rumah dan kantor atau antara kantor dan situs. Sebagai mahasiswa teknik, Anda membutuhkan laptop yang mudah dibawa-bawa antara rumah dan kampus/universitas. Persyaratan perjalanan ini mengesampingkan memiliki perangkat besar untuk dibawa-bawa, tetapi Anda masih membutuhkan kinerja dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan nyata jauh dari meja Anda. Kendala yang saya tempatkan pada laptop hampir sama dengan tahun lalu, kecuali bahwa saya mengubah masa pakai baterai dari “jam” menjadi watt-jam yang lebih nyata. Saya juga menambahkan batasan usia komponen di laptop – beberapa perangkat “baru saja dirilis” menawarkan prosesor atau kartu grafis yang dua generasi kedaluwarsa!

  • Relatif ringan. Di bawah 2kg/4.5lb, idealnya sekitar 1.5kg/3.3lb.
  • Layar yang cukup besar untuk digunakan. Layar 15,6”, bukan 14” atau kurang/. Lebih disukai 17” atau lebih besar. Harus minimal Full HD (1080p).
  • Masa pakai baterai yang lama. Minimum 76WH.
  • Grafis khusus. Kartu grafis berbasis prosesor terlalu lambat untuk aplikasi CAD yang serius. Harus merupakan generasi saat ini atau sebelumnya.
  • RAM yang cukup. Minimum RAM 16 GB, idealnya 32 GB untuk menangani persyaratan aplikasi CAD.
  • Penyimpanan. Penyimpanan solid-state NVMe minimum, yang jauh lebih cepat daripada penyimpanan solid-state berbasis SATA.
  • Prosesor. Unit pemrosesan pusat tingkat penggemar/workstation generasi saat ini atau sebelumnya.

Saya memilih 26 laptop teknik potensial untuk artikel ini dan membandingkan spesifikasinya. Perbandingan ini mengurangi daftar menjadi 9 laptop yang akan saya rekomendasikan murni dari spesifikasinya, dan dalam beberapa kasus, harga. Saya bukan penggemar berat merek apa pun, jadi perbandingan saya murni pada spesifikasi teknis dan nilai uang. Daftar ini mungkin tidak memiliki laptop berperforma tertinggi untuk perangkat lunak teknik, tetapi memiliki perpaduan yang baik antara portabilitas, kinerja, dan harga.

Untuk pekerjaan tata letak PCB di Altium Designer, dengan setengah lusin lembar data terbuka, beberapa simulasi SPICE, dan desain skema/papan yang rumit dengan perpustakaan berukuran sangat baik dimuat, salah satu laptop ini akan menjadi pilihan yang bagus. Mereka juga sangat cocok untuk MCAD seperti Solidworks, Inventor atau Creo untuk memanfaatkan integrasi MCAD-ECAD dari Altium Designer®. Laptop dengan RAM 32gb+ (atau laptop yang dapat Anda upgrade sendiri RAM-nya dengan mudah) dan kartu grafis RTX akan dapat digunakan untuk paket simulasi seperti Ansys IcePak, SIwave atau HFSS, dan alat simulasi listrik atau elektromagnetik lainnya.

Saran Umum Laptop CAD

Secara umum, laptop untuk software engineering pada tahun 2021, baik untuk mahasiswa teknik atau bisnis, harus memiliki spesifikasi berikut untuk memastikannya akan bertahan hingga sarjana teknik atau 3 penyusutan tahun untuk pengguna bisnis:

  • Prosesor generasi ke-10 Intel i7-10, atau, AMD Ryzen 7 atau 9, CPU generasi ke-4
  • NVIDIA GeForce GTX1660 atau lebih baik (lebih lama, kinerja lebih rendah), NVIDIA Geforce RTX2060 atau lebih baik (baru, kinerja tinggi), atau AMD Radeon RX 5600M (baru, kinerja tinggi)
  • Minimum RAM 16GB, 32GB lebih baik. Komputer saya menggunakan 25-30GB (dari 64GB) sebagai referensi.
  • Penyimpanan SSD PCIe NVMe, sekitar 6-8 kali lebih cepat daripada SSD SATA.
  • Port USB 3.2 Gen 2 Tipe-C: Memungkinkan monitor eksternal, dok, ethernet, pengisian daya – banyak fungsi!
  • Layar Full HD (1920×1080), kecerahan minimum 300NITS untuk penggunaan di luar ruangan.

Hindari model NVIDIA Quadro P520/P620, mereka memiliki sepertiga dari pipa GPU, sepertiga dari RAM dari GTX1660 Max-Q dengan harga yang sama, dan sekitar sepertiga dari kinerja di benchmark. Jajaran Quadro di laptop harga menengah menawarkan nilai uang yang sangat sedikit, bahkan jika itu membuat beberapa aplikasi teknik berpikir Anda memiliki kartu grafis yang lebih baik. Performanya akan tetap superior dengan kartu game yang menjalankan driver Studio.

Jika Anda merasa membutuhkan kartu Quadro, atau Anda telah disarankan untuk mendapatkannya, tetap gunakan Quadro RTX 3000, yang menawarkan kinerja yang layak. Model NVIDIA Quadro T2000 juga dapat cocok untuk aplikasi teknik modern, karena hanya sedikit lebih lambat dari GTX1660, yang sendiri sekitar 20% lebih lambat dari GeForce RTX2060.

Harga yang ditampilkan untuk laptop mencerminkan harga pada saat penulisan dan dapat bervariasi tergantung pada wilayah penjualan, penawaran khusus, dan perubahan oleh pabrikan. Harga juga dapat sangat bervariasi tergantung pada konfigurasi, seperti halnya kinerja.

Laptop Ringan untuk CAD/Teknik

Dell Inspiron 7591 – mulai $1049

Laptop seri Inspiron adalah seri laptop entry-level Dell, yang biasanya memiliki performa termurah dan terendah. Namun, anggaplah Anda memiliki anggaran yang ketat. Dalam hal ini, Anda masih bisa mendapatkan laptop yang cocok untuk sebagian besar pekerjaan CAD, meskipun kinerjanya yang lebih rendah akan terlihat dalam simulasi kompleks, model 3D besar, atau PCB dengan ratusan komponen.

Model yang saya lihat memiliki kode urutan “cai157w10p1c106” dan dilengkapi dengan i7-9750H generasi sebelumnya. Meskipun merupakan generasi sebelumnya, i7-10750H gen ke-10 hanya berkinerja sekitar 4-9% lebih cepat dalam benchmark namun dapat menambah banyak biaya pada keseluruhan biaya laptop. Melanjutkan tema “kurang dari yang saya inginkan”, baterainya hanya 56Wh, yang kemungkinan hanya akan bertahan beberapa jam sebelum Anda perlu mencolokkannya lagi jika sedang bekerja di laptop.

Model Inspiron yang saya lihat hanya hadir dengan kartu grafis GTX 1050, yang lebih baik daripada grafis terintegrasi tetapi tertinggal jauh di belakang model lain dalam daftar. Sebagai perbandingan dengan kartu grafis RTX 2060 Mobile, performanya di bawah setengah di setiap benchmark. Kartu grafis ini benar-benar baik untuk Altium Designer, yang tidak cenderung menekankan kartu grafis. Jika Anda ingin menggunakan Solidworks, Inventor, atau aplikasi MCAD lainnya, Anda mungkin ingin mencari laptop lain. Ada opsi untuk Inspiron berbasis kartu grafis GTX 1650, namun untuk harga lebih baik Anda mencari laptop lain.

Anda mungkin merasa sedikit aneh, tetapi saya suka laptop ini memiliki pembaca kartu SD bawaan – tidak semua memilikinya. Misalkan Anda sering bekerja pada perangkat yang merekam data ke SD atau memprogram kartu SD untuk komputer papan tunggal. Dalam hal ini, ini adalah opsi praktis yang tampaknya akan hilang pada beberapa model laptop merek lain yang lebih baru.

Untuk laptop yang ringan dan murah, Inspiron menawarkan nilai terbaik untuk uang; namun, performanya kurang dibandingkan dengan opsi lain dalam daftar ini. Meskipun demikian, saya tetap akan merekomendasikan laptop ini kepada siswa dengan anggaran terbatas – tetapi mungkin tidak akan menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna bisnis.

Prosesor

Intel® Core™ i7-9750H Generasi ke-9 (Cache 12MB, hingga 4,5 GHz, 6 core)

Sistem Operasi

Windows 10 Pro

Grafik

NVIDIA® GeForce® GTX 1050 dengan memori grafis GDDR5 3 GB
NVIDIA® GeForce® GTX 1650 dengan memori grafis GDDR5 4 GB

Tampilan

  • FHD 15,6 inci (1920 x 1080) Lampu Latar LED Anti-silau Tampilan Sudut Pandang Lebar Non-sentuh
  • UHD 15,6 inci (3840 x 2160) Lampu Latar LED Anti-silau Sudut Pandang Tampilan Lebar 500-nits

Memori

8 GB, 8Gx1, DDR4, 2666MHz
16GB, 16Gx1, DDR4, 2666MHz

Catatan: 2x slot DIMM

Baterai

Baterai 3 sel 56Wh

Penyimpanan

Drive Solid State 256GB M.2 PCIe NVMe
512 GB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive

Dimensi 

Tinggi: 17,94 – 19,90mm (0,71” – 0,78”) x Lebar: 357,56mm (14,08”) x Kedalaman: 238,84mm (9,4”)
Berat 1,59 kg (3,50 lbs)

Berat

1,59 kg (3,50 lbs)

Port / Slot

  • 1 Pembaca Kartu Media Micro SD (SD, SDHC, SDXC)
  • 1 HDMI 2.0
  • 3 USB 3.1 Gen 1
  • 1 Thunderbolt™ 3 Tipe-C™
  • 1 Kombo Headphone/Mikrofon
  • 1 Daya (barel 4,5mm)

Asus ROG Zephyrus G14 GA401IV – $1.519

Asus ROG Zephyrus adalah laptop yang lebih kecil untuk perangkat lunak teknik dengan layar 14”. Saya sendiri lebih suka layar laptop yang sedikit lebih besar. Namun, faktor bentuk yang lebih kecil tentu memiliki daya tarik bagi banyak pengguna. Prosesor AMD Ryzen 7 4800HS hampir sama persis dengan CPU i7-10750HS, di mana Intel mendapatkan sedikit keunggulan dalam latensi memori, AMD mencakarnya kembali dalam kinerja multi-core, bagus untuk aplikasi multi-utas. Ryzen 9 4900HS membawa kinerja multi-core selangkah lebih maju, sementara kinerja 1-8 core hampir identik dengan Ryzen 7 4800HS, pada benchmark 64 core hampir 10% lebih cepat. Untuk aplikasi multi-utas, ini bisa memberi Anda keuntungan.

Kartu grafis ini sangat terhormat, dan merupakan model generasi terkini kelas menengah dengan banyak RAM dan banyak daya untuk menangani aplikasi CAD atau platform tata letak PCB. Biasanya kita melihat prosesor AMD dipasangkan dengan kartu grafis AMD, yang membuat kombinasi ini menarik. Sementara AMD RX 5600M digunakan di laptop berbasis AMD lainnya dalam daftar ini, NVIDIA GeForce RTX 2060 biasanya memiliki kinerja yang lebih tinggi di sebagian besar tolok ukur. Aplikasi teknik akan lebih cenderung menggunakan inti CUDA NVIDIA untuk pemrosesan karena ini adalah teknologi yang lebih mapan.

Layar memiliki cakupan sRGB penuh dan resolusi yang baik; namun, ulasan menyatakan bahwa itu agak redup, artinya itu mungkin tidak akan menjadi pilihan yang bagus jika Anda berencana untuk bekerja di luar ruangan. Baterai 76Wh dapat diandalkan dan akan memberi Anda waktu pengoperasian yang layak saat jauh dari daya.

Pengguna telah menyatakan bahwa laptop bisa menjadi sangat panas saat digunakan secara berlebihan, jadi mungkin bukan pilihan yang tepat jika Anda ingin meletakkannya di pangkuan Anda. Banyak ulasan mengatakan bahwa kipas selalu menyala, bahkan saat melakukan tugas-tugas sederhana, yang suaranya dapat mengganggu sebagian pengguna.

Jika Anda mengenal saya, maka Anda tahu bahwa saya menyukai banyak port USB di semua komputer saya. Ada beberapa port USB di laptop, yang memberi Anda dua konektor USB-A 3.2, ditambah dua port USB-C Gen 2 yang salah satunya mendukung layar eksternal serta HDMI.

Prosesor

AMD Ryzen™ 9 4900HS
AMD Ryzen™ 7 4800HS

Sistem Operasi

Beranda Windows 10
Windows 10 Pro

Grafik

NVIDIA® GeForce RTX™ 2060 6GB GDDR6 VRAM (Jam Peningkatan: 1285MHz, 65W)

Tampilan

  • 14-inci WQHD Non-silau (2560 x 1440) Panel level IPS, 60Hz, sRGB 100%, Pantone® Validated, sinkronisasi adaptif
  • 14-inci Non-silau Full HD (1920 x 1080) panel tingkat IPS, 120Hz, 100% sRGB, Pantone® Divalidasi, sinkronisasi adaptif
  • 14-inci Non-silau Full HD (1920 x 1080) panel tingkat IPS, 60Hz, 100% sRGB, Pantone® Divalidasi

Memori

SDRAM DDR4 3200MHz
Hingga 32 GB

Baterai

76Wh 4 sel

Penyimpanan

SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 512GB / 1TB

Dimensi 

Lebar: 32.4cm
Kedalaman: 22.2cm
Tinggi: 1.79cm (Biasa); 1,99cm (AniMe Matrix™)

Berat

Reguler: 1,6kg (3,5 lbs)
AniMe Matrix™: 1,7kg (3,75 lbs)

Port / Slot

  • 1 x USB 3.2 Gen 2 Tipe-C dengan DisplayPort™ 1.4 dan Pengiriman Daya
  • 1 x USB 3.2 Gen 2 Tipe-C
  • 2 x USB 3.2 Gen 1 Tipe-A
  • 1 x HDMI 2.0b
  • Soket kombo headphone dan mikrofon 1 x 3,5 mm
  • 1 x kunci Kensington

ThinkPad X1 Extreme (Gen ke-2) – $2939

Tahun lalu saya sangat menunggu laptop ini keluar sebelum diterbitkan, tetapi laptop itu tertunda dan tidak dirilis sebelum artikelnya keluar. Jika ini dirilis tahun lalu, itu akan menjadi pilihan utama saya, tahun ini, seperti tahun lalu, Lenovo ThinkPad X1 Extreme masih merupakan pesaing hebat, namun, sekali lagi merupakan generasi di belakang CPU terbaru dan terhebat.

Harga $2939 di atas memberi Anda CPU i7-9750H dengan RAM 16GB, kartu grafis NVIDIA GTX 1650 Max-Q dan Windows 10 home jika tidak ada diskon atau penawaran khusus . Saya ingin mencintai laptop ini; namun, mengingat persaingan dalam daftar ini, ini adalah penjualan yang sulit. Dengan grafis generasi sebelumnya dan GPU yang tidak bersemangat, ditambah lagi bahkan tidak datang dengan Windows 10 Pro, rasanya tidak sepadan dengan harganya. Ada laptop lain dalam daftar ini yang memiliki spesifikasi serupa atau lebih baik dengan setengah harga. Meskipun demikian, jajaran ThinkPad Extreme memiliki reputasi sebagai produk yang sangat tahan lama dan dibuat dengan baik.

Pada saat penulisan, situs web Lenovo US memiliki model teratas seharga $4229 sebelum diskon, hadir dengan prosesor i9-9880H, RAM 32GB, dan NVIDIA GeForce GTX 1650 Kartu grafis Max-Q. Nilai jual utama pada laptop ini bagi saya adalah layar 500 nits, yang seharusnya dapat digunakan bahkan di bawah sinar matahari yang cerah, tetapi saya masih akan mencari laptop lain untuk perangkat lunak teknik, yang menawarkan kinerja tinggi dengan harga yang sama, atau serupa. kinerja jauh lebih sedikit.

Prosesor

Hingga Intel® H Core i9 Generasi ke-9 (dengan hingga 8 core)

Sistem Operasi

Hingga Windows 10 Pro        

Grafik

NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Max-Q w/4GB GDDR5 

Tampilan

  • 15.6″ 4K/UHD (3840 x 2160) Layar Sentuh OLED HDR500 True Black, Mengkilap dengan Lapisan Anti-Refleksi dan Anti-Noda
  • 15.6″ 4K/UHD (3840 x 2160, 500 nits) IPS HDR400, antiglare
  • 15.6″ FHD (1920 x 1080, 500 nits) IPS HDR400, antiglare
  • 15.6″ FHD (1920 x 1080, 300 nits) IPS, antiglare

Memori

Ram DDR4 hingga 64GB 2666MHz, DIMM Ganda

Baterai

4 sel, 80Wh

Penyimpanan

Hingga 2 SSD (2x M.2 2280 PCIe TLC & SATA) untuk maks 4 TB

Dimensi (T x L x D)

361,8 mm x 245,7 mm x 18,4 mm (18,7 mm dengan sentuhan) / 14,2″ x 9,7″ x 0,7″

Berat

Mulai dari 1,7kg (3,75 lbs)

Port / Slot

  • 2 x USB 3.1 (Gen 1)
  • 2 x Thunderbolt™ 3
  • pembaca kartu SD
  • HDMI 2.0
  • Pembaca kartu pintar
  • Kombinasi headphone / mikrofon
  • Slot kunci Kensington

MSI Prestige 15 A10SC – Mulai $1400

MSI Prestige ditargetkan untuk pencipta – seniman dan pengembang perangkat lunak, tetapi juga cocok untuk insinyur dan pengguna CAD untuk semua alasan yang sama. Prosesor generasi terbaru tidak sekuat Intel i7 10750H yang akan Anda temukan di laptop lain untuk perangkat lunak rekayasa. Intel i7 10750H sekitar 12 hingga 27% pada benchmark daripada Intel i7 10710U di laptop ini. Meskipun demikian, prosesor ini sangat cocok untuk aplikasi yang cenderung melakukan sebagian besar pekerjaannya pada satu utas, seperti Altium Designer atau Solidworks. Intel i7 10750H telah menonjol untuk benchmark prosesor 8 inti tetapi hanya 12% lebih cepat pada satu utas. Mengingat harga laptop ini, kinerjanya cukup dapat diterima.

Kartu grafis ini sedikit mengecewakan untuk laptop CPU generasi ke-10, hadir dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q yang sebagai opsi level awal untuk seri GTX 1600 kecepatan laptop adalah setengah dari GPU Seluler RTX2060 di laptop lain dalam daftar ini. Ini tetap menjadikannya pilihan yang bagus untuk pekerjaan Altium Designer, bahkan dengan papan kompleks yang memiliki banyak model 3D, Anda mungkin merasa agak terbatas untuk aplikasi MCAD, pengeditan video, atau beban kerja simulasi berbasis GPU.

Prosesor

Intel Core i7 Generasi ke-10 1,1 GHz 6 Core – Prosesor 12 Thread (i7-10710U | Turbo hingga 4,7 GHz)

Sistem Operasi

Windows® 10 Pro asli, 64bit, bahasa Inggris

Grafik

NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q dengan 4 GB GDDR5

Tampilan

  • 15.6″ FHD (1920×1080), IPS-Level
  • 15.6″ UHD (3840×2160), IPS-Level

Memori

16GB DDR4-2666
32GB DDR4-2666
2 slot DIMM, maksimal 64 GB.

Baterai

Baterai internal 4 sel (82Wh)

Penyimpanan

512 GB NVMe Gen3

Dimensi (T x L x D)

365 x 233 x 16 mm

Berat

Mulai 1,7 kg (3,75 lbs)

Port / Slot

  • 2 x USB 3.2 Gen1
  • 2 x Thunderbolt 3
  • 1 x HDMI (4K @ 30Hz)
  • Micro SD

Stasiun Kerja Seluler 5750 Presisi Baru – Dari $2399

Jika Anda senang dapat menentukan setiap fitur terakhir komputer Anda, Dell adalah ahlinya laptop yang dapat dikonfigurasi. Ada begitu banyak opsi spesifikasi berbeda yang tersedia untuk stasiun kerja seluler Precision sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai – Anda dapat memilih antara apa pun dari i5 hingga Xeon untuk CPU misalnya. Sementara saya melihat stasiun kerja Precision 17” untuk artikel ini, Anda juga dapat melihat seri Precision 5550 Mobile Workstation sebagai alternatif 15”.

CPU dan grafis semuanya terbaru dan terbaik untuk laptop ini. Semua laptop seri presisi dibuat khusus untuk aplikasi teknik, dan seri ini telah ada sejak lama. Yang saya miliki di masa lalu telah dibuat dengan kokoh dan dirancang untuk digunakan.

Sementara seri 5750 mulai dari $2399, secara realistis Anda melihat harga eceran mulai $4905 untuk model awal. Karena ini adalah harga untuk bisnis, Anda biasanya dapat memperoleh harga yang lebih rendah dengan berbicara dengan perwakilan penjualan, dan harga yang jauh lebih rendah jika perusahaan Anda sudah menjadi pengguna Dell yang besar. Dell memiliki penjualan reguler yang dapat menawarkan diskon yang signifikan juga.

Harga Workstation Seluler Presisi kemungkinan akan membuatnya jauh dari jangkauan siswa; namun, untuk insinyur profesional, kinerjanya akan menawarkan pengembalian investasi yang cepat dalam penghematan jam dan peningkatan produktivitas. Sebagai keuntungan bagi pengguna bisnis, Dell juga menawarkan garansi di tempat selama 12 bulan, setidaknya di AS. Terakhir, stasiun kerja Precision bersertifikat ISV, artinya paket perangkat lunak profesional yang suka dijalankan pada perangkat keras bersertifikat akan sangat senang.

Laptop ini dilengkapi dengan layar Dell UltraSharp, kemungkinan menjadikannya tampilan terbaik dalam daftar ini dan mungkin salah satu tampilan terbaik yang tersedia di laptop teknik. Resolusi 1920×1200 yang sedikit tinggi akan menawarkan pitch piksel yang mirip dengan tampilan Full HD pada layar 15,6”. Seri NVIDIA Quadro RTX akan menjadi rekomendasi saya dari daftar kartu grafis, dengan T2000 menjadi jauh lebih lambat tanpa jauh lebih murah. RAM video ekstra dari seri RTX juga merupakan keuntungan signifikan dalam hal model 3d besar.

Jika perusahaan Anda membayar untuk laptop, atau produktivitas Anda layak dibelanjakan sedikit ekstra, Stasiun Kerja Seluler Presisi kemungkinan akan memberi Anda laptop berperforma tertinggi tanpa merasa seperti Anda sedang mengangkut sekantong semen. Berat awal 1,84kg (4,70 lbs) sedikit lebih berat dari yang saya inginkan, tetapi itulah harga yang harus dibayar untuk komputer yang andal.

Prosesor

Intel® Xeon W-10885M, Cache 16 MB, 8 Core, 2,40 GHz hingga 5,30 GHz, 45 W, vPro
Intel® Core™ i9-10885H Generasi ke-10, Cache 16 MB, 8 Core, 2,40 GHz hingga 5,30 GHz, 45 W, vPro
Intel® Core™ i7-10875H Generasi ke-10, Cache 16 MB, 8 Core, 2,30 GHz hingga 5,10 GHz, 45 W, vPro
Intel® Xeon W-10855M, Cache 12 MB, 6 Core, 2,80 GHz hingga 5,10 GHz, 45 W, vPro
Intel® Core™ i7-10750H Generasi ke-10, Cache 12 MB, 6 Core, 2,60 GHz hingga 5,0 GHz, 45 W,
Intel® Core™ i7-10850H Generasi ke-10, Cache 12 MB, 6 Core, 2,70 GHz hingga 5,1 GHz, 45 W, vPro
Intel® Core™ i5-10400H Generasi ke-10, Cache 8 MB, 4 Core, 2,60 GHz hingga 4,60 GHz, 45 W,vPro

Sistem Operasi

Windows 10 Home (64-bit)
Windows 10 Enterprise (64-bit)
Windows 10 Pro (64-bit)
Windows 10 Pro Education (64-bit)
Windows 10 Pro untuk Workstation (64-bit)

Grafik

Grafis Intel® UHD
Intel® UHD Graphics P630
NVIDIA® Quadro® RTX® 3000, 6 GB, GDDR6
NVIDIA® Quadro® T2000, 4 GB, GDDR6     

Tampilan

  • 17 inci, WLED FHD+, 1920 x 1200, 60 Hz, Anti-Silau, Layar non-sentuh, Bezel PC, sRGB 100% min, 500 nits, WVA
  • 17-inci, WLED UHD+, 3840 x 2400, 60 Hz, Anti-Refleksi dan Anti-Noda, Layar sentuh, Kaca ETE, Adobe 100% min, 500 nits, HDR400, WVA

Memori

8 GB, 1 x 8 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
16 GB, 1 x 16 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
16 GB, 2 x 8 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
32 GB, 1 x 32 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
32 GB, 2 x 16 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
64 GB, 2 x 32 GB, DDR4, 2666 MHz, ECC, SODIMM
8 GB, 1 x 8 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM
16 GB, 1 x 16 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM
16 GB, 2 x 8 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM
32 GB, 1 x 32 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM
32 GB, 2 x 16 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM
64 GB, 2 x 32 GB, DDR4, 2933 MHz, Non-ECC, SODIMM

Baterai

56 Whr, 3-sel, polimer Lithium-ion
97 Whr, 6-sel, polimer Lithium-ion

Penyimpanan

M.2 2230, 256 GB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 35
M.2 2280, 256 GB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 40
M.2 2280, 512 GB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 40
M.2 2280, 1 TB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 40
M.2 2280, 2 TB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 40
M.2 2280, 512 GB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, Kelas 40 SSSelf-Encrypting Opal 2.0 SSD
M.2 2280, 1 TB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, Kelas 40 SSSelf-Encrypting Opal 2.0 SSD
M.2 2280, 512 GB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 50
M.2 2280, 1 TB, Gen 3 PCIe x4 NVMe, SSD Kelas 50

Dimensi 

Tinggi Depan: 8,67 mm (0,34 inci)
Tinggi Belakang: 13,15 mm (0,52 inci)
Lebar: 374,48 mm (14,74 inci)
Kedalaman: 248,08 mm (9,77 inci)

Berat

1,84 kg (4,05 lbs)

Port / Slot

  • 4 Port USB 3.2 Gen 2 Type-C™ dengan Thunderbolt™ 3
  • 1 Jack Audio Universal
  • 1 Slot kartu SD ukuran penuh
  • 1 Slot Kunci

Dell XPS 15 – Dari $1849.99

Kami telah melihat kedua ujung spektrum dengan Dell sejauh ini, dengan Inspiron 7591 di ujung bawah harga dan kinerja dan Precision Mobile Workstation di ujung atas. Dell XPS 15 duduk tepat di tengah. Ini adalah laptop dengan kinerja sedang, harga sedang (menurut standar Dell) yang ditargetkan untuk pengguna bisnis.

XPS baru cukup menarik, dan tampilannya terlihat sangat luar biasa dengan bezel ultra-sempit dan opsi tampilan yang ditingkatkan dengan resolusi lebih dari 4k dalam ukuran 15,6”. Layar UHD+ yang ditingkatkan juga merupakan layar sentuh yang menurut saya cukup berguna bahkan dalam perangkat lunak CAD dan desain papan sirkuit. Meskipun cukup mengesankan, kecerahannya juga 500nit, yang berarti dapat digunakan di luar ruangan dalam semua kondisi pencahayaan.

Prosesor Intel Core i7-10750H pasti populer di daftar ini dan ditampilkan lagi di Dell XPS 15 ini. Meskipun Anda bisa mendapatkan opsi dengan harga lebih rendah daripada harga awal yang ditunjukkan di atas , itulah harga pre-configured i7 based XPS 15 termurah dengan RAM 16GB. Sayangnya laptop ini juga hanya dilengkapi dengan 256GB NVMe Solid State Drive yang tidak terlalu besar – jika Anda tidak ingin membayar ekstra untuk layar sentuh UHD+ maka saya akan merekomendasikan untuk menyesuaikan laptop agar memiliki setidaknya drive 512GB saat memesan.

Kartu grafis ini tidak terlalu menarik tetapi baik untuk pengguna Altium Designer. NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti adalah model dasar dari seri 1600 kartu grafis, yang merupakan langkah mundur dari seri RTX yang telah kita lihat di laptop lain.

Sementara kartu grafis tidak menarik, baterainya. Misalkan Anda dapat menahan beban ekstra 200g (0,5 pon). Dalam hal ini, Anda dapat memiliki baterai 85Wh yang dikonfigurasi dengan laptop yang, dikombinasikan dengan grafis daya yang lebih rendah dan prosesor laptop generasi ke-10 yang efisien, Anda dapat mengharapkan untuk memiliki salah satu daya tahan baterai terbaik dalam daftar ini. Jika Anda sering bepergian dan bekerja jauh dari sambungan listrik, XPS 15 mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda.

Prosesor

Intel® Core™ i7-10750H Generasi ke-10 (Cache 12MB, hingga 5,0 GHz, 6 core)

Sistem Operasi

Windows 10 Home, 64-bit, Bahasa Inggris

Grafik

NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Ti 4GB GDDR6

Tampilan

15.6″ UHD+ (3840 x 2400) InfinityEdge Touch Anti-Reflective 500-Nit Display

Memori

16GB DDR4-2933MHz, 2x8G
32GB DDR4-2933MHz, 2x16G

Baterai

Baterai 6-Sel, 86WHr (Terintegrasi)

Penyimpanan

Drive Solid State 256GB M.2 PCIe NVMe
512GB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive
1TB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive

Dimensi (T x L x D)

Tinggi: 0,71″ (18 mm)
Lebar: 13,57″ (344,72 mm)
Kedalaman: 9,06″ (230,14 mm)

Berat

1,81 kg (4 lbs) dengan baterai 56Wh
2,05 kg (4,5lbs) dengan baterai 85Wh

Port / Slot

1x USB-C 3.1 dengan pengiriman daya & DisplayPort
Pembaca kartu SD ukuran penuh v6.0 3.5mm headphone/mikrofon soket kombo 
Slot kunci berbentuk baji
2x Thunderbolt™ 3 dengan pengiriman daya & DisplayPort

Laptop Teknik/CAD

Dell G5 15 SE – $1109

Dell ketiga kami dalam daftar juga memiliki harga yang sangat terjangkau. AMD Ryzen 5 4700H yang baru setara dengan Intel i7-9750H di Inspiron. Namun, GPU AMD Radeon RX 5600M secara signifikan lebih kuat daripada GTX 1050 di Inspiron dengan kinerja dua hingga tiga kali lipat di setiap benchmark! Sayangnya, laptop ini jauh lebih berat daripada Inspiron, dengan bobot awal 2,3kg (5,15lb) dibandingkan dengan Inspiron 7000 yang sangat ringan 1,59kg (3,5lb).

Dengan tambahan $100, Anda dapat meningkatkan ke CPU AMD Ryzen 7 4800H yang memberi Anda kinerja sekitar 3% lebih banyak daripada Ryzen 5 4600H default. Sementara model 16GB akan membuat Anda kembali $1109, seperti halnya Inspiron 7000, Anda dapat membeli model 8GB dan membeli sendiri lebih banyak RAM DDR4 SO-DIMM untuk meningkatkan laptop.

Model dasar hanya dilengkapi dengan penyimpanan NVMe 256GB, jadi saya sangat menyarankan untuk menyesuaikan laptop selama proses pemesanan untuk memutakhirkannya ke minimal 512GB. Aplikasi CAD dapat menghabiskan banyak ruang disk, seperti halnya file yang dihasilkannya.

Prosesor

Prosesor Seluler AMD Ryzen™ 7 4800H dengan Grafis Radeon™

Sistem Operasi

Windows 10 Home 64-bit English

Grafik

AMD Radeon™ RX 5600M

Tampilan

15,6 inci FHD (1920×1080) 300nits WVA Anti-Glare LED Backlit Display (non-sentuh), kecepatan refresh 144Hz

Memori

16GB, 2x8GB, DDR4, 3200MHz

Baterai

51Whr atau 68Whr

Penyimpanan

1TB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive

Dimensi 

(21.6mmx365.5mmx254mm)

Berat

2,3 kg (5,15 pon)

Port / Slot

1. Kartu SD standar | 2. Soket headset | 3. USB2.0 |4. USB 2.0 | 5. Slot kunci baji | 6. Power-in | 7. DP mini
Kecepatan Super HDMI 2.0 
USB 3.2 Gen 1
RJ45 Ethernet
Hanya USB-C DisplayPort Alt-Mode

MSI GS75 Stealth – Mulai dari $1699

Untuk laptop yang namanya “stealth”, tentu laptop ini sudah habis-habisan pada pencahayaan RGB dengan aksen “Gold Diamond”! Meskipun laptop ini jauh lebih berat daripada kriteria yang seharusnya ada dalam daftar, saya menyimpannya karena suatu alasan – dan tidak semua LED yang mencolok! Laptop ini hadir dengan beberapa pilihan kartu grafis yang fantastis. GS75 STEALTH-1243, model termurah seharga $1699, dan GS75 STEALTH-243 seharga $2299, keduanya hadir dengan NVIDIA GeForce RTX 2070. GS75 Stealth-1074 seharga $2899 hadir dengan NVIDIA GeForce RTX 2080 Max-Q. Ada lebih banyak perbedaan antara model daripada hanya kartu grafis.

Nvidia RTX 2080 Max-Q sejauh ini merupakan kartu grafis paling kuat dalam daftar ini. Ini 240% lebih cepat daripada kartu grafis terburuk dalam daftar, NVIDIA GeForce GTX 1050 Mobile… pada tolok ukur peningkatan kinerja yang paling tidak mengesankan. Ini hingga 340% lebih cepat pada beberapa tolok ukur daripada GTX 1050 dan biasanya berjalan sekitar 265% lebih cepat. NVIDIA RTX 2070 Max-Q juga tidak mengecewakan, dengan NVIDIA RTX 2080 hanya 6 hingga 19% lebih cepat dibandingkan dengan semua benchmark.

Jika Anda bekerja dengan model CAD besar, melakukan pengeditan video, atau simulasi besar berbasis GPU, Anda akan menyukai RAM video 8GB yang disertakan dengan kartu grafis. Meskipun banyak laptop dalam daftar ini memiliki RAM video 4-6GB, tambahan pada model RTX memberi Anda sedikit tambahan yang Anda perlukan untuk menangani banyak data grafik atau tekstur besar. Dengan kartu grafis yang haus daya seperti itu, ada baiknya melihatnya dicadangkan dengan baterai 82Wh, sehingga Anda setidaknya dapat menggunakan laptop dengan kartu grafis di bawah beban sedang hingga berat untuk beberapa waktu meskipun memiliki beban ekstra.

Sayang sekali ia menjalankan CPU generasi sebelumnya, namun seperti yang dicatat pada ulasan Inspiron 7000, Intel I7-10750H generasi ke-10 yang baru hanya sekitar 4-9% lebih cepat dari i7-9750H. Saya akan senang melihat Windows 10 Pro sebagai opsi di laptop ini juga, namun, dengan keyboard yang mencolok, saya membayangkan bahwa pengguna bisnis mungkin bukan pasar utama untuk monster ini.

Meskipun saya biasanya bukan penggemar laptop besar, saya penggemar layar lebar – dua ide yang sangat bertentangan. Laptop ini hanya satu dari dua dalam daftar dengan layar 17,3”. Meskipun layar besar menambah ukuran, itu juga dapat meredakan ketegangan mata saat mencoba fokus pada detail kecil di layar kecil jika Anda tidak memiliki opsi monitor eksternal.

Prosesor

Core i7-9750H  2.6 – 4.5GHz

Sistem Operasi

Beranda Windows 10

Grafik

NVIDIA GeForce RTX™ 2080 Max-Q

Tampilan

17.3″ FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, Tingkat IPS

Memori

32GB (16G*2) DDR4 2666MHz

Baterai

4 sel (82Whr)

Penyimpanan

1TB NVMe SSD

Dimensi 

15.59″x10.22″x0.75″

Berat

2,40 kg (5,29lbs)

Port / Slot

Micro SD
USB 3.2 Gen2 *3
Petir 3*1; USB-C Gen1 *1
HDMI (mendukung 4K @ 60Hz)
Port Audio 1 /1

Microsoft Surface Book 3 15”- $2299.99

Microsoft Surface Book mungkin tidak seperti yang diharapkan kebanyakan orang di laptop untuk software engineering, tetapi memiliki beberapa fitur menarik. Buku permukaan agak merupakan hibrida antara tablet dan laptop. Keyboard dapat dilepas, pada dasarnya bertindak sebagai stasiun dok dengan baterai, keyboard, dan touchpad terintegrasi untuk tablet.

Masa pakai baterai di Surface Book 3 luar biasa tetapi memiliki performa yang buruk. Prosesor seri Intel Core U berjalan hanya pada 15W, dibandingkan dengan seri H pada 45W, yang digunakan oleh setiap laptop berbasis Intel lainnya dalam daftar ini. Sangat mengecewakan bahwa tidak ada spesifikasi watthour konkret yang disediakan, sebaliknya, Surface Book memberikan “jam” yang ambigu – yang akan berubah tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Pada penggunaan daya penuh, beberapa ulasan menyatakan baterai hanya bertahan 3 jam, sementara yang lain mengatakan 10-15 jam. i7-10750H yang populer di laptop lain dalam daftar ini sekitar 20% lebih cepat, tetapi seperti yang disebutkan di atas memang memiliki tiga kali penarikan daya sebagai penalti.

Tergantung pada kasus penggunaan Anda, ini bisa menjadi opsi yang bagus dengan mode tablet – tetapi seperti tahun lalu, saya pikir konfigurasi laptop/ultrabook “2-in-1” hanya belum cukup matang untuk digunakan sebagai komputer teknik utama.

Prosesor

Prosesor Intel® Core™ i7-1065G7 Quad-core Generasi ke-10

Sistem Operasi

Beranda Windows 10

Grafik

Model Intel® Core™ i7-1065G7: NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti dengan Desain Max-Q dengan memori grafis GDDR6/6GB

Tampilan

Tampilan Surface Book 3 15” PixelSense™
Layar: Tampilan PixelSense™ 15”
Resolusi: 3240 x 2160, (260 PPI)
10 titik multi-sentuh G5
Rasio aspek: 3:2
Rasio kontras: 1600:1

Memori

16 GB atau 32 GB 3733Mhz LPDDR4x

Baterai

Hingga 17,5 jam penggunaan perangkat biasa 

Penyimpanan

Opsi solid-state drive (SSD): 256GB, 512GB, 1TB, atau 2TB PCIe SSD

Dimensi (T x L x D)

343 mm x 251 mm x 15 mm-23 mm

Berat

1,9 kg (4,2 lbs)

Port / Slot

2 x USB-A (versi 3.1 Gen 2)
1 x USB-C® (versi 3.1 Gen 2 dengan USB Power Delivery revisi 3.0)
Soket headphone 3,5 mm
2 x port Surface Connect (satu di dasar keyboard, satu di tablet)
Pembaca kartu SDXC ukuran penuh
Kompatibel dengan Surface Dial* interaksi di dalam dan di luar layar

Laptop Teknik Terbaik untuk Siswa

Dari daftar di atas, Dell Inspiron 7591, atau Dell G15 harus menjadi pilihan utama saya untuk seorang pelajar. Keduanya hemat anggaran, dan Inspiron 7591 adalah laptop paling ringan dalam daftar, yang bagus untuk bepergian ke dan dari universitas. Namun, Dell G5 15 memiliki kekuatan grafis yang jauh lebih besar daripada Inspiron meskipun dilengkapi dengan penalti bobot yang substansial.

Jika kursus Anda menuntut laptop yang lebih kuat, atau Anda menginginkan sesuatu yang sedikit lebih tangguh, maka Dell XPS 15 menawarkan tradeoff yang hebat antara harga, kinerja, dan baterai. Pesaing utama Dell XPS 15 adalah MSI Prestige 15, yang ditawarkan dengan harga lebih rendah namun hanya memiliki kinerja yang sedikit lebih rendah dengan tetap mempertahankan kapasitas baterai yang besar dan bobot yang lebih rendah.

Saya berharap saya dapat menawarkan satu saran yang kuat tentang laptop CAD/teknik terbaik untuk siswa. Namun, itu sangat tergantung pada tuntutan kursus dan penggunaan Anda.

  • Berat Rendah, Harga Murah: Dell Inspiron 7591
  • Harga Rendah, Grafik Performa: Dell G5 15
  • Berat Rendah, Performa Tinggi: MSI Prestige 15
  • Kinerja Lebih Tinggi: Dell XPS 15

Jika Anda perlu naik transportasi umum ke dan dari Universitas/Perguruan Tinggi dan/atau banyak berjalan di sekitar kampus dengan laptop Anda, jangan meremehkan beratnya. Semua laptop ini berada dalam jarak 1kg (2,2 lb) satu sama lain, perbedaan antara keduanya saat berada di tas bahu atau ransel dengan barang-barang Anda yang lain dapat menyeret Anda ke bawah di penghujung hari.

Sebagai pemikiran terakhir untuk siswa, tahun lalu kami memiliki beberapa laptop berbasis Intel i7 generasi ke-9 dengan kartu grafis NVIDIA GTX yang telah diperbarui. Kami masih memiliki beberapa laptop dengan spesifikasi serupa dalam daftar tahun ini, jadi Anda mungkin dapat menemukan beberapa penawaran fantastis yang tersedia untuk laptop model tahun sebelumnya, atau laptop rekondisi jika Anda berbelanja.

Laptop Teknik Terbaik untuk Bisnis

Kebutuhan bisnis pada umumnya akan berbeda dengan kebutuhan mahasiswa. Untuk bisnis, biaya biasanya tidak terlalu menjadi masalah karena peningkatan produktivitas membawa penghematan mereka sendiri. Jika Anda kesulitan mendapatkan waktu di satu meja dan sering berpindah-pindah namun membutuhkan kekuatan komputer workstation. Cukup sulit untuk melewati seri Dell Precision Mobile Workstation. Model 15” atau 17” akan sempurna untuk melakukan pekerjaan rekayasa nyata sambil tetap mobile.

Untuk sesuatu pada titik harga yang lebih rendah, Dell XPS 15 menawarkan tradeoff yang adil untuk bisnis seperti halnya bagi siswa yang dapat menghabiskan lebih banyak uang. Ini dirancang dengan mempertimbangkan pengguna bisnis, dan meskipun kartu grafis menjadi pilihan kelas bawah, ini masih merupakan mesin yang cukup mumpuni.

Jika biaya menjadi masalah, tetapi Anda membutuhkan grafis kinerja yang lebih tinggi daripada yang ditawarkan Dell XPS 15, MSI GS75 Stealth benar-benar menarik perhatian saya. Bobotnya lebih tinggi daripada yang saya inginkan secara pribadi di laptop, tetapi Anda mendapatkan banyak fitur untuk bobot tambahan itu – seperti layar yang lebih besar, banyak baterai, dan kartu grafis yang sangat kuat. Jika Anda perlu membuat revisi cepat untuk model atau produk di kantor klien dan kemudian membuat render di laptop Anda, MSI GS75 akan menjadi pilihan utama saya. Demikian juga, jika Anda bekerja di situs klien dan mengerjakan proyek kompleks yang membutuhkan banyak daya grafis – MSI GS75 mungkin akan menjadi pilihan terbaik tanpa meningkatkan harga Dell Precision Mobile Workstation.< /p>

Jika Anda menggunakan perangkat lunak yang memerlukan, atau sangat menyukai perangkat keras bersertifikat ISV, maka satu-satunya pilihan Anda adalah seri Dell Precision Mobile Workstation.

Misalkan Anda memerlukan komputer yang kuat untuk pekerjaan teknik dan mengunjungi situs klien, dan melakukan pekerjaan teknik intensif di meja Anda di rumah atau di kantor. Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat atau membeli komputer desktop teknik dan membeli laptop murah untuk dibawa bepergian. Saat Anda tidak mencoba menghemat berat, daya, dan ruang, komponen jauh lebih murah dan lebih bertenaga. Jadi, bahkan desktop kelas menengah biasanya akan lebih bertenaga dan jauh lebih murah daripada laptop CAD spesifikasi tinggi. Dengan menjaga daya di meja Anda, Anda dapat memiliki laptop atau tablet murah yang cukup untuk demonstrasi klien, pengumpulan persyaratan, atau pekerjaan teknis, mengurangi total biaya dan meningkatkan produktivitas Anda.

Laptop untuk perangkat lunak teknik yang ditunjukkan di atas sangat cocok untuk menjalankan Altium Designer, perangkat CAD teratas di industri untuk desainer PCB. Bicaralah dengan pakar Altium hari ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Semua produk dan nama perusahaan adalah merek dagang™ atau merek dagang terdaftar dari pemiliknya masing-masing. Penggunaannya tidak menyiratkan afiliasi atau dukungan apa pun dari mereka.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik laptop terbaik untuk mahasiswa teknik komputer

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

  • Penulis: Athina Ibanez
  • Tanggal posting: 2021-08-11
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9460 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Hello, it’s me Athina. Di video ini aku akan share tips membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa teknik informatika. Aku juga akan share 3 rekomendasi laptop yang menurut aku worth to buy di tahun 2021.

    💲Price (rata-rata di Indonesia tahun 2021):
    1. Asus TUF FX505DD (IDR 9.500k )
    2. ASUS VivoBook S14 S430UA (IDR 7.600k – 8.100k)
    3. HP 14s-DK0126AU (IDR 6.550k)
    .
    Jangan lupa LIKE, COMMENT, dan SUBSCRIBE ya ^^
    .
    –Sosial Media–
    Instagram: https://www.instagram.com/athinaibanez/
    Linkedin: https://www.linkedin.com/in/athinaibanez/

    rekomendasilaptop2021
    jurusanteknikinformatika

10 Deretan laptop terbaik untuk mahasiswa informatika

  • Penulis: studielektronik.blogspot.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6740 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Laptop untuk Mahasiswa Teknik | Spesifikasi Mesin Sipil Industri Mulai 3 Juta

  • Penulis: teknorus.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 3668 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Laptop untuk Mahasiswa Teknik | Spesifikasi Mesin Sipil Industri. Lagi cari Laptop untuk Mahasiswa Teknik mesin, sipil, arsitektur ? ini rekomendasi kami

15 Laptop Untuk Mahasiswa Sesuai Jurusan, Anak Kuliahan Merapat!

  • Penulis: jalantikus.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9641 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Bingung mau beli laptop untuk kuliah? Berikut rekomendasi 15 laptop termurah & terbaik untuk mahasiswa sesuai jurusan. Jangan salah beli!

4 Laptop untuk Mahasiswa Teknik Informatika Terbaik 2022

  • Penulis: deckarenas.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1762 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Rekomendasi Laptop untuk mahasiswa teknik informatika yang bagus. Bagi anda yang sedang kuliah jurusan TI pasti butuh laptop dengan spesifikasi yang mumpuni.

10 Laptop Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa di 2022

  • Penulis: carisinyal.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9234 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Inilah 10 laptop terbaik yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa karena harganya murah dan mudah dibawa kemana-mana.

5 Laptop Populer Mahasiswa Teknik Informatika (IT)

  • Penulis: success-comp.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1894 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Laptop Mahasiswa Teknik Informatika kini menjadi pilihan dan pecarian sendiri bagi para pelakunya, yaitu Mahasiswa Jurusan Informatika (IT).

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Cara Menghubungkan Headphone Bluetooth ke PC: Masalah dan Perbaikan |... - pemasangan headset bluetooth lg ke komputer