Apa itu Virus Komputer? Bagaimana Anda Dapat Melindungi Diri Sendiri? – apakah virus komputer bisa menyebar melalui wifi

Virus komputer adalah jenis malware yang dapat menginfeksi file Anda, menghancurkan data, dan sangat merusak komputer Anda. Mereka masih menjadi ancaman besar di tahun 2022.

Anda sedang menonton: dapatkah virus komputer menyebar melalui wifi

Klik di sini untuk ringkasan singkat.

Apa apakah virus komputer? Bagaimana Anda Dapat Melindungi Diri Sendiri? Panduan Singkat

Apa itu Virus Komputer? Bagaimana Anda Dapat Melindungi Diri Sendiri? Panduan Singkat

Virus komputer adalah salah satu jenis malware paling berbahaya. Ini menyebar dari perangkat ke perangkat dengan mereplikasi dirinya sendiri. Setelah menginfeksi perangkat, itu dapat menyebabkan banyak kerusakan, termasuk penghapusan file dan program dan bahkan memformat ulang sistem operasi Anda.

Virus menyebar melalui berbagai cara, seperti lampiran email , file berbahaya, dan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas. Mereka juga memiliki jenis yang berbeda, terutama berdasarkan bagian komputer yang mereka infeksi. Kami membahas 8 jenis virus yang berbeda dalam artikel di bawah ini.

Mengingat ancaman yang ditimbulkan oleh virus komputer, penting untuk mengetahui cara mencegahnya. Beberapa tips penting meliputi:

  1. Instal perangkat lunak antivirus (kami menyarankan Bitdefender)
  2. Pertahankan sistem Anda pembaruan perangkat lunak
  3. Jangan buka email atau lampiran yang mencurigakan
  4. Instal aplikasi anti-malware
  5. Pasang atau aktifkan firewall
  6. Aktifkan setelan privasi browser Anda

Kunjungi Bitdefender

Artikel selanjutnya memberikan informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis virus dan cara menghapus virus jika perangkat Anda terinfeksi.

Salah satu yang paling merusak bentuk malware adalah virus komputer. Virus dapat menghancurkan data Anda, menginfeksi file Anda, dan sangat merusak komputer Anda. Virus komputer juga dapat menyebar dengan sendirinya dan menginfeksi komputer lain. Namun apakah virus komputer masih menjadi perhatian?

AV-Test Institute melaporkan bahwa ada lebih dari 1,3 miliar program malware ada pada 2022. Mempertimbangkan perkiraan yang menemukan bahwa 10% dari semua malware pada tahun 2022 adalah virus komputer, ya, mereka masih merupakan ancaman besar.

Tetapi apa sebenarnya virus komputer itu? Bagaimana mereka masuk ke komputer atau perangkat Anda? Dalam artikel di bawah ini, kami akan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui tentang virus komputer, apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi, dan cara menghilangkannya.

Apa itu Virus Komputer?

Ikon virus komputerVirus komputer adalah jenis malware dengan kemampuan untuk menggandakan diri. Bayangkan virus komputer seperti flu. Flu menyebar dari orang ke orang, dan begitu Anda sakit, tubuh Anda menjadi lesu dan tidak dapat berfungsi seperti biasanya.

Hal yang sama berlaku untuk virus komputer. Mereka dirancang untuk mendatangkan malapetaka, merusak perangkat yang terinfeksi, dan menyebabkannya berfungsi dengan buruk. Ini pada dasarnya adalah aplikasi atau kode komputer yang diprogram untuk menyebar di dalam dan di antara perangkat. Setelah berada di perangkat, virus dapat menyebar ke file dan program lain tanpa persetujuan pengguna.

Virus dapat menghapus beberapa file, atau sepenuhnya mengambil alih perangkat Anda dan memformat ulang perangkat lunak sistem.

Bagaimana Virus Menginfeksi Komputer Anda?

Ada banyak cara virus komputer dapat menginfeksi komputer Anda. Tetapi beberapa lebih umum daripada yang lain. Berikut adalah beberapa cara paling umum virus menemukan jalannya ke perangkat Anda.

6 cara virus komputer menginfeksi perangkat Anda1. Email dan lampiran spam

Analis keamanan telah menemukan di mana saja dari 75% hingga 94% dari semua malware dikirimkan melalui email. Ini dapat terjadi dengan membuka lampiran email, atau dalam beberapa kasus, hanya dengan melihat email. Beberapa virus juga dikirimkan dalam badan HTML email. Akibatnya, banyak layanan email menonaktifkan HTML hingga Anda mengonfirmasi bahwa Anda mengenal pengirimnya.

2. Pesan instan

Layanan pesan instan seperti Skype dan Facebook Messenger juga dapat digunakan untuk menyebarkan virus. Metode yang paling umum adalah mengirimkan tautan yang terinfeksi dalam pesan obrolan. Orang lebih cenderung mengeklik tautan dari seseorang yang mereka kenal, dan pengembang virus sangat menyadari hal ini.

3. Layanan berbagi file

Dropbox, SharePoint, dan layanan berbagi file lainnya adalah cara lain untuk menyebarkan virus. Jika pengguna mengunggah file yang terinfeksi ke akun berbagi file, virus komputer akan menyebar ke orang lain yang memiliki akses ke akun tersebut. Meskipun Google Drive dan beberapa layanan lain memindai file dari virus, mereka hanya memindai file yang lebih kecil dari 25 MB.

4. Unduhan antivirus palsu

Terkadang, penjahat dunia maya mengirim iklan pop-up untuk mengelabui pengguna agar mengira PC mereka terkena virus. Mereka mendesak pengguna mengunduh program antivirus mereka untuk menghapus ancaman. Namun, unduhan antivirus adalah palsu, dan menginfeksi komputer pengguna dengan virus. Yang ini menambahkan penghinaan pada cedera.

5. Perangkat lunak yang belum ditambal

Istilah perangkat lunak yang tidak ditambal mengacu pada perangkat lunak yang tidak mutakhir. Pengembang sering merilis pembaruan keamanan untuk menambal kerentanan dalam perangkat lunak, dan sangat penting untuk benar-benar menginstal pembaruan ini. Penjahat dunia maya sering memanfaatkan kerentanan ini untuk menginfeksi komputer dengan virus dan malware lainnya.

6. Perangkat keras

Drive USB dan perangkat penyimpanan yang dapat dilepas lainnya dapat berisi virus dan menyebarkannya ke komputer Anda. Meskipun ini tidak terlalu umum, aktor jahat diketahui meninggalkan drive USB yang penuh dengan virus untuk korban yang tidak menaruh curiga. Jika Anda tidak yakin dari mana asalnya, bukanlah ide yang baik untuk menempelkan perangkat keras ke komputer Anda.

8 Jenis Virus Komputer

Beberapa virus komputer mulai mereplikasi segera setelah mereka masuk ke perangkat Anda, sementara yang lain memerlukan pemicu untuk mengaktifkan kode virus. Berikut adalah ikhtisar tentang jenis virus yang paling umum dan cara penyebarannya.

Daftar 8 jenis virus komputer1. Virus boot sector

Virus komputer yang menginfeksi master boot record komputer dan sering menyebar melalui perangkat penyimpanan dan media yang dapat dilepas. Sulit untuk dihapus dan biasanya seluruh hard drive komputer yang terinfeksi harus diformat ulang.

2. Timpa virus

Virus komputer yang menginfeksi file Anda dan menghancurkannya. Satu-satunya cara untuk menghapusnya adalah dengan menghapus semua file yang terinfeksi, yang mengakibatkan hilangnya data yang terkandung di dalamnya. Timpa virus yang paling sering menyebar melalui email.

3. Virus tetap

Virus komputer jenis ini menyematkan di memori komputer. Jika virus asli dihapus, salinannya dapat tetap berada di memori komputer yang terinfeksi. Ini kemudian dapat diaktifkan ketika sistem operasi Anda melakukan fungsi tertentu. Karena virus ini bersembunyi di RAM Anda, mereka sering tidak terdeteksi oleh perangkat lunak antivirus.

4. Virus penginfeksi file

Virus komputer yang menimpa atau menyisipkan kode yang terinfeksi ke dalam file yang dapat dijalankan. Ketika program yang terinfeksi dibuka, virus menimpa atau menghancurkannya. Virus yang menginfeksi file juga dapat menyebar ke sistem operasi komputer atau bahkan memformat ulang hard drive Anda.

5. Virus makro

Virus komputer ditulis dalam bahasa makro yang sama dengan program perangkat lunak seperti Microsoft Office. Mereka menyematkan kode berbahaya dalam dokumen dan file data ini, yang mulai berjalan saat file dibuka. Virus kemudian dapat menginfeksi semua dokumen pengguna, mengubahnya atau membuatnya tidak dapat dibaca. Virus menyebar jika pengguna membagikan dokumen yang terinfeksi.

6. Virus skrip web

Virus yang bersembunyi di kode halaman web dan browser web. Mengakses halaman web yang kodenya berisi virus semacam itu dapat menyebabkan perangkat Anda terinfeksi.

7. Virus polimorfik

Polimorfisme mengacu pada kemampuan untuk eksis dalam berbagai bentuk. Akibatnya, virus polimorfik mendapatkan bentuk yang berbeda setiap kali file atau program yang terinfeksi dijalankan dengan mengubah kodenya. Ini membantu mereka menghindari deteksi.

8. Virus multipartit

Virus multipartit dapat dianggap sebagai kombinasi dari berbagai jenis yang dijelaskan di atas. Itu menyerang menggunakan vektor yang berbeda dan menginfeksi bagian komputer yang berbeda, seperti sistem operasi, file, dan program.

What Are Some Gejala Virus Komputer?

Tanda peringatan tertentu menunjukkan komputer Anda mungkin terkena virus komputer. Berikut adalah beberapa tanda umum bahwa komputer Anda mungkin terinfeksi.

6 gejala perangkat Anda terinfeksi virus komputerCara Menghilangkan Virus Komputer

< p>Sementara kode komputer berbahaya menyebar seperti flu, ada satu perbedaan utama di antara keduanya. Tidak seperti flu, kami memiliki obat untuk virus komputer.

Dalam beberapa tahun terakhir, virus komputer baru bisa sangat sulit untuk dibasmi. Meskipun ada masuknya virus komputer berbahaya dan malware lainnya (perkiraan mengatakan 350.000 program dan aplikasi malware baru dibuat setiap hari), kami juga memiliki pertumbuhan dalam industri antivirus dan keamanan siber untuk memeranginya.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika komputer Anda terkena virus. Langkah-langkahnya akan berbeda tergantung pada apakah Anda memiliki PC atau Mac.

Panduan langkah demi langkah: Cara menghapus virus dari laptop atau PC Windows

Jika Anda merasa terkena virus, inilah yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkannya itu.

1. Unduh pemindai virus

Untuk menangkap dan menghapus ancaman virus terbaru, Anda memerlukan program antivirus yang solid. Untuk membasmi virus dari perangkat Windows dan perlindungan waktu nyata yang efektif, kami dapat merekomendasikan Bitdefender. Jika Anda tidak mencari layanan berbayar, lihat daftar program antivirus gratis terbaik kami.

Anda sebaiknya mengunduh pemindai sebelum langkah berikutnya.

Screenshot beranda situs web Bitdefender dengan logo di pojok2. Putuskan sambungan dari internet

Karena virus dapat menyebar melalui internet, Anda sebaiknya memutuskan sambungan dari Wi-Fi atau ethernet Anda. Dengan cara ini, Anda hanya dapat fokus pada perangkat yang terinfeksi.

3. Masuk ke Safe Mode

Matikan komputer Anda. Sekarang nyalakan lagi, tetapi terus tekan tombol F8 saat boot. Menu Opsi Boot Lanjutan akan muncul, dan Anda harus memilih opsi Safe Mode with Networking.
Screenshot of Advanced Options Windows Boot4. Hapus file sementara dengan alat Pembersihan Disk

Menggunakan alat ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus semua file sementara. Untuk menemukannya, mulailah dengan mengeklik menu Mulai, diikuti dengan Program > Aksesoris > Alat Sistem > Pembersihan Disk.

Pilih File Sementara dari daftar File untuk Dihapus, dan lanjutkan dan hapus. Ada kemungkinan Anda terkena virus di sini, tetapi Anda pasti ingin mengambil langkah berikutnya.

5. Jalankan pemindaian virus

Mulai dengan menjalankan pemindai sesuai permintaan, lalu jalankan pemindai waktu nyata. Biasanya, ada pemindaian cepat dan opsi pemindaian sistem lengkap. Lakukan pemindaian sistem penuh. Kemungkinan besar, salah satu program ini akan mendeteksi virus dan menghapusnya. Jika pemindaian gagal menghapus virus, maka Anda harus menghapusnya secara manual. Dengan menggunakan Windows Registry, Anda dapat melakukannya sendiri, tetapi seringkali lebih aman untuk merekrut pakar TI untuk membantu Anda.

Saat Anda menghapus virus, pastikan Anda menginstal pembaruan perangkat lunak untuk Windows. Microsoft secara teratur merilis pembaruan untuk menjaga perangkat Anda seaman mungkin dari ancaman terbaru. Cukup klik menu Mulai Windows > Setelan > Perbarui & Keamanan. Di sana Anda akan melihat pembaruan terbaru untuk Windows.

7. Aktifkan firewall

Firewalls juga melindungi Anda dari serangan siber dan virus dan harus diaktifkan pada antivirus baru Anda. Di Windows, Anda dapat mengeklik menu Mulai Windows > Setelan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windows > Firewall dan perlindungan jaringan untuk memastikannya diperbarui.

Langkah- panduan langkah-langkah: Cara menghapus virus dari Mac

Meskipun Mac tidak ditargetkan secara luas seperti PC, mereka jelas tidak kebal terhadap serangan. Plus, malware khusus Mac mungkin lebih sulit didapat daripada yang lain. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menghilangkan virus dari Mac Anda.

1. Unduh pemindai antivirus untuk Mac

Untuk Mac, kami merekomendasikan Avast Security. Pemindai ini telah meningkat secara signifikan selama bertahun-tahun. Menawarkan deteksi malware virus premium dengan dampak minimal pada kinerja sistem Mac. Mereka memiliki alat penghapus virus luar biasa yang disesuaikan khusus untuk Mac. Jika Anda punya waktu, lihat panduan lengkap kami tentang program antivirus untuk Mac.

Tangkapan layar beranda Avast dengan logo2. Putuskan sambungan dari internet

Ingat bahwa virus dapat menyebar melalui internet, jadi Anda sebaiknya memutuskan sambungan. Matikan router Wi-Fi Anda, atau cabut kabel ethernet Anda.

3. Jalankan pemindaian virus

Pemindai yang berfokus pada Mac Anda harus membasmi virus yang menyebabkan masalah. Terutama Avast Keamanan. Jika Anda ingin menemukan dan menghapus file apa pun di Mac Anda secara manual, coba langkah berikutnya.

4. Luncurkan Monitor Aktivitas Anda

Jika Anda ingin menemukan aplikasi atau program yang disusupi secara manual, gunakan Monitor Aktivitas Anda. Anda harus mencari proses mencurigakan yang tidak terkait dengan program seperti biasanya. Saat Anda menemukan malware, klik Keluar dari Proses dan keluar dari Monitor Aktivitas. Agar lebih yakin, Anda dapat mencari nama proses yang mencurigakan di Google sebelum menutupnya di Monitor Aktivitas.
Screenshot of Mac Activity monitor5. Pindahkan malware ke Sampah

Setelah menutup Monitor Aktivitas, buka folder Aplikasi Anda. Dari sana, pindahkan malware ke Sampah dan kosongkan.

Periksa apakah software dan aplikasi Anda sudah yang terbaru. Jika ada perbaikan OS atau Pembaruan Apple, segera instal.

7. Aktifkan firewall

Perangkat lunak antivirus baru Anda biasanya memiliki firewall yang terpasang, atau Anda dapat mengaktifkannya di program Anda. Namun jika Anda ingin mengaktifkan firewall Mac, buka System Preferences > Keamanan & Privasi > Firewall.

Bagaimana Saya Dapat Melindungi Diri Saya Dari Virus Komputer?

Yang terbaik pertahanan terhadap virus komputer adalah pencegahan. Ada banyak langkah berbeda yang dapat Anda ambil untuk melindungi komputer dan perangkat Anda dari virus komputer dan jenis malware lainnya. Berikut adalah tips penting:

Instal perangkat lunak antivirus

Pastikan Anda menginstal perangkat lunak antivirus dari perusahaan terkemuka dan terus memperbaruinya. Meskipun pemindai ini akan menjaga perangkat Anda sebersih peluit, pemindai ini juga menawarkan perlindungan waktu nyata. Antivirus yang bagus memblokir koneksi yang mencurigakan, memperingatkan Anda tentang situs phishing, email, dan pesan, dan menangkap kemungkinan suntikan sebelum terjadi.

Beberapa program antivirus terkemuka yang telah kami ulas meliputi:

Baik itu macOS, Windows, iOS, atau Android, selalu instal pembaruan komputer dan perangkat lunak jika tersedia. Pembaruan ini sering kali memperbaiki kerentanan keamanan di sistem operasi dan perangkat lunak Anda yang membantu mencegah virus komputer.

Jangan buka email atau lampiran yang mencurigakan

Hapus atau tandai email yang mencurigakan sebagai spam dan jangan dibuka. Anda juga harus memilih penyedia email yang memindai semua lampiran sebelum membukanya.

Instal aplikasi anti-malware

Selain perangkat lunak antivirus , pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi program anti-malware. Aplikasi ini secara teratur memindai komputer Anda dari virus, spyware, dan malware lainnya. Mereka juga melindungi Anda dari malware baru yang lebih berbahaya seperti BloodyStealer. Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi yang sah dari toko terverifikasi seperti Apple atau Microsoft App store, atau Google Play.

Instal a firewall

Firewall menyaring lalu lintas internet dan jaringan untuk membantu memblokir potensi ancaman. Firewall yang kuat akan memblokir virus dan malware lain agar tidak masuk ke perangkat Anda. Sebagian besar program antivirus yang kuat memiliki firewall bawaan yang diaktifkan saat penginstalan. Microsoft dan Mac juga memiliki firewall sendiri yang telah ditingkatkan selama bertahun-tahun, Anda hanya perlu memastikan bahwa firewall tersebut diaktifkan.

Sesuaikan pengaturan privasi browser dan perangkat Anda

Pastikan untuk mengaktifkan pengaturan privasi browser Anda dan menggunakan pemblokir pop-up. Banyak pengguna berduyun-duyun ke Chrome, tetapi Anda sebenarnya dapat menjadikan Mozilla sebagai browser anonim jika Anda mengubahnya dengan benar. Anda juga harus menghapus cache dan riwayat penelusuran Anda secara teratur. Jika Anda menjalankan Windows, lihat panduan privasi Windows 10 dan pembaruan Windows 11 kami. Untuk pengguna Mac, lihat tutorial setelan privasi ini.

Seberapa Umum Virus Komputer?

Virus masih merupakan bentuk umum dari malware yang mempengaruhi komputer rumah tangga. Meskipun ransomware telah menjadi pusat perhatian, diperkirakan virus komputer terdiri dari sekitar 10% dari semua malware. Namun mengingat AV-Test Institute mengatakan 560.000 malware baru ditemukan setiap hari (dan ada sekitar 1 miliar program malware), virus masih tetap menjadi ancaman besar.

Berikut adalah beberapa statistik yang kami’ telah dikumpulkan.

  • Sekitar 30% rumah tangga Amerika memiliki perangkat yang telah terinfeksi virus komputer.
  • Menurut CheckPoint, sekitar 53% virus komputer menyebar melalui file .exe, dengan hanya 6% yang disebarkan melalui file .pdf.
  • Menurut Laporan Transparansi Google, ini menghapus 2,1 juta situs yang terinfeksi malware . Sekitar 7% dari semua situs yang diuji mengandung malware. Setiap minggu, Google mendeteksi sekitar 50 situs web yang mengandung malware.
  • Statista melaporkan hampir 47% komputer di China terinfeksi malware, menjadikannya negara yang terinfeksi tertinggi di seluruh dunia.
  • Kaspersky memperkirakan bahwa hampir ada 56 juta serangan malware seluler pada tahun 2020. Pengguna Android ditargetkan secara signifikan lebih banyak daripada pengguna iOS.

Apakah Malware dan Virus Komputer Sama?

Istilah malware dan virus sering digunakan secara bergantian. Namun, mereka tidak berarti hal yang sama. Malware adalah istilah luas untuk semua jenis kode atau program berbahaya, apa pun fungsinya. Virus adalah sejenis malware yang menyebar dengan mereplikasi dirinya sendiri di dalam dan di dalam perangkat. Biasanya diprogram untuk membahayakan perangkat yang terinfeksi dengan cara tertentu.

Istilah malware dapat digunakan untuk merujuk pada virus, atau jenis malware lainnya seperti killware, worm dan keylogger. Pada tahun 2022, ransomware dan Ransomware-as-a-Service (RaaS) telah menjadi bentuk malware yang paling mencuri berita utama.

Final Thoughts< /h2>

Penjahat dunia maya semakin sering menggunakan virus untuk menargetkan bisnis, organisasi layanan kesehatan, dan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Virus ini dapat menembus data, merusak operasi organisasi, dan menghancurkan informasi penting.

Virus komputer tetap menjadi ancaman keamanan siber utama bagi pengguna komputer pribadi. Mereka bisa sangat merusak dan sering menghancurkan data atau merusak komputer secara serius. Untuk alasan ini, pengguna komputer perlu waspada terhadap ancaman malware ini dan melindungi perangkat mereka dari virus.

Apa itu Virus Komputer? Bagaimana Anda Dapat Melindungi Diri Sendiri? | Pertanyaan Umum

Jika Anda mencari jawaban cepat untuk beberapa pertanyaan yang lebih mendesak mengenai virus komputer dan cara mengatasinya, lihat bagian FAQ di bawah.

Apa penyebab virus di komputer?

Virus dapat menginfeksi komputer dengan berbagai cara. Metode yang paling umum termasuk lampiran email berbahaya, perangkat penyimpanan yang dapat dilepas, perangkat lunak yang tidak ditambal, dan layanan berbagi file.

Apa yang terjadi jika komputer Anda terkena virus?< /span>

Virus dapat sangat memengaruhi kinerja komputer atau perangkat Anda. Beberapa efek penting dari infeksi virus komputer meliputi:

  1. Perlambatan kinerja komputer
  2. Sering berhenti dan mogok
  3. Pop-up terus-menerus
  4. Penghapusan file yang ada
  5. Masalah dengan perangkat keras

Untuk informasi lebih lanjut tentang dampak virus komputer, baca artikel lengkap tentang virus komputer< /span>.

Bagaimana cara menghilangkan virus dari komputer?

Cara paling pasti untuk menghapus virus dari perangkat Anda adalah dengan menginstal program antivirus yang andal dan menjalankan pembaruan terus-menerus. Anda juga harus memperbarui perangkat lunak antivirus secara rutin untuk memastikan Anda memiliki perpustakaan virus terbaru.

Menghapus virus secara manual adalah proses yang lebih rumit. Lihat artikel virus komputer ini untuk informasi selengkapnya tentang cara melakukannya di perangkat Windows dan Mac.

Bagaimana caranya Saya mencegah virus komputer?

Mencegah virus komputer jauh lebih mudah daripada menghapusnya setelah Anda terinfeksi. Langkah-langkah berikut akan membantu mencegah infeksi virus komputer:

  1. Instal perangkat lunak antivirus yang andal
  2. Jangan buka lampiran email yang mencurigakan
  3. Instal dan aktifkan firewall untuk memblokir file yang berpotensi berbahaya agar tidak memasuki perangkat Anda
  4. Gunakan pemblokir pop-up dan aktifkan setelan privasi browser Anda


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik apakah virus komputer bisa menyebar melalui wifi

Cara Yang Aman Berinternet Agar Tidak Terkena Virus dan Malware | Cara Aman Berinternet Bagian 1

alt

  • Penulis: Ahta
  • Tanggal posting: 2019-03-05
  • Nilai: 4 ⭐ ( 3137 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Bagi sobat-sobat yang suka menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya, browsing dari satu situs ke situs yang lain yang ada di internet, maka peluang untuk bisa terserang software berbahaya seperti Virus dan Malware akan semakin besar. Oleh karena itu video Cara Yang Aman Berinternet ini dapat memberi informasi tentang cara yang aman berinternet.

    ahta tutorialahta tipsdantrikahta

Waspada, Virus Bisa Menyebar Lewat Wi-Fi!

  • Penulis: www.liputan6.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 3149 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Para peneliti di Liverpool University baru-baru ini berhasil menciptakan virus yang dapat menyebar lewat Wi-Fi seperti penyakit menular.

Bagaimana malware dapat menyebar melalui Wi-Fi?

  • Penulis: id.quora.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5690 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Virus Chameleon Bisa Menular Lewat WiFi

  • Penulis: tekno.kompas.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 6257 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Sejumlah ilmuwan di Inggris membuat virus baru yang bisa menular melalui Wi-Fi. Untuk dipelajari jika sewaktu-waktu serangan ini terjadi.

√ Virus Komputer: Jenis, Contoh & Penyebaran

  • Penulis: teknozone.id
  • Nilai: 4 ⭐ ( 5864 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Virus komputer adalah adalah program jahat (malicious program) yang mereplikasi diri dengan menyalin sendiri ke program lain. Virus komputer menyebar…

Mengapa Komputer Tetap Terinfeksi Virus Meskipun Sudah Ada Antivirus

  • Penulis: www.reopan.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9441 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Sebagian besar pengguna komputer pernah mengalami mimpi buruk terinfeksi oleh virus meskipun sudah ada antivirus terbaik yang mereka gunakan

Chameleon, Virus Yang Menyebar Lewat Jaringan Wi-Fi

  • Penulis: traxonsky.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 7379 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Chameleon adalah virus yang sangat sulit terdeteksi Wi-Fi belakangan menjadi suatu teknologi yang paling banyak dicari oleh banyak orang, pada saat di

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Komputer rumah terbaik 2022: PC Desktop dan Mac - komputer desktop terbaik untuk digunakan di rumah