Cara membuat PC Anda sendiri pada tahun 2021 — dengan cara yang benar – cara membuat komputer yang bagus

Panduan pembuatan PC komprehensif kami akan memandu Anda melalui cara merakit komputer Anda sendiri, untuk menghemat uang.

Anda sedang menonton : cara membuat komputer yang bagus

Membuat PC tetap merupakan usaha yang menakutkan bagi banyak orang, tetapi tidak harus demikian. Bahkan jika Anda belum mengambil obeng dan menyatukan beberapa komponen, panduan komprehensif ini akan menjadikan Anda ahli pembuatan PC dalam waktu singkat. Kami juga akan menghemat uang Anda dalam prosesnya.

Memilih bagian yang tepat

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

< p class="credit">(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Bagian terpenting untuk memperbaikinya adalah memilih bagian yang melakukan apa yang Anda inginkan dan bekerja sama satu sama lain. Memilih komponen PC yang salah atau tidak kompatibel dapat menyebabkan masalah, kerusakan pada komponen lain, atau memerlukan waktu untuk mengembalikan produk tersebut ke pengecer. Singkatnya, kita memerlukan kasing, prosesor (CPU), kartu grafis (GPU), RAM, catu daya (PSU), motherboard, kabel, dan beberapa penyimpanan untuk melengkapi daftar periksa barebone.

Mencari di dalam casing PC dapat mengungkapkan kekacauan elektronik kepada seseorang yang tidak tahu apa fungsinya. Kami dapat membantu Anda dalam memilih suku cadang yang tepat, meskipun Anda tidak mengetahui perbedaan antara CPU dan GPU. Lihat panduan terbaik kami untuk setiap komponen, lalu periksa ketidaksesuaian menggunakan daftar periksa singkat kami di bawah ini.

Produk yang digunakan dalam panduan ini

Kompatibilitas

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Inilah yang Anda perlukan untuk membuat PC:

  • Casing: Kasing memiliki faktor bentuk yang berbeda, tergantung pada ukuran PC yang ingin Anda buat. Secara keseluruhan kurang penting.
  • PSU: Inilah yang mengubah daya AC ke DC dari soket rumah Anda ke komponen. Perlu suplai daya yang cukup stabil (500W biasanya merupakan tempat yang baik untuk memulai).
  • CPU: Anda memiliki pilihan AMD dan Intel untuk prosesor desktop. Lihat panduan terbaik kami dan perhatikan soket yang mereka gunakan karena Anda harus mencocokkan soket untuk motherboard.
  • Motherboard: Motherboard hanya perlu mencocokkan yang sama jenis soket CPU. Chipset dan fitur lainnya semuanya tergantung pada harga dan preferensi.
  • RAM: Frekuensi yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah umumnya berarti RAM yang lebih baik, meskipun Anda harus memastikan motherboard Anda dapat mendukung kecepatan clock yang sama, atau akan dibatasi. Kebanyakan board baru mendukung DDR4 atau DDR5. DDR4-3200 atau DDR5-4800 adalah taruhan yang aman untuk sebagian besar CPU.
  • Penyimpanan: Sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan pribadi, meskipun kami selalu menyarankan SSD untuk menginstal OS.
  • GPU: Ini opsional dan hanya benar-benar diperlukan jika Anda berencana untuk melakukan beberapa permainan atau beban kerja yang intensif. Dalam hal ini, belanjakan sebanyak yang Anda bisa.

Tapi tunggu! Bahkan setelah memeriksa dua kali dan tiga kali bahwa semuanya akan ditempatkan dengan baik, sebaiknya Anda menggunakan alat otomatis yang memeriksa komponen yang dimasukkan terhadap database untuk mengonfirmasi bahwa tidak ada konflik. Sebaiknya kunjungi PC Part Picker, masukkan semua komponen Anda, lalu periksa semuanya.

< /p>

Situs web tidak hanya memungkinkan perbandingan antara opsi lain yang tersedia — berpotensi memungkinkan penghematan lebih banyak lagi — tetapi juga akan memberikan peringatan untuk setiap masalah yang terdeteksi. Setelah beberapa PC dibuat, Anda akan dapat membedakan komponen hanya dengan melihat spesifikasi dan menyederhanakan proses ini tanpa menggunakan situs web tersebut.

Semua produk dalam panduan ini kompatibel satu sama lain, jadi jika Anda ingin membuat sendiri PC gaming yang mumpuni, ikuti rekomendasi kami saat Anda membaca panduan ini.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Beberapa alat yang Anda perlukan untuk membuat PC meliputi:

  • Toolkit.
  • Sumber cahaya LED.
  • Ruang kerja datar (tanpa karpet).
  • Alas anti-statis.
  • Gelang anti-statis.
  • Baki komponen magnetik.
  • Ruang kerja gratis (jangan pernah gunakan karpet untuk mencegah penggorengan komponen Anda).

Apakah saya menyebutkan bahwa Anda tidak boleh menggunakan karpet untuk membuat PC?

Bagaimana cara membuat PC

Kami telah menyusun panduan ini dalam urutan yang masuk akal untuk sebagian besar build, meskipun mungkin tidak optimal untuk setiap PC. Anda harus memeriksa tata letak dan melihat komponen mana yang perlu dipasang terlebih dahulu, tetapi biasanya, memulai dengan catu daya adalah cara terbaik untuk melakukannya. Pertama-tama Anda harus mengesampingkan kotak/kantong sekrup yang disertakan dengan kasing karena kami akan memerlukannya untuk langkah-langkah di depan.

Pastikan untuk membaca panduan bermanfaat kami tentang cara hindari kesalahan pembuatan PC pemula ini sehingga Anda dapat segera memulai dan menjalankannya.

Kasus terbaik

(terbuka di tab baru)

Apakah Anda menginginkan sasis ringkas yang mudah untuk membangun PC di dalamnya dan tampak luar biasa? Itulah yang ditawarkan Lian Li dengan PC-O11 Dynamic, yang dirancang dalam kemitraan dengan DER8AUER.

$180 di Amazon

(terbuka di tab baru)

Saat merakit PC baru, Anda memerlukan casing yang terlihat bagus, cukup kokoh untuk menampung semua yang ada di dalamnya, memiliki banyak fitur seperti penyaringan debu, pencahayaan RGB cerdas, dan tidak menghabiskan anggaran Anda. Ini merangkum Lian Li PC-O11 Dynamic dengan sempurna.

Memasang CPU

< /p>

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Anda akan memperhatikan bahwa saya mengatakan bahwa kami akan menginstal PSU terlebih dahulu, tetapi itu hanya jika kami yakin semuanya berfungsi. Sebelum kita memasukkan semuanya ke dalam casing PC, kita harus memeriksa semua komponen kita benar-benar berfungsi di luar kotak. Daripada membuang semuanya ke dalam casing dan menemukan ada masalah, membongkar semuanya di permukaan datar yang Anda pilih dan memasang beberapa komponen untuk diuji adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Membongkar PSU, CPU, RAM, dan papan utama untuk ini. Langkah pertama di sini adalah menginstal CPU, yang mengharuskan Anda melepas motherboard dari kemasannya juga. Ini adalah proses yang sangat mudah, terlepas dari apakah Anda menggunakan chip AMD atau Intel.

  1. Buka kemasan motherboard dari kemasannya.
  2. Tempatkan motherboard di atas kotak karton. (Di sini aman. Jangan letakkan di atas karpet.)

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

  1. Buka gerbang CPU.
  2. Tutup plastik akan terlepas setelah kita memasang CPU. Amankan ini! Untuk berjaga-jaga jika Anda perlu mengembalikan motherboard ke pabrikan.
  3. Masukkan CPU, yang cocok dengan takik dan indikator ke soket. (Jangan menekan, itu harus rata tanpa paksaan.)
  4. Tutup gerendel untuk mengamankan CPU. (Langkah ini akan membutuhkan sejumlah tekanan, sehingga tutup plastik terlepas.)

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Sekarang, kita perlu menginstal pendingin CPU . Tergantung pada pendingin yang Anda beli, Anda mungkin memiliki lapisan pasta termal yang sudah diterapkan. Jika tidak, kita harus melakukan ini sebelum memasang pendingin. (Kiat: lebih sedikit lebih banyak.) Manual ini akan memandu Anda melalui proses pemasangan, yang dapat bervariasi antara pendingin dan produsen.

Khususnya dengan pendingin aftermarket — baik air maupun udara — Anda harus memperhatikan manual yang disertakan dengan produk. Inilah sebabnya mengapa lebih baik melakukan semua langkah ini dengan motherboard di luar casing PC untuk penanganan yang lebih mudah.

Setelah bertahun-tahun tertinggal dari Intel, AMD telah membuat kemajuan pesat dengan Ryzen, dan generasi terbaru ini adalah bahkan lebih baik. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk beralih ke tim merah, dan Ryzen 5 5600X adalah titik masuk yang sempurna untuk sebagian besar PC. Bahkan ada pendingin yang disertakan untuk membuat Anda siap bekerja.

Memasang RAM

< /p>

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

RAM adalah komponen yang sensitif dan, karenanya, harus ditangani dengan hati-hati. Sebaiknya hindari kontak dengan pin di bagian bawah setiap modul. Slot RAM pada motherboard terletak di sebelah kanan CPU. Periksa manual motherboard tentang slot RAM mana yang akan digunakan, tergantung pada jumlah stik yang Anda miliki.

  1. Lepaskan kunci RAM pada slot modul motherboard.
  2. Cocokkan takik modul RAM dengan yang ditemukan di slot pada motherboard.
  3. Masukkan modul dengan hati-hati, menggunakan kekuatan ringan yang merata di seluruh tongkat.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

  1. Setelah dimasukkan ke dalam slot, tekan ke bawah di kedua sisi modul RAM hingga mengklik dengan aman pada tempatnya.

Cara memasang RAM< /span>

Sangat penting untuk memilih RAM yang paling cocok dengan motherboard dan CPU, dan kit 3200MHz ini sangat baik untuk Ryzen 5 5600X dan motherboard yang menyertainya. Ada juga ruang untuk beberapa penyetelan di kemudian hari saat Anda membutuhkan sedikit lebih banyak dari memori sistem Anda.

Periksa semuanya berfungsi

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Dengan CPU dan RAM terpasang, motherboard sekarang siap untuk boot. Jika Anda menggunakan CPU Ryzen atau Intel tanpa pemrosesan grafis terintegrasi (5600X kami adalah salah satu CPU tersebut), kami juga perlu memasang GPU kami di sini untuk mendapatkan output dari motherboard.

Buka kemasan GPU dari kotaknya dan tempatkan dengan hati-hati ke dalam slot PCIe paling atas. Tekan ke bawah hingga Anda mendengarnya berbunyi klik. GPU harus ditempatkan dengan baik di atas motherboard, tetapi Anda mungkin perlu membiarkan pelat belakang menggantung di tepi kotak motherboard sehingga bisa rata dengan papan itu sendiri.

Yang kita butuhkan sekarang hanyalah kekuatan. Referensi motherboard dan manual PSU Anda untuk menyortir kabel dan konektor yang tepat.

  1. Hubungkan kabel ATX 24-pin utama ke PSU dan motherboard (ini yang terbesar di bundel).
  2. Sambungkan kabel daya CPU ATX (biasanya konektor 4+4 pin, beberapa motherboard membutuhkan dua atau tiga) ke PSU dan motherboard.
  3. Pasang daya PCIe apa pun. pengkabelan untuk GPU jika diperlukan.
  4. Sambungkan kabel HDMI atau DisplayPort ke port yang tersedia di GPU Anda (atau motherboard jika CPU Anda memiliki GPU terintegrasi).
  5. Colokkan keyboard ke port USB gratis di motherboard.

Biasanya, untuk menyalakan PC, Anda perlu menekan tombol daya, tetapi karena PC kita secara teknis tidak berada di dalam casing namun, kami tidak memiliki tombol daya. Untungnya, kami tidak memerlukan tombol daya untuk menyalakan semuanya. Kita dapat meniru tombol fisik hanya dengan menggunakan obeng untuk membuat jembatan antara pin POWER_SW pada motherboard.

Sumber: Daniel Rubino / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Daniel Rubino / Windows Central)

Lagi , lihat manual motherboard Anda untuk menemukan pin ini. Dengan hanya melakukan kontak dengan pin + dan – untuk POWER_SW kami memberi tahu motherboard untuk menghidupkan sistem. Itulah yang terjadi ketika Anda menekan tombol daya pada casing PC Anda. Cobalah beberapa kali jika Anda tidak dapat membuat sambungan antara dua pin.

Jika semuanya boot melalui BIOS dan Anda melihat layar splash, masuk ke pengaturan dengan menekan tombol DEL saat sistem berputar. Periksa apakah semua RAM Anda terdaftar di sini. Semuanya bagus? Matikan semuanya dan lepaskan semua kabel, lepaskan GPU dan pasang kembali ke pembungkus pelindungnya. Sekarang saatnya memasang PC di dalam casing.

Memasang PSU

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

PSU adalah komponen paling penting dari PC mana pun. Ini memberikan jus yang diperlukan untuk semua keajaiban komputasi terjadi. Tergantung pada casing yang Anda beli, kami harus memasang unit dengan kipas menghadap ke atas atau ke bawah. Untuk menentukan mana yang paling optimal, periksa apakah Anda memiliki ventilasi di bagian bawah casing. Jika demikian, arahkan kipas PSU ke bawah.

Anda harus menghubungkan semua kabel ke PSU sebelum memasangnya untuk mempermudah pekerjaan Anda. Tergantung pada PSU yang Anda beli, mungkin salah satu dari berikut ini:

  • Moduler penuh: Tidak ada kabel yang terhubung secara permanen ke PSU.
  • Semi-modular: Beberapa kabel diperbaiki secara permanen, biasanya ATX dan daya CPU.
  • Non-modular: Setiap kabel tersambung dan tidak dapat dilepas dari PSU.

PSU penuh dan semi-modular adalah yang paling mudah digunakan karena Anda akan lebih mudah memastikan semua kabel terlihat rapi dan rapi.

  1. Geser PSU ke area pemasangan dengan kipas menghadap ke atas atau ke bawah.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

  1. Sekrup pada sekrup yang disertakan (harus disertakan dengan casing) di empat lubang di bagian belakang casing.
  2. Pastikan unit mati< /strong> menggunakan sakelar belakang.
  3. Colokkan PSU ke soket daya untuk mengardekan PC.
  4. Ikat semua kabel daya< /strong> keluar dari PSU bersama-sama dan satukan s ide.

PSU Terbaik

(terbuka di tab baru)

Pembangkit listrik terbaik untuk PC Anda

Anda akan kesulitan menemukan nilai PSU yang lebih baik daripada EVGA ini contoh. Ini diberi peringkat untuk 80 Plus Platinum dan memiliki daya yang cukup untuk PC game.

$90 di Amazon

(terbuka di tab baru)

PSU adalah komponen paling penting di dalam casing PC Anda. Itu yang memberikan daya ke semua komponen lain dan, dengan demikian, harus dapat memasok arus yang andal. Anda dapat mempercayai PSU ini untuk menyediakan daya yang bersih dan stabil.

Memasang motherboard

Dengan CPU, pendingin, dan modul RAM terpasang, motherboard siap untuk disekrup ke pelat belakang di dalam casing. Pertama, kita perlu memasang pelindung I/O, sepotong logam panjang yang memiliki soket untuk semua port dan sambungan belakang. Ini opsional, tetapi aksesori yang direkomendasikan membantu memberikan perlindungan interferensi elektromagnetik (EMI).

  1. Tempatkan pelindung I/O ke celah belakang di casing PC dan klik pada tempatnya. (Lewati langkah ini jika terpasang ke motherboard Anda.)
  2. Arahkan motherboard di atas pelat belakang untuk melihat di mana standoff perlu disekrup. Ukuran yang berbeda membutuhkan lubang yang berbeda.Standoff adalah sekrup yang dipasang pada pelat belakang motherboard, yang kemudian memungkinkan motherboard untuk diletakkan di atasnya dan sekrup untuk menahan papan. Beberapa kasus telah memasangnya sebelumnya.
  3. Pasang standoffs untuk motherboard, jika belum terpasang sebelumnya. (Beberapa pelat belakang mungkin menampilkan label ATX di sebelah lubang untuk memandu Anda.)
  4. Turunkan motherboard ke standoff.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central )

  1. Kencangkan sekrup, tetapi jangan terlalu kencang — cukup untuk mengamankan papan pada tempatnya.
  2. Periksa sisi motherboard dengan menarik perlahan untuk memastikan setiap inci terpasang dengan benar.

Motherboard memungkinkan CPU, memori, penyimpanan, GPU, dan semua komponen lainnya untuk berkomunikasi satu sama lain, dan ASUS X570-E Gaming adalah solusi yang bagus. Ini dapat diandalkan, menampung suku cadang premium, memiliki banyak fitur, dan memiliki penyiapan UEFI solid yang memungkinkan Anda melakukan overclock sistem dengan mudah.

Memasang drive penyimpanan< /h2>

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Gambar kredit: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Drive penyimpanan adalah perangkat penting yang tidak hanya menampung sistem operasi tetapi juga semua program, media pribadi, dan semua data lainnya. Disarankan untuk menggunakan drive SSD (baik itu M.2 atau 2,5 inci) untuk partisi OS utama, yang memungkinkan booting cepat dan kinerja yang andal. Data dapat disimpan pada drive mekanis tradisional (3,5 inci).

Drive M.2 PCIe NVMe adalah yang tercepat dengan SATA M.2 dan drive 2,5 inci berada di urutan kedua. Drive 3,5 inci berada di urutan terakhir untuk kecepatan tetapi paling terjangkau, terutama pada kapasitas yang lebih tinggi.

Tergantung pada casing dan cara ruang drive dikonfigurasi, drive M.2, 2,5, dan 3,5 inci dapat dapat dipasang pada titik yang sama atau menggunakan tanda kurung khusus. Pastikan untuk memeriksa kembali manual casing PC. Kami akan membahas bagaimana casing PC Anda mungkin memiliki keduanya dikonfigurasi di bawah ini.

M.2 SSD

  1. Lepaskan dan lepaskan pelat SSD M.2, jika motherboard Anda memilikinya.
  2. Pasangpenghentian untuk modul M.2, jika belum terpasang.
  3. Tempatkan drive M.2 di atas slot dan kencangkan dengan sekrup .

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

  1. Pasang ulang pelat M.2 (jika ada) .

SSD 2,5 inci

Beberapa casing memungkinkan Anda memasang drive 2,5 inci ke tempat yang juga mendukung drive 3,5 inci yang lebih besar, meskipun casing PC yang lebih modern memungkinkan Anda menggunakan braket di bagian belakang baki motherboard. Untuk yang terakhir:

  1. Ambil braket SSD dan pasang drive ke sana, sejajarkan lubang sekrup.
  2. Kencangkan drive menggunakan sekrup yang sesuai.
  3. Pasang braket dan kencangkan ke kotak.

HDD 3,5 inci

  1. Ekstrak braket HDD dari salah satu rongganya.
  2. Geser drive mekanis ke dalam braket.
  3. Kencangkan drive ke braket tersebut menggunakan sekrup atau mekanisme tanpa sekrup.
  4. Geser drive braket dan drive kembali ke ruang.

Karena motherboard ASUS yang kami pilih memiliki dukungan M.2, kami dapat memilih SSD super cepat. Samsung 970 EVO Plus terbaru sangat cepat, sempurna untuk Windows 10 dan game. Dengan 500GB, Anda akan dapat menginstal OS dan kemudian beberapa program dan game juga, meskipun jika anggaran Anda dapat melebihinya, kami selalu menyarankan untuk menginstal game di drive berbeda ke OS.

Memasukkan semuanya

Dengan semua komponen penting sekarang terpasang, saatnya untuk menghubungkan semuanya ke catu daya dan motherboard. Secara umum, sebaiknya mulai dengan daya ke motherboard itu sendiri.

  • Motherboard: PSU memiliki beberapa kabel untuk board: 24-pin ATX dan 8- pin CPU — kabel yang sama yang kita gunakan sebelumnya untuk menguji motherboard, CPU, dan RAM. Rutekan ini di belakang pelat belakang, menggunakan grommet dan guntingan yang tersedia.
  • Drive penyimpanan: Sebagian besar SSD dan HDD saat ini menggunakan konektor SATA. Ini adalah konektor datar 15-pin dengan kemiringan di satu sisi untuk mencegah pemasangannya dengan cara yang salah. Rutekan ini dari PSU ke tempat drive dan dudukan, menggunakan lebih dari satu kabel dari PSU jika diperlukan.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Selanjutnya, kita perlu sambungkan drive penyimpanan ke motherboard, menggunakan kabel data SATA. Ini sebagian besar adalah versi yang lebih kecil dari saudara kandung mereka yang membawa data sebagai gantinya. Motherboard biasanya memiliki port SATA yang terletak di sisi kanan bawah. Tidak masalah port mana yang digunakan. Sama seperti kabel daya, rutekan kabel ini melalui pemutus dan grommet ke tempat dan dudukan drive.

Kami sekarang memiliki daya ke drive penyimpanan dan motherboard, serta saluran data antara drive dan mainboard . Yang tersisa hanyalah menyambungkan I/O panel depan dan konektor opsional lainnya (USB panel depan, audio HD, dll.). Menghubungkan I/O panel depan, yang mencakup sakelar daya, sakelar reset, LED aktivitas HDD, dan LED daya dapat menjadi langkah yang rumit.

Pin ini berdiri dari motherboard, yang memerlukan pendekatan yang cermat. saat mencolokkan konektor kecil. Manual motherboard harus memberikan informasi tentang tata letak pin-pin ini dan apa hubungannya — meskipun biasanya tata letak di bawah ini digunakan:

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

USB 3.0 depan dan Pin audio HD dapat ditemukan di motherboard. Sekali lagi, lihat manual untuk penempatan yang tepat karena tidak semua motherboard dibuat sama.

Menambahkan kipas casing

Untuk kapasitas pendinginan tambahan ( dan ruang untuk overclocking atau operasi yang lebih stabil), memasukkan satu atau dua kipas ekstra bermanfaat. Casing PC mungkin dilengkapi dengan kipas yang sudah terpasang sebelumnya, tetapi jika tidak, Anda dapat memasangkannya ke dudukan kipas dengan mudah. Pastikan untuk menyelaraskannya dengan benar dan bilahnya mengarah ke arah yang benar. Kipas dapat memiliki panah kecil di samping yang menunjukkan ke arah mana bilah berputar dan ke mana aliran udara akan diarahkan.

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Catatan: beberapa kasus mungkin mengharuskan Anda memasang kipas sebelum memasang motherboard, terutama untuk knalpot atas. Kipas dapat dicolokkan ke motherboard atau ke PSU secara langsung menggunakan adaptor. Kami selalu merekomendasikan motherboard karena kemampuan untuk mengontrol kipas secara cerdas tergantung pada suhu sistem.

Header kipas dapat ditempatkan di motherboard itu sendiri, di mana konektor 3 (atau 4) pin dapat dimasukkan .

Memasang GPU

Sumber: Harish Jonnalagadda / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Harish Jonnalagadda / Windows Central)

Butuh tenaga ekstra untuk bermain game dan beban kerja yang berat? kartu grafis terbaik harus dimiliki. Sebagai bonus, memasang kartu grafis sangatlah mudah. Kami biasanya membiarkan GPU sampai yang terakhir karena banyaknya ruang yang biasanya mereka gunakan di dalam sasis.

  1. Lepaskan braket casing PCI belakang yang sejajar dengan slot PCI yang akan Anda gunakan.
  2. Periksa apakah gerbang kartu GPU motherboard terbuka.
  3. Sejajarkan GPU ke slot PCIe< /strong> pada motherboard.
  4. Masukkan kartu dengan hati-hati dan tekan ke bawah setelah menyentuh slot, dengarkan bunyi klik penguncian kait.
  5. Gunakan sekrup braket belakang untuk mengamankan GPU ke casing PC untuk stabilitas tambahan.

Sumber: Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Windows Central)

    < li>Jika GPU memerlukan daya PSU tambahan, sambungkan kabel yang diperlukan.

Ini memiliki memori GDDR6X 10 GB, dapat ditingkatkan hingga 1710MHz atau lebih, dan bahkan dapat melakukan beberapa game 4K jika Anda tidak melakukannya tidak keberatan s eeing frame rate sub-tiga digit. Ini adalah salah satu GPU terbaik yang dapat Anda beli hari ini.

Hidupkan

Sumber: Rich Edmonds / Windows Central

(Kredit gambar: Sumber: Rich Edmonds / Windows Central)

Semua itu kerja keras sekarang akan terbayar. Saatnya untuk mem-boot PC dan memastikan semuanya berfungsi dengan baik sekarang karena semua komponen ada di dalam casing. Nyalakan PSU dan tekan sakelar daya. Anda sekarang akan disambut oleh layar BIOS POST, meminta OS untuk diinstal jika tidak terdeteksi. Anda sekarang harus mengikuti petunjuk penginstalan OS. Jika Anda mengalami masalah, saatnya melakukan sedikit pemecahan masalah.

Mendiagnosis masalah umum PC


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara membuat komputer yang bagus

PENGENALAN KOMPUTER UNTUK PEMULA – BELAJAR KOMPUTER DASAR

  • Penulis: Nine9
  • Tanggal posting: 2019-02-21
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4392 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: HARDWARE COMPUTER
    Introduction to PART I Basic Computers about shared computer systems Software, hardware, brainware
    Suitable for BEGINNERS …
    LEARNING BASIC COMPUTER

    Online Learning introduction of computers for beginners, introduction of computers for beginners PPT, computer introduction modules for beginners, introduction of computers for children and elementary beginners to be able to Assemble Computers, Repair
    HARDWARE SOFTWARE

    Follow the video Part by part, God willing, Helpful …

8 Contoh Kliping yang Baik dan Benar Plus Cara Membuatnya

  • Penulis: www.99.co
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6477 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Sudah tahu bagaiamana cara membuat kliping yang benar? Simak bagaimana cara membuatnya dan beragam contoh kliping di laman yang satu ini!

10 Cara Membuat Kinerja Komputer Lebih Cepat

  • Penulis: tipskomputer.net
  • Nilai: 3 ⭐ ( 3860 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Mau komputer anda lebih cepat dari biasanya ? Coba terapkan 10 langkah berikut ini untuk membuat kinerja komputer lebih cepat !

Panduan Memilih Komputer Server Yang Paling Bagus

  • Penulis: qwords.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6859 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Dalam memilih komputer server tidak boleh asal, jadi jika Anda berencana menggunakan server silahkan baca panduan memilih komputer server paling bagus.

My Blog: CARA RECORDING DI KOMPUTER YANG BAIK & BENAR

  • Penulis: bagusonthespot.blogspot.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 8838 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Cara Membuat Komputer untuk Bermain

  • Penulis: id.wikihow.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1163 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Cara Membuat Komputer untuk Bermain. Membuat komputer gaming (permainan) memang keren, namun tentunya juga bisa membantu Anda menang di permainan yang Anda sukai! Anda mungkin bingung soal komponen mana yang paling berpengaruh dalam sebuah…

Cara menggunakan komputer dengan baik

  • Penulis: yudhiinbali.wordpress.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 7495 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Di satu sisi keberhasilan/kemajuan ilmu dan teknologi mampu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, dan di sisi lain dapat berakibat buruk terhadap hasil peradaban dan kebudayaan yang telah tercipta. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah komputer. Sebuah karya jenius Howard Aiken tahun 1944 dan dikenal sebagai tipe Harvard Mark I Computer / Aikens Digital komputer. Komputer sebagai…

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Windows 10 Sangat Lambat dan Tidak Responsif - pembaruan windows 10 memperlambat komputer