Monitor TV vs PC kecil: apa teknologi tampilan terbaik? – TV 32 inci sebagai monitor komputer

TV versus monitor? Untuk komputasi apapun Anda menginginkan monitor; untuk menonton film dan bermain game konsol, TV bukanlah hal yang sulit. Tapi apakah itu masih terjadi?

Anda sedang menonton : TV 32 inci sebagai monitor komputer

Pemutar audio memuat…

Selama bertahun-tahun, mudah untuk memutuskan antara TV kecil dan monitor PC – keduanya memiliki jenis input yang berbeda dan melayani fungsi yang berbeda. Untuk komputasi apapun Anda menginginkan monitor; untuk menonton film dan bermain game konsol, TV bukanlah hal yang sulit.

Tapi apakah itu masih benar? Di era media multi-platform dan konektivitas serba digital ini, apakah TV kecil sekarang masuk akal untuk digunakan dengan PC? Dan apakah monitor sekarang lebih fleksibel sebagai tampilan serba guna daripada sebagai perangkat untuk mengonsumsi data mentah?

Masih ada beberapa perbedaan besar dalam harga dan kinerja dari dua teknologi tampilan yang berbeda ini, namun masih banyak fitur inti dan fungsionalitas dari dua jenis tampilan telah menyatu. Semuanya, mulai dari resolusi hingga kecepatan refresh, jenis panel hingga kinerja piksel, dan antarmuka hingga jeda input lebih cocok dari sebelumnya – namun tidak sepenuhnya sama.

Tidak yakin yang mana yang harus Anda pilih? Inilah yang perlu Anda ketahui saat menimbang TV kecil versus monitor sebagai tampilan pilihan Anda.

Haruskah ukuran menjadi faktor penentu?

TV kecil umumnya berukuran hingga sekitar 32 inci, yang menempatkannya di ujung atas pasar monitor arus utama, dari segi ukuran. Mengingat harga yang rendah bahkan untuk TV yang cukup besar, opsi yang lebih kecil sering dianggap tidak hanya berdasarkan harga tetapi juga ketika ruang berada pada harga premium. Hanya ada begitu besar yang bisa Anda lihat di desktop.

Tetap saja, TV yang lebih kecil cenderung lebih rendah -model akhir dengan fitur dan spesifikasi terbatas. Jika Anda menginginkan layar kecil yang benar-benar berkualitas tinggi, monitor adalah pilihan terbaik Anda. Tentu saja, skala tipis hanyalah satu aspek, dan bentuk adalah aspek lain. Hampir semua TV memiliki rasio aspek 16:9, cocok dengan format konten TV pada umumnya, meskipun film cenderung lebih lebar. Sementara itu, monitor tersedia dalam berbagai faktor bentuk yang jauh lebih luas.

16:9 masih merupakan rasio aspek paling populer – artinya, untuk setiap 16 piksel di sepanjang sumbu horizontal layar, ada sembilan piksel di sepanjang vertikal – tetapi monitor 21:9 dan bahkan 32:9 seperti Samsung Odyssey Neo G9 yang mengerikan tersedia, ditambah beberapa panel eksentrik dengan rasio lebih tinggi seperti 3:2 termasuk Huawei MateView. Untuk menonton video dan memainkan sebagian besar game, 16:9 tetap menjadi kompromi terbaik secara keseluruhan.

Panel yang lebih lebar sangat cocok untuk multi-tugas saat komputasi, misalnya melihat beberapa halaman web atau dokumen secara berdampingan. Mereka juga dapat menambahkan imersi untuk skenario game tertentu seperti game mengemudi dan judul petualangan. Namun, tidak semua game PC bekerja dengan baik dengan monitor ultra lebar dan dukungan game konsol memang sangat terbatas.

(Kredit gambar: Samsung)

Perbedaan dalam sub-piksel

Isu yang jarang dibahas namun kritis yang melibatkan perbandingan antara TV dan monitor adalah struktur sub-piksel. Setiap piksel pada layar penuh warna terdiri dari sejumlah subpiksel. Struktur yang paling umum dikenal sebagai RGB, yang menunjukkan subpiksel merah, hijau, dan biru dalam urutan itu.

Hampir semua monitor PC adalah RGB – memang, untuk komputasi, apa pun selain RGB standar adalah masalah. Itu karena sistem operasi seperti Windows mengandalkan struktur subpiksel untuk merender font secara akurat dan lancar.

Banyak TV juga menggunakan RGB, tetapi beberapa tetap menggunakan BGR (biru, lalu hijau, lalu merah), dan itu artinya aplikasi komputasi dan browser sebagian besar tidak ideal – sementara sistem RBGW yang lebih kompleks yang ditemukan di beberapa TV juga cenderung mengurangi detail dan ketajaman.

Jika TV menggunakan panel IPS, itu mungkin RGB, sedangkan panel VA bisa berupa RGB atau BGR – tetapi karena pembuat TV tidak selalu mencantumkan informasi subpiksel, ini bisa lebih sulit untuk membedakan dengan TV kecil daripada dengan monitor PC.

(Kredit gambar: Samsung)

Mana yang menghasilkan HDR lebih baik?

HDR atau rendering rentang dinamis tinggi harus menjadi teknologi tampilan paling rumit saat ini. Ini adalah ladang ranjau standar yang bersaing, klaim yang membingungkan dan terkadang menyesatkan.

Xem Thêm  Cara Memperbaiki 'MSVCP140.dll Hilang' Dengan Cara Yang Benar - cara memperbaiki msvcp140.dll

Dalam pengertian yang paling sederhana, layar HDR dapat menampilkan elemen gambar yang sangat terang dan sangat gelap secara bersamaan dan tanpa mengompresi detail apa pun. Jika itu idenya, kenyataannya lebih rumit. Dalam hal teknologi panel, tampilan OLED lebih baik dalam menampilkan elemen yang lebih gelap, sedangkan panel LCD terbaik lebih unggul dalam hal mencapai puncak yang menakjubkan.

Ini semua sedikit target bergerak karena panel OLED menjadi lebih cerah dan layar LCD meningkatkan kontras dan kinerja cahaya rendah. Semuanya menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana TV dan monitor dibandingkan dalam hal HDR. Sebagai permulaan, hampir tidak ada monitor OLED dan sedikit TV kecil dengan panel OLED. Jadi dalam praktiknya, ini LCD versus LCD – ingatlah bahwa TV dan monitor yang dijual sebagai model ‘LED’ sebenarnya adalah layar LCD dengan lampu latar LED.

Di pasar TV hingga 32 inci, hanya sedikit perangkat yang menawarkan kinerja HDR sejati berkat peredupan lokal. Hal yang sama berlaku untuk sebagian besar yang disebut monitor HDR, yang cenderung bersertifikat VESA DisplayHDR 400. Dalam kedua kasus, mereka tidak terlalu terang dan tidak memiliki peredupan lokal.

Beberapa monitor PC kelas atas terbaru, seperti Asus ROG Swift PG32UQX, memiliki lampu latar mini-LED dengan ribuan peredupan zona. Tapi ini adalah tampilan yang sangat mahal dengan biaya lebih dari $1.000 / £1.000. Singkat cerita, kinerja HDR yang tepat tetap tidak terjangkau di TV kecil dan sebagian besar monitor.

Mana yang memiliki resolusi lebih tinggi?

Satu area di mana monitor menawarkan lebih banyak pilihan adalah resolusi. Anda dapat memiliki apa saja dari 1080p hingga 1440p dan 4K hanya dari monitor rasio aspek 16:9 27 inci, apalagi bentuk dan ukuran lainnya. Dalam faktor bentuk lain, Anda dapat memiliki apa saja mulai dari 3.440 x 1.440 piksel hingga 5.120 x 2.160.

Pasar TV kecil, sementara itu, didominasi oleh perangkat 1080p … Ada pengecualian. Samsung Q50R adalah TV 32 inci dengan resolusi 4K penuh. Ini tidak terlalu murah dengan harga $ 500, tetapi pilihan yang masuk akal jika Anda menginginkan fungsionalitas TV pintar penuh dalam paket yang ringkas.

Pasar TV kecil, sementara itu, didominasi oleh perangkat 1080p. Itu membuat harga turun dan bisa dibilang bagus untuk menonton TV dan bermain game konsol. Namun untuk game PC yang serius dan penggunaan produktivitas PC secara umum, 1080p kurang detail dan presisi.

Ada pengecualian. Samsung Q50R adalah TV 32 inci dengan resolusi 4K penuh. Ini tidak terlalu murah dengan harga $ 500, tetapi pilihan yang masuk akal jika Anda menginginkan fungsionalitas TV pintar penuh dalam paket yang ringkas.

Manfaat utama dari resolusi yang lebih tinggi adalah detail dan ketajaman, yang sangat penting untuk rendering font di Windows pada PC. Ini kurang penting untuk TV dan video, terutama dengan ukuran layar yang lebih kecil. Untuk game, hanya konsol terbaru yang dapat melakukan apa pun di atas 1080p.

Untuk game PC, resolusi yang lebih tinggi memberikan kualitas gambar yang lebih baik, tetapi juga membuat lebih banyak beban pada subsistem grafis Anda. Game 4K menghasilkan detail yang sangat besar, tetapi juga frame rate yang jauh lebih rendah. Saat ini, banyak gamer melihat 1440p atau 2.560 kali 1.440 piksel sebagai kompromi terbaik antara detail dan kecepatan bingkai. Jadi, untuk game PC yang serius, TV kecil mungkin bukan pilihan yang tepat.

(Kredit gambar: Nvidia)

Mana yang lebih responsif?

Teknologi tampilan tercepat dalam hal respons piksel adalah OLED. Tetapi seperti yang kami temukan, beberapa TV atau monitor kecil tersedia dengan panel OLED. Jadi, ini pertanyaan untuk membandingkan jenis panel LCD.

Saat ini, sebagian besar monitor dan TV adalah jenis panel IPS atau VA, dengan panel TN yang sekarang cukup langka. Sayangnya, banyak produsen TV tidak mengutip kinerja respons piksel, terutama untuk perangkat yang lebih kecil. Namun sebagai aturan umum, IPS lebih cepat daripada VA, meskipun beberapa panel VA canggih sekarang menyaingi IPS dalam hal kecepatan.

Untuk monitor, panel IPS tercepat sekarang mencapai 1 md abu-abu-ke-abu-abu. atau respons MPRT 0,5 ms, mewakili dua cara yang sedikit berbeda untuk mengukur respons. Singkat cerita, monitor PC gaming terbaik disetel lebih baik untuk respons piksel daripada TV kecil. Meskipun demikian, monitor yang berorientasi pada tujuan umum atau produktivitas akan memiliki respons piksel yang sebanding dengan TV kecil dan berukuran sekitar 5-8 milidetik abu-abu-ke-abu-abu.

Separuh persamaan kecepatan lainnya adalah kecepatan refresh. Inilah yang menentukan seberapa responsif layar terhadap input saat bermain game, tetapi jauh lebih penting untuk menonton video atau komputasi umum. Monitor game tercepat sekarang dapat mencapai 360Hz, sementara TV kecil dibatasi hanya pada 60Hz.

Namun demikian, game dengan refresh tinggi adalah masalah yang relatif khusus dan 60Hz baik-baik saja untuk sebagian besar game konsol dan PC, terutama mengingat PC yang sangat kuat atau salah satu konsol terbaru diperlukan untuk benar-benar memanfaatkan tampilan refresh yang tinggi. Perlu diketahui bahwa beberapa TV murah dapat mengalami input yang signifikan, sehingga tidak cocok untuk apa pun selain game kasual.

(Kredit gambar: Amazon)

Mana yang lebih mudah disiapkan?

Cara menyambungkan ke layar dulunya merupakan masalah utama saat membandingkan monitor dengan TV. Hari ini? Tidak begitu banyak. TV menggunakan HDMI sementara monitor biasanya menawarkan HDMI dan DisplayPort. Dengan kata lain, Anda tidak akan mengalami masalah saat menyambungkan TV atau monitor ke apa pun dari PC ke dekoder atau konsol game.

HDMI 2.1 dan dukungan untuk 4K pada penyegaran 120Hz saat ini merupakan topik hangat di TV dan pasar game konsol. Tapi itu tidak terlalu relevan untuk TV kecil hingga 32 inci, tidak ada yang berjalan di atas 60Hz. Karena itu, jika Anda berencana menghubungkan TV 4K yang lebih murah ke PC, pastikan ia memiliki setidaknya HDMI 2.0 untuk memastikan penyegaran 60Hz berjalan pada resolusi asli.

Untuk monitor, sementara itu, kecepatan refresh yang lebih tinggi yang ditawarkan oleh beberapa model lebih banyak didukung oleh antarmuka DisplayPort, yang merupakan antarmuka standar pada hampir semua kartu grafis terbaru. Jadi, Anda tidak akan mengalami masalah.

Keuntungan terbesar memilih TV

Dalam era layanan streaming multi-platform ini, Anda dapat menonton sebagian besar konten di hampir semua perangkat. Namun, TV pintar mungkin merupakan solusi paling sederhana untuk mengakses beragam konten. Anda dapat memiliki tuner terintegrasi plus platform TV pintar dengan aplikasi biasa termasuk Netflix, Amazon Prime, Disney Plus dan sisanya sudah diinstal sebelumnya, dan juga mencolokkannya ke PC dan konsol dan benar-benar memiliki semua opsi yang tercakup.

< blockquote>

TV pintar mungkin merupakan solusi paling sederhana untuk mengakses beragam konten. Anda dapat memiliki tuner terintegrasi plus platform TV pintar dengan aplikasi biasa, dan juga menghubungkannya ke PC dan konsol dan memiliki semua opsi yang tercakup.

Anda tidak akan ketinggalan banyak dengan monitor yang terhubung ke PC. Tetapi beberapa layanan streaming dapat menjadi masalah dalam hal mengakses kualitas streaming tertinggi. Demikian juga, tanpa TV tuner, Anda tidak akan dapat mengakses siaran TV.

Perlu diperhatikan juga bahwa memilih perangkat TV yang sedikit lebih besar akan membuka banyak opsi. TV 4K murah dan tidak begitu murah yang tak terhitung jumlahnya tersedia di segmen 40-inci hingga 48-inci. Bagi sebagian orang, itu terlalu besar untuk penggunaan desktop. Namun, TV kelas ini menawarkan akses ke fitur seperti kemampuan HDR sejati dengan peredupan lokal array penuh dan refresh 120Hz.

Yang lebih menarik lagi, TV OLED LG mulai dari 48 inci dan menghadirkan semua keunggulan OLED biasa termasuk pencahayaan per piksel, kontras tak terbatas, dan respons piksel super cepat. Terlebih lagi, TV yang sedikit lebih besar tidak selalu berarti TV yang lebih mahal. TV 40 inci hingga 43 inci kini termasuk yang paling murah.

Mana yang menawarkan nilai lebih baik?

< p>Untuk nilai semata, TV kecil bisa sangat menarik. Model 1080p 32-inci dapat diperoleh dengan harga di bawah $200 / £200, jenis harga yang tidak membuat Anda terlalu jauh di pasar monitor. Sementara itu, monitor 32 inci kelas atas menghasilkan empat angka.

Tentu saja, itu membandingkan TV 1080p kelas bawah dengan sesuatu seperti monitor 4K HDR. Tetapi katakanlah Anda memiliki sekitar $200 atau angka serupa dalam pound sterling untuk dibelanjakan. Anda akan memiliki pilihan TV 1080p 32 inci yang masuk akal dengan fungsionalitas cerdas bawaan yang mendukung aplikasi streaming biasa, meskipun biasanya dari merek yang lebih rendah seperti Insignia NS-32F202NA22. Produsen yang lebih terkenal seperti Samsung, Toshiba, dan LG biasanya harganya sedikit lebih mahal.

Untuk harga yang sama di pasar monitor, Anda akan melihat panel 27-inci 1080p atau 1440p 24-inci. layar. Monitor 1440p 27 inci, yang merupakan sweet spot, harganya sedikit lebih mahal. Monoprice Zero-G Curved Gaming Monitor adalah nilai yang sangat baik untuk model 27 inci, menghasilkan 1440p dan 144Hz hanya dengan $229.

(Kredit gambar: Masa Depan)

Monitor TV kecil vs PC: mana yang harus Anda beli?

Jadi, apa yang membuat layar keseluruhan terbaik, TV kecil atau monitor? Jika kualitas gambar optimal, monitor menang dengan mudah. Demikian juga, untuk akses mudah ke berbagai konten, gunakan TV.

Pilihan rumit ada di antara dua kutub itu. TV kecil dan murah dapat memberikan tampilan serba bagus untuk segala hal mulai dari bermain game dan menonton film hingga komputasi sesekali. Anda mendapatkan banyak sekali layar dengan uang yang sangat sedikit. Di sisi lain, semakin sering Anda cenderung menggunakan layar tertentu dengan PC, semakin banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dari monitor. Itu berlaku untuk semuanya, mulai dari menjelajahi web hingga bermain game di PC. Beberapa hal, seperti kecepatan refresh yang sangat tinggi hanya dapat diperoleh di monitor, bukan di TV.

Kami juga menyarankan untuk mempertimbangkan perangkat TV yang sedikit lebih besar dalam kisaran 40 inci. Bagi sebagian orang, itu mungkin tidak praktis dalam hal ukuran tipis. Namun segmen pasar yang sedikit lebih besar itu menawarkan lebih banyak pilihan dalam hal spesifikasi dan seringkali tanpa penalti harga yang besar.

  • Apakah Anda seorang gamer besar? Lihat rincian TV Gaming vs Monitor Gaming kami


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik TV 32 inci sebagai monitor komputer

CARA MENJADIKAN TV KITA SEBAGAI MONITOR KOMPUTER

  • Penulis: MFI EDUCATION
  • Tanggal posting: 2020-12-16
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9760 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

√ 8 Rekomendasi TV LED 32 Inch Harga Murah Terbaik 2022

  • Penulis: www.bhinneka.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 6970 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: TV LED 32 Inch tak pelak menjadi pilihan banyak orang yang ingin menonton acara TV dan film di rumah dengan nyaman dan mengasyikkan.

TV atau Monitor – Mana Satu Untuk Sambung Ke Laptop Saya – ERATUKU

  • Penulis: www.eratuku.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6459 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Use your TV as a computer monitor: Everything you need to know

  • Penulis: www.pcworld.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 6693 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Will that big, sexy screen look as good on your desk as it does in your living room? Let’s dig into the specifics of using an HDTV with your PC.

Cara Menggunakan Televisi Sebagai Monitor Komputer

  • Penulis: id.wikihow.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9204 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Cara Menggunakan Televisi Sebagai Monitor Komputer. Butuh layar yang lebih besar? Mungkin Anda harus membuat suatu presentasi, tetapi tidak punya proyektor, sehingga Anda harus melakukannya di televisi definisi tinggi berukuran 50 inci…

Online Mall Blibli.com, Sensasi Belanja Online Shop ala Mall

  • Penulis: www.blibli.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 7472 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

[ask]LCD TV 32 Inch dengan resolusi 1920 x 1080 sebagai layar Komputer

  • Penulis: www.kaskus.co.id
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4271 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Numpang nanya gan.. dengan Resolusi Layar 1920 x 1080 ane pengen nie layar buat layar LCD Komputer dan TV… yang saya tanyakan masih bagus ndak ya kalo diliat dari jarak dekat buat desain photoshop… ane pengen layar yg 32″ pengen kualitas yg oke tp harga yg murah.. mungkin ada agan2 yg sudah menggunakan sebagai layar komputer , gmn hasilnya yah?penasaran + pengen beli tapi takut hasilnya n

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi