Cara Mengatur Plex (dan Menonton Film Anda di Perangkat Apa Pun) – apa yang plex di komputer saya

Plex Media Server adalah cara yang mudah digunakan untuk menyimpan semua film, acara TV, dan media Anda lainnya di satu tempat–dan membuatnya dapat diakses dari perangkat apa pun, baik Anda di rumah atau dalam perjalanan. Jika Anda mencari cara tanpa pusing untuk menonton film Anda di mana saja, ini dia.

Anda sedang menonton : apa yang ada di komputer saya

Plex Media Server adalah cara yang mudah digunakan untuk menyimpan semua film, acara TV, dan media lainnya di satu tempat–dan membuatnya dapat diakses dari perangkat apa pun, baik Anda di rumah atau dalam perjalanan. Jika Anda mencari cara tanpa pusing untuk menonton film di mana saja, ini dia.

Apa itu Server Media Plex?

Inilah situasi umum yang dialami terlalu banyak orang. Anda memiliki file media–musik, film, acara TV, dan bahkan foto–tetapi Anda tidak memiliki cara mudah untuk mengaksesnya dengan mudah di perangkat Anda yang banyak dan beragam perangkat.

Apakah Anda menyalin robekan Blu-ray ke laptop Anda? Bagaimana dengan ponsel Anda–apakah Anda mengonversi file agar lebih kecil dan kompatibel? Apakah Anda melemparkan acara ke TV melalui desktop dan Chromecast? Apakah Anda mengunggah semua foto Anda ke akun iCloud Anda untuk mengirimnya ke TV Anda melalui Apple TV? Bagaimana dengan musik Anda? Bagaimana jika Anda jauh dari rumah dalam perjalanan bisnis dan ingin mengalirkan acara TV ke iPad?

Bahkan untuk geek yang serius dengan banyak pengalaman mengelola media mereka, sangat sulit untuk membuat semua perangkat Anda berbicara dan mengakses koleksi yang sama. Namun, tidak harus seperti itu. Plex adalah sistem server media terpusat yang menghilangkan hampir setiap masalah yang Anda hadapi saat mengelola koleksi media pribadi yang besar.

Model Plex sederhana: Anda memarkir semua media Anda di satu komputer dengan perangkat lunak server Plex diinstal, dan kemudian Anda menginstal Plex di semua perangkat Anda yang lain. Anda dapat menginstalnya di komputer Windows, Linux, atau Mac serta Android dan iOS, konsol video game seperti Xbox dan PlayStation, Apple TV Anda, dan bahkan ada TV pintar yang dilengkapi dengan Plex bawaan. Kemudian, dari salah satu perangkat tersebut, Anda dapat mengakses seluruh perpustakaan media dari jarak jauh dan menontonnya tanpa kesulitan.

Iklan

Selanjutnya, karena model Plex adalah server/klien, Anda tidak perlu khawatir tentang menyalin file ke berbagai perangkat Anda dan menangani masalah seperti kualitas pemutaran, resolusi video, dan detail lainnya. Server Plex Anda akan, mentranskode semua konten media Anda dengan cepat, sehingga dapat diputar dengan benar di perangkat apa pun yang Anda gunakan. Ingin menonton acara TV Anda di halaman belakang di iPhone Anda? Tidak masalah. Mau nonton di laptop di rumah mertua? Juga tidak ada masalah. Ingin menghubungkan TV pintar baru Anda langsung ke koleksi media Anda tanpa perangkat keras tambahan? Beli TV yang tepat dan itu juga tidak masalah. Singkatnya, menjalankan Plex seperti menjalankan layanan streaming pribadi dan halus Anda sendiri, di mana Andalah yang mengkurasi perpustakaan.

Kedengarannya sangat bagus, ya? Anda tidak hanya mendapatkan streaming sesuai permintaan ke semua perangkat Anda, tetapi Anda juga mendapatkan metadata dan seni yang sangat indah untuk menyertainya.

Mari kita lihat lebih dekat apa yang Anda butuhkan untuk memulai, lalu langsung mempersiapkan koleksi media Anda untuk Plex, menginstal Plex, dan–bagian favorit semua orang–mengakses koleksi media Plex Anda.

Yang Anda Butuhkan

Plex adalah produk yang benar-benar canggih, dan setelah Anda menjalankannya, produk ini akan bebas dari sakit kepala. Namun demikian, hal terpenting adalah masuk ke pengalaman dengan gambaran yang jelas tentang apa yang Anda butuhkan dan bagaimana semua bagian dari penyiapan Plex Anda bekerja bersama.

Rumah Adalah Tempat Server Berada

Pertama dan terpenting, Anda memerlukan komputer yang menampung semua file dan menjalankan Plex Media Server. Anda dapat menginstal Plex di Windows, Linux, OS X, dan bahkan pada perangkat lunak server khusus seperti FreeNAS dan pada perangkat keras NAS seperti sistem Synology (Anda dapat melihat semuanya yang didukung platform untuk aplikasi Server Media di sini). Tetapi terlepas dari platform apa yang Anda pilih, itu harus berupa komputer yang selalu dihidupkan. Tidak ada gunanya memiliki solusi streaming yang komprehensif untuk semua kebutuhan media pribadi Anda jika, saat Anda mengaksesnya, kontennya offline.

Selain selalu aktif, Anda ingin komputer server memiliki kekuatan pemrosesan yang cukup untuk menangani transkode yang disebutkan di atas. Semakin banyak pengguna yang Anda harapkan untuk menonton sekaligus, semakin baik perangkat keras yang Anda inginkan. Server media Plex masih berfungsi pada perangkat keras yang lebih lama tetapi akan otomatis menonaktifkan transkode jika perangkat keras tidak mencukupi, dan pemutaran akan terganggu dan tersendat pada perangkat keras yang sangat tua atau kurang bertenaga.

Iklan

Jadi, Anda akan menginginkan CPU yang lebih besar dari yang Anda bisa. Plex merekomendasikan setidaknya prosesor Intel i3 (atau yang setara) atau lebih baik dengan setidaknya 2 GB RAM (RAM tidak terlalu penting bagi Plex). Anda dapat membaca rekomendasi perangkat keras mereka di sini.

Xem Thêm  Masalah umum Microsoft Edge, dan cara memperbaikinya - cara memperbaiki microsoft edge

Terakhir, Anda membutuhkan banyak ruang hard drive–cukup untuk menyimpan semua film, acara TV, musik, dan foto yang Anda miliki.

Jika Anda sudah memiliki beberapa perangkat keras yang tidak digunakan, tentu saja cobalah. Skenario terburuk, Anda menemukan bahwa pemutaran file tidak memuaskan. Skenario kasus terbaik, Anda menemukan bahwa perangkat keras lama berfungsi dengan baik dan Anda tidak perlu membeli perlengkapan baru.

Anda dapat melihat platform yang tersedia untuk perangkat lunak server di sini.

Klien Untuk Setiap Perangkat

Server hanya setengah dari sistem Plex. Setengah lainnya adalah aplikasi “klien”, atau aplikasi tempat Anda menonton semua. Meskipun Anda dapat memutar media dari panel kontrol berbasis web server, ini seperti menonton Netflix di browser web Anda—kebanyakan orang lebih suka duduk di ruang tamu mereka atau menonton di perangkat seluler mereka. Dan untuk itu, Anda memerlukan klien Plex untuk mengakses server.

Anda dapat menemukan aplikasi Plex untuk hampir semua platform yang dapat Anda bayangkan: Android, iOS, Windows Phone, Apple TV, Roku, dan banyak lagi. Satu hal yang telah menjadi sumber kebingungan abadi tentang Plex adalah apakah itu gratis atau tidak–dan sebagian besar kebingungan ini  bergantung pada fakta bahwa aplikasi seluler memiliki “biaya aktivasi”.

Iklan

Perangkat lunak server media Plex selalu gratis. Sebagian besar aplikasi klien selalu gratis. Beberapa aplikasi klien memiliki biaya aktivasi satu kali nominal beberapa dolar (misalnya, aplikasi klien iOS Plex berharga $4,99).

Plex memiliki dua cara untuk menangani aplikasi berbayar. Jika Anda hanya membutuhkan satu aplikasi, Anda mungkin ingin mengaktifkan aplikasi tunggal itu saja. Opsi lainnya adalah membeli Plex Pass, yang seperti layanan berlangganan yang memberi Anda berdua akses ke semua aplikasi berbayar, ditambah manfaat seperti menyinkronkan ke perangkat seluler Anda untuk akses offline dan penyimpanan file berbasis cloud. Jika Anda membutuhkan banyak aplikasi di berbagai platform dan menginginkan fitur premium, Anda dapat mempertimbangkan langganan Pass seharga $4,99 per bulan atau tiket seumur hidup $149,99.

Anda dapat membaca selengkapnya tentang aplikasi mana yang berbayar, mana yang gratis, dan perbedaan antara keanggotaan Plex gratis dan yang premium di sini. Untuk memeriksa ketersediaan platform dan mengunduh aplikasi klien untuk platform Anda, lihat halaman unduhan Plex di sini.

Sekarang kita telah melihat panduan umum untuk memilih perangkat untuk server Plex Anda, dan cara mendapatkan perangkat lunak klien, mari kita lihat langkah yang agak penting dalam mengatur media Anda.

Langkah Pertama: Konsolidasikan dan Atur Media Anda

Plex berfungsi paling baik jika semua konten media Anda diatur dengan baik dan di tempat yang sama. Untuk itu, Anda harus memiliki semua media di perangkat yang sama dengan tempat Anda menginstal perangkat lunak server Plex–apakah itu komputer desktop lama, server penyimpanan khusus di ruang bawah tanah Anda, atau perangkat NAS, semua media Anda harus ada di dalamnya .

Selanjutnya, Anda ingin mengatur media Anda ke dalam struktur folder bersih yang memisahkan jenis media utama dan memudahkan Anda dan Plex untuk menguraikannya.

Iklan

Jika Anda telah menginvestasikan waktu dalam mengatur media Anda, terutama jika Anda pernah menggunakan perangkat lunak pusat media seperti XBMC/Kodi di masa lalu, maka ada kemungkinan Anda sudah mendapatkan yang sempurna (atau hampir sempurna) struktur folder pada tempatnya.

Berikut adalah contoh sederhana dari struktur direktori praktik terbaik untuk Plex:

/Media/
/Film/
/Nama Film (Tahun)/
Nama Film (Tahun).ext
/Musik/
/Nama Artis – Nama Album/
Track# – TrackName.ext
/Acara TV/
/NamaTampil/
/Musim 01/
ShowName – s01e01.ext
/Foto/
/Nama Album/
Gambar.ext

Dalam struktur direktori di atas, Anda melihat bahwa kategori media utama dipisahkan ke dalam sub-folder yang berbeda (seperti Film dan Acara TV) dan bahwa setiap jenis media memiliki konvensi penamaan yang cukup mudah. Film masuk ke folder yang dinamai film; praktik terbaik adalah memasukkan tahun dalam tanda kurung untuk mengurangi kebingungan. Musik diatur dalam format Nama Artis/Nama Album langsung. Acara TV diatur berdasarkan nama, musim, dan episode ditandai dengan kedua statistik dengan format “sXXeXX”. Foto menjadi lebih mudah–Plex cukup membaca nama album dari folder dan memuat gambar di dalamnya.

Meskipun contoh di atas mencakup hampir 99% wilayah, Anda mungkin memerlukan sedikit panduan ekstra saat memberi nama file DVD .ISO atau format lain yang kurang umum. Jika Anda memerlukan bantuan tambahan untuk membersihkan media, lihat panduan Plex untuk persiapan media di sini. (Pembaruan: Panduan ini telah menghilang dari situs web Plex saat ini, tetapi tautan yang kami berikan akan membawa Anda ke versi panduan yang diarsipkan.)

Xem Thêm  13 Komputer Desktop Layar Sentuh Terbaik Tahun 2022 - semua dalam satu komputer desktop layar sentuh

Catatan terakhir tentang mengatur media Anda untuk Plex: jika Anda pernah atau sedang menggunakan perangkat lunak pusat media lain (seperti XBMC), jangan khawatir tentang metadata Anda. Anda dapat menjalankan XBMC dan Plex dengan aman sepenuhnya secara paralel tanpa risiko terhadap metadata Anda, karena tidak ada aplikasi yang menggunakan file metadata yang sama.

Langkah Kedua: Instal Plex Media Server

Dasar dari penyiapan, selain media yang ditata dengan indah, adalah aplikasi Plex Media Server. Untuk tutorial kami hari ini, kami akan menginstalnya pada mesin Windows tetapi, selain nuansa kecil, proses instalasi praktis identik di semua platform karena sebagian besar proses dilakukan dari dalam panel kontrol berbasis web Plex.

Iklan

Buka halaman unduhan dan ambil salinan Server Media Plex untuk platform Anda. Jalankan penginstal dan rileks selama satu menit. Ketika penginstal selesai, Plex akan diluncurkan secara otomatis, dan akan memuat panel kontrol web untuk Anda. Jika tidak, buka browser web Anda dan navigasi ke http://127.0.0.1:32400/ di komputer tersebut. (Atau, Anda dapat mengaksesnya dari komputer lain di jaringan Anda dengan mengganti alamat 127.0.0.1 dengan alamat IP jaringan lokal komputer atau perangkat NAS Anda).

Setelah menerima perjanjian pengguna,  Anda akan diminta untuk masuk ke akun Plex Anda. Jika Anda memiliki akun Plex lama dari eksperimen sebelumnya dengan platform, masuk. Jika tidak, klik tautan “Daftar” dan daftar untuk akun baru.

Setelah masuk pertama kali, Anda akan mendapatkan ikhtisar semua fitur layanan premium Plex Pass. Meskipun kami menganggap layanan premium cukup hebat, jangan terburu-buru – gunakan Plex untuk sementara waktu untuk menentukan apakah Anda ingin berinvestasi di dalamnya. Tutup jendela pop-up untuk kembali ke penyiapan server.

Langkah pertama adalah memberi nama server Anda. Secara default, server diberi nama setelah nama jaringan mesin tempat ia diinstal. Anda dapat mengubah nama server menjadi sesuatu yang lebih menarik daripada mengucapkan “Kantor Ayah” atau membiarkannya apa adanya.

Selanjutnya, saatnya menambahkan media ke perpustakaan kita. Pilih “Tambah Perpustakaan”.

Di sini Anda dapat menambahkan berbagai jenis perpustakaan: film, acara TV, musik, foto, dan video rumahan.

Iklan

Mari kita mulai dengan menambahkan beberapa file film. Pilih “Film” dan kemudian, di menu tarik-turun yang muncul, beri nama perpustakaan film Anda dan pilih bahasa. Bagi kebanyakan orang, membiarkan nama default “Film” sudah cukup. Klik “Berikutnya”.

Sekarang saatnya untuk mengarahkan Plex ke file yang sebenarnya, pilih “Jelajahi folder media” dan pilih folder yang menampung file film Anda. Setelah Anda memilih folder, klik “Tambahkan perpustakaan” untuk menyelesaikan prosesnya.

Ulangi langkah-langkah ini untuk acara TV, musik, dan/atau foto. Tentu saja tidak perlu mengisi semua perpustakaan–jika Anda menggunakan Plex hanya untuk acara TV, lanjutkan dan abaikan semua entri perpustakaan lainnya.

Langkah terakhir dari penyiapan server awal adalah mengizinkan akses jarak jauh ke server media Anda dan mengirim data anonim ke Plex. Keduanya dicentang secara default, dan kami sarankan Anda membiarkannya dicentang kecuali Anda memiliki alasan mendesak untuk menghapus centangnya. Pilih “Selesai”.

Pada titik ini Anda akan diarahkan ke panel kontrol berbasis web untuk server Plex Anda. Bergantung pada seberapa cepat mesin Anda bekerja, Anda mungkin melihat “Memperbarui pustaka…” atau Anda mungkin sudah memiliki konten untuk ditampilkan seperti ini.

Perhatikan, untuk beberapa jam pertama atau bahkan untuk hari pertama, bagian “baru-baru ini ditambahkan” tidak terlalu berguna karena semuanya baru saja ditambahkan ke pustaka. Segalanya akan segera tenang dan baru-baru ini ditambahkan akan berguna lagi dalam beberapa hari mendatang.

Iklan

Meskipun Anda dapat menelusuri semua perpustakaan media langsung dari panel kontrol Plex (dan bahkan menonton konten langsung di browser web), ini lebih berguna untuk memeriksa perpustakaan Anda dan kurang berguna untuk benar-benar menikmati konten Anda. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengakses Plex dengan klien jarak jauh.

Langkah Tiga: Akses Server Media Plex Anda dari Tempat Lain

Pada titik ini kami telah melakukan semua kerja keras (dan itu tidak terlalu sulit). Setelah Anda memiliki server media Plex yang sebenarnya dan berjalan, itu benar-benar lancar. Seberapa halus? Karena seluruh perpustakaan Anda disimpan di satu server pusat, Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya dari komputer, ponsel cerdas, atau perangkat lain mana pun dan mendapatkan pengalaman yang sama persis–media yang sama, meta data yang sama, daftar yang baru saja ditambahkan, database yang sama yang melacak apa acara yang telah Anda tonton dan acara mana yang perlu Anda ikuti.

Telusuri aplikasi di toko aplikasi ponsel/tablet/TV, instal, dan luncurkan. Sekali lagi, kami menggunakan aplikasi iOS, tetapi semuanya pada dasarnya dapat dipertukarkan. Klik “Masuk” dan gunakan kredensial yang sama yang Anda buat saat menyiapkan server.

Boom. Anda langsung terhubung ke koleksi media Anda. Apakah Anda melihat bagaimana layar di iPhone kami mencerminkan, hingga ke judul acara, tangkapan layar yang baru saja Anda lihat dari panel kontrol server media?

Xem Thêm  Cara Factory Reset Laptop Dengan Mudah di Windows 10 - cara hard reset komputer Anda

Itulah elemen terkuat Plex di sana: sentralisasi membuat semuanya berjalan begitu lancar. Jika kita menekan tombol “Browse”, terlihat di sudut kanan bawah screenshot di atas, kita kemudian dapat memilih dari media yang tersedia. Mari kita lakukan itu lalu pilih “Acara TV”.

Bagaimana dengan Family Guy? Mengapa tidak, kami akan memilih season dan episode.

Iklan

Dengan beberapa ketukan setelah masuk, kami menonton sebuah episode tanpa cegukan:

Dan hanya itu saja! Jika Anda memiliki media lokal dan keinginan untuk menonton media lokal itu di mana saja di rumah Anda (atau bahkan jauh dari rumah) dan di perangkat apa pun, Plex Media Center adalah solusi lengkap yang membuat Anda menikmati film, acara TV, dan bahkan foto dan video keluarga, sangat mudah.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik apa yang plex di komputer saya

How to Move / Migrate a Plex Server from a Windows PC to Another

  • Penulis: access random
  • Tanggal posting: 2017-11-12
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6419 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: In this video, I show you how to migrate a Plex Server, including all libraries and metadata, from one PC to another with a higher passmark. While this video is applicable to any Windows-to-Windows transfer of a Plex Server, I am going from Windows Server 2012 R2 to Windows Server 2016.

    Please note that I make an assumption in my video that the username on the old machine is the same as the username on the new one. If they are different, you will need to make a change in the imported registry setting for \\HKEY_CURRENT_USER\\Software\\Plex, Inc.\\Plex Media Server\\LocalAppDataPath, changing the path to reflect the new username. Thanks to Reuben Tarran. Update: this may not be required anymore, but I will need to verify with others.

    ► Note: at the 2:15 mark, go ahead and launch the server. That will create the LOCALAPPDATA folder that you need later on in the video. You can then exit the server (right-click on the Plex icon in bottom right corner, and click exit).Thanks to rblnr.

    ► Note: after you migrate your server, you may want to re-check the “Empty trash automatically after every scan” checkbox, as seen at the 2:37 mark. Thanks to fildon123.

    ► Note: If you move from Windows7 to Windows10 and receive the message “Plex Media Server was unable to open its media database” (even if you uninstall and reinstall), go into the “AppData/Local/Plex Media Server/Plug-in Support/Database” folder, delete all the files there and paste the ones from the older pc once again. Thanks to For Freedom.

    ► Note: Before you merge the reg file on the new PC at the 5:19 mark, please BACK UP your registry!

    My Gear:
    My Shure Microphone ► https://amzn.to/2P9KTC4
    My Focusrite Audio Interface ► https://amzn.to/2oaKZOg
    My Nikon Camera ► https://amzn.to/2P6JEUb
    My Nikon Lens ► https://amzn.to/2MNJPX6

    Thank you to all my subscribers and viewers!
    Subscribe here ► https://www.youtube.com/c/accessrandom?sub_confirmation=1

    Disclaimer: As an Amazon Associate I earn from qualifying purchases.

Ulasan Plex Media Player: Informasi Lengkap Alat

  • Penulis: www.topsevenreviews.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 5301 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pernahkah Anda mencoba menonton film dan mendengarkan lagu favorit Anda menggunakan pemutar media biasa? Akibatnya, itu tidak memenuhi kekhawatiran Anda. Itulah sebabnya kami telah meninjau untuk Anda Plex Media Player yang memungkinkan Anda memutar file media dengan mulus.

Kotak TV Android: Apa Itu dan Apa Yang Boleh Mereka Lakukan?

  • Penulis: ms1.lesnitsdeus.org
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6779 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Adakah Android TV lebih baik daripada satelit, TV udara, atau kabel? Inilah yang perlu anda ketahui mengenai kotak TV Android.

Cara Menginstal Plex Media Server di Ubuntu 20.04 LTS

  • Penulis: www.linuxcapable.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 2436 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Plex Media Server adalah perangkat lunak untuk menyimpan semua konten media digital Anda dan mengaksesnya melalui aplikasi klien seperti TV, NVIDIA Shield, Roku, Aplikasi Seluler,

Plex: apa itu dan bagaimana menggunakan aplikasi ini untuk Smart TV

  • Penulis: androidguias.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9688 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Plex adalah hub multimedia populer untuk Smart TV, Windows, iOS, Android, dan banyak lagi. Kami menunjukkan cara menginstalnya dan mulai menggunakannya.

Google

  • Penulis: mkart.it
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1210 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Apa itu Plex: Semua yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi streaming media

  • Penulis: id.macspots.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1517 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Di dunia streaming rumah yang samar, berbagai platform di dalam perangkat dengan teka-teki bisa sedikit membingungkan. Sederhananya, Plex adalah bagian dari perangkat lunak all-in-one yang memungkinkan Anda mengalirkan media Anda sendiri ke file

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi