Panduan membeli laptop: 8 tips penting yang perlu diketahui sebelum Anda membeli – jenis komputer apa yang harus dibeli

Panduan membeli laptop ini memberi tahu Anda apa yang harus dicari di laptop dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli.

Anda sedang menonton : jenis komputer yang akan dibeli

Laptop cukup ringkas untuk dibawa, namun cukup fleksibel untuk menjalankan aplikasi yang menuntut. Notebook adalah alat terbaik untuk melakukan pekerjaan serius atau bermain baik Anda di rumah, di jalan, atau di ruang kelas perguruan tinggi. Untuk alasan tersebut, kami telah menyusun daftar laptop bisnis terbaik dan laptop perguruan tinggi terbaik, belum lagi peringkat laptop terbaik kami untuk sebagian besar pengguna .

Sementara tablet dan smartphone mandiri adalah selalu populer, kebanyakan orang menyadari bahwa segala sesuatu mulai dari mengetik makalah penelitian hingga mengunyah video hingga bermain game berfungsi lebih baik di laptop. Jadi jenis laptop apa yang harus Anda dapatkan? Kami menyusun panduan pembelian laptop untuk membantu Anda.

Ada berbagai macam ukuran, fitur, dan harga, yang membuat memilih laptop terbaik menjadi suatu tantangan. Itulah mengapa Anda perlu mencari tahu apa kebutuhan Anda. Selain itu, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan apakah Anda harus membeli laptop rekondisi.

Tips Singkat

Ini adalah hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih laptop baru. Untuk detail lebih lanjut, lihat bagian di bawah.

  • Layar 12,5 hingga 14 inci menawarkan keseimbangan terbaik antara kegunaan dan portabilitas. Layar yang lebih besar baik-baik saja jika Anda tidak banyak bepergian dan model yang lebih kecil cocok untuk anak-anak.
  • Jika Anda menghabiskan lebih dari $600, bidik untuk spesifikasi minimum berikut: Core i5 atau Ryzen 5 CPU 1920 x 1080 layar 8GB RAM dan SSD Penyimpanan, bukan hard drive.
  • 9+ jam masa pakai baterai sangat ideal jika Anda berencana membawa laptop ke mana saja.
  • Pertimbangkan < strong>laptop 2-in-1 (baik yang dapat ditekuk atau dilepas) jika Anda ingin menggunakan laptop sebagai tablet. Jika tidak, notebook clamshell standar mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.
  • Chromebook baik untuk anak-anak dan pelajar serta mereka fungsionalitas berkembang pesat. laptop Windows 10 dan MacBook keduanya menawarkan banyak fungsi; platform mana yang Anda sukai adalah masalah selera pribadi.

1. Pilih platform: Windows 10 vs. Mac vs. Chrome OS?

Ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab, terutama jika Anda tidak terbiasa dengan Mac dan PC. Namun gambaran singkat tentang kekuatan dan kelemahan setiap platform ini akan membantu.

Sebagian besar laptop dilengkapi dengan salah satu dari tiga sistem operasi: Windows, Chrome OS atau MacOS (hanya untuk MacBook). Memilih yang tepat adalah preferensi pribadi, tetapi inilah ringkasan singkat dari apa yang ditawarkan masing-masing.

Windows 10

Sistem operasi paling fleksibel, Windows 10, berjalan di lebih banyak model laptop dibandingkan Chrome OS atau MacOS. Notebook Windows memiliki kisaran harga mulai dari di bawah $150 hingga beberapa ribu dolar dan menawarkan beragam fitur mulai dari layar sentuh hingga pembaca sidik jari hingga chip grafis ganda. Windows 10, versi terbaru dari sistem operasi andalan Microsoft, menyediakan sejumlah peningkatan pada Windows 7 dan 8, termasuk kemampuan untuk beralih antara mode tablet dan desktop, menu Start yang dirubah dengan Live Tiles dan Asisten digital Cortana.

Sejak diluncurkan pada Juli 2015, Windows 10 juga telah menambahkan sejumlah peningkatan, termasuk kemampuan untuk menggunakan pertanyaan lanjutan dengan Cortana, menelusuri email Anda menggunakan bahasa alami, dan gunakan stylus Anda untuk mencoret-coret hampir di mana saja. Laptop Windows 10 sangat bagus untuk pelajar, peneliti, dan pengguna bisnis, dan mereka adalah satu-satunya mesin yang harus dipertimbangkan oleh para gamer.

LEBIH LANJUT: 100+ Tips Windows 10 untuk Membantu Anda Menguasai OS Microsoft 

Apple macOS

(Kredit gambar: Laptop Mag)

Semua MacBook hadir dengan sistem operasi desktop terbaru Apple, macOS Big Sur. Secara keseluruhan, sistem operasi ini menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan berbeda pada antarmuka yang menggantikan dok aplikasi di bagian bawah layar untuk menu Mulai dan bilah tugas Microsoft. Alih-alih asisten digital Cortana, pengguna Mac mendapatkan Siri. Mereka juga dapat melakukan transaksi dengan Apple Pay, menerima panggilan atau SMS dari ponsel, dan membuka kunci laptop dengan Apple Watch.

Namun, macOS tidak dibuat untuk sentuhan, karena tidak ada MacBook yang dilengkapi dengan layar sentuh. Sistem operasi macOS Big Sur terbaru menghadirkan aplikasi iPad ke Mac (dan aplikasi iPad dan iPadOS dapat berjalan secara native di M1 Mac), serta peningkatan besar pada browser Safari dan Siri.

LEBIH LANJUT: MacBook Air vs MacBook Pro: Apa yang Harus Anda Beli?

Chrome OS

Ditemukan di Chromebook murah seperti Samsung Chromebook 3. OS Google sederhana dan aman, tetapi lebih terbatas daripada Windows atau macOS. Antarmuka pengguna sangat mirip Windows dengan menu aplikasi, desktop, dan kemampuan untuk menyeret jendela, tetapi aplikasi utama yang Anda gunakan adalah browser Chrome. Kelemahannya adalah banyak “aplikasi web” yang Anda gunakan tidak berfungsi dengan baik saat offline. Namun, itu berubah karena semua Chromebook baru, termasuk Google PixelBook kelas atas, sekarang dapat menjalankan aplikasi Android.

Jika Anda memerlukan perangkat untuk menjelajahi Web dan memeriksa email, menavigasi jejaring sosial, dan mengobrol online, Chromebook sangat portabel dan cenderung menawarkan masa pakai baterai yang baik dengan harga murah. Mereka juga sangat populer di sekolah dan orang tua karena sulit bagi anak-anak untuk terinfeksi malware dan lebih fungsional daripada kebanyakan tablet. Jika Anda memerlukan Chromebook, carilah Chromebook dengan RAM minimal 4 GB dan penyimpanan 16 GB. Resolusi 1920 x 1080 lebih disukai dan 4K lebih baik tetapi sangat jarang. Bayar ekstra untuk mendapatkan 2-in-1 jika Anda berencana menggunakan aplikasi Android.

LEBIH LANJUT: Chromebook Terbaik Tersedia Sekarang

2. Putuskan Jika Anda Ingin 2-in-1

Banyak laptop PC termasuk dalam kategori laptop 2-in-1, perangkat hybrid yang dapat beralih antara mode clamshell tradisional, tablet mode dan posisi lain di antaranya seperti mode tenda atau berdiri. 2-in-1 umumnya hadir dalam dua gaya berbeda: dapat dilepas dengan layar yang sepenuhnya lepas dari keyboard dan laptop fleksibel dengan engsel yang dapat ditekuk ke belakang 360 derajat untuk mengubah mode.

Sebagian besar dari sistem ini jauh lebih baik dalam melayani satu tujuan daripada yang lain, dengan laptop yang ditekuk lebih dulu dan yang dapat dilepas menawarkan pengalaman tablet yang superior. Namun, jika Anda tidak melihat perlunya menggunakan notebook sebagai papan tulis, biasanya Anda akan mendapatkan performa lebih untuk uang Anda dengan laptop clamshell tradisional.

LEBIH: Windows Detachable Memiliki Masalah Daya Tahan Baterai yang Besar

3. Pilih Ukuran yang Tepat

Sebelum melihat spesifikasi atau harga, Anda perlu mengetahui seberapa portabel laptop yang Anda butuhkan. Laptop biasanya dikategorikan berdasarkan ukuran layar:

  • 11 hingga 12 inci: Sistem tertipis dan teringan memiliki ukuran 11 hingga 12- layar inci dan biasanya memiliki berat 2,5 hingga 3,5 pon.
  • 13 hingga 14 inci: Memberikan keseimbangan terbaik antara portabilitas dan kegunaan, terutama jika Anda mendapatkan laptop dengan berat di bawah 4 pon.
  • 15 hingga 16 inci: Ukuran paling populer, laptop 15 inci biasanya memiliki berat 4 hingga 5,5 pon. Pertimbangkan ukuran ini jika Anda menginginkan layar yang lebih besar dan Anda tidak berencana untuk sering membawa notebook. Laptop dengan layar 16 inci jarang ditemukan, tetapi Apple mungkin memulai tren dengan MacBook Pro 16 inci.
  • 17 hingga 18 inci: Jika laptop Anda tetap berada di meja Anda sepanjang hari setiap hari, sistem 17 atau 18 inci dapat memberi Anda jenis kekuatan pemrosesan yang Anda butuhkan untuk memainkan game kelas atas atau melakukan produktivitas tingkat workstation.

4. Pastikan Keyboard dan Touchpad

Spesifikasi paling mengesankan di dunia tidak berarti buruk jika laptop yang Anda beli tidak memiliki ergonomi yang baik. Jika Anda berencana untuk melakukan banyak pekerjaan di komputer Anda, pastikan keyboard menawarkan umpan balik taktil yang solid, banyak perpindahan tombol (jarak tombol turun saat ditekan, biasanya 1 hingga 2mm) dan ruang yang cukup di antara tombol. Jika Anda membeli laptop Windows, pastikan laptop tersebut memiliki driver touchpad Presisi.

Cari touchpad akurat yang tidak memberikan kursor gelisah dan secara konsisten merespons gerakan multisentuh seperti cubit-untuk-zoom. Jika Anda membeli laptop bisnis, pertimbangkan untuk membeli laptop dengan stik penunjuk (alias nub) di antara tombol G dan H sehingga Anda dapat bernavigasi di sekitar desktop tanpa mengangkat jari dari baris beranda keyboard.

5. Pilih Spesifikasi Anda

Komponen notebook seperti prosesor, hard drive, RAM, dan chip grafis dapat membingungkan penggemar notebook sekalipun, jadi jangan merasa buruk jika lembar spesifikasi terlihat seperti sup alfabet bagi Anda.

< p class="vanilla-image-block">

Berikut adalah komponen utama yang harus diperhatikan.

CPU: “Otak” dari komputer Anda, prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja, tetapi tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan, bahkan model yang paling murah pun mungkin cukup baik. Berikut ringkasannya:

  • CPU Intel Generasi ke-11: Intel memperkenalkan prosesor Tiger Lake Generasi ke-1 yang akan memberi daya pada laptop generasi berikutnya. Anda dapat membaca tentang prosesor ini secara lebih mendetail di sini. Ringkasnya, Tiger Lake — chip 10-nanometer — menawarkan grafis Iris Xe terintegrasi yang ditingkatkan dengan kecepatan hingga 4,8Ghz serta dukungan Thunderbolt 4. Merek EVO baru menetapkan parameter untuk laptop top, termasuk masa pakai baterai minimal 9 jam.
  • Intel Core i9: Mengganti Core i7 sebagai yang terbaik line CPU dari Intel, prosesor Core i9 memberikan kinerja yang lebih cepat daripada chip seluler lainnya. Hanya tersedia di laptop premium, workstation, dan rig gaming kelas atas, CPU Core i9 hanya sepadan dengan harga premiumnya jika Anda adalah pengguna bertenaga yang menggunakan program dan aplikasi paling menuntut.
  • Intel Core i7: Selangkah lebih maju dari Core i5, model dengan angka yang berakhir di HQ atau K menggunakan watt yang lebih tinggi dan memiliki empat core, memungkinkan game dan produktivitas yang lebih cepat. Ada juga chip Core i7 Y series yang memiliki daya dan performa lebih rendah. Perhatikan CPU yang memiliki nomor model 10 karena mereka adalah bagian dari Seri Core Generasi ke-10 dan ke-11 dari Intel, dan menawarkan kinerja yang lebih baik.
  • Intel Core i5: Jika Anda mencari laptop mainstream dengan kombinasi harga dan performa terbaik, dapatkan laptop dengan CPU Intel Core i5. Model yang berakhiran U adalah yang paling umum. Model dengan Y pada namanya berdaya rendah dan memiliki performa yang lebih buruk sementara model dengan HQ menggunakan watt lebih banyak dan muncul di sistem game dan stasiun kerja yang lebih tebal. CPU Tiger Lake Generasi ke-11 terbaru Intel memiliki empat inti, dan sejumlah fitur berguna, termasuk dukungan Wi-Fi 6, integrasi Thunderbolt 4, dan AI yang lebih baik.
  • Intel Core i3: Performa hanya selangkah di bawah Core i5 dan begitu pula harganya. Jika Anda mungkin dapat meningkatkan ke Core i5, kami merekomendasikannya.
  • Intel Xeon: Prosesor yang sangat kuat dan mahal untuk workstation seluler besar. Jika Anda melakukan teknik kelas profesional, pemodelan 3D, atau pengeditan video, Anda mungkin menginginkan Xeon, tetapi Anda tidak akan mendapatkan daya tahan baterai yang baik atau laptop yang ringan.
  • Intel Pentium / Celeron: Biasa di laptop di bawah $400, chip ini menawarkan kinerja paling lambat, tetapi dapat dilakukan jika tugas utama Anda adalah menjelajahi web dan mengedit dokumen ringan. Jika Anda dapat membayar lebih untuk mendapatkan Core i3 atau i5, Anda akan lebih baik.
  • Intel Core m / Core i5 / i7 “Seri Y:” Daya rendah dan panas rendah memungkinkan sistem dengan prosesor ini bekerja tanpa kipas. Performanya lebih baik daripada Celeron, tetapi setingkat di bawah seri Core U biasa.
  • AMD Ryzen 4000 dan Ryzen 5000: Satu set chip baru yang dirancang untuk bersaing dengan Intel Core i5 dan Core i7. Kami telah menemukan chip Ryzen 4000 dan Ryzen 5000 untuk mengungguli prosesor Intel Core yang setara. Misalnya, CPU Ryzen 5 4500U memberikan kinerja yang hampir sama dengan CPU Intel Core i7. Anda tidak hanya mendapatkan kinerja dan daya tahan yang luar biasa, tetapi laptop yang dilengkapi Ryzen 4000 dan Ryzen 5000 cenderung lebih murah daripada rekan-rekan Intel mereka.
  • Seri AMD A, FX, atau E: Ditemukan pada laptop murah, prosesor AMD — perusahaan menyebutnya sebagai APU daripada CPU —  memberikan kinerja yang layak untuk uang yang cukup baik untuk menjelajah web, melihat media, dan produktivitas.
  • Apple M1 : Yang pertama dari silikon khusus Apple, chip M1 berbasis ARM mengalahkan persaingan dalam hal kinerja dan daya tahan mentah. Ditemukan di MacBook Air dan MacBook Pro 

LEBIH: CPU Laptop Mana yang Tepat untuk Anda?< /span>

RAM: Beberapa laptop di bawah $250 hadir dengan hanya 4GB RAM, tetapi idealnya Anda ingin setidaknya 8GB aktif bahkan sistem anggaran dan 16GB jika Anda dapat menghabiskan sedikit lebih banyak. Bagi kebanyakan orang, 32 GB atau lebih lebih dari cukup, sementara 64 GB ke atas disediakan untuk pengguna bertenaga.

Drive Penyimpanan (SSD): Yang lebih penting daripada kecepatan CPU Anda adalah kinerja drive penyimpanan Anda. Jika Anda mampu membelinya dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, dapatkan laptop dengan solid state drive (SSD) daripada hard drive, karena Anda akan melihat setidaknya tiga kali kecepatan dan laptop yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

Di antara SSD, unit PCIe x4 (alias NVME) yang lebih baru menawarkan kecepatan tiga kali lipat dari drive SATA tradisional. Laptop di bawah $250 menggunakan memori eMMC, yang secara teknis solid-state tetapi tidak lebih cepat dari hard drive mekanis.

Tampilan: Semakin banyak piksel yang Anda miliki, semakin banyak konten yang Anda dapat pas di layar, dan tampilannya akan semakin tajam. Sayangnya, beberapa laptop murah masih memiliki layar 1366 x 768 dan begitu juga beberapa laptop bisnis, tetapi jika Anda mampu membelinya, sebaiknya bayar ekstra untuk panel yang berjalan di 1920 x 1080, juga dikenal sebagai Full HD atau 1080p. Laptop kelas atas memiliki layar berukuran 2560 x 1600, 3200 x 1800, atau bahkan 3840 x 2160 (4K), yang semuanya terlihat tajam tetapi mengonsumsi lebih banyak daya, sehingga menurunkan masa pakai baterai Anda.

Kualitas tampilan lebih dari sekadar resolusi. Panel IPS memiliki rentang warna dan kecerahan, jadi baca ulasan kami untuk mengetahui apakah laptop yang Anda pertimbangkan memiliki tampilan yang bagus. Kami biasanya mencari peringkat warna sRGB lebih dari 100% dan kecerahan lebih dari 300 nits. Jika Anda menginginkan kualitas gambar terbaik dan tidak peduli dengan masa pakai baterai, pertimbangkan tampilan OLED. Anda juga harus memperhatikan teknologi tampilan yang akan datang pada laptop, termasuk miniLED.

Layar Sentuh: Jika Anda membeli laptop clamshell biasa, bukan laptop 2-in-1, Anda tidak akan mendapatkan banyak manfaat dari layar sentuh dan Anda akan mendapatkan masa pakai baterai 1 hingga 2 jam lebih sedikit. Pada 2-in-1, layar sentuh menjadi standar. Jika Anda masih menginginkan layar sentuh, lihat halaman laptop layar sentuh terbaik kami.

Chip Grafis: Jika Anda tidak bermain game PC, membuat objek 3D atau melakukan pengeditan video beresolusi tinggi, chip grafis terintegrasi (yang berbagi memori sistem) akan baik-baik saja, terutama grafis Iris Xe terbaru Intel. Namun, jika Anda memiliki salah satu kebutuhan di atas, prosesor grafis diskrit dari Nvidia atau AMD sangat penting.

Seperti halnya CPU, ada chip grafis kelas atas dan bawah. Sistem game atau workstation kelas bawah saat ini biasanya memiliki GPU Nvidia MX450 atau GTX 1660, sedangkan model kelas menengah memiliki RTX 2050 atau RTX 2060 dan model kelas atas memiliki chip seri 30 seperti RTX 3070 atau 3080 GPU. Nvidia mengelola daftar (terbuka di tab baru) chip grafisnya dari kelas bawah hingga kelas atas.

Pesaing Nvidia, AMD, adalah vendor pilihan Apple untuk kartu grafis, meskipun Anda sebaiknya tidak membeli MacBook untuk bermain game. AMD meluncurkan Radeon RX 5600M dan GPU Radeon RX 5700M tahun lalu. AMD juga menyimpan daftar kartu grafisnya.

Port: Meskipun tidak adanya port biasanya bukan merupakan pemecah masalah saat memilih laptop, ada baiknya untuk mendapatkan koneksi yang Anda butuhkan langsung di sistem, daripada harus membawa banyak dongle. Sebagian besar laptop mainstream akan memiliki port USB 3.0 dan HDMI out untuk video. Namun, semakin banyak laptop yang menggunakan port USB Type-C atau Thunderbolt 3 dan Thunderbolt 4 yang kompatibel dengan USB Type-C.

Mendapatkan Tipe-C adalah nilai tambah yang pasti karena Anda dapat menggunakannya untuk menyambungkan ke pengisi daya dan dok universal. Jika Anda bisa menunggu, USB 4 akan segera hadir dengan kecepatan transfer yang lebih cepat dan kemampuan untuk merangkai monitor 4K dengan satu kabel. Koneksi berguna lainnya termasuk slot kartu SD, jack headphone, dan port Ethernet (terutama jika Anda seorang gamer).

Konektivitas: Jika Anda perlu menggunakan laptop saat bepergian, pertimbangkan untuk membeli notebook dengan dukungan 4G LTE atau 5G. Anda harus membayar untuk paket berlangganan data, tetapi ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses internet jauh dari router. Jika Anda menginginkan laptop dengan opsi konektivitas terbaru dan terbaik, temukan laptop dengan dukungan Wi-Fi 6. Wi-Fi 6 menawarkan peningkatan throughput teoretis dan koneksi yang lebih stabil daripada 802.11ac.

Kami juga menyarankan untuk mencari laptop dengan Bluetooth 5, standar terbaru yang menawarkan peningkatan konektivitas dengan perangkat berkemampuan Bluetooth, seperti mouse dan headphone.

DVD/Blu- ray Drives: Beberapa laptop dilengkapi dengan drive optik, karena semua perangkat lunak dan film dapat diunduh, meskipun kami telah melacak laptop dengan drive DVD. Namun, jika Anda benar-benar perlu membaca/menulis disk dan laptop pilihan Anda tidak dilengkapi dengan drive DVD internal, Anda selalu dapat membeli drive eksternal yang terhubung melalui USB dengan harga di bawah $20.

6. Jangan Berhemat pada Masa Pakai Baterai

Jika Anda membeli notebook berukuran besar atau perangkat game yang hanya akan Anda gunakan di meja dekat stopkontak, Anda tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterai. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan laptop di pangkuan Anda, meskipun di rumah dan atau di kantor, Anda memerlukan daya tahan setidaknya 7 jam, dengan 8+ jam yang ideal. Untuk menentukan masa pakai baterai notebook yang diharapkan, jangan ambil kata-kata pabrikan untuk itu. Sebagai gantinya, baca hasil pihak ketiga dari sumber yang objektif, seperti ulasan kami.

LEBIH LANJUT: Laptop dengan Masa Pakai Baterai Terpanjang

< h2 id="7-plan-based-on-your-budget">7. Rencanakan Berdasarkan Anggaran Anda

Saat ini, Anda dapat membeli laptop yang dapat digunakan dengan harga di bawah $200, tetapi jika Anda dapat menganggarkan lebih banyak, Anda akan mendapatkan sistem dengan kualitas pembuatan yang lebih baik, kinerja yang lebih kuat, dan tampilan yang lebih baik. Inilah yang bisa Anda dapatkan untuk setiap kisaran harga.

  • $150 hingga $250: Notebook yang paling murah adalah Chromebook, yang menjalankan OS Google yang berfokus pada browser, atau yang rendah -akhiri sistem Windows dengan penyimpanan minimal dan prosesor yang lebih lambat, seperti HP Stream 11 dan Dell Inspiron 11 3000. Gunakan ini sebagai komputer sekunder saja atau berikan kepada anak-anak.
  • $350 hingga $600: Dengan harga di bawah $600, Anda bisa mendapatkan notebook dengan CPU Intel Core i5 atau AMD A8 , 4 hingga 8GB RAM, dan hard drive 500GB, semua spesifikasi yang terhormat. Namun, dengan harga ini, kebanyakan notebook tidak memiliki SSD, layar full-HD, atau masa pakai baterai yang lama. Ada beberapa pengecualian penting, seperti Acer Aspire E 15 dan Asus Chromebook Flip C434.
  • $600 hingga $900: Saat Anda mendapatkan di atas $600, Anda akan mulai melihat lebih banyak desain premium, seperti lapisan logam. Pabrikan juga mulai menambahkan fitur lain saat Anda menaiki tangga harga, termasuk layar beresolusi lebih tinggi dan SSD. Lenovo IdeaPad 530s dan Asus ZenBook UX333FA adalah contoh laptop bagus yang menawarkan semua keuntungan ini dengan harga lebih murah.
  • Di atas $900: Pada kisaran harga ini, harapkan notebook yang lebih portabel, lebih bertenaga, atau keduanya. Harapkan layar dengan resolusi lebih tinggi, prosesor lebih cepat, dan mungkin grafik diskrit. Ultraportabel paling ringan dan tahan lama, seperti Apple MacBook Air dan Dell XPS 13, cenderung berharga lebih dari $1.000 (walaupun Anda bisa mendapatkan Dell dengan harga lebih murah jika Anda jangan pilih layar sentuh). Sistem game kelas atas dan workstation seluler biasanya berharga lebih dari $1.500 atau bahkan hingga $2.500 atau $3.000.

LEBIH: Laptop Terbaik Di bawah $500

8.Mind the Brand

Laptop Anda hanya sebagus perusahaan yang berdiri di belakangnya. Dukungan teknis yang akurat dan tepat waktu adalah yang terpenting, itulah sebabnya Laptop Mag mengevaluasi setiap merek utama dalam Pertunjukan Dukungan Teknis tahunan kami. Tahun lalu Apple berada di tempat pertama, diikuti oleh kisah besar tahun ini: Razer, sementara Dell melengkapi tiga besar.

Dukungan hanyalah bagian dari apa yang membuat merek notebook bernilai uang Anda. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana pabrikan menghadapi persaingan dalam hal desain, nilai dan pemilihan, kinerja tinjauan, dan kriteria lainnya. Dalam laporan Merek Laptop Terbaik dan Terburuk 2020 kami, HP menempati urutan pertama, diikuti oleh Asus dan Dell. Kami juga memberi peringkat merek laptop gaming, dengan MSI menempati posisi pertama dan Acer dan Alienware melengkapi tiga besar.

Panduan Laptop


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik jenis komputer apa yang harus dibeli

6.2 Juta | Paket Komputer Lengkap Kuat Gaming | Udah Monitor, Mouse & Keyboard !

  • Penulis: DK ID
  • Tanggal posting: 2021-03-20
  • Nilai: 4 ⭐ ( 2231 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: solusi buat harga laptop yang tinggi

    Link Pembelian 3 Tahun Garansi Resmi
    https://bit.ly/3c8Rk6Z

    ==============================
    Official Store DK ID
    Shopee : https://bit.ly/2ZenGWy
    Tokopedia : https://bit.ly/3zVDVYF
    ==============================
    ADMIN WA STORE
    Ardi : 081294858561 | https://wa.me/message/ZQZCNJNPTCYZE1
    April : 085792049879 | https://wa.me/message/5QOTWJBYTS2KA1
    ==============================
    ADMIN YOUTUBE BUSINESS
    dkidbusiness@gmail.com
    WA:08155555566
    ==============================
    Barang bekas review kadang saya jual disini
    https://bit.ly/2ZenGWy
    maaf kemarin linknya mati, tapi sekarang udah diperbaiki.
    ========================================
    Yang suka tanya di komen, punya budget segini enaknya beli apa ?
    Nih, udah di kategorikan. cek aja dulu buat referensi
    Maaf kemarin Linknya rusak, sekarang udah diperbarui.
    Barang Elektronik Terbaik VERSI DK ID 2021
    ========================================
    REKOMENDASI LAPTOP Terbaik Update 2021 (Harga masih gilak2an)
    Kalau gak butuh2 banget mending gak usah
    1-2 Jutaan : https://bit.ly/3sJlEKb
    2-3 Jutaan : https://bit.ly/3tNxKn8
    Diatas itu laptop bekas ya, mulai dari bawah ini yang baru
    3-4 JUTAAN : https://bit.ly/3sJ9dhA
    4-5 JUTAAN : https://bit.ly/2PdqBgD
    5-6 JUTAAN : https://bit.ly/3dKgGsg
    6-7 JUTAAN : https://bit.ly/3gxRCXC
    7-8 JUTAAN : https://bit.ly/2QTaJ3h
    8-10 JUTAAN : https://bit.ly/3gvSKef
    10 – 11 JUTAAN : https://bit.ly/3sPkz3O
    11- 12 Jutaan : https://bit.ly/2ZETZOm
    12-13 Jutaan : https://bit.ly/2PcItrY
    13-14 jutaan : https://bit.ly/2ZG1CnT
    14-15 Jutaan : https://bit.ly/3sD4iic
    15 – 16 jutaan : https://bit.ly/3ve1vOg
    16 – 25 jutaan : https://bit.ly/2Qtz67T
    ========================================
    Rekomendasi Hape Terlaris Berdasarkan Harga
    500rb – 1 juta : https://bit.ly/3veesaM
    1 Juta- 2 juta : https://bit.ly/32ExdI3
    2 Juta – 3 Juta : https://bit.ly/3eqHzAF
    3 Juta – 4 Juta : https://bit.ly/3pKtQs8
    4 Juta – 5 Juta : https://bit.ly/3sLaWTz
    5 Juta – 6 Juta : https://bit.ly/3sDdOBS
    6 Juta – 7 Juta : https://bit.ly/2PdD97M
    7- 8 Juta : https://bit.ly/2QpMDxl
    8 – 10 Juta : https://bit.ly/2P4Qv6o
    12- 15 juta : https://bit.ly/3xkemA4
    ========================================
    Rekomendasi Aksesoris BPJS
    TWS Murah Terlaris dibawah 100rb
    Inpods i12 : https://bit.ly/3nhlkBh
    Vyatta : https://bit.ly/2ROz36Y
    Rekomendasi TWS 500K – 1 JUTA
    nokia : https://bit.ly/3ndaJat
    ========================================
    Smartwatch Dibawah 300RB
    T500 : https://bit.ly/32CwvuL
    Haylo LS : https://bit.ly/2PcIZGq
    Dibawah 2 Juta
    Amazfit : https://bit.ly/3dJzCI0
    Huawei Fit : https://bit.ly/32IYpVW
    ========================================
    Android TV Terlaris
    Changhong : https://bit.ly/3ayda2g
    40 Inch dibawah 3 juta : https://bit.ly/32IYxVq
    50 Inch dibawah 4 Juta : https://bit.ly/32IYxVq
    MI TV STICK 500RB : https://bit.ly/2PdEJGK
    ========================================
    Follow juga social media kita di :
    handika setiabudi : https://instagram.com/handikasetiabudi
    DK ID : https://www.instagram.com/dklaptop/
    Website : http://dklaptop.co.id
    DK ID Official Store
    https://bit.ly/3h6ryAl

Apa Itu Komputer “Mainframe” yang Ingin Dibeli BPRD DKI? Halaman all

  • Penulis: tekno.kompas.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 3578 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: BPRD DKI ingin membeli komputer mainframe seharga Rp 128 miliar, apa bedanya dengan komputer biasa? Halaman all

Jenis Jenis Komputer (Serta Fungsi dan Kegunaannya)

  • Penulis: therohani.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 9107 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Apakah jenis-jenis komputer yang ada di pasaran? Contoh komputer peribadi, mudah alih, atas meja, tablet & server. Klik untuk baca fungsinya.

Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

  • Penulis: jalantikus.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 2599 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Berencana membangun PC gaming idamanmu? Sebelum kamu menghabiskan uangmu, alangkah baiknya kamu mengikuti panduan singkat tentang berbagai macam komponen yang harus kamu perhatikan dalam merakit PC gaming.

Memilih Jenis Komputer

  • Penulis: pnb20902.wordpress.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 6574 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pos tentang Pertimbangan pilihan yang tepat yang ditulis oleh lain2009

10 Tipe Dan Jenis Komputer

  • Penulis: www.kaskus.co.id
  • Nilai: 3 ⭐ ( 8204 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: No Repost:repost Ada banyak istilah yang digunakan untuk menggambarkan komputer, mulai dari ukuran, fungsi penggunaan, dan kemampuan dari komputer. Sebagian orang menggambarkan komputer sebagai perangkat yang menerima input dari pengguna (melalui mouse atau keyboard), memroses input tersebut, dan menampilkan hasilnya pada monitor. Sebenarnya apa itu komputer? Istilah komputer sebenarnya bisa diter

5 Komputer PC All In One Terbaik Untuk Dibeli di 2020

  • Penulis: www.centerklik.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 8602 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Berikut daftar komputer PC All In One Terbaik dengan harga terjangkau untuk berbagai pilihan seperti gaming, kantoran, rumahan, layar sentuh dan kemewahan

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Top 16 Daftar Pinjol Resmi Ojk 2021 Agustus Update