Cara Memperbaiki Layar Kosong atau Hitam di Windows – cara mengatasi layar blank pada laptop

Pelajari cara memperbaiki masalah layar hitam kematian di Windows 10, jika muncul saat startup, login, atau di tengah mengerjakan dokumen penting.

Anda sedang menonton : cara memperbaiki layar kosong pada laptop

Layar hitam Windows, sering disebut layar hitam kematian, adalah kesalahan sistem Windows yang kritis yang ditampilkan komputer Anda saat masalah besar memaksa sistem operasi untuk dimatikan. Layar kosong dapat terjadi saat Anda masuk, memperbarui perangkat lunak, atau bahkan di tengah pekerjaan.

Apa yang menyebabkan layar hitam kematian?

Layar hitam kematian disebabkan oleh kesalahan kritis pada sistem operasi komputer Anda yang dapat terjadi karena driver perangkat yang salah, cacat perangkat keras, atau Windows kesalahan perangkat lunak. Meskipun biasanya dapat diperbaiki, menemukan penyebab utama layar hitam tidak selalu mudah.

Berikut adalah beberapa penyebab umum layar hitam Windows 10:

  • Pembaruan Windows salah

  • Aplikasi startup yang salah

  • Driver yang kedaluwarsa atau rusak

  • Masalah koneksi antara PC dan monitor Anda

  • Cacat perangkat lunak

  • Cacat perangkat keras

  • Masalah dengan kartu grafis Anda

  • Kabel longgar tersambung ke PC atau laptop

Di bawah ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah yang menyebabkan layar hitam kematian, baik sebelum maupun sesudah login.

Jika Anda melihat layar hitam penuh sebelum login, hal itu mungkin disebabkan oleh driver perangkat yang tidak berfungsi atau masalah perangkat keras. Jika layar kosong terjadi setelah login, mungkin ada yang salah dengan Windows, seperti pembaruan Windows 10 yang bermasalah, atau masalah dengan aplikasi yang diinstal. Jangan menganggap komputer Anda rusak secara permanen — jika menurut Anda ini adalah masalah hard drive, lihat panduan kegagalan hard drive kami.

Pertama, kami akan menguraikan solusi untuk layar hitam sebelum masuk. Kemudian kami akan membahas solusi untuk layar hitam kematian yang terjadi setelah masuk.

Solusi untuk layar hitam kematian — sebelum masuk

Jika Anda mendapatkan layar hitam sebelum layar masuk Windows muncul, masalah ini sering kali dapat diatasi dengan mudah. Lihat kemungkinan solusi di bawah ini untuk memecahkan masalah.

1. Optimalkan aplikasi startup Anda

Jika Anda hanya mendapatkan layar hitam sesekali, coba nonaktifkan beberapa item startup untuk mengoptimalkan boot Anda. Dengan AVG TuneUp, Anda dapat mematikan semua aplikasi yang tidak penting dan menidurkannya secara otomatis. AVG TuneUp memiliki fitur Mode Tidur bawaan sehingga Anda dapat memaksimalkan RAM dan daya CPU serta memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia saat memulai.

2. Periksa kabel dan koneksi Anda

Jika semuanya berjalan normal sampai tiba-tiba PC Anda menampilkan layar kosong, mungkin ada yang salah dengan kabel atau monitor komputer Anda. Berikut cara memeriksa kabel dan sambungan penting lainnya.

Cabut dan sambungkan kembali kabel video Anda

Lepaskan dan sambungkan kembali semua kabel video Anda — HDMI, DVI, DisplayPort, dan VGA. Saat Anda melakukannya, tiup ke port untuk mengeluarkan debu atau partikel lain yang mungkin tersangkut di sana.

Coba kabel lain

Mencabut dan mencolokkan kabel secara terus-menerus menyebabkannya aus seiring waktu — akhirnya putus. Ini sangat umum jika Anda menggunakan laptop dan monitor eksternal.

Untuk memeriksa apakah kabel Anda menyebabkan layar hitam, coba colokkan kabel video lain, seperti kabel dari TV, yang Anda tahu berfungsi. Jika sambungan kabel tersebut menghasilkan gambar alih-alih layar kosong penuh, saatnya untuk mendapatkan kabel komputer baru.

Coba monitor lain

Tampilan monitor Anda mungkin rusak atau disetel ke sumber yang salah, yang juga dapat menyebabkan layar hitam. Coba sambungkan ke layar lain jika Anda memilikinya. Atau, pindahkan dari monitor ke TV (atau sebaliknya).

Layar kosong mungkin disebabkan oleh ketidakcocokan antara monitor dan resolusi Anda. Misalnya, PC game yang dioptimalkan mungkin tidak berfungsi dengan proyektor yang tidak dapat menampilkan resolusi tinggi. Jika PC Windows 10 Anda menunjukkan “kesalahan boot” saat terhubung ke proyektor, coba sambungkan ke monitor biasa. Jika monitor biasa menampilkan gambar secara normal, akar masalah Anda kemungkinan adalah resolusi yang sangat rendah, yang tidak dapat ditampilkan oleh proyektor.

3. Cabut semua aksesori yang tidak perlu

Terkadang, hard drive eksternal, koneksi USB, antena Wi-Fi, atau headset VR menyebabkan masalah saat booting. Jika layar laptop Anda hitam saat memulai, cabut semua yang tidak diperlukan agar PC Anda berfungsi — biarkan hanya monitor, mouse, dan keyboard yang terpasang dan mulai ulang komputer Anda.

Xem Thêm  Cara mengatur ulang pabrik PC menggunakan Windows - bagaimana cara mereset komputer?

Pada komputer desktop yang lebih besar, coba lepaskan semua komponen yang tidak perlu, seperti kartu suara dan stik RAM tambahan. Jika tidak berhasil, Anda juga dapat mengganti kartu grafis dan meningkatkan RAM sepenuhnya.

4. Coba reset BIOS/UEFI dan periksa urutan boot

BIOS adalah program inti yang menjalankan PC lama, sementara UEFI menjalankan model yang lebih baru. BIOS/UEFI mengatur konfigurasi perangkat keras dasar dan memastikan sistem operasi diluncurkan.

Jika Anda mendapatkan layar hitam kematian, coba kembalikan ke pengaturan default. Berikut cara mereset BIOS/UEFI: Matikan PC Anda, lalu tekan tombol daya untuk menyalakannya kembali. Segera saat memulai, Anda akan mendapatkan perintah untuk menekan tombol tertentu untuk masuk ke penyiapan (biasanya F2 atau tombol DEL). Tekan tombol itu berulang kali.

Sekarang, Anda dapat mencoba dua hal:

Setel ulang ke setelan default

Temukan entri yang menyatakan Muat default (atau Default yang dioptimalkan atau yang serupa). BIOS/UEFI terlihat berbeda tergantung pada perangkat Anda, tetapi kata-kata umum dari entri harus serupa. Memilih opsi ini akan mengatur ulang semuanya kembali ke pengaturan default.

Pastikan PC Anda melakukan booting dari hard disknya

BIOS/UEFI juga mengontrol cara PC Anda memulai. PC Anda dapat melakukan booting dari hard disk, CD/DVD (mis., rescue disk), USB thumb drive (untuk menginstal Windows), atau bahkan floppy drive. Dalam pengaturan Prioritas Booting (atau Perangkat Booting Pertama), pastikan opsi hard disk dipilih.

Anda juga dapat memeriksa kinerja BIOS/UEFI dengan menjalankan CPU stress test. Jika komputer Anda gagal dalam pengujian dan menyebabkan layar hitam kematian, driver BIOS/UEFI Anda mungkin sudah usang. Anda dapat dengan mudah memperbarui driver dengan salah satu pembaru driver gratis terbaik di pasaran.

5. Luncurkan perbaikan Windows

Jika PC Anda boot ke layar hitam, Anda harus me-restart PC Anda beberapa kali. Setelah melakukan ini berulang kali, layar Perbaikan Otomatis Pengaktifan Windows akan terbuka secara otomatis.

Klik Mulai Ulang. Jika tidak memperbaiki masalah layar hitam, buka Opsi lanjutan, lalu pilih Pemulihan Sistem.

Jika perbaikan Windows tidak berhasil, Anda perlu membuat drive Windows 10 yang dapat di-boot, colokkan, dan gunakan tip boot-disk di atas untuk memastikan PC Anda melakukan booting dari drive USB.

Setelah pemulihan sistem diluncurkan, pilih titik pemulihan sistem yang berumur beberapa hari.

Tekan Berikutnya, lalu tunggu Windows memulihkan semua file yang diperlukan dan mengembalikan semuanya ke urutan kerja. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menginstal ulang aplikasi atau pembaruan yang Anda instal setelah titik pemulihan dan sebelum Anda mendapatkan layar hitam kematian.

6. Boot ke Safe Mode

Mode Aman Windows meluncurkan PC Anda dengan jumlah driver atau program minimum yang berjalan, yang akan membantu Anda menghindari layar hitam. Safe Mode berarti hanya Windows yang diluncurkan — menghilangkan gangguan apa pun dari program yang tidak perlu atau driver.

Untuk boot ke Safe Mode, ikuti langkah-langkah di atas untuk meluncurkan alat Perbaikan Windows. Kali ini, klik Setelan Startup. Jika Anda tidak melihat opsi tersebut, klik Lihat opsi pemulihan lainnya, lalu klik Setelan Startup.

Selanjutnya, klik Mulai ulang. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat layar Pengaturan Startup.

Tekan 5 pada keyboard Anda untuk meluncurkan komputer Anda dalam Safe Mode with Networking. Setelah boot, tampilannya akan seperti ini:

Sekarang Anda dapat mulai menghilangkan potensi penyebab layar hitam kematian. Coba dua metode ini:

Pertama, hapus instalan aplikasi yang dapat mengganggu boot Anda, seperti driver grafis, driver audio, driver jaringan, dll.

Kemudian, matikan semua item mulai menggunakan Pengelola Tugas. Klik kanan bilah tugas Anda, pilih Pengelola Tugas, lalu buka Mulai. Matikan semua yang ada di tab ini dengan mengeklik kanan setiap item dan memilih Nonaktifkan.

Xem Thêm  5 Desktop Terbaik untuk Mahasiswa Teknik 2021 & Harga - komputer desktop terbaik untuk mahasiswa teknik

Sekarang, reboot sistem secara normal. Jika layar hitam hilang dan semuanya berfungsi, balikkan opsi di atas satu per satu. Aktifkan satu item di Task Manager, reboot, dan pastikan semuanya berfungsi. Kemudian, ulangi proses dengan item berikutnya dalam daftar. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi program yang mencegah sistem Anda melakukan boot ulang.

7. Kembalikan atau perbarui semua driver dalam Safe Mode

Seperti disebutkan di atas, driver perangkat yang salah dapat menyebabkan sistem tidak dapat di-boot. Untuk memperbaikinya, hapus instalan driver perangkat apa pun yang bisa menjadi masalah. Klik kanan Mulai dan pilih Pengelola Perangkat.

Buka driver perangkat yang bermasalah (biasanya driver seperti adaptor tampilan, adaptor jaringan, atau suara, video, dan pengontrol game). Klik dua kali entri, seperti NVIDIA GeForce GTX 1650, buka tab Driver, dan pilih Roll Back Driver. Klik Ya untuk mengonfirmasi.

Jika itu tidak membantu, memperbarui driver Anda mungkin memperbaiki masalah layar hitam Windows Anda. Lihat panduan utama kami tentang menemukan dan memperbarui driver perangkat.

Jika Anda ingin segera memperbarui driver dan tetap memperbaruinya secara otomatis, dapatkan AVG Driver Updater dan jalankan pemindaian gratis. Dasbor AVG Driver Updater yang mudah digunakan akan membantu Anda mengidentifikasi dan memperbarui driver yang sudah usang atau rusak, memperbaiki masalah driver yang masih ada, dan membuat komputer Anda bekerja kembali secara optimal.

Solusi layar hitam kematian — setelah masuk

Jika layar hitam kematian terjadi setelah Anda masuk (Anda memasukkan kata sandi dan semuanya menjadi kosong), Anda masih dapat menemukan penyebab layar hitam menggunakan salah satu solusi di bawah ini.

Berikut cara mengatasi layar hitam Windows setelah login:

1. Nonaktifkan semua aplikasi otomatis

Jika Anda melihat layar hitam setelah masuk, ada sesuatu yang memengaruhi sistem operasi Windows Anda saat mencoba memuat desktop dan ikon Anda. Biasanya, ini adalah aplikasi yang memuat secara otomatis. Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan, dan pilih Pengelola Tugas.

Jika layar hitam mencegah Anda masuk ke Pengelola Tugas, ikuti saran di atas tentang cara boot ke Safe Mode. Di Pengelola Tugas, buka Mulai dan nonaktifkan setiap item. Nyalakan ulang komputer Anda, dan periksa apakah semuanya berfungsi normal.

Periksa Task Manager sebagai bagian dari perawatan PC biasa. Menonaktifkan aplikasi yang menghabiskan sumber daya saat memulai adalah cara mudah untuk mempercepat waktu boot PC Anda dan menghindari layar hitam kematian.

2. Mulai explorer.exe

Program explorer.exe (Windows Explorer) bertanggung jawab untuk memuat desktop dan ikon Anda. Jika program tersebut tidak dimuat, maka Windows Explorer tidak berjalan secara otomatis seperti seharusnya setelah login, dan yang akan Anda lihat hanyalah layar hitam dengan kursor mengambang.

Berikut cara memperbaikinya:

Pertama, tekan tombol Ctrl + Alt + Hapus pada keyboard Anda dan pilih Pengelola Tugas (atau tekan Ctrl + Shift + Esc untuk meluncurkannya secara langsung).

Di Pengelola Tugas, klik File, dan pilih Jalankan tugas baru. Ketik explorer.exe dan klik OK.

Desktop Anda sekarang akan muncul kembali.

Mengapa Windows Explorer tidak dimuat sebagaimana mestinya? Untuk memperbaikinya, Anda perlu mengedit Windows Registry — jantung dari sistem operasi Windows. Sebelum Anda membuat perubahan apa pun, buat cadangan PC atau titik pemulihan sistem Anda. (Anda juga dapat menggunakan alat pembersih registri khusus untuk membersihkan dan memperbaiki item registri yang rusak pada PC Windows Anda.)

Berikut cara memperbaiki peluncuran Windows Explorer melalui Windows Registry:

Pertama, tahan tombol Windows dan tekan R. Di kotak Jalankan, ketik regedit. Tekan Enter.

Lalu, buka folder berikut (juga disebut kunci): HKEY_LOCAL_MACHINE > PERANGKAT LUNAK > Microsoft > Windows NT > Versi Saat Ini > Winlogon.

Di sisi kanan layar, klik dua kali Shell. Periksa apakah bagian Value data membaca explorer.exe. Jika bidang ini kosong atau ada yang lain, masukkan explorer.exe.

Jika ada hal lain yang tertulis di bagian Data nilai, itu bisa berupa virus, malware, atau program lain yang mungkin tidak diinginkan. Untuk mengetahuinya, Google nama programnya dan lakukan riset. Meskipun penelusuran Anda tidak menemukan informasi apa pun, Anda harus segera menjalankan pemindaian virus.

Xem Thêm  Game PC Terbaik untuk 2022 - apa game komputer terbaik?

Program antivirus yang kuat seperti AVG AntiVirus GRATIS akan memindai mesin Anda dari atas ke bawah untuk menemukan kode berbahaya. Kemudian, itu akan menghapus malware dan menyiapkan pertahanan untuk mendeteksi dan memblokir tanda-tanda masalah di masa mendatang.

3. Instal driver grafis baru

Jika layar komputer Anda terus kosong secara acak, penyebab layar hitam kematian mungkin adalah driver grafis Anda. Pastikan untuk memperbarui semua driver AMD, Intel, dan NVIDIA secara teratur agar kartu grafis Anda berfungsi dengan baik. Lihat petunjuk terperinci kami tentang cara memperbarui driver grafis Anda dan panduan kami untuk memantau kinerja GPU.

4. Beralih antar layar

Jika PC Anda terhubung ke beberapa monitor atau bahkan headset VR (yang diidentifikasi Windows sebagai monitor), Anda dapat secara tidak sengaja menekan tombol yang salah dan mengalihkan output ke layar yang mati. Saat Anda melihat layar kosong, tahan tombol Windows pada keyboard Anda dan tekan P. Ini menunjukkan kemungkinan mode tampilan, dan memungkinkan Anda untuk beralih.

Hindari layar hitam kematian dengan PC TuneUp

Semoga panduan ini membantu Anda mengatasi masalah layar hitam. Jika semuanya gagal, Anda mungkin perlu menginstal ulang Windows dari awal, karena masalahnya mungkin lebih serius atau tidak dapat diperbaiki. Jika tidak, perbarui sistem Anda dengan mempertahankannya setiap minggu untuk membantu mencegah masalah seperti layar hitam kematian.

Agar mesin Anda tetap bersih, dioptimalkan, dan berjalan semulus mungkin, gunakan AVG TuneUp untuk PC. Fitur Pemeliharaan Otomatis AVG TuneUp menyetel mesin Anda setiap minggu, sementara fitur Mode Tidurnya menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu. Dan Penghapus Instalasi Perangkat Lunak bawaan menyingkirkan aplikasi yang dapat membuat sistem Anda tidak dapat di-boot. Coba AVG TuneUp hari ini dan ucapkan selamat tinggal pada masalah layar hitam Windows.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara mengatasi layar blank pada laptop

Cara Mengatasi Komputer Menyala Tapi Tidak ada Tampilan (Blank)

  • Penulis: Junet97
  • Tanggal posting: 2017-02-23
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1756 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Semoga Cara Ini membantu kalian “Mengatasi Komputer Blank” Kalian
    jangan lupa subscribe dan like juga

    caraperbaikikomputer caramengatasikomputerblank caramengatasikomputerlayarhitam

    semoga video ini bermanfaat buat temen-temen yang punya masalah layar hitam di Laptopnya.

13 Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan Paling Mudah

  • Penulis: dosenit.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 3715 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: 13 cara mengatasi laptop blank saat dinyalakan, pertama kosongkan arus laptop, lalu cek hardware seperti RAM, ,Panel Display dan kipas.

Inilah 13 Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup

  • Penulis: masdzikry.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 5362 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Saat ini, penggunaan perangkat laptop telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang karena sangat praktis dengan mempunyai ukuran yang kecil dan bisa dibawah kemana saja. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup yang sering terjadi. Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk Seringkali, penggunaan yang berlebihan dapat […]

[FIX] Penyebab & Cara Mengatasi Layar Blank Hitam Windows 10

  • Penulis: teknosentrik.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 7926 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Berhasil! Cara mengatasi black screen Windows 10, layar monitor blank hitam padahal dalam keadaan hidup. Tidak bisa masuk ke desktop, work di laptop dan PC.

Cara Mengatasi Laptop Blank Tapi Hidup

  • Penulis: sewamedia.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 2657 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pernahkah Anda merasakan laptop Anda tiba-tiba Blank hitam tetapi masih menyala? Anda dapat mengetahui cara memperbaiki laptop kosong hitam, tetapi

√ 9+ Cara Mengatasi Laptop Blank Tapi Hidup [Putih

  • Penulis: updetan.id
  • Nilai: 3 ⭐ ( 7672 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Cara Mengatasi Laptop Blank Tapi Hidup ⭐ Untuk yang mengalami laptopnya layar hitam / putih saat baru nyala ⏩ Baca Selengkapnya

√ 10+ Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan (Hitam)

  • Penulis: www.leskompi.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 1312 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Layar laptop blank hitam / putih ketika baru dinyalakan? Silakan baca ini untuk penyebab + solusinya (jitu)

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi