Pemecahan Masalah Firewall Dasar – cara memperbaiki masalah firewall

Firewall Fundamentals,2006, (isbn 1587052210, ean 1587052210), oleh Noonan WJ, Dubrawsky I.

Anda sedang menonton: cara memperbaiki masalah firewall

Tiga situasi dominan dengan firewall memerlukan beberapa bentuk pemecahan masalah:

  • Akses ke sumber daya yang dilindungi dari jaringan yang tidak dilindungi tidak berfungsi dengan benar.

  • Akses ke tidak terlindungi sumber daya dari jaringan yang dilindungi tidak berfungsi dengan benar.

  • Akses ke firewall itu sendiri tidak berfungsi dengan benar.

Memahami hal ini , Anda dapat lebih mempersempit proses menjadi dua hal:

  • Lalu lintas yang melalui firewall

  • Lalu lintas yang menuju firewall.

Untuk membantu dalam kesulitan Untuk mengatasi situasi ini, terapkan daftar periksa pemecahan masalah firewall Anda seperti yang berlaku untuk skenario yang dimaksud.

Memecahkan Masalah Konektivitas Melalui Firewall

Tidak peduli seberapa baik direncanakan, diuji, dan diterapkan, cepat atau lambat nanti Anda akan mengalami masalah dalam mengakses sumber daya melalui firewall. Ada sejumlah alasan untuk ini, tetapi alasan paling umum melibatkan masalah dengan aturan firewall, masalah dengan tabel terjemahan firewall, masalah dengan Terjemahan Alamat Jaringan (NAT), atau masalah dengan cara aplikasi berkomunikasi melalui jaringan. Pendekatan yang baik untuk mengatasi masalah konektivitas melalui firewall adalah dengan menggunakan diagram alur pada Gambar 13-2. Konektivitas pemecahan masalah melalui diagram alur firewall didasarkan pada daftar periksa pemecahan masalah umum tetapi telah dimodifikasi untuk situasi khusus ini.

Gambar 13-2. Memecahkan Masalah Konektivitas Melalui Firewall

Bagian ini membahas setiap langkah dari diagram alur secara bergantian sebagai berikut:

Langkah 1. < /b>

Verifikasi masalahnya.

Langkah 2.

Uji konektivitas.< br/>

Langkah 3.

Pastikan bahwa aplikasi jarak jauh berjalan dan dapat diakses secara lokal.

Langkah 4.

Periksa perubahan terbaru.

Langkah 5.

Tinjau kumpulan aturan firewall.

Langkah 6.

Tinjau konfigurasi terjemahan firewall.

Langkah 7.

Periksa log firewall untuk menemukan kesalahan.

Langkah 8.

Verifikasi konfigurasi firewall.

Langkah 9 .

Pantau lalu lintas jaringan.

Meskipun langkah-langkah ini mungkin tampak seperti langkah-langkah yang sama seperti yang dibahas sebelumnya, langkah ini penting untuk mempertimbangkan konteks masalahnya, yaitu melewati lalu lintas melalui firewall, saat Anda menerapkan setiap h langkah dalam daftar periksa.

Langkah 1: Verifikasi Masalah

Langkah pertama pemecahan masalah adalah selalu memverifikasi bahwa masalah yang dilaporkan adalah masalah yang sedang terjadi, dan bukan hanya merupakan gejala dari masalah. Dalam pemecahan masalah lalu lintas melalui firewall, ini sangat penting karena dalam kebanyakan kasus, pengguna atau teknisi yang melaporkan masalah kemungkinan memiliki pemahaman yang terbatas tentang peran firewall dalam proses komunikasi dengan host di sisi lain firewall. Sering kali, yang mereka tahu hanyalah bahwa lalu lintas melewati firewall (dan karena itu firewall harus menjadi penyebab masalahnya). Dalam kebanyakan kasus, mereka tidak pernah sadar bahwa aplikasi itu sendiri mungkin mengalami masalah (misalnya, jika server sedang down atau aplikasi itu sendiri salah dikonfigurasi).

Langkah 2: Uji Konektivitas

Menguji konektivitas untuk lalu lintas yang melewati firewall lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama saat memecahkan masalah lalu lintas yang ditujukan untuk host yang dilindungi dari jaringan yang tidak dilindungi. Alasannya sederhana: Untuk melindungi host, konfigurasikan firewall untuk menyediakan protokol dan layanan minimum yang diperlukan untuk memungkinkan akses ke sumber daya yang dilindungi. Dalam kebanyakan kasus, ini berarti bahwa lalu lintas seperti lalu lintas ICMP akan diblokir oleh firewall. Akibatnya, mencoba menggunakan alat dan utilitas seperti PING dan traceroute untuk memverifikasi konektivitas bisa jadi sulit jika bukan tidak mungkin dilakukan.

Dalam situasi ini, penting untuk memahami sifat aplikasi atau sumber daya yang sedang dipecahkan masalah dan berpikir di luar kebiasaan dalam hal cara menguji konektivitas. Misalnya, jika Anda mengalami kesulitan mengakses situs web yang dilindungi oleh firewall, ide yang baik untuk memverifikasi konektivitas adalah dengan mencoba melakukan telnet ke port TCP 80. Dengan melakukannya, Anda dapat memverifikasi kemampuan dasar untuk mengakses server web . Jika Anda bisa, itu adalah taruhan yang baik bahwa masalahnya ada hubungannya dengan aplikasi itu sendiri, bukan firewall. Pilihan lain adalah mencoba mengakses server menggunakan protokol yang berbeda, tetapi diizinkan. Misalnya, jika server yang dimaksud bukan hanya server web tetapi juga server ftp, coba buat koneksi FTP ke server. Jika berhasil, Anda setidaknya tahu bahwa host aktif dan merespons lalu lintas jaringan. Ya, Anda masih tidak tahu apakah firewall atau server yang bermasalah, tetapi setidaknya Anda dapat mengesampingkan masalah jaringan dasar sebagai penyebabnya.

Xem Thêm  20 tips dan trik untuk meningkatkan kinerja PC di Windows 10 - percepat komputer windows 10 saya
Langkah 3: Pastikan Aplikasi Jarak Jauh Berjalan dan Dapat Diakses Secara lokal

Salah satu langkah paling penting untuk memecahkan masalah lalu lintas melalui firewall adalah menghapus firewall dari persamaan dan menentukan apakah Anda berhasil mengakses sumber daya. Saya tidak dapat mengungkapkan dengan cukup seberapa cepat orang akan melihat firewall sebagai masalah ketika seringkali aplikasi itu sendiri mengalami masalah. Memverifikasi akses lokal adalah metode termudah untuk mengatur firewall masuk atau keluar.

Misalnya, jika Anda memiliki server web di DMZ yang tidak dapat diakses dari Internet, coba akses situs web dari host pada segmen DMZ yang sama. Jika Anda tidak dapat melakukannya, kemungkinan besar masalahnya tidak ada hubungannya dengan firewall (karena lalu lintas lokal tidak akan melalui firewall). Sebaliknya, jika Anda dapat mengakses sumber daya dari host lokal, kemungkinan besar firewall adalah bagian dari masalah dalam beberapa hal, yang memungkinkan Anda untuk kemudian mulai memfokuskan sumber daya Anda pada firewall itu sendiri.

Langkah 4: Periksa Perubahan Terbaru

Untuk alasan yang sama yang disebutkan sebelumnya, ada baiknya untuk memeriksa untuk menentukan apakah ada perubahan terbaru yang telah dilakukan pada firewall. Pernyataan peringatan yang sama berlaku, namun: Jika perubahan yang dibuat secara logis tidak masuk akal karena terkait dengan masalah yang dihadapi, jangan fokus pada perubahan tersebut. Ingatlah mereka, tetapi beralihlah ke penyebab lain yang lebih mungkin. Terapkan prinsip Occam’s Razor, yang hanya menyatakan bahwa semua hal dianggap sama, penjelasan paling sederhana biasanya adalah penjelasan yang benar.

Misalnya, jika akses ke server web tidak berfungsi dengan baik dan perubahan terakhir itu dibuat adalah untuk konfigurasi VPN firewall, perubahan itu mungkin tidak ada hubungannya dengan masalah yang dihadapi, dan Anda harus mencari penjelasan lain yang lebih masuk akal. Sebaliknya, jika perubahan terakhir adalah pembaruan pada pernyataan terjemahan statis, yang mewakili sumber masalah yang jauh lebih mungkin dan harus diselidiki dengan tepat.

Langkah 5: Tinjau Aturan Firewall

< p>Jika dikonfigurasi dengan benar, semua lalu lintas yang melewati firewall harus diproses oleh aturan firewall. Dengan demikian, aturan firewall adalah salah satu penyebab paling umum masalah lalu lintas yang melewati firewall. Saat meninjau kumpulan aturan firewall, berikan perhatian khusus pada elemen berikut:

  • Pastikan tidak ada kesalahan ketik dalam aturan.

  • Verifikasi protokol dan nomor port yang dirujuk oleh aturan.

  • Verifikasi alamat sumber dan tujuan yang dirujuk oleh aturan.

  • Memverifikasi urutan pemrosesan aturan untuk memastikan bahwa aturan tidak diterapkan dengan cara yang salah.

  • Minta orang lain untuk meninjau aturan untuk memastikan bahwa aturan mengatakan apa adanya seharusnya mengatakan, bukan apa yang Anda pikir itu katakan. Jika Anda pernah melihat e-mail di mana seluruh e-mail salah dieja untuk menunjukkan bagaimana pikiran Anda akan membaca apa yang diharapkan untuk dibaca, itulah yang terjadi di sini. Anda tahu bahwa akses ke server web seharusnya terjadi melalui TCP port 80, yang berarti mudah untuk melihat aturan yang mengizinkan lalu lintas ke UDP port 80 dan tidak menemukan masalah dengan itu karena Anda mengharapkan (dan membaca) TCP.

Xem Thêm  Komputer All-in-One Terbaik untuk 2022 - paling andal semua dalam satu komputer

Meskipun sebagian besar firewall saat ini menawarkan terjemahan stateful, yang memungkinkan lalu lintas kembali diizinkan secara otomatis oleh firewall, beberapa aplikasi seperti X Windows mengembalikan lalu lintas pada port selain dari sebelumnya dikirim dari. Aplikasi ini bisa sangat sulit untuk memecahkan masalah karena aturan mungkin tampak memiliki apa yang diperlukan, hanya untuk menemukan bahwa Anda memerlukan aturan tambahan untuk secara eksplisit mengizinkan lalu lintas kembali. Dalam kasus seperti ini, memeriksa log kesalahan dan memantau lalu lintas jaringan dapat dengan cepat menggambarkan masalah seperti ini.

Langkah 6: Tinjau Konfigurasi Terjemahan Firewall

Karena prevalensi NAT di sebagian besar implementasi firewall, meninjau konfigurasi yang tepat dari pernyataan terjemahan NAT sama pentingnya dengan memverifikasi kumpulan aturan. Lagi pula, jika firewall tidak tahu sistem apa yang seharusnya menerjemahkan lalu lintas ke/dari, tidak masalah apa yang ditentukan oleh aturan, dan oleh karena itu lalu lintas tidak akan dapat mencapai tujuannya. Tinjau aturan terjemahan yang mirip dengan aturan firewall, dengan memberikan perhatian khusus pada hal berikut:

  • Pastikan tidak ada kesalahan ketik dalam pernyataan terjemahan.

  • < li>

    Memverifikasi protokol dan nomor port yang dirujuk oleh pernyataan terjemahan.

  • Memverifikasi alamat sumber dan tujuan yang dirujuk oleh pernyataan terjemahan.

Area lain dalam meninjau aturan terjemahan, terutama untuk koneksi keluar, adalah memastikan bahwa kumpulan terjemahan memiliki jumlah alamat yang memadai untuk jumlah host yang mencoba membuat koneksi keluar. Jika ukuran kumpulan terjemahan terlalu kecil, host tidak akan dapat memperoleh alamat IP yang dapat mereka gunakan untuk membuat koneksi ke host eksternal.

Langkah 7: Periksa Kesalahan pada Log Firewall

< p>Seperti pemecahan masalah firewall umum, log firewall dapat memberikan banyak informasi untuk Anda saat memecahkan masalah konektivitas melalui firewall, memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi masalah dengan aturan firewall, pernyataan terjemahan, konfigurasi firewall, atau perangkat keras. Oleh karena itu, tinjau log firewall untuk hal berikut:

  • Cari kesalahan status Kesalahan status dapat menjadi indikator masalah dengan tabel terjemahan firewall (misalnya, jika Cisco Secure PIX Firewall memiliki nilai terjemahan statis yang salah dikonfigurasi).

  • Mencari lalu lintas yang ditolak Lalu lintas yang ditolak adalah indikator klasik dari kumpulan aturan yang salah dikonfigurasi. Meskipun hampir semua firewall menyertakan pernyataan penolakan implisit di akhir set aturan firewall, untuk membantu pemecahan masalah, menyertakan pernyataan penolakan dan log eksplisit dapat membantu untuk memastikan bahwa lalu lintas yang ditolak dicatat sesuai dengan itu.

  • Mencari kesalahan konfigurasi Seringkali, kesalahan konfigurasi dilaporkan dalam log firewall sebagai peristiwa kesalahan, yang memungkinkan Anda mengidentifikasi kesalahan konfigurasi dengan cepat tanpa perlu meninjau konfigurasi baris demi baris.

  • Mencari kesalahan perangkat keras Log peristiwa adalah salah satu sumber terbaik untuk menemukan kesalahan terkait perangkat keras karena sebagian besar vendor firewall mencatat peristiwa kesalahan perangkat keras di log firewall.

Langkah 8: Verifikasi Konfigurasi Firewall

Selalu merupakan ide yang baik saat memecahkan masalah lalu lintas yang melewati firewall untuk melihat konfigurasi firewall dan mengonfirmasi bahwa semuanya telah dikonfigurasi dengan benar. Misalnya, jika firewall tidak dikonfigurasi untuk merutekan lalu lintas dengan benar, hal itu dapat mencegah lalu lintas yang melewati firewall mencapai tujuan yang diinginkan.

Terapkan logika yang sama untuk memverifikasi konfigurasi seperti yang telah dibahas sebelumnya, membandingkan konfigurasi saat ini ke konfigurasi yang diketahui baik dan memverifikasi bahwa konfigurasi firewall akurat tanpa kesalahan ketik atau kesalahan lainnya.

Langkah 9: Pantau Lalu Lintas Jaringan

Jika Anda masih tidak dapat menentukan penyebab masalah yang Anda alami dengan lalu lintas yang melewati firewall, langkah logis berikutnya adalah menggunakan sniffer untuk memantau lalu lintas jaringan untuk memastikan bahwa lalu lintas bertindak persis seperti yang Anda harapkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan sniffer untuk memverifikasi bahwa lalu lintas benar-benar menggunakan port yang diizinkan oleh aturan firewall Anda.

Contoh lain di mana pemantauan lalu lintas jaringan dapat membantu dalam pemecahan masalah adalah menyediakan bukti bahwa firewall memang melewati lalu lintas antar host, sebagaimana dibuktikan oleh lalu lintas jaringan, dan dengan demikian setiap masalah mengakses aplikasi pada host kemungkinan besar akan menjadi masalah aplikasi.

Pemecahan Masalah Konektivitas ke Firewall

Pemecahan masalah konektivitas ke firewall menggunakan proses yang sama yang telah dirinci dalam bab ini, perbedaannya adalah tujuan lalu lintasnya. Satu perbedaan yang harus diperhatikan adalah bahwa tidak seperti lalu lintas yang melewati firewall, yang biasanya memiliki tujuan yang dirancang dan dimaksudkan untuk dapat diakses, firewall tidak selalu dirancang untuk dapat diakses. Hal ini terutama benar ketika mengacu pada antarmuka eksternal firewall, yang dalam banyak kasus tidak boleh dikonfigurasi untuk menerima lalu lintas yang ditujukan untuk antarmuka yang sebenarnya. Akibatnya, sulit untuk memecahkan masalah apakah firewall dapat diakses menggunakan cara konvensional. Namun, dengan cara yang sama, jika Anda dapat mengakses sumber daya di sisi lain firewall, berdasarkan keberhasilan itu firewall online dan beroperasi. Di luar perubahan kecil ini, bagaimanapun, proses pemecahan masalah tidak berbeda dari proses yang dijelaskan sebelumnya dalam bab ini dan dalam Gambar 13-1 dan Gambar 13-2.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara memperbaiki masalah firewall

Mengatasi a firewall may be blocking spotify error code auth 15 ( Indonesia )

  • Penulis: A-jyad-sh
  • Tanggal posting: 2021-08-13
  • Nilai: 4 ⭐ ( 7320 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Maaf lag:( laptopnya kentang gan hehehe….

    IG: https://www.instagram.com/jyad.sh/

Perbaikan Penuh: Kesalahan Pengaturan Firewall 0x80070422 di Windows 10, 7,

  • Penulis: koroglutech.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4515 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

4 Cara Menyetel Ulang (Reset) Firewall Di Windows 10

  • Penulis: www.termasmedia.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1872 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Windows Firewall adalah aplikasi bawaan (built-in app) di Microsoft Windows untuk memblokir program atau aplikasi tertentu dari mengakses internet. Seperti aplikasi lainnya, Windows Firewall juga bisa bermasalah atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Bila demikian, Anda perlu mengembalikan (restore) atau menyetel ulang (reset) Windows Firewall ke pengaturan (settings) default. Ada beberapa cara berbeda menyetel ulang atau reset Windows Firewall di Windows 10

13 Cara Memperbaiki Masalah WiFi Windows 11 Tidak Bekerja ≡ Pengayaan.com

  • Penulis: pengayaan.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 2566 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

VPN Tidak Terhubung: Cara Memperbaikinya

  • Penulis: nordvpn.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 2139 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: VPN tidak terhubung saat Anda ingin menonton siaran langsung pertandingan olahraga bisa membuat frustasi. Ketahui cara mengatasinya di ini.

Memperbaiki Firewall yang Rusak

  • Penulis: ukmnews.blogspot.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 2205 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

WELCOME TO OUR BLOG: CARA MENGATASI FIREWALL (CODE ERROR 200)

  • Penulis: ayodancegmo.blogspot.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1314 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Ulasan Lengkap Lenovo IdeaCentre A540 27": Cocok untuk Rumah & Kantor - lenovo semua dalam satu ulasan komputer