Penjelasan Throttling CPU & Thermal Throttling – cara memperbaiki pelambatan cpu

Throttling CPU & throttling termal. Apakah mereka? Bagaimana Anda memperbaikinya? Haruskah Anda khawatir? Cari tahu di panduan baru kami | Blog Novatech | 2021

Anda sedang menyaksikan: cara memperbaiki throttling cpu

CPU throttling & pelambatan termal menjelaskan: Apa itu dan bagaimana Anda bisa memperbaikinya?

Dalam hal perangkat keras PC, tidak ada yang lebih buruk daripada kinerja yang terbuang percuma. Apalagi jika hal itu mudah diatasi. Pembatasan CPU adalah kejadian yang cukup umum yang dapat ditemui oleh banyak pengguna PC dan laptop, tetapi seringkali mereka hanya bertanya-tanya mengapa sistem mereka terasa lebih lamban daripada yang seharusnya.

Hari ini, kita akan berbicara tentang apa sebenarnya throttling CPU, throttling termal dan mengapa sering salah digunakan untuk menggambarkan yang pertama, serta cara untuk mengidentifikasi dan mengatasinya secara efektif. Kami juga akan membahas mengapa throttling CPU tidak selalu merupakan hal yang buruk, dan bagaimana hal itu sebenarnya membantu menjaga sistem tetap dingin.

Throttling CPU dan throttling termal – apa bedanya?

Pembatasan CPU dan pembatasan termal sering digunakan secara bergantian untuk menggambarkan prosesor yang beroperasi lebih lambat dari yang diharapkan, dan umumnya dikaitkan dengan sistem yang berjalan terlalu panas. Meskipun ini tidak sepenuhnya melenceng, itu juga tidak sepenuhnya benar. Mereka terkait sangat erat dalam hal ini, tetapi ada perbedaan penting yang harus dibuat antara keduanya.

Pembatasan CPU mengacu pada teknologi yang disebut Penskalaan Frekuensi Dinamis, di mana prosesor membatasi penarikan dayanya dalam keadaan tertentu. Fungsi ini digunakan oleh prosesor untuk mencapai keseimbangan antara kecepatan clock, penarikan daya, dan suhu operasi yang aman, untuk menjaga chip seefisien mungkin.

Penskalaan Frekuensi Dinamis
Anda mungkin memperhatikan di tangkapan layar bahwa prosesor saya lebih dari 100% dari Maksimumnya. Ini karena saya menjalankan overclock ringan.

 

Namun seperti yang kami sebutkan sebelumnya, hanya karena CPU Anda mengalami pelambatan, bukan berarti CPU mengalami pelambatan termal…

Mengapa CPU Anda melambat?

Cara cepat dan mudah untuk mengatasi pelambatan CPU adalah mulai dengan memeriksa Paket Daya Windows Anda. Seperti disebutkan sebelumnya, throttling adalah proses yang mengatur frekuensi dan suhu, yang dilakukan dengan mengatur tegangan. Dengan kata lain, jika ia menarik lebih sedikit daya, ia berjalan lebih lambat dan lebih dingin. Dan seperti yang mungkin sudah Anda duga dari namanya, Windows Power Plans dapat mengubah voltase maksimum yang diizinkan dari prosesor Anda.

Cara menghentikan pelambatan CPU di Win 10

Buka Panel Kontrol > Perangkat Keras dan Suara > Opsi Daya:

Anda akan melihat tiga opsi yang tersedia untuk dipilih: Power Saver, Balanced, dan High Performance.

Windows Power Plans

Periksa Paket Daya mana yang saat ini dipilih. Mode Power Saver dan Balanced akan membatasi CPU Anda dalam keadaan yang berbeda, untuk menghemat daya, menurunkan suhu, dan mengurangi kebisingan sistem secara keseluruhan. Meskipun ini terutama memengaruhi CPU saat tidak digunakan atau melakukan tugas minimal, hal ini dapat memengaruhi kinerja di aplikasi lain juga, seperti game atau perangkat lunak kreatif seperti yang disertakan dalam Adobe Creative Cloud. Jadi, jika salah satu dari paket ini saat ini dipilih, pilih opsi Kinerja Tinggi sebagai gantinya.

Xem Thêm  Komputer Terbaik Untuk Pengeditan Video 2021: Panduan Lengkap Teratas - komputer terbaik untuk mengedit video 2021

Atau, dengan Power Plan yang Anda pilih saat ini, navigasikan ke:

Ubah Setelan Paket > Ubah Pengaturan Daya Lanjutan > Manajemen Daya Prosesor

Kemudian, periksa di bawah Kebijakan Status Prosesor Minimum dan Maksimum.

Opsi Paket Daya

Di bawah bagian CPU dari HWMonitor, Anda akan melihat tiga suhu terdaftar; suhu saat ini, minimum, dan maksimum dari “Paket” CPU Anda. Suhu ini akan bervariasi tergantung pada prosesor yang Anda miliki, serta kemanjuran solusi pendinginan Anda. Hal utama yang harus diperhatikan adalah suhu saat ini dan maksimum. Jika, saat idle, CPU Anda tampak lebih panas dari yang seharusnya, maka ini adalah indikator yang baik bahwa ada sesuatu yang salah dengan solusi pendinginan Anda.

Anda juga dapat melakukan referensi silang suhu ini dengan memeriksa spesifikasi pabrikan untuk melihat suhu operasi maksimum CPU Anda. Untuk Intel, ini dapat ditemukan di Intel’s Ark, sementara AMD akan mencantumkan spesifikasi yang relevan di halaman produk masing-masing. Saat tidak digunakan, suhu rata-rata yang konsisten antara 30-50 °C cukup normal, tetapi jika lebih dari itu dapat menimbulkan kekhawatiran.

Dengan asumsi bahwa tidak ada masalah termal yang jelas atau mengkhawatirkan saat idle, seperti sebelumnya, gunakan sistem Anda seperti biasa, serta lakukan beberapa tugas berat CPU jika Anda bisa. Anda dapat mengunduh alat tolok ukur seperti Cinebench, tetapi bahkan hanya permainan strategi berbasis giliran modern dengan banyak pemain AI dapat melakukan triknya.

Awasi suhu tersebut secara menyeluruh untuk melihat bagaimana suhu berfluktuasi antara beban kerja ringan dan beban kerja intensif. Sebagai aturan praktis, ketika prosesor Anda berada di bawah beban kerja yang lebih berat, idealnya Anda tidak ingin melihat apa pun yang melebihi 70-80% dari suhu operasi maksimum prosesor. Anda juga ingin memeriksa Windows Resource Monitor lagi. Di sinilah Anda dapat membandingkan dan melihat korelasi apa pun antara Frekuensi Maksimum prosesor dan suhu di bawah beban yang berbeda.

Jika selama pengujian Anda menemukan bahwa Frekuensi Maksimum turun secara signifikan di bawah 100% saat CPU berada pada suhu yang lebih tinggi tersebut, kemungkinan sistem Anda memang mengalami pelambatan termal.

Cara menghentikan pelambatan termal

Seperti yang telah kami tetapkan sekarang, pelambatan termal terjadi sebagai akibat langsung dari prosesor yang terlalu panas. Tapi apa sebenarnya yang bisa menyebabkan overheating? Pelaku utamanya biasanya:

Aliran udara yang buruk – baik dari solusi pendinginan yang tidak memadai, atau penumpukan debu yang berlebihan, yang dapat menyumbat kipas, ventilasi, dan unit pendingin.

Kipas – yang rusak, terhalang, salah memasang, atau menggunakan setelan RPM yang terlalu rendah.

Heat sink CPU yang tidak dipasang dengan benar – artinya pendingin tidak melakukan kontak yang tepat dengan prosesor.

Dalam hal pendingin air – orientasi pendingin yang buruk, pompa rusak, atau penguapan cairan pendingin dari waktu ke waktu.

Jaga Kebersihan

Satu hal yang tidak akan pernah dilakukan oleh banyak pengguna PC sehari-hari adalah membersihkan sistem mereka. Mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi percayalah, kami telah melihat banyak kasing yang penuh dengan debu dan bulu halus sehingga kami hampir tidak dapat mengetahui perangkat keras apa yang ada di dalam mesin.

Selain mempertaruhkan kehilangan semua harta benda duniawi Anda dalam kebakaran listrik yang parah, penumpukan debu di PC dapat merusak termal. Ini melindungi komponen Anda, membungkus sirip heat sink dan secara efektif menghilangkan potensi pendinginan apa pun yang mereka berikan, dapat memblokir ventilasi masuk dan keluar udara, dan dapat merusak atau bahkan menghancurkan kipas Anda dari waktu ke waktu, jika mereka menggunakan bantalan fluida.

Jadi, jika Anda mengalami masalah termal dan sudah lama tidak memeriksanya, silakan lakukan. PC Anda, paru-paru Anda, dan pemadam kebakaran akan berterima kasih.

Cukup mudah untuk melakukannya, dengan beberapa opsi berbeda, tetapi sejauh ini yang paling efektif biasanya adalah “Kaleng Udara”, yang pada dasarnya hanya aerosol bertekanan tinggi yang akan menghilangkan penumpukan debu tanpa masalah.

Xem Thêm  PC gaming terbaik di tahun 2022 - komputer game terbaik untuk uang

Can of Air

Pastikan Anda juga membersihkan PC di suatu tempat dengan ventilasi yang baik, untuk membantu mencegah debu mengendap di casing dan meminimalkan kemungkinan bersin yang tidak terkendali. Tentu saja, sebelum membersihkan atau mengutak-atik apa pun di sistem Anda, pastikan mesin benar-benar dimatikan dan dicabut terlebih dahulu.

Setelah sistem Anda segar dan bebas debu, periksa kembali apakah di mana pun Anda meletakkan PC Anda memungkinkan aliran udara tanpa batas. Dengan kata lain, cobalah untuk menjaga sistem bersih dari karpet dengan tumpukan tinggi, atau ruang tertutup yang akan menjebak udara panas yang dikeluarkan dari komputer. Ini akan membantu memastikan bahwa sistem dapat mengalirkan udara dingin sebanyak mungkin melalui casing dan di atas komponennya, sehingga membantu pendinginan prosesor Anda.

Penggemar

Jika Anda memberi PC Anda sedikit pembersihan pegas, maka saat casing terbuka, Anda dapat memeriksa apakah kipas juga berfungsi dengan baik. Bagi mereka yang tidak memiliki panel samping kaca yang mewah, ambil kesempatan untuk mem-boot sistem dengan panel mati. Anda akan dapat melihat apakah semua kipas berputar setelah sistem sepenuhnya diinisialisasi, serta apakah mereka macet atau tersangkut pada kabel terdekat. Kemudian Anda dapat mengatasi masalah yang sesuai, apakah itu dengan menyesuaikan posisi kabel dan membersihkan penghalang lainnya, atau mengganti kipas sepenuhnya.

Bagaimana kipas Anda dipasang adalah hal lain yang perlu diperiksa. Tanpa menyebutkan nama apa pun, ada beberapa pembuat sistem yang terkenal sering membuat PC dengan kesalahan kecil, seperti orientasi kipas casing. Jika Anda menggunakan sistem yang hanya memiliki satu kipas buang, penting bahwa itu benar-benar mengeluarkan udara.

Untuk memeriksa apakah kipas Anda diarahkan dengan benar, mulailah dengan mengidentifikasi kipas mana dalam sistem yang bertindak sebagai asupan, dan kipas yang bertindak sebagai knalpot. Secara umum, intake akan terletak di bagian depan kasing, sementara knalpot akan dipasang di bagian belakang dan atas kasing. Kemudian, konfirmasikan arah yang menghadap kipas dengan mencari kisi-kisi berbentuk salib ini.

Arah Aliran Udara Kipas

Jika kipas mengeluarkan udara, kipas harus dipasang sedemikian rupa sehingga sisi kipas ini menghadap keluar dari casing. Jika menghadap ke dalam, maka kipas tidak menguras tenaga sama sekali, melainkan membawa udara sejuk masuk. Hal utama yang harus diperhatikan di sini adalah tidak ada dua kipas yang saling berhadapan secara langsung; misalnya, jika kipas pendingin CPU Anda mendorong udara ke bagian belakang casing, maka kipas yang dipasang di belakang juga harus mengeluarkan udara panas tersebut.

Terakhir, mungkin saja kipas sistem Anda berputar lebih lambat dari yang seharusnya. Terkadang, kipas akan disetel untuk berputar lebih lambat dari kecepatan maksimumnya agar mesin tetap tenang. Tentu saja, hal ini dapat berdampak negatif pada termal sebagai akibatnya, terutama di bawah beban kerja yang lebih berat. Ini dapat diubah dengan mengubah “kurva kipas” baik melalui BIOS motherboard Anda, atau perangkat lunak pihak ketiga. Jika Anda belum pernah memiliki pengalaman menggunakan BIOS motherboard sebelumnya, periksa situs web produsen. Banyak yang menawarkan perangkat lunak Windows 10 mereka sendiri untuk mengedit pengaturan melalui desktop Anda.

Kurva Kipas BIOS

CPU Heat Sink dan Pendingin Air

Jika Anda telah membersihkan sistem, mengatasi masalah berbasis kipas, dan masih mengalami masalah dengan suhu CPU yang tinggi, penyebabnya mungkin adalah pendingin CPU Anda.

Masalah paling umum dengan unit pendingin CPU adalah saat tidak terpasang sepenuhnya pada prosesor. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan tetapi paling sering merupakan akibat dari pemasangan yang tidak tepat. Bagaimanapun, ini berarti bahwa pelat pendingin tidak melakukan kontak penuh dengan CPU sehingga panas yang dihasilkan oleh prosesor tidak dapat ditransfer dengan benar ke pendingin. Dalam hal ini, pendingin harus dilepas, dan pasta termal dibersihkan dari pelat dingin dan prosesor, kemudian diterapkan kembali sebelum mencoba memasang kembali unit pendingin. Ini bukan proses yang paling mudah, terutama untuk pemula, dan kami sarankan untuk berbicara dengan ahli yang dapat membantu menilai situasinya, serta kemungkinan memasang ulang unit pendingin jika ternyata memang ini masalahnya.

Pemasangan Pendingin CPU

Namun, jika sistem Anda kebetulan menggunakan solusi pendingin air AIO, mungkin ada penyebab tambahan untuk pelambatan termal. Karena bagaimana AIO dirancang, ada tiga masalah tambahan yang dapat terjadi.

Masalah pertama dan paling umum adalah orientasi blok air dan radiator yang buruk. Kami membahas cara yang benar untuk memasang AIO di posting sebelumnya, tetapi pada dasarnya, jika orientasinya buruk, pendingin dapat mengalami masalah dengan kantong udara di pompa. Selain buruk untuk masa pakai pompa, hal ini juga membatasi kemudahan dalam memindahkan air melalui loop, sehingga mengurangi efektivitas pendingin.

Orientasi AIO Terbaik
Cara Terbaik untuk Memasang AIO

 

Masalah potensial kedua dapat terjadi setelah beberapa tahun penggunaan yang sangat teratur, di mana air dalam loop perlahan-lahan menguap seiring waktu, menghasilkan pendingin yang jauh lebih tidak efisien. Jika ini terjadi bersamaan dengan orientasi yang buruk, bahkan mungkin AIO akan berhenti mengalirkan air melalui loop sama sekali, menjadikannya tidak berguna. Ini dapat diperbaiki dengan mengisi ulang loop dengan cairan pendingin yang sesuai, asalkan AIO menawarkan cara mengakses loop. Jika tidak, maka pendingin perlu diganti.

Yang terakhir, dan biasanya lebih buruk dari ketiganya, adalah kegagalan pompa total. Jika pompa berhenti berfungsi maka air tidak akan dipindahkan di sekitar loop dan melalui radiator, sehingga tidak ada panas yang dipindahkan dari prosesor. Ini seharusnya lebih jelas, karena secara umum, sistem yang menggunakan AIO menjalankan prosesor kuat yang menghasilkan banyak panas; jika pompa AIO gagal maka prosesor tersebut akan dengan cepat mencapai suhu maksimumnya yang akan mengakibatkan sistem mati.

Tergantung pada tingkat keahlian Anda, bermain-main dengan perangkat keras PC Anda bisa sangat menegangkan. Jadi, jika Anda menduga salah satu dari masalah ini bisa menjadi penyebab pelambatan termal Anda dan tidak merasa nyaman menangani dan menginstal ulang perangkat keras PC, hubungi ahlinya. Kami juga mengenal beberapa orang yang dapat Anda hubungi baik secara online atau melalui telepon di sini.

Xem Thêm  Top 40 Harga Samsung Z Flip 3 Update

Sebagai catatan terakhir, mungkin saja tidak ada yang salah dengan pendingin CPU Anda. Seringkali, beberapa model CPU dikirimkan dengan pendingin stok yang tidak seefektif mungkin. Tentu, mereka mungkin bisa menjaga prosesor tetap dingin di bawah beban kerja yang lebih ringan, tetapi mereka akhirnya bisa terlalu mengandalkan CPU Throttling saat keadaan menjadi sulit. Tentu saja, perbaikan yang mudah di sini adalah cukup tingkatkan pendingin Anda ke pendingin yang lebih baik. Cara cepat untuk mengetahui jenis pendingin apa yang cukup adalah dengan menggunakan peringkat TDP prosesor Anda. Pendingin CPU akan memiliki watt terukur maksimum yang efektif, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan bahwa rating watt lebih tinggi dari TDP prosesor Anda yang terdaftar.

Itu saja

Mudah-mudahan, sekarang Anda telah berhasil mempersempit sumber pelambatan CPU Anda. Apakah itu Windows Power Plans yang menimbun volt, atau selimut debu halus yang membuat prosesor Anda panas dan terganggu! Seperti halnya apa pun di dunia komputer, ada banyak pemecahan masalah yang terlibat, tetapi dengan sedikit keberuntungan, panduan ini telah membantu memberi Anda beberapa tempat yang baik untuk memulai.

Seperti biasa, jika Anda memiliki pertanyaan atau pemikiran untuk kami sampaikan, tulis di komentar di bawah!


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara memperbaiki pelambatan cpu

Thermal Throttling | Easy Fix 🔧 | ThrottleStop | UPDATED! [NoLags]

alt

  • Penulis: TechTweek
  • Tanggal posting: 2021-04-08
  • Nilai: 4 ⭐ ( 5372 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: ThrottleStop is a small application designed to monitor for and correct the three main types of CPU throttling that are being used on many laptop computers.

    The left side of ThrottleStop contains a variety of options that can be used to bypass CPU throttling and on the right side is a Monitoring panel that shows you the current state of each thread on your CPU.

    Some laptops are using clock modulation and multiplier reductions to lower the performance and power consumption of your computer. This is done deliberately to either allow your computer to run cooler or to allow your laptop to operate with a power adapter that is not sufficient to fully power your laptop and recharge its battery at the same time.

    When using ThrottleStop, it is strongly recommended to monitor power consumption at the wall with a Kill-a-Watt meter or similar device and make sure that you don’t exceed the power capabilities of your power adapter. Use of ThrottleStop to bypass these throttling schemes is at your own risk and can result in permanent damage to your power adapter or computer or both which may not be covered by your warranty.

    Timestamps for the methods :
    0:00 Introduction
    1:55 Method I
    5:13 Method II
    7:10 Method III

    For Download Link – https://arenaoftech.com/post/how-to-fix-cpu-thermal-throttling/

    Get FREE BITCOIN worth Rs. 150 on downloading the CoinSwitch Kuber app : https://coinswitch.co/in/refer?tag=tqVN

    Love my voice? You can hire me on your creative work as a voice artist.
    Contact: tweektech@gmail.com

    More Important Videos:-

    Windows 11 on Old PC?:-https://youtu.be/fiKKGUX25aQ
    Protect Your Privacy: https://youtu.be/T44C8cBRHeg
    Optimize Low-End PC:-https://youtu.be/Ev5M1uzLRmY
    Disable Windows 10 Updates:-https://youtu.be/zkaaLjAk6b4
    Best Screen Recorder For Low-End PC:-https://youtu.be/c-jORLBH1Uk

    My Gears:-
    Microphone:- (IN) https://amzn.to/3ne9ZnF (US) https://amzn.to/2Yu42bM
    U-Pop Filter:- (IN) https://amzn.to/3ndLaIp (US) https://amzn.to/3l41Mj5
    Laptop:- (IN) https://amzn.to/3nss9Cr (US) https://amzn.to/3hetmJw
    Keyboard:- (IN) https://amzn.to/3nssgxR (US) https://amzn.to/3nbKlQv
    Mouse:- (IN) https://amzn.to/3yOWcpT (US) https://amzn.to/3yXSt9k
    Speakers:- (IN) https://amzn.to/3BPTe6k (US) https://amzn.to/2WXoEZP

    More Articles:-
    Are Graphics Card Necessary for Screen Recording?: https://arenaoftech.com/post/are-video-cards-necessary-for-screen-recording/
    Boost Gaming Performance:- https://youtu.be/I7lYJMqlDkU​

    Watch the full video or else you might face some errors.

    It would make my day if you could also follow me on:
    🌈 Instagram: https://www.instagram.com/vibro.nium/
    🎵 Music: https://www.youtube.com/channel/UCBjVORQIi4vQJCjYddXTK8A
    🎶 SoundCloud:- https://soundcloud.com/vibro0fficial

    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    T H A N K Y O U F O R W A T C H I N G !
    P L E A S E L I K E A N D S U B S C R I B E !
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Intel Ryzen ThermalThrottling

Cara Mengatasi CPU Usage 100% yang Bikin Laptop Overheating

  • Penulis: www.acerid.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5812 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: CPU usage 100% di Task Manager spontan membuat performa laptop menjadi sangat lambat dan overheat. Meski begitu, ada banyak opsi untuk menurunkannya dengan cepat.

Inilah cara memperbaiki masalah throttle CPU Surface Book 2 untuk selamanya

  • Penulis: id.windows10updater.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 2420 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Surface Book 2 tidak diragukan lagi salah satu perangkat tablet hybrid terbaik di pasaran, tetapi banyak pengguna melaporkan Surface CPU 2 masalah throttle CPU. Masalah ini akan berdampak negatif pada kinerja Anda, tetapi ada cara untuk memperbaikinya. Bagaimana saya bisa memperbaiki pelambatan game Surface Book 2

CPU Panas dan Cara Mengatasi, Penyebab dan Cara Memperbaiki

  • Penulis: abi-blog.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9200 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: CPU Panas dan Cara Mengatasi, penyebab : CPU Usage, Virus, Overclocking, Pemakaian lama, Software berat, Pasta Thermal mengering, Kipas sumbat

√ 7+ Cara Mengatasi CPU Usage 100% di Windows 7,8,10 (Jitu!)

  • Penulis: www.leskompi.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 8685 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: CPU Usage suka naik 100% tiba-tiba, nah jangan khawatir, pakai cara ini untuk mengatasinya supaya normal lagi. Untuk Windows 7, 8, 10

Cara Memeriksa Suhu CPU di Windows 11 & 10

  • Penulis: br.atsit.in
  • Nilai: 5 ⭐ ( 8212 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Cara Mengatasi CPU Usage 100% pada Windows 10 [SOLVED]

  • Penulis: www.tedieka.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 7611 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Artikel tutorial tentang cara mengatasi CPU usage 100% pada laptop windows yang sangat mudah. Tiga langkah ini akan membuat CPU kembali normal seperti biasa.

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi