Cara Membuat PC Gaming, Plus Contoh Pembuatan Untuk Memulai – membangun komputer game dari awal

Baik Anda sedang membangun mesin berkinerja tinggi atau PC yang hemat anggaran, kami siap membantu Anda.

Anda sedang menonton : membuat komputer game dari awal

Membuat PC game Anda sendiri adalah pengalaman yang berharga dan memberi Anda kendali yang jauh lebih besar atas potongan dan bagian yang berakhir di menara PC Anda. Mereka yang tidak terbiasa dengan cara kerja internal PC mungkin berpikir bahwa prosesnya terlalu menakutkan dan memilih PC yang dibuat sebelumnya. Tetapi jika Anda berada di kamp itu, Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa membangun PC Anda sendiri bukanlah upaya yang sangat besar seperti dulu. Jika Anda tertarik, kami telah membuat panduan praktis ini untuk mengajari Anda cara membuat PC gaming Anda sendiri. Kami juga menyertakan beberapa contoh build di bawah ini yang dapat Anda ikuti untuk membuat PC gaming kelas atas atau murah.

Sebelum kita masuk, kita harus memperhatikan bahwa ini panduan hanya mencakup PC yang sebenarnya. Anda harus memasangkannya dengan monitor, keyboard, dan mouse (minimal). Untuk saran tentang periferal mana yang harus diambil, lihat kumpulan keyboard gaming terbaik, mouse gaming terbaik, headset gaming PC terbaik, < span>pengontrol PC terbaik, dan monitor game murah terbaik.

Lihat beberapa build PC game

Sebelum kita sampai ke bagian bangunan yang sebenarnya, kita perlu membicarakan tentang menemukan dan membeli suku cadang untuk PC Anda. Menemukan bagian yang tepat dapat membingungkan — dan mahal. PC gaming dapat berharga hanya $ 500, atau sebanyak beberapa ribu dolar untuk pembuatannya. Jelas, suku cadang yang lebih mahal biasanya berarti lebih banyak tenaga, tetapi berbelanja untuk bangunan yang sesuai dengan anggaran Anda sering kali menjadi kendala terbesar bagi pembuat pertama kali. Ada beberapa komponen yang Anda perlukan, masing-masing dengan banyak model, spesifikasi, dan persyaratan kompatibilitas untuk dipertimbangkan.

Kami tahu ini bisa sangat melelahkan, jadi kami membuat contoh build dari perangkat keras yang tersedia pada saat penulisan. Yang pertama adalah rig kelas atas yang cukup kuat untuk performa game yang luar biasa, dan yang lainnya adalah versi $1000 yang lebih terjangkau yang akan menjalankan sebagian besar game pada pengaturan yang layak.

Yang mengatakan, ambil contoh desktop kami sebagai saran daripada pemuatan yang ketat, karena banyak toko online mengalami kekurangan produk dan penundaan pengiriman karena kekurangan chip global. Kami tidak dapat menjamin setiap bagian dalam daftar kami akan tersedia, atau bahkan dengan harga yang sama, pada waktu tertentu. Dalam hal ini, lihat sumber daya seperti PC Part Picker atau Contoh build Newb Computer Build untuk menemukan pengganti yang sesuai.

Catatan terakhir: Contoh build kami mencakup semua bagian yang diperlukan untuk game PC modern, tetapi hanya mencakup PC itu sendiri. Komponen opsional, seperti drive optik, tidak disertakan, tetapi Anda memerlukannya untuk memainkan game atau media dari disk. Kami juga melewatkan aksesori, tetapi panduan pembelian kami untuk tikus game terbaik, headset game terbaik, kartu pengambilan terbaik untuk streaming, terbaik keyboard gaming, dan monitor gaming anggaran terbaik dapat membantu menyempurnakan build Anda.

Game kelas atas Pembuatan PC

Harga pasti: $3.400

Pembuatan PC gaming $1.000

Harga pasti: $1,053

Catatan: Harga di atas akurat pada saat penulisan, tetapi dapat berubah.

Untuk sebagian besar bangunan Anda, Anda akan menggunakan obeng Phillips No. 2, tetapi jika Anda memasang SSD M.2 ke motherboard Anda, maka Anda akan ingin menggunakan yang lebih kecil No. 1 Obeng Phillips untuk itu.

Senter:

Syukurlah, hampir setiap ponsel pintar di pasaran dapat digunakan sebagai senter, dan Anda akan Saya mungkin membutuhkannya saat memasang kabel dan komponen tertentu ke dalam casing Anda.

Pasta termal:

Anda’ Saya akan menginginkan tabung pasta termal untuk menjaga suhu CPU Anda tetap rendah saat digunakan. Sebagian besar pendingin CPU dilengkapi dengan pasta termal yang sudah diterapkan, yang berarti Anda tidak memerlukan tambahan apa pun. Namun, jika Anda akhirnya membeli tabung pasta termal, Anda dapat membersihkan pasta pendingin dan menggunakannya sendiri.

Persyaratan yang perlu diketahui< /strong>

Kami telah berusaha untuk menyederhanakan proses pembuatan PC game sebanyak mungkin di sini, tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat keras PC, beberapa istilah dalam panduan ini mungkin memerlukan beberapa klarifikasi. Kami telah menjelaskan secara singkat beberapa bagian dan terminologi yang akan kami gunakan di bawah ini. Silakan merujuk ke bagian ini saat Anda mengerjakan build.

GPU: GPU adalah singkatan dari unit pemrosesan grafis; nama lain dari kartu grafis. Ini akan menangani menampilkan gambar pada PC Anda. Semakin rumit dan rumit gambar-gambar ini, semakin banyak daya yang Anda perlukan dari kartu grafis Anda. Dua nama besar dalam permainan kartu grafis adalah Nvidia dan AMD.

CPU: CPU (central processing unit, juga dikenal sebagai prosesor) menangani semua dari proses dan perhitungan pada PC Anda. Untuk PC Anda, Anda akan memilih CPU dari Intel atau AMD.

Motherboard: Motherboard adalah tempat semua komponen dipasang, memungkinkan mereka untuk bekerja sama dan menjalankan fungsinya dengan benar.

SATA: SATA adalah jenis koneksi, seperti USB, yang digunakan untuk hard drive dan SSD untuk mentransfer data

PCIe: PCIe adalah jenis koneksi lain, meskipun paling umum digunakan untuk kartu grafis dan SSD M.2

NVMe: NVMe adalah jenis protokol koneksi yang dapat didukung oleh SSD M.2. Ini memberikan akses yang jauh lebih cepat untuk menyimpan dan mengakses data.

M.2 SSD: SSD M.2 adalah stik kecil yang menyediakan penyimpanan bagi PC Anda ruang angkasa. Anda bisa mendapatkan SSD M.2 berbasis SATA atau SSD M.2 berbasis PCIe, yang terakhir dapat mendukung NVMe.

RAM: RAM (atau memori akses acak) digunakan untuk menyimpan data dan informasi yang sedang diproses oleh CPU. Semakin banyak RAM yang Anda miliki–dipasangkan dengan prosesor berkualitas baik–semakin cepat PC Anda dapat menjalankan berbagai fungsinya.

Sistem pendingin: Pendingin sistem digunakan untuk melindungi CPU dari panas berlebih.

PSU: PSU (atau catu daya) memasok daya ke PC Anda dan berbagai komponennya.

OS: OS adalah singkatan dari sistem operasi. Sebagian besar PC game akan menggunakan Windows 10–itulah yang kami sarankan–meskipun beberapa orang mungkin ingin menginstal Linux.

Cara membuat PC game

Langkah 1: Siapkan motherboard Anda

Suku cadang digunakan: Motherboard

Merakit motherboard di luar casing akan membuat seluruh pengalaman Anda lebih mudah ditangani. Aturan umum kami adalah memasang sebanyak mungkin bagian sebelum memasangnya ke casing Anda. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai pada motherboard Anda adalah Anda harus merujuk ke manualnya sesering mungkin, karena motherboard spesifik Anda mungkin menyarankan cara atau tempat tertentu untuk memasang komponen Anda. Juga, perlu diingat bahwa bagian-bagian tertentu akan memerlukan tenaga saat memasangnya, sementara yang lain hanya perlu ditempatkan di tempatnya masing-masing. Harap perhatikan baik-baik petunjuk berikut sebelum memasang komponen Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda merakit PC di permukaan yang rata. Jangan membangunnya di atas karpet–campuran listrik statis dan komponen PC Anda adalah kombinasi yang berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen Anda. Ini tidak mungkin terjadi, tetapi kami tetap menyarankan untuk menyentuh kotak logam Anda dari waktu ke waktu untuk membantu diri Anda sendiri dan menghindari hal ini terjadi.

Sebaliknya, buat rig Anda di ruangan dengan kayu keras atau lantai laminasi seperti ruang makan atau dapur–kami bahkan bekerja ekstra dan melepas kaus kaki kami. Keluarkan motherboard Anda dari kemasannya dan letakkan di permukaan yang rata. Anda dapat meletakkannya langsung di meja Anda, tetapi kami secara pribadi meletakkannya di atas kotaknya untuk menghindari goresan meja kami. Pada titik ini, Anda siap untuk memulai.

Langkah 2: Pasang CPU

Bagian yang digunakan: CPU, motherboard

Bagian termudah dari keseluruhan build Anda juga yang pertama: memasang CPU AMD Ryzen kami. Soket CPU motherboard Anda akan dilindungi oleh sepotong plastik, yang dapat Anda lepaskan saat Anda membuka baki. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan lembut menekan lengan logam baki dan menariknya keluar. Setelah terlepas dari baki, angkat untuk membuka soket dan plastik pelindung akan terlepas. Pastikan untuk menyimpan potongan plastik ini jika ada masalah dengan motherboard Anda, karena Anda harus memasukkannya kembali sebelum mengirimnya kembali ke pabrikan.

Pada titik ini, baki soket CPU Anda akan terbuka, memungkinkan Anda untuk memasang CPU ke motherboard Anda. CPU Anda harus memiliki beberapa lekukan setengah lingkaran kecil di papannya. Soket CPU dirancang untuk mengisi lekukan ini, membuatnya mudah untuk menyejajarkan CPU Anda dan memasangnya dengan benar. Setelah Anda mengetahui cara menempatkan CPU Anda ke dalam soketnya, lakukan dengan lembut. Jangan memberikan tekanan langsung pada CPU–cukup tutup baki dan pastikan lengan logam terkunci ke posisi semula, yang mungkin memerlukan sedikit tenaga.

Langkah 3: Pasang SSD M.2

Bagian yang digunakan: SSD M.2, motherboard

SSD M.2 adalah langkah mudah lainnya dalam proses ini, tetapi jangan lupa untuk merujuk manual Anda untuk mengetahui slot M.2 mana yang harus Anda gunakan terlebih dahulu. Motherboard Anda mungkin memiliki pelindung termal pelindung pada slot M.2 Anda, jadi lepaskan terlebih dahulu. Setelah Anda melepaskan pelindung dari motherboard, Anda dapat memasukkan SSD M.2 Anda. Ini membutuhkan sedikit kekuatan untuk dimasukkan ke dalam slotnya masing-masing, tetapi jangan mendorong terlalu keras–mereka harus meluncur dengan cukup mudah. Setelah SSD M.2 berada di slotnya, ujung yang berlawanan harus mengarah ke atas pada sudut diagonal. Pada titik ini, Anda mengambil masing-masing sekrup (yang sering disertakan dengan motherboard Anda), dorong setiap SSD M.2 ke bawah, dan kencangkan ke tempat yang sesuai. Pada titik ini, Anda dapat mengambil pelindung termal dan meletakkannya di atas setiap SSD M.2, memasangnya kembali ke tempatnya.

Langkah 4 : Pasang RAM

Bagian yang digunakan: RAM, motherboard

Ini adalah langkah lain di mana Anda akan ingin merujuk manual motherboard Anda, yang seharusnya dapat memberi tahu Anda urutan mana untuk menempatkan RAM. Jika Anda memiliki empat slot dan hanya dua batang RAM, maka Anda harus memastikan kedua batang tersebut diberi jarak yang terpisah. slot pertama dan ketiga atau kedua dan keempat–manual motherboard Anda dapat menyarankan Anda di sini. Menempatkan RAM Anda terpisah seperti ini akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari CPU Anda. Pertama, pastikan untuk membalik klip plastik di kedua sisi setiap slot yang Anda rencanakan untuk digunakan. Memasukkan RAM membutuhkan lebih banyak kekuatan, tetapi pastikan Anda memulai dari yang kecil dan kemudian meningkatkan tekanan Anda secara bertahap. Saat Anda mendengar bunyi klik, RAM Anda ada di slotnya. Ini akan menyebabkan klip plastik terbalik, mencengkeram RAM Anda. Jika Anda melihat klip Anda belum terbalik, berarti RAM Anda mungkin tidak terpasang dengan benar.

Langkah 5: Siapkan casing untuk motherboard Anda

Suku cadang yang digunakan: Casing

Hampir waktunya memasukkan motherboard ke casing, tetapi pertama-tama Anda harus memasang beberapa sekrup penahan yang akan Anda pasang pada motherboard sebelum memasangnya. Kebuntuan ini akan datang dengan motherboard Anda, dan setelah Anda menemukannya, Anda dapat mulai memasangnya ke dalam casing. Seharusnya ada sekitar selusin lubang agar kebuntuan bisa masuk. Lihat manual kasing Anda jika Anda kesulitan menemukannya. Setelah penyangga terpasang, Anda siap memasukkan motherboard.

Langkah 6: Pasang motherboard ke casing< /h3>

Bagian yang digunakan: Motherboard, casing

Penghalang memudahkan untuk menempatkan motherboard ke casing Anda, tetapi jangan langsung memasangnya. Harus ada ruang di bagian belakang casing Anda untuk memasukkan port I/O motherboard Anda. Ini akan menjadi persegi panjang, dan Anda ingin motherboard Anda dimasukkan dengan nyaman ke dalam ruang ini sehingga Anda dapat mengakses semua port. Setelah semuanya cocok, Anda dapat mulai memasang motherboard Anda ke standoff dengan sekrup yang sesuai. Jangan lupa bahwa Anda tidak ingin mengencangkan apa pun terlalu kencang. Cukup putar obeng hingga semuanya terpasang erat, lalu Anda siap melanjutkan.

Langkah 7: Pasang catu daya (PSU) Anda

Suku cadang yang digunakan: Catu daya, casing, motherboard

Memasang catu daya ke kasus seringkali cukup mudah. Anda akan ingin merujuk ke manual kasus khusus Anda untuk ini, tapi itu cukup mudah. Pertama, kami mengambil braket pemasangan kasing kami dan memasangnya ke bagian belakang catu daya kami. Anda akan melihat catu daya Anda juga menggunakan kipas, yang digunakan untuk mengalirkan udara. Jika Anda berencana untuk menempatkan PC gaming Anda yang sudah jadi di lantai atau meja kayu, jangan ragu untuk mengarahkan kipas ini ke bawah; jika Anda menempatkan PC game di lantai berkarpet, arahkan kipas ke atas.

Setelah Anda mengetahui ke arah mana PSU Anda perlu diorientasikan, dan memasang braket pemasangan, Anda dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam casing dan mengencangkan sekrup braket. Bergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda miliki untuk PSU, Anda mungkin ingin menunda memasangnya hingga Anda mencolokkan semua kabel daya yang berbeda.

Langkah 8: Hubungkan semua hard drive/SSD SATA

Bagian yang digunakan: drive SATA, casing, catu daya

Sekarang setelah catu daya terpasang, Anda dapat mulai menyambungkan hard drive SATA atau SSD apa pun. Kasing Anda harus memiliki area teluk khusus yang didedikasikan untuk menampung jenis drive ini. Temukan area ini, lalu cari dua penjepit logam di sisi kiri dan kanan setiap rongga. Peras gesper ini lalu tarik keluar teluknya. Di sinilah Anda dapat memasang drive SATA Anda dan menjaganya tetap stabil di dalam casing Anda. Setelah ini selesai, Anda akan ingin memasukkan kembali bay ke tempatnya, dan kemudian pasang kabel SATA dan PSU ke hard drive Anda. Temukan slot SATA pada motherboard Anda dan colokkan sisi lain dari kabel yang sesuai ke dalamnya, lalu colokkan sisi lain kabel PSU ke catu daya Anda. Drive Anda sekarang telah terpasang, meskipun Anda perlu memformatnya setelah PC aktif dan berjalan.

Langkah 9: Pasang casing dan kabel daya Anda ke motherboard

Bagian yang digunakan: Casing, catu daya, motherboard

Sekarang, Anda siap untuk mulai mencolokkan kabel ke motherboard Anda. Bagian ini membutuhkan kesabaran, karena kabel kasing Anda sangat kecil dan sulit untuk diarahkan. Anda akan ingin merujuk manual casing dan motherboard Anda selama langkah ini. Beberapa motherboard, seperti Aorus Ultra kami, dilengkapi dengan bus tempat Anda dapat menyambungkan kabel casing sebelum memasukkannya ke motherboard. Ini membuat langkah ini jauh lebih mudah.

Kabel casing membuat Anda dapat menggunakan berbagai port di bagian depan PC selain tombol daya itu sendiri. Tentu saja, tidak ada yang akan terjadi ketika Anda menekan tombol itu jika Anda tidak mencolokkan PSU ke motherboard Anda. Anda sebaiknya mencolokkan kabel 24-pin ATX dan EPS12V ke tempatnya masing-masing pada motherboard dan PSU. Anda akan mencolokkan semua kabel daya ke PSU, termasuk kipas, drive SATA, dan sistem pendingin Anda.

Langkah 10: Instal sistem pendingin CPU Anda

Bagian yang digunakan: Sistem pendingin, CPU, motherboard

Memasang sistem pendingin bisa menjadi pengalaman yang agak menegangkan, terutama saat mengoleskan pasta termal, tetapi ini jauh lebih mudah daripada kedengarannya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang braket sistem ke motherboard. Anda akan memerlukan akses ke bagian belakang baki motherboard, karena Anda akan memasang sebagiannya ke bagian belakang baki. Ini akan memberi Anda titik yang Anda butuhkan untuk mengatur pompa pendingin ke CPU dan motherboard Anda. Namun, sebelum Anda melakukannya, ada beberapa langkah lain.

Sistem pendingin CPU berbasis cairan dilengkapi dengan radiator yang dilengkapi dengan kipas, yang dapat dipasang di casing Anda . Tentu saja, Anda harus mencari tahu di mana Anda ingin menginstalnya. Kami menyarankan untuk memasangnya ke panggangan atas kasing Anda, karena memungkinkan aliran udara lebih banyak, tetapi beberapa kasing mungkin tidak memiliki pemanggang atas, dan Anda harus memasangnya di bagian belakang kasing. Setelah Anda mengetahui posisi apa yang akan Anda tuju, Anda akan memasang radiator ke dalam panggangan itu sendiri. Setelah selesai, Anda siap memasang pompa.

Pertama, Anda perlu mengoleskan pasta termal. Beberapa pendingin datang dengan pasta termal yang sudah diterapkan; jika itu masalahnya, pasta termal pendingin Anda kemungkinan besar mampu menangani pekerjaan itu, dan Anda mungkin dapat melewati langkah berikutnya. Anda juga dapat dengan mudah menghapus pasta pendingin dengan kain kering jika Anda membeli pasta termal yang Anda inginkan. Anda akan ingin menerapkan segumpal pasta termal seukuran kacang polong ke tengah CPU Anda. Selama langkah ini, selalu lebih kecil dari yang lebih besar. Setelah diterapkan, Anda dapat menekan pendingin ke posisinya pada CPU dan pasta termal. Jika Anda merasa tidak sengaja mengoleskan terlalu banyak pasta termal, jangan khawatir: Semudah menyeka CPU dengan kain kering dan alkohol gosok dan mencoba lagi.

Setelah pompa dipasang, Anda pasti ingin memastikan semua kabel sistem pendingin Anda dicolokkan ke tempat yang tepat. Pendingin khusus kami mengharuskan kami untuk mencolokkan kabel micro-USB ke pompa kami dan sisi lainnya ke motherboard kami.

Langkah 11: Mulai manajemen kabel< /strong>

Bagian yang digunakan: Casing

Sebelum kita melanjutkan ke langkah terakhir membangun PC Anda secara fisik, Anda mungkin ingin melakukan beberapa manajemen kabel untuk membersihkannya. Ini akan menciptakan ruang untuk sirkulasi udara dan mengakses komponen Anda jika Anda ingin meningkatkannya nanti. Sebagian besar kasing dilengkapi dengan tali Velcro atau dasi ritsleting, tetapi saya selalu membawa tas Velcro untuk berjaga-jaga. Kasing yang kami gunakan, Fractal’s Meshify C, mencakup area luar biasa untuk manajemen kabel yang dilengkapi dengan serangkaian tali Velcro. Itu terletak di bagian belakang baki motherboard. Kami dapat memasukkan semua kabel ke dalam ruang ini dan menjaga semuanya tetap terpasang dengan baik.

Satu-satunya ikatan zip yang kami gunakan adalah untuk kabel sistem pendingin CPU kami, yang tipis dan banyak. Ini memudahkan kami untuk mengarahkan mereka melalui lubang-lubang di kotak kami untuk mencapai tempat yang kami inginkan. Pastikan Anda tidak terlalu mengencangkan ikatan zip karena hal itu dapat merusak kabel Anda.

Langkah 12: Pasang kartu grafis Anda

Bagian yang digunakan: Kartu grafis, motherboard

Akhirnya, saatnya membahas komponen yang Anda mungkin yang paling bersemangat. Kartu grafis mudah dipasang. Pertama, Anda harus melepas sejumlah sisipan slot ekspansi yang sesuai dari bagian belakang casing agar sesuai dengan kartu grafis Anda. Ini akan bervariasi tergantung pada GPU yang Anda gunakan, tetapi dua biasanya merupakan nomor yang aman–MSI GeForce RTX 2080 Ti kami membutuhkan dua. Setelah Anda membuka dan melepaskannya, cari tahu slot PCIe Express mana yang Anda perlukan untuk memasukkan kartu Anda, lalu balikkan takik plastiknya di ujung slot ke bawah untuk mempersiapkan pemasangan. Pada titik ini, yang perlu Anda lakukan adalah menyejajarkan kartu grafis dengan slot PCIe Express, lalu tekan ke bawah hingga takik plastik terangkat dan berbunyi klik. Sekali lagi, Anda tidak perlu banyak tenaga untuk memasukkannya, tetapi Anda harus mendorong kartu grafis ke dalam slotnya sampai Anda mendapatkan klik itu. Setelah mendengarnya, Anda dapat memasang braket pemasangan kartu grafis ke dalam casing menggunakan sekrup dan lubang slot ekspansi.

Pada titik ini, Anda harus mencolokkan kartu grafis ke stopkontak. pasokan untuk memberinya kekuatan. (Kartu grafis kelas bawah biasanya tidak memerlukan daya ekstra, jadi jika itu yang Anda kerjakan, Anda sebaiknya melewati langkah ini.) Ambil kabel yang sesuai yang disertakan dengan catu daya Anda dan colokkan salah satu ujungnya ke grafis kartu; kemudian, colokkan yang lain ke PSU. Tidak masalah jika ada bagian kabel yang tidak digunakan–pastikan setiap port pada kartu grafis memiliki bagian kabel yang terpasang.

Langkah 13: Instal OS Anda

Bagian yang digunakan: USB thumb drive, casing

Setelah Anda memastikan PC rapi dengan semua kabel Anda terkelola, Anda harus menghubungkan kabel HDMI ke PC Anda dan mencolokkan ujung lainnya ke monitor. Colokkan kabel daya ke PSU Anda dan ujung lainnya ke stopkontak; kemudian, balikkan sakelar daya di bagian belakang PC Anda ke posisi “Aktif”. Tekan tombol daya pada PC Anda, dan jika menyala, Anda hampir siap.

Pada titik ini, Anda memerlukan PC lain dan drive USB cepat setidaknya 8 GB–kami menyarankan SanDisk Extreme Pro. Anda kemudian ingin menuju ke Microsoft dan ikuti langkah-langkah yang disediakan di sana. Ini akan membantu Anda membuat perangkat instalasi dari drive USB Anda, yang dapat Anda colokkan ke PC Anda sebelum mem-boot-nya. Setelah memulai PC Anda, itu harus langsung masuk ke proses instalasi Windows 10. Ikuti langkah-langkah di sini dan tunggu sampai terpasang. Setelah selesai, Anda harus siap, meskipun Anda harus membeli lisensi yang sesuai untuk Windows 10 dari Microsoft. Jika Anda melakukan ini dari PC baru Anda, itu akan aktif secara otomatis. Pada ini semua pengaturan, Anda siap melakukannya, kecuali pemasangan drive optik, jika Anda memilih untuk mendapatkannya.

Jika Anda PC tidak mau hidup

Jika PC Anda tidak bisa boot, jangan khawatir: Ini bukan akhir dunia. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan PC tidak bisa boot pada percobaan pertama Anda, dan menyimpan untuk setiap malfungsi produk, mereka mudah dipecahkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah PC Anda yang tidak berdaya.

Apakah catu daya dicolokkan ke stopkontak?

Ini adalah perbaikan sederhana. Cukup colokkan PC Anda ke stopkontak, dan Anda akan siap menggunakannya.

Apakah sakelar catu daya dihidupkan?

Pastikan Anda telah membalik sakelar PSU ke posisi ‘Aktif’ sebelum menghidupkan. Ini adalah masalah yang mudah diabaikan dengan solusi yang sama mudahnya.

Apakah kabel catu daya Anda terpasang dengan benar di motherboard?

Ini adalah hal berikutnya yang harus Anda periksa kembali. Menghubungkan kembali kabel mungkin merupakan hal yang Anda perlukan untuk akhirnya memberikan daya ke PC Anda.

Apakah kabel casing Anda dicolokkan ke motherboard dengan benar?

< p dir="ltr">Penting untuk melakukan langkah ini dengan benar karena jika Anda menekan tombol daya casing dan kabel spesifiknya tidak dicolokkan dengan benar, PC Anda tidak akan dapat dihidupkan. Beberapa motherboard dilengkapi dengan bus serial tempat Anda dapat menyambungkan kabel casing sebelum menyambungkan ke motherboard.

Apakah suku cadang Anda terpasang dengan benar?

Ini adalah hal terakhir yang harus diperiksa karena dapat memakan waktu paling banyak. Menghubungkan kembali RAM dan CPU Anda atau hanya mengganti RAM stick ke slot yang berbeda bisa menjadi solusi yang Anda cari.

Jika semua ini gagal, maka komponen Anda mungkin rusak .

Sayangnya, ini bisa terjadi. Terkadang saat membuat PC, Anda menyadari bahwa salah satu komponen Anda tidak berfungsi dengan benar. Pada titik ini, Anda harus menghubungi produsen suku cadang Anda dan menanyakan kebijakan pengembalian mereka. Sebagian besar produsen komponen PC besar memiliki kebijakan pengembalian yang akan mencakup suku cadang yang rusak, jadi Anda tidak perlu khawatir. Mungkin perlu sedikit lebih lama untuk menikmati komputer gaming baru Anda.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik membangun komputer game dari awal

TUTORIAL RAKIT PC PALING MUDAH UNTUK PEMULA DARI AWAL SAMPAI AKHIR

  • Penulis: Getech id
  • Tanggal posting: 2020-09-29
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4945 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Video ini adalah tutorial cara merakit PC dengan mudah baik untuk AMD maupun INTEL Pada dasarnya sama, untuk kalian yang masih pemula atau belum pernah merakit PC, di video ini ada beberapa step yang bisa kalian lihat dan jadikan referensi saat merakit PC kalian, so semoga Video ini membantu kalian

    Komponen dasar yang dibutuhkan untuk merakit PC
    1. Processor
    2. CPU Cooler (sudah terdapat thermal pastanya)
    3. Motherboard
    4. Ram
    5. Power Supply
    6. Storage (HDD / SSD)
    7. Kabel Sata
    8. Fan Casing (posisi rangka fan = belakang)
    9. Casing
    10. VGA Card (Optional) Untuk Processor discrete graphics = wajib
    11. thermal pasta (jika blm terdapat di cpu cooler)

    untuk kalian yang ingin dirakitkan PC oleh getech id, kalian bisa dm aja ke ig ya. Biaya nya ? jangan khawatir ttg biaya saya akan bantu rakitkan, karna rakit disni pada dasarnya harus percaya dan Ikhlas aja, biaya ? kalo ikhlas ya seikhlasnya aja. (Kecuali akad jual beli) wkwkwk
    Link IG:
    https://www.instagram.com/getech_id/?…

    Untuk keperluan bisnis, atau jika ingin support channel ini dengan hal lain silahkan hubungi contact dibawah ini :

    Email : idgetech@gmail.com
    IG : getech_id

    salam,
    Getech.id

Membangun Komputer Dari Awal – I Pokemon Shop

  • Penulis: ipokemonshop.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9171 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Penting Untuk Diketahui, Sejarah Perkembangan Game Dan Jenisnya

  • Penulis: www.martinrecords.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 1802 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Berbicara tentang game, pastinya istilah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi hampir semua orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, setiap aktifitas yang

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal (Generasi Pertama) Sampai Sekarang

  • Penulis: iptektikom.blogspot.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 6911 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Komputer adalah alat elektronik yang sudah sangat berkembang, mulai dari segi bentuk maupun fungsi. Kata Komputer berasal dari kata bahasa Yunani “Computare” yang berarti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata “Com” berarti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, sedangkan “Putare” berarti memikirkan perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa Inggris: “To Compute” yang artinya menghitung.

  • Penulis: www.idntimes.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 2552 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Sejarah Game dan Perkembangannya Hingga Sekarang

  • Penulis: sobatgame.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 3253 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Sejarah game mengalami banyak perubahan, mulai dari grafis yang cuma berupa garis dan titik, hingga sekarang yang menawarkan visual super realistis.

Geek Membangun Komputer 8-Bit Dari Awal Dan Menjelaskan Cara Kerja Setiap Bagian

  • Penulis: keren.one
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5200 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  MEMPERBAIKI: Windows 10 Membeku Secara Acak - setelah upgrade windows 10 komputer membeku