Perbaiki: Adaptor Jaringan Tidak Terdeteksi di Windows 10 – cara memperbaiki adaptor jaringan windows 10

Windows 10 adalah versi terbaru dan terhebat dari Sistem Operasi Windows, tetapi masih jauh dari kesempurnaan. Di antara banyak masalah yang Windows 10

Anda sedang menonton: cara memperbaiki adapter jaringan windows 10

Windows 10 adalah Sistem Operasi Windows versi terbaru dan terhebat, tapi itu jauh, jauh dari kesempurnaan. Di antara banyak masalah yang dihadapi pengguna Windows 10 dari seluruh dunia adalah adapter jaringan mereka dan driver mereka tidak berfungsi di Windows 10. Beberapa pengguna Windows 10 yang terpengaruh oleh masalah ini tidak melihat adapter jaringan mereka terdaftar di < strong>Pengelola Perangkat, beberapa komputer pengguna ini gagal mengenali adaptor jaringan mereka, dan, dalam beberapa kasus, adaptor jaringan tidak berfungsi meskipun mereka dikenali dan terdaftar di Pengelola Perangkat< /strong>.

Perlu diingat bahwa untuk melakukan beberapa langkah dalam solusi di bawah ini, Anda memerlukan konektivitas Internet, jadi, Anda dapat menggunakan adaptor USB, kabel ethernet, koneksi Wi-Fi, atau koneksi Bluetooth (misalnya, menggunakan internet seluler melalui Bluetooth) untuk melakukan langkah-langkah tersebut.

Matikan Perangkat Anda dan Cabut Kabel Dayanya

Kesalahan sementara pada daya opsi perangkat Anda (seperti adaptor jaringan dimasukkan ke “tidur nyenyak” oleh OS) dapat menyebabkan adaptor jaringan tidak terdeteksi di Windows 10. Dalam hal ini, mematikan perangkat Anda dan mencabut kabel dayanya dapat menyelesaikan masalah.< /p>

  1. Matikan PC Anda dan cabut kabel dayanya. Untuk laptop, lepas baterainya.
  2. Sekarang tahan tombol daya selama menit lalu pergi sistem dicabut selama 30 menit.
  3. Kemudian hubungkan kembali kabel daya ke sistem Anda (untuk laptop, pasang kembali baterainya) dan hidupkan sistem untuk memeriksa apakah masalah adaptor jaringan sudah bersih.

Jika masalah berlanjut dan Anda menggunakan laptop, Anda dapat menguras baterai laptop dan setelah itu, periksa apakah masalah teratasi.

Gunakan Pemecah Masalah Adaptor Jaringan

Microsoft telah menggabungkan Windows 10 dengan banyak pemecah masalah untuk memecahkan masalah sistem umum dan salah satu pemecah masalah tersebut adalah Pemecah Masalah Adaptor Jaringan. Sebelum masuk ke solusi yang lebih teknis, sebaiknya jalankan Pemecah Masalah Jaringan untuk menyelesaikan masalah.

  1. Klik kanan Windows dan buka Setelan.
  2. Sekarang pilih Perbarui & Keamanan dan buka tab Pemecahan Masalah.
  3. Kemudian buka Pemecah Masalah Tambahan (di panel kanan) dan luaskan Adaptor Jaringan .
  4. Sekarang klik Jalankan Pemecah Masalah dan terapkan saran dari pemecah masalah.
  5. Kemudian periksa apakah adaptor jaringan terdeteksi di Windows 10.

Perbarui Driver Sistem ke Versi Terbaru

Driver jaringan Anda mungkin tidak ditampilkan di Pengelola Perangkat jika driver sistem sudah usang. Dalam hal ini, memperbarui driver sistem (terutama, driver chipset) dapat menyelesaikan masalah. Namun sebelum itu, periksa apakah mencopot pemasangan pembaruan Windows terbaru (jika masalah dimulai setelah pembaruan Windows) menyelesaikan masalah adaptor jaringan.

  1. Secara manual perbarui driver sistem ke terbaru yang dibangun. Jangan lupa untuk memeriksa situs web OEM untuk driver sistem yang diperbarui. Jika OEM Anda memiliki utilitas pembaruan (seperti Dell Support Assistant), gunakan utilitas tersebut untuk memperbarui driver.
  2. Setelah driver sistem diperbarui, periksa apakah masalah adaptor jaringan telah teratasi.
  3. < /ol>

    Jika masalah berlanjut, Anda dapat mencoba driver yang lebih lama atau memutar kembali ke driver adaptor jaringan yang lebih lama untuk menyelesaikan masalah.

    Edit Pengaturan Paket Daya

    Adaptor jaringan mungkin tidak terdeteksi di Windows 10 jika pengaturan daya perangkat Anda membuat adaptor “tidur”. Dalam konteks ini, mengedit pengaturan rencana daya sistem Anda dapat memecahkan masalah adaptor jaringan.

    1. Klik kanan Windows dan pilih Opsi Daya.
    2. Sekarang, di panel kanan, klik Pengaturan Daya Tambahan dan buka Ubah Pengaturan Paket.
    3. Kemudian klik di Ubah Setelan Daya Lanjutan dan perluasSetelan Adaptor Nirkabel.
    4. Sekarang perluas Mode Hemat Daya & setel Dengan Baterai dan Terpasang ke Kinerja Maksimum (jika sudah disetel ke Kinerja maksimum, lihat bagian bawah solusi ini).< /li>
    5. Kemudian terapkan perubahan Anda dan cabut kabel daya laptop Anda.
    6. Sekarang matikan sistem Anda (jangan mulai ulang) lalu hidupkan sistem Anda.
    7. Kemudian periksa apakah masalah adaptor jaringan telah teratasi. Jika demikian, Anda dapat menyambungkan kembali kabel daya laptop.

    Jika pada langkah 4 opsi On-Battery atau Plugged-in sudah disetel ke Performa Maksimum, setel opsi ke mode Hemat Daya dan matikan PC Anda. Kemudian ikuti langkah-langkah di atas dan periksa apakah itu menyelesaikan masalah adaptor jaringan.

    Nonaktifkan Fitur Fast Startup Windows 10

    Fast Startup membantu PC Anda untuk boot dengan cepat (seperti namanya menyarankan) tetapi karena memulihkan sistem dari keadaan campuran antara hibernasi dan dimatikan, itu mungkin “mengabaikan” sumber daya penting dan dengan demikian menyebabkan masalah yang dihadapi. Dalam skenario ini, menonaktifkan fitur Fast Startup Windows 10 dapat menyelesaikan masalah.

    1. Klik kanan Windows dan buka Power Options.
    2. Sekarang buka Additional Power Settings dan di jendela yang muncul, klik Choose What the Power Buttons Do.
    3. Kemudian klik pada Ubah Setelan yang Saat Ini Tidak Tersedia dan di bagian bawah jendela, hapus centang Aktifkan Startup Cepat.
    4. Sekarang simpan perubahan Anda dan matikan PC Anda (jangan restart).
    5. Kemudian nyalakan PC Anda dan periksa apakah sudah bersih dari jaringan masalah adaptor.

    Tampilkan Perangkat Tersembunyi di Pengelola Perangkat dan Instal Ulang Adaptor Jaringan

    Adaptor jaringan mungkin tidak ditampilkan di perangkat aktif tetapi ada di tersembunyi perangkat. Dalam kasus ini, mencopot pemasangan adaptor jaringan yang tersembunyi dan memasangnya kembali dapat menyelesaikan masalah.

    1. Klik Windows, ketik: Command Prompt , dan klik kanan padanya. Sekarang pilih Jalankan sebagai Administrator.
    2. Sekarang jalankan yang berikut:
      SET DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1
    3. Kemudian klik kanan Windows dan buka Pengelola Perangkat.
    4. Sekarang, pada bilah menu, klik Lihat dan pilih Tampilkan Perangkat Tersembunyi.
    5. Kemudian luaskan Network Adapters dan periksa apakah kartu jaringan tersembunyi ditampilkan (sedikit berwarna abu-abu entri).
    6. Jika demikian, klik kanan pada jaringan tersembunyi adaptor dan pilih Copot pemasangan.
    7. Kemudian tanda centang opsi Hapus Perangkat Lunak Driver untuk Perangkat Ini (jika tersedia) dan klik Copot Pemasangan.
    8. Sekarang ulangi hal yang sama untuk semua driver jaringan tersembunyi.
    9. Setelah adaptor jaringan tersembunyi dicopot, boot ulang PC Anda dan setelah reboot, che ck jika adaptor jaringan terdeteksi di Windows.
    10. Jika tidak, periksa apakah menginstal driver terbaru dari situs web OEM menyelesaikan masalah adaptor.

    Gunakan Command Prompt untuk Mengatur Ulang Adaptor

    Jika masalah terus berlanjut bahkan setelah mencoba solusi di atas, Anda dapat mencoba prompt perintah administrator untuk menyelesaikan masalah adaptor jaringan.

    1. Klik Windows, ketik: Command Prompt, klik kanan padanya dan pilih Run as Administrator.
    2. Sekarang jalankan cmdlet berikut di Command Prompt:
      netsh int ip reset reset.txt
      
      setel ulang netsh winsock
      
      netsh advfirewall reset
    3. Kemudian boot ulang PC Anda setelah keluar dari Command Prompt dan periksa apakah masalah adaptor jaringan sudah bersih.
    4. Jika yang tidak berhasil, periksa apakah menjalankan cmdlet berikut di Command Prompt menyelesaikan masalah adaptor jaringan:
      netcfg -v -u dni_dne

    Nonaktifkan Perangkat yang Bertentangan di Pengelola Perangkat

    Adaptor jaringan mungkin tidak ditampilkan di Pengelola Perangkat jika perangkat yang bentrok menghalangi pengoperasian adaptor jaringan. Dalam konteks ini, menonaktifkan perangkat yang bentrok di Pengelola Perangkat (adaptor PCMCIA dilaporkan menyebabkan masalah) dapat menyelesaikan masalah.

    1. Klik kanan Windows dan pilih Pengelola Perangkat.
    2. Kemudian luaskan adaptor PCMCIA dan klik kanan pada adaptor (misalnya, O2Micro OZ6912/601/711E0 CardBus/SmartCardBus Controller).
    3. Sekarang pilih Nonaktifkan Perangkat dan konfirmasi untuk menonaktifkan perangkat.
    4. Kemudian ulangi hal yang sama untuk adaptor VPN dan VMWare.
    5. Sekarang mulai ulang sistem Anda dan periksa apakah masalah adaptor jaringan telah teratasi.

    Jika itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba menonaktifkan semua perangkat yang tidak penting satu per satu untuk menemukan yang bermasalah.

    Copot Pemasangan Aplikasi yang Bertentangan

    Windows 10 mungkin tidak menampilkan adaptor jaringan di Pengelola Perangkat jika aplikasi (terutama klien VPN seperti Junos VPN) menghalangi modul jaringan dari OSnya. Dalam skenario ini, mencopot pemasangan aplikasi yang bentrok (seperti Cisco AnyConnect) dapat menyelesaikan masalah.

    1. Klik kanan Windows dan pilih Aplikasi & Fitur.
    2. Kemudian perluas aplikasi berbasis VPN (seperti Cisco AnyConnect) dan klik Copot pemasangan.
    3. Sekarang konfirmasi untuk mencopot pemasangan aplikasi VPN dan boot ulang PC Anda.
    4. Setelah reboot, periksa apakah adaptor jaringan berfungsi dengan baik.
    5. Jika tidak, Anda dapat mencopot pemasangan aplikasi terkait VMware dan menyalakan ulang PC Anda untuk memeriksa apakah itu menyelesaikan masalah adaptor jaringan.< /li>

    Jika masalah terus berlanjut, Anda dapat membersihkan boot PC Anda untuk mengetahui aplikasi yang bermasalah (seperti Visio 2016).

    Sumber:

    Edit Pengaturan BIOS PC Anda

    Windows 10 mungkin tidak menampilkan adaptor jaringan di Pengelola Perangkat jika BIOS sistem Anda kedaluwarsa atau tidak dikonfigurasi dengan benar. Dalam skenario ini, memperbarui BIOS sistem atau mengonfigurasi BIOS sistem dengan benar dapat memecahkan masalah.

    Peringatan: Risiko Anda tanggung sendiri saat mengedit BIOS sistem (atau memperbarui itu) adalah keterampilan yang mahir dan jika tidak dilakukan dengan benar, Anda dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem/data Anda.

    Nonaktifkan/Aktifkan Adaptor Jaringan di Pengaturan BIOS

    1. Boot sistem Anda ke BIOS dan luaskan Nirkabel.
    2. Sekarang, di panel kiri, pilih Perangkat Nirkabel Diaktifkan, dan di panel kanan, hapus centang WLAN.
    3. Kemudian hapus centang Bluetooth dan terapkan perubahan Anda (jangan keluar dari BIOS).
    4. Sekarang, di panel kiri, luaskan tab System Configuration dan pilih NIC Terintegrasi.
    5. < li>Kemudian, di panel kanan, pilih Disabled dan terapkan perubahan Anda.

    6. Sekarang boot sistem ke Windows dan setelah sepenuhnya boot ke Windows, matikan sistem Anda.
    7. Kemudian boot ke BIOS dan aktifkan Nirkabel, Bluetooth, dan LAN bawaan.
    8. Sekarang boot sistem Anda ke Windows dan centang jika adaptor jaringan berfungsi dengan baik (Anda mungkin harus menginstal driver terbaru dari situs web OEM).

    Perbarui BIOS ke Versi Terbaru

    1. Perbarui BIOS sistem ke versi terbaru (sesuai OEM):
      • Dell
      • HP
      • Lenovo
      • Gateway
      • MSI
    2. Setelah BIOS diperbarui, periksa apakah masalah adaptor jaringan telah teratasi.

    Reset BIOS ke Default dan Kosongkan Memori CMOS

    < ol>

  4. Boot Sistem Anda ke BIOS dan di dekat bagian bawah panel kanan, klik Pulihkan Pengaturan (atau Load Defaults).
  5. Kemudian konfirmasi untuk memulihkan Pengaturan BIOS dan setelah selesai, boot ke Windows setelah keluar dari BIOS.
  6. Sekarang semoga adapter jaringan terdeteksi di Device Manager Windows 10.

Jika tidak, maka Anda mungkin harus kosongkan memori CMOS (untuk instruksi detail, periksa metode 2 dari cara memperbaiki BSOD Manajemen Memori) dengan menarik keluar sel pada motherboard dan tunggu setidaknya 5 menit. Kemudian tempatkan kembali sel dan hidupkan sistem untuk memeriksa apakah masalah adaptor jaringan telah teratasi (Anda mungkin harus menyetel hard drive Anda sebagai opsi boot pertama di BIOS).

Jika masalah berlanjut, Anda dapat memperbaiki adaptor jaringan di Windows 10 dengan melakukan pemutakhiran di tempat (unduh file ISO Windows 10 dan luncurkan sebagai administrator) sistem Anda untuk menyelesaikan masalah adaptor jaringan.

Melihat informasi lebih lanjut terkait topik cara memperbaiki adaptor jaringan windows 10

How to fix network adapter Windows 10 ? | [Quick fix]

  • Penulis: Tech Frenzy
  • Tanggal posting: 2019-09-22
  • Nilai: 4 ⭐ ( 8325 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Here is a short video on how to fix network adapters after the latest update on Windows 10.

    Music: Good Vibes
    https://www.youtube.com/watch?v=2sFxUXs_bTA

    Windows10 NetworkAdapter NotWorking

Cara Reset Network Adapter di Windows 10

  • Penulis: winpoin.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4159 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Meskipun Windows 10 menerima update secara berkala untuk meningkatan performa dan keamanan sistem, terkadang update tersebut juga membawa masalah baru yang ditimbulkan. Contohnya, ketika menginstall Cumulative Update, kebanyakan mengalami masalah terhadap konektivitas internet, misalnya saja seperti koneksi yang lambat atau sama sekali tidak terhubung ke internet. Jika kamu mengalami masalah tersebut dan sedang mencari solusinya,

Cara Memperbaiki Kesalahan “Ethernet Tidak Memiliki Konfigurasi IP yang Valid” di Windows 10 ≡ Pengayaan.com

  • Penulis: pengayaan.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 7826 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Mengatasi Masalah Jaringan di Windows 10

  • Penulis: www.pubindo.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1430 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: apakah anda pengguna PC/Laptop dengan windows 10 yang memiliki problem windows 10 tidak bisa konek internet atau bahkan wifi windows 10 tidak bisa on.

Cara memperbaiki Jaringan Tidak Dikenali di Windows 10/8/7 2022

  • Penulis: id.joecomp.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1309 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Jika Anda menghadapi masalah dengan konektivitas jaringan saat mencoba menyambung ke jaringan, di mana kesalahan mengatakan “Jaringan tidak dikenal”, lihat posting ini.

Cara Mengatasi Network Adapter Yang Hilang di Windows 10

  • Penulis: bintalahe.blogspot.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 2010 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Memperbaiki WiFi Adapter Tidak Berfungsi di Komputer Windows 10/11

  • Penulis: mastertipsorialindo.blogspot.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 6625 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Memperbaiki WiFi Adapter Tidak Berfungsi di Komputer Windows 10/11.
    Jika anda mengalami masalah koneksi jaringan dan internet pada PC Windows 10 atau

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi

Xem Thêm  Hard Drive Hilang Setelah Pembaruan Windows 10 (Solusi 2022) - kesalahan komputer setelah pembaruan windows