Smart TV: Semua yang perlu Anda ketahui – apa itu tv pintar?

Smart TV memudahkan streaming film dan acara, dan model yang lebih baru menawarkan kontrol suara dan integrasi rumah pintar. Tetapi ada beberapa risiko juga.

Anda sedang menonton : apa itu smart tv

Smart TV telah ada selama bertahun-tahun, tetapi hari ini mereka jauh lebih pintar daripada yang mungkin terlihat ketika mereka pertama kali muncul.

Karena layanan streaming telah mengubah cara kita menonton film dan acara TV, TV juga berubah, menambahkan fitur seperti layanan streaming dan kontrol suara. Namun, meskipun sebagian besar TV saat ini dapat disebut sebagai smart TV, namun tidak semuanya sama.

Jadi, dapatkah smart TV benar-benar lebih baik daripada perangkat streaming terbaik? Bagaimana dengan masalah privasi? Dan mana yang paling cerdas? Spesifikasinya juga akan bervariasi dari satu merek atau model ke merek berikutnya, itulah sebabnya kami menyusun panduan praktis ini.

Baca terus dan kami akan menjawab semua pertanyaan umum Anda tentang smart TV.

1. Apa itu TV pintar?

“TV bodoh” lama — yang hanya dapat menampilkan konten dari antena HDTV, kabel, atau sumber A/V lainnya — akan segera dirilis. Dunia yang terhubung saat ini mengharapkan sesuatu yang sedikit lebih cerdas. Dengan prosesor yang kuat, konektivitas internet, dan perangkat lunak yang mudah dinavigasi, TV modern lebih mirip smartphone atau tablet daripada TV tabung di masa lalu. (Lihat Cara membeli TV bodoh — dan mengapa Anda ingin untuk melihat lebih dalam tentang membuang fungsi TV pintar.)

Smart TV, seperti halnya smartphone dan perangkat rumah pintar, menawarkan konektivitas internet dan dukungan untuk berbagai aplikasi. Ini membuka dunia pilihan hiburan baru, mulai dari streaming video di Netflix dan Hulu hingga bermain game, memeriksa media sosial, dan mengontrol seluruh rumah yang penuh dengan gadget yang terhubung, termasuk terbaik yang kompatibel dengan Alexa perangkat dan perangkat terbaik yang kompatibel dengan Google Home.

Sekarang semakin banyak model yang menyertakan alat pengenalan suara, seperti Amazon Alexa dan Google Assistant, untuk berpindah saluran dan menelusuri program. Sebagian besar smart TV akan bekerja dengan salah satu speaker pintar terbaik yang sudah Anda miliki, dan banyak yang akan menawarkan beberapa atau semua fungsi yang sama yang terpasang langsung di TV.

Smart TV adalah juga mendapatkan fitur rumah pintar yang lebih terintegrasi dan beberapa bahkan termasuk di antara perangkat rumah pintar terbaik. Banyak TV yang kompatibel dengan perangkat lain yang terhubung di rumah, termasuk lampu pintar terbaik, < span>kunci pintar terbaik dan sensor lainnya, dan beberapa TV bahkan menyertakan dasbor khusus untuk mengontrol semua perangkat di rumah Anda yang terhubung.

Namun, fungsinya tidak berhenti di situ. Lihat 11 hal yang tidak Anda ketahui dapat dilakukan oleh smart TV untuk menemukan beberapa kegunaan tak terduga untuk smart TV Anda.

Berikut beberapa yang sedang diobral sekarang:

2. Perusahaan mana yang membuat TV pintar?

Setiap produsen TV besar telah beralih dari TV bodoh, dengan tren menjadikan setiap perangkat “pintar”. Sebagian daftar pembuat TV pintar terbesar termasuk Hisense, LG, Panasonic, Philips, Samsung, Sharp, Sony, TCL, Toshiba dan Vizio. (Lihat merek TV terbaik untuk melihat beberapa favorit kami dari semua pembuat TV besar.)

Sementara sebagian besar perusahaan ini memuji platform pintar mereka sebagai yang terbaru dan terbaik , hati-hati dengan TV dengan harga terjangkau yang hanya samar-samar menyebutkan kemampuan smart TV. Platform smart TV di luar merek ini mungkin membuat Anda terjebak dengan pilihan aplikasi yang terbatas, kinerja di bawah standar, dan lubang keamanan yang mengkhawatirkan.

3. Bagaimana smart TV terhubung ke internet?

Smart TV menggunakan jaringan rumah Anda untuk menyediakan video streaming dan layanan di TV Anda, dan smart TV menggunakan Ethernet kabel dan Wi-Fi internal untuk tetap terhubung. Sebagian besar TV saat ini mendukung Wi-Fi 802.11ac, tetapi perhatikan model lama, yang mungkin masih menggunakan standar 802.11n yang lebih lama. Beberapa model terbaru juga akan mendukung standar Wi-Fi 6 baru (lihat artikel kami tentang Wi-Fi 6: Apa itu dan mengapa lebih baik), tetapi masih cukup jarang.

Kami memiliki panduan untuk mengoptimalkan Wi-Fi rumah Anda untuk streaming, baik itu menyesuaikan penempatan router, menyetel setelan, atau hanya memilih koneksi kabel.

(Kredit gambar: Tom’s Guide/Shutterstock)

Jika TV pintar Anda tidak mendapatkan sinyal nirkabel yang cukup kuat, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Jika Anda akan melakukan upgrade, model apa pun di daftar router Wi-Fi terbaik kami akan berhasil, bahkan model yang hemat anggaran.

Router mesh yang memperluas jangkauan ke seluruh rumah memberikan opsi lain, dan merupakan pilihan tepat untuk rumah yang memiliki banyak TV, dan tidak semuanya di dekat router utama Anda. WiFi Nest dan Netgear Orbi WiFi 6 adalah dua model yang, dalam pengujian kami, telah terbukti menjadi solusi luar biasa bagi orang yang mencoba menutupi rumah besar dengan Wi-Fi .

Perluas jangkauan Wi-Fi juga tersedia dari perusahaan seperti Netgear, tetapi perangkat ini memerlukan waktu dan kesabaran untuk menyiapkan dan memasang.

4. Layanan apa yang ditawarkan smart TV, dan apa perbedaannya satu sama lain?

Terlepas dari merek TV yang Anda pilih, smart TV saat ini akan menawarkan berbagai layanan streaming dan pilihan konten, termasuk layanan seperti Netflix, Video Amazon Prime, Disney Plus atau HBO Max. Namun tidak semua layanan berlangganan berbayar, dengan semakin banyaknya layanan streaming gratis yang didukung iklan seperti PlutoTV, Tubi, dan Crackle.

Lihat panduan kami ke konten streaming terbaik yang tersedia:

Situs berbagi video populer, seperti YouTube, juga memiliki aplikasi TV pintar sendiri untuk penjelajahan mudah yang disesuaikan untuk ditonton di TV dan bernavigasi dengan remote control. Smart TV juga menawarkan cara yang bagus untuk menikmati streaming musik, dengan layanan radio internet seperti Spotify dan Pandora.

Sebagian besar smart TV memiliki aplikasi untuk media sosial, seperti Twitter dan Facebook, tetapi tanpa menambahkan keyboard mungkin lebih sulit untuk menikmati situs ini seperti biasanya.

Antarmuka Smart TV Samsung

Tren terbesar di smart TV adalah penyertaan asisten suara, seperti Amazon Alexa dan Asisten Google. Alat interaktif ini menyediakan fungsionalitas yang sama seperti kebanyakan speaker pintar, dan dapat digunakan dengan mikrofon yang terpasang di remote atau (dalam beberapa kasus) mikrofon yang terpasang di TV yang mendengarkan ruangan.

Akhirnya, smart TV telah menjadi hub sentral di rumah kita yang terhubung, menyediakan kompatibilitas dan kontrol untuk rumah tangga yang penuh dengan perangkat yang terhubung, mulai dari bel pintu pintar hingga termostat pintar. Dengan banyaknya TV yang menawarkan dasbor yang dikendalikan oleh rumah pintar, Anda dapat mengontrol berbagai macam perangkat dari kenyamanan sofa Anda.

Namun tidak semua TV pintar dibuat sama, dan tidak semua platform atau sistem operasi TV pintar akan mendukung aplikasi dan fitur yang sama. Beberapa produsen mengandalkan sistem operasi berpemilik untuk TV pintar mereka, seperti perangkat lunak TV pintar Tizen dari Samsung dan SmartCast dari Vizio. Lainnya menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, seperti Roku TV atau Amazon Fire TV, yang populer di perangkat yang ramah anggaran, serta TV Android Google yang muncul di perangkat dari Sony, Hisense, dan produsen lainnya. Perangkat tertentu juga menawarkan Apple TV built-in.

LEBIH LANJUT: Cara AirPlay ke TV Samsung

Ini beroperasi semua sistem akan menawarkan beberapa atau bahkan sebagian besar fitur yang disebutkan di atas, tetapi masing-masing akan memiliki pilihan aplikasi, fitur, dan kompatibilitasnya sendiri dengan perangkat lain.

Xem Thêm  Top 21 Cara Mengurus Efin Pajak Online Update

Setiap sistem operasi smart TV juga akan memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. , dan ini dapat sangat bervariasi. Banyak yang menggunakan pita gulir ikon aplikasi di sepanjang bagian bawah layar, sementara yang lain menawarkan menu layar penuh yang memungkinkan Anda melihat beberapa opsi sekaligus. Menavigasi menu ini juga akan bervariasi menurut merek karena setiap produsen TV menggunakan desain remote control uniknya sendiri.

Untuk mengetahui secara spesifik tentang aplikasi, layanan, dan fitur berbeda dari setiap platform smart TV, lihat ulasan terbaru kami tentang TV terbaik.

Hasilnya: Luangkan sedikit waktu di toko untuk membolak-balik penawaran cerdas set untuk pastikan Anda dan keluarga merasa nyaman dengan model tersebut, dan baca perbandingan platform smart TV utama terperinci kami untuk membantu Anda membuat keputusan.

Jawaban umumnya adalah ya . Semua produsen TV besar secara rutin mengeluarkan pembaruan untuk perangkat lunak TV pintar mereka, menambahkan fitur baru, menyempurnakan yang lama dan menambal bug dan masalah keamanan, sama seperti sistem operasi lainnya. Beberapa pembaruan ini menambahkan fitur yang sama sekali baru, seperti dukungan yang diperluas untuk format rentang dinamis tinggi (HDR) seperti Dolby Vision, atau sekadar menyempurnakan firmware internal TV (sering diunduh secara otomatis pada larut malam).

Tapi itu juga tergantung pada beberapa faktor lain. Merek TV yang lebih kecil dan model lama mungkin tidak secepat perusahaan besar, seperti LG, Samsung dan Sony. TCL bekerja cukup baik dalam kemitraannya dengan Roku, tetapi banyak merek berharga lainnya akan lebih lambat mengeluarkan pembaruan atau menambahkan aplikasi baru. Namun demikian, sebagian besar produsen besar melakukan pembaruan perangkat lunak secara berkala.

  • Layanan streaming terbaik – Netflix, Hulu, Amazon, dan Lainnya

Dan jangan khawatir akan tertinggal; jika satu perusahaan menambahkan layanan populer, seperti Netflix, produsen lainnya umumnya mengikuti. Bahkan jika ada penundaan, biasanya berhasil dengan sendirinya.

6. Bisakah smart TV crash atau hang seperti PC?

Jawaban sederhananya adalah ya. Karena smart TV mengambil lebih banyak peran yang dulunya eksklusif untuk komputer dan smartphone, ada risiko hang atau bahkan crash. Sama seperti telepon telah menjadi komputer, demikian juga TV pintar. Kami sekarang mengharapkan TV kami untuk menarik konten dari web, menjalankan aplikasi canggih, mengelola perangkat lain yang terhubung, dan bahkan menyertakan interaksi suara. Meskipun demikian, masalah smart TV sering kali membuat kita lengah karena kita tidak terbiasa menganggapnya sebagai hal lain selain tampilan dasar.

Kabar baiknya adalah, sementara error dan performa lambat telah menjadi masalah di tahun-tahun yang lalu, cegukan semacam ini jauh lebih jarang terjadi sekarang. Meskipun demikian, masalah mungkin masih terjadi, terutama di TV pintar kelas bawah yang mungkin tidak memiliki perangkat keras terbaru dan perangkat lunak yang dipoles. Jika Anda mengalami layar beku atau proses menggantung, mematikan dan menghidupkan TV biasanya akan menyelesaikan masalah.

7. Selain aplikasi, apakah smart TV memiliki manfaat lain?

Smart TV memang menawarkan potensi keuntungan lainnya. Set terbaru telah menambahkan asisten suara populer ke dalam campuran. Pencarian suara sekarang memungkinkan Anda menemukan konten dari TV langsung serta layanan streaming, dan menambahkan pencarian untuk segala hal mulai dari cuaca dan harga saham hingga mencari gosip selebriti terbaru. Integrasi suara memungkinkan Anda mengakses layanan lain dari sofa, memungkinkan Anda memesan pizza atau memanggil Uber dengan nyaman. Dan jika Anda tidak menyukai asisten suara bawaan TV, Anda biasanya dapat memasangkannya dengan speaker pintar pilihan Anda.

Fitur baru ini juga memungkinkan Anda mengontrol smart perangkat rumah seperti lampu dan termostat yang terhubung, lihat feed dari kamera Nest atau Bunyikan bel pintu Anda, atau kendalikan penghisap debu robot Anda. Karena asisten suara terus berevolusi, Anda dapat melihat peningkatan yang sama terjadi pada smart TV saat ini melalui pembaruan perangkat lunak dan firmware.

Karena TV ini cenderung memiliki prosesor yang lebih kuat daripada perangkat biasa, serta koneksi online , produsen dapat menambahkan fitur lain, seperti game kasual, yang sekarang cukup umum di perangkat pintar. Gim ini sama sekali tidak secanggih atau semenarik yang tersedia di konsol PlayStation atau Xbox, tetapi bisa membuat ketagihan.

(Kredit gambar: YouTube TV)

Banyak set juga memungkinkan Anda mencerminkan atau berbagi gambar dan video dari smartphone yang terhubung di perangkat besar mereka layar. Sebagian besar produsen mengandalkan aplikasi berpemilik untuk menawarkan pengalaman yang lebih terkurasi saat berbagi media, sementara yang lain mengandalkan solusi pihak ketiga seperti Google Chromecast. Dalam kedua kasus tersebut, berbagi video dan foto dari ponsel atau tablet tidak pernah semudah ini.

Tren baru di smart TV adalah sistem suara bawaan yang jauh lebih baik. LG dan Sony membuat kemajuan khusus di bidang ini, menawarkan suara Dolby Atmos pada beberapa model dan berharap smart TV juga akan berfungsi sebagai sistem home stereo untuk streaming musik dan stasiun radio online.

8. Dapatkah saya menggunakan TV pintar saya dengan Amazon Alexa atau Google Home?

Tren terbesar dalam teknologi rumah pintar adalah speaker pintar, speaker dengan mikrofon dan perangkat keras internal untuk menjalankan asisten dengan suara. Amazon membuat gebrakan besar pertama di sini dengan Amazon Echo dan perangkat berkemampuan Alexa lainnya, tetapi Asisten Google sendiri telah membuat kemajuan dalam produk seperti Google Home< /span>. Dan Apple’s HomePod menempatkan Siri ke dalam faktor bentuk yang serupa.

Kabar baiknya adalah bahwa perangkat ini biasanya akan bekerja dengan sebagian besar TV pintar, dan kompatibilitasnya terus meningkat seiring dengan perangkat lunak baru pembaruan menambah kemampuan untuk TV pintar yang ada. Seperti berdiri, semua produsen TV utama memiliki kompatibilitas speaker pintar dengan setidaknya satu dari tiga platform asisten pintar utama (Amazon, Apple dan Google). Opsi ini sering kali memerlukan penggunaan perangkat tambahan, seperti speaker pintar atau perangkat seluler, tetapi ini akan memberi Anda cara untuk mengontrol TV dan perangkat pintar Anda dengan kenyamanan ucapan sederhana.

Banyak TV pintar di pasaran sekarang memiliki asisten suara bawaan ini. Asisten Google dapat ditemukan di TV Android dari Sony dan Hisense. Amazon Alexa sekarang juga ditawarkan Amazon Fire Edition TV, dan Sony telah mengumumkan kompatibilitas dengan aplikasi Amazon Alexa baru untuk Android TV. Lebih baik lagi, smart TV dari LG dan Samsung kini memiliki Google Assistant dan Amazon Alexa bawaan.

Model ini umumnya menawarkan remote control yang dilengkapi mikrofon internal, memungkinkan Anda menekan tombol untuk mengaktifkan interaksi suara. Namun beberapa model baru, seperti Sony Bravia A8H OLED TV, juga memiliki mikrofon jarak jauh yang terpasang di dalamnya. Saat diaktifkan, Anda dapat berbicara di ruangan dengan mudah, dan TV akan mendengarkan perintah Anda.

9. Bagaimana TV pintar dibandingkan dengan dekoder seperti Roku, Apple TV, Google Chromecast, atau Amazon Fire TV?

Anda tidak memerlukan TV pintar untuk mendapatkan streaming film Netflix atau video YouTube di layar Anda . Perangkat streaming terbaik dapat mengalirkan layanan tersebut dan lainnya ke HDTV lama, atau bahkan TV 4K yang lebih baru. Model terkemuka berasal dari Amazon, Apple, Google dan Roku. Namun, perlu dicatat bahwa perangkat streaming ini jarang menawarkan fungsionalitas lebih dari yang disediakan oleh TV pintar saat ini. Faktanya, semua produsen perangkat yang baru saja kami sebutkan memiliki antarmuka dan pilihan aplikasi yang sama yang tersedia di masing-masing smart TV.

Xem Thêm  Pembicara Komputer Terbaik 2022 - speaker komputer murah terbaik dengan subwoofer

Misalnya, Roku Streaming Stick+, yang harganya hanya $50, memberikan ribuan saluran dan aplikasi. Itu mencakup hampir setiap layanan utama, serta ratusan saluran yang lebih tidak jelas, mulai dari Teater Kung-Fu hingga Victory Westerns. Faktanya, Roku menawarkan lebih banyak opsi daripada set-top box atau TV pintar mana pun yang ada di pasaran. Jadi, jika Anda tidak perlu membeli TV baru tetapi menginginkan layanan TV pintar, pemutar media streaming yang terpisah dan murah adalah pilihan yang bijaksana.

Selain itu, set top-box, seperti Roku Ultra, menawarkan konten 4K.

Jika Anda tinggal di keluarga Apple dan ingin koleksi iTunes Anda ditampilkan di layar lebar, Anda memerlukan Apple TV< /span>, yang merupakan satu-satunya perangkat yang dapat mengirimkan koneksi iTunes tersebut. Tidak ada TV pintar yang memiliki aplikasi untuk iTunes. Iterasi Apple TV 32GB terbaru adalah $ 149 dan termasuk dukungan Siri untuk menemukan program. Namun, ia tidak menawarkan dukungan 4K Ultra HD dan memiliki layanan streaming dalam jumlah terbatas.

Apple TV dan Siri Remote (Foto: Jeremy Lips/Tom’s Guide)

Google $35 Chromecast dan $69 Chromecast Ultra memungkinkan Anda melakukan streaming konten dari browser web komputer Anda , tetapi mereka tidak menyertakan remote terpisah.

Fire TV $90 dari Amazon berfungsi ganda sebagai konsol game dasar dan menawarkan konten 4K, ditambah beberapa keterampilan Alexa. Fire TV Stick bahkan lebih terjangkau.

10. Apakah lebih baik membeli smart TV atau mendapatkan TV dan dekoder yang lebih murah?

Harga smart TV lebih mahal daripada perangkat sejenis yang tidak memiliki layanan smart. Namun, perbedaan harga tersebut dengan cepat menguap, dan sebagian besar perangkat akan segera dilengkapi dengan layanan cerdas. Pada tahun 2022, bahkan sulit untuk menemukan TV 4K yang tidak memiliki kemampuan cerdas dan konektivitas internet.

perbedaan harga juga bisa menipu, karena TV kelas atas sering kali menawarkan lebih dari sekadar layanan terhubung. Biasanya, TV pintar juga menyertakan pemrosesan video yang lebih baik — dengan kata lain, kualitas gambar yang lebih baik — dan fitur yang diperluas, seperti lebih banyak port HDMI di bagian belakang. Artinya, Anda mendapatkan lebih banyak uang daripada sekadar koneksi internet dan aplikasi.

11. Bisakah TV pintar saya diretas atau terkena virus?

Secara teori, jawabannya jelas ya. Apa yang disebut peretas topi putih telah membawa perhatian pada masalah ini dengan menunjukkan cara untuk membobol TV pintar yang terhubung ke internet dan melakukan hal-hal seperti mencuri kata sandi dan mengubah saluran. Dokumen WikiLeaks yang dimaksudkan untuk mengungkapkan teknik CIA untuk mengawasi ponsel cerdas dan TV pintar mengkonfirmasi apa yang telah dikatakan oleh banyak pakar keamanan siber secara pribadi selama bertahun-tahun: Instansi pemerintah dapat dan memang membobol perangkat semacam itu.

>LEBIH LANJUT: Ulasan Kotak Bitdefender: Keamanan Rumah Pintar

Meskipun smart TV memiliki berbagai antarmuka, sebagian besar menjalankan beberapa versi Linux di bawahnya, sistem operasi populer yang dapat dimanipulasi dengan baik oleh peretas. Antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan TV Anda berinteraksi dengan aplikasi dan perangkat seluler juga menjadi perhatian, dan kerentanan yang baru-baru ini dilaporkan mungkin memungkinkan peretas membuat kerusakan pada perangkat Samsung dan Roku.

Agar aman, hindari melakukan hal sensitif di smart TV, seperti perbankan online atau berbelanja dengan kartu kredit. Smart TV tidak seaman komputer.

12. Bisakah TV pintar menonton Anda?

Ya, bisa. Informasi yang Anda bagikan di aplikasi Facebook di TV atau saat memesan di Amazon atau Netflix di layar lebar dibagikan dengan cara yang sama seperti saat Anda melakukan bisnis tersebut di PC atau ponsel cerdas.

Perusahaan dapat mengumpulkannya informasi pribadi tentang Anda dan kebiasaan menonton Anda dari TV pintar. Pada akhir tahun 2013, misalnya, LG mengakui telah menerima informasi tentang apa yang ditonton pemilik saluran, bahkan setelah pengguna tersebut mengaktifkan setelan privasi. (LG mengatakan ini karena bug perangkat lunak yang telah diperbaiki.) 

Pada awal 2017, Vizio setuju untuk membayar $2,2 juta untuk menyelesaikan klaim yang menuduh bahwa perusahaan telah mengumpulkan melihat data dari 11 juta TV tanpa mendapatkan persetujuan pemilik. Klaim tersebut menuduh Vizio melakukan pemantauan rahasia yang mencakup informasi tentang tidak hanya penggunaan aplikasi tetapi juga apa yang ditonton pemilik di pemutar disk, sistem kabel, dan bahkan siaran over-the-air.

Dan pelacakan tidak terbatas pada salah satu merek atau produsen. Faktanya, Anda dapat berasumsi bahwa setiap smart TV mengirimkan kembali data penayangan untuk dijual kepada pemasar dan pengiklan, terlepas dari siapa yang membuat perangkat kerasnya.

Sebagian besar dari ini data terbatas untuk melihat informasi, memberi tahu pengiklan apa yang Anda tonton dan aplikasi apa yang Anda gunakan untuk melakukannya. Meskipun itu cukup tidak berbahaya, kekhawatiran yang lebih besar mungkin adalah fakta bahwa (seperti kebanyakan perangkat rumah pintar) keamanan TV Anda tidak terlalu bagus untuk mencegah pengintai lain keluar. Untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang cara melindungi diri sendiri, lihat 5 ​​tips keamanan TV pintar yang penting.

Dan jika Anda khawatir tentang TV yang benar-benar menonton Anda, atau mendengarkan percakapan Anda … yah, itu bukan ketakutan yang tidak berdasar. Banyak TV pintar dilengkapi dengan mikrofon jarak jauh untuk memungkinkan interaksi percakapan yang sama seperti yang Anda dapatkan dengan speaker pintar. Tapi itu berarti, saat diaktifkan, mikrofon itu selalu menyala, dan selalu mendengarkan. Kami belum pernah mendengar laporan tentang mikrofon ini disalahgunakan, tetapi ini masih menjadi perhatian yang valid.

Dan TV apa pun yang memiliki kamera internal (sangat jarang saat ini) juga harus, minimal , sertakan penutup fisik atau penutup lensa untuk mencegah mata mengintip dari ruang tamu Anda.

13. Dapatkah Anda menjelajahi web di smart TV?

Sebagian besar smart TV memungkinkan Anda online, dan akan menyertakan browser web di antara aplikasi prainstal yang disertakan dengan TV. Peramban ini mungkin tidak persis seperti peramban web desktop yang Anda kenal, tetapi keduanya kompatibel dengan semua standar HTML yang digunakan situs web dan mampu mengonversi serta menampilkan situs tersebut dengan benar di layar lebar.

Beberapa TV pintar memungkinkan Anda menjelajahi internet. (Foto: Samsung)

Namun, menjelajahi web di TV Anda bisa jadi sedikit sulit. Kecuali Anda dapat menambahkan keyboard nirkabel (dan jarang disertakan dengan TV), Anda akan menggunakan tombol remote control atau interaksi suara untuk menavigasi ke situs web, dan juga bukan cara yang nyaman atau intuitif untuk menjelajahi web.

Browser web juga semakin sulit ditemukan di smart TV, seiring dengan berkembangnya ekosistem aplikasi yang terhubung untuk memberikan pengalaman yang lebih disesuaikan dengan TV.

14. Bisakah smart TV mendapatkan saluran lokal?

Layanan dan fitur Smart TV tidak memengaruhi kemampuan TV untuk mendapatkan stasiun lokal. Jika Anda memiliki layanan kabel atau satelit, Anda akan terus menerima stasiun yang sama. Jika Anda tidak memiliki salah satu dari layanan tersebut, Anda masih memerlukan semacam koneksi internet (DSL atau kabel) untuk layanan cerdas, dan kemudian salah satu antena TV terbaik kami untuk menarik lokal , siaran over-the-air secara gratis. Setidaknya untuk saat ini, sebagian besar stasiun televisi belum mengikuti jejak stasiun radio, yang menyiarkan siaran langsung mereka secara online.

15. Apakah smart TV memerlukan cable box atau broadband?

Jika Anda ingin terus menerima saluran yang sama dengan yang Anda miliki, maka jawabannya adalah ya: Anda masih memerlukan cable atau satellite box, karena tidak ada pilihan lain yang akan mengirimkan saluran dan stasiun yang sama dengan cara yang sama.

Xem Thêm  10 Komputer Desktop Sekolah Terbaik (2019) - komputer desktop terbaik untuk mahasiswa

Namun, apakah Anda perlu tetap berlangganan berbayar untuk terus mendapatkan acara yang ingin Anda tonton adalah pertanyaan lain. Banyak saluran menawarkan aplikasi streaming mereka sendiri, dan acara populer sering juga dapat ditemukan di layanan seperti Netflix, Hulu, dan Amazon Prime.

Mengenai pertanyaan tentang broadband, maka jawabannya pasti ya. Jika Anda ingin memanfaatkan aplikasi dan layanan apa pun yang terhubung – apa pun yang membuat smart TV pintar – Anda memerlukan koneksi internet. Adapun kecepatan yang Anda butuhkan, itu akan bervariasi sesuai dengan tujuan penggunaan Anda, tetapi panduan berikut akan membantu.

Untuk melakukan streaming video dalam kualitas DVD, dengan resolusi kurang dari 1080p, Anda memerlukan kecepatan minimum dari 3Mbps. Untuk Full HD, pada 1080p, Anda memerlukan 5 Mbps (menurut Netflix) atau 6 Mbps (menurut Hulu).

Tetapi jika Anda ingin streaming dalam 4K, tuntutannya jauh lebih tinggi: Hulu menyarankan bandwidth minimum 16 Mbps, sedangkan Netflix merekomendasikan “Kecepatan koneksi internet stabil 25 megabit per detik atau lebih tinggi.”

16. Dapatkah TV pintar menggantikan kabel?

Semakin banyak orang mencoba pemotongan kabel, yang mengacu pada penghentian layanan TV kabel atau satelit demi layanan online berbayar seperti < span>Video Amazon, Hulu, Netflix dan YouTube TV. Layanan ini menawarkan pengalaman seperti kabel dengan beberapa saluran dengan biaya berlangganan yang mungkin lebih murah daripada tagihan kabel atau satelit Anda saat ini. Anda dapat menggunakan smart TV untuk memanfaatkan layanan ini dan memotong kabelnya, dengan batasan tertentu.

Ada juga beberapa layanan gratis yang didukung iklan yang menyediakan jam tayang, film, dan bahkan berita langsung dan olahraga tanpa berlangganan. Crackle, Pluto.tv dan Xumo tersedia di sebagian besar platform TV pintar dan menawarkan sesuatu untuk hampir semua orang. Layanan yang lebih khusus, seperti Crunchyroll yang berfokus pada anime dan Vevo yang hanya video musik, menghadirkan konten khusus di sebagian besar smart TV, dan lainnya, seperti The Roku Channel, mungkin khusus untuk satu platform.

Alasan terbesar untuk mempertahankan langganan TV kabel atau satelit adalah untuk menonton acara olahraga secara langsung. (Beberapa aplikasi, seperti MLB.com, streaming olahraga langsung, tetapi layanan ini dikenakan biaya tambahan dan tidak mencakup semua game.)

Namun, ada beberapa layanan penggantian kabel yang sekarang menawarkan kedua jaringan siaran lokal dan siaran langsung olahraga, seperti Sling TV Dish Network. Sling dulunya terbatas pada TV yang menggunakan perangkat lunak Roku atau Android TV, tetapi sekarang tersedia di lebih banyak TV. DirecTV Now dan YouTube TV adalah dua opsi lainnya.

Opsi lainnya, khususnya di lingkungan perkotaan, adalah menambahkan salah satu yang terbaik Antena TV untuk menarik siaran lokal gratis guna melengkapi layanan streaming online.

17. Apakah TV pintar memiliki gambar atau suara yang lebih baik?

Belum tentu. Wi-Fi internal dan prosesor untuk mendekompresi video tidak secara langsung memengaruhi kualitas gambar. Namun, karena produsen awalnya menambahkan fitur TV pintar ke HDTV yang lebih mahal, kelas atas (dan berkinerja lebih baik), pembeli akan menemukan bahwa kualitas gambar di beberapa TV pintar mengalahkan model dengan harga lebih rendah yang tidak memiliki kecerdasan.

Mereka juga cenderung memiliki fitur audio terbaru, seperti suara Dolby Atmos dan dukungan HDMI ARC. Dolby Atmos menawarkan pengalaman suara yang lebih kaya dengan kemampuan surround vertikal maupun horizontal, dan menggunakan bit-rate yang lebih tinggi untuk menghadirkan audio yang lebih penuh dan lebih bernuansa. Fitur lain, Audio Return Channel (ARC) memungkinkan Anda menggunakan satu kabel HDMI untuk mengirim data audio juga dan dari soundbar Anda, sehingga semua perangkat Anda yang terhubung mendapatkan suara terbaik, tanpa memerlukan kabel tambahan. Fitur-fitur ini tidak terbatas pada smart TV, tetapi produsen cenderung menyertakannya pada produk yang lebih premium, sehingga TV tanpa fungsi smart tidak mungkin mendapatkannya.

Tetapi perlu dicatat bahwa aplikasi streaming, seperti Netflix dan Amazon Prime Video, menawarkan salah satu opsi termudah untuk menikmati konten berkemampuan 4K dan HDR. Meskipun Blu-ray 4K tersedia untuk dibeli dan disewa, streaming menawarkan cara termudah untuk mendapatkan banyak konten untuk TV Anda yang benar-benar memanfaatkan tampilan resolusi tinggi dan kecerahan tinggi Anda. Anda bisa mendapatkan beberapa fungsi yang sama ini dengan stik streaming — asalkan Anda mendapatkan model yang mendukung 4K dan HDR — tetapi TV pintar menawarkan kombinasi kenyamanan dan konten terbaik, seringkali tanpa biaya lebih dari apa yang sudah Anda bayar untuk Anda langganan streaming.


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik apa itu tv pintar?

Sejutaan !? Smart TV Android 32inch TCL 32A5 ini Murah Banget di Lazada!

  • Penulis: GadgetEmpire
  • Tanggal posting: 2020-03-17
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1157 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Exclusive Launch : https://s.lazada.co.id/s.0Sd5H
    Beli TV TCL 32A5 : https://bit.ly/2QmUfxw

    TCL Android AI Smart TV HD LED TV 32 inch ini lengkap banget fiturnya. pas lagi disuruh stay dirumah gini enak banget punya TV serba bisa yang bikin ga bosen dirumah! TCL A5 ini punya Frameless Design, Google Voice, Certified Netflix/Youtube , WiFi-HDMI//USB , Dolby Sound yang Menggelegar, dan pilihan aplikasi yang banyak banget bisa kita download di PlayStore!
    Mau punya TCL Android AI Smart TV HD LED TV 32 inch ini ? Jam 14:30 hari ini akan ada Exclusive Launch di Lazada! Linknya : https://bit.ly/39WGnBU

    AndroidTV SmartTV TCLSmartTVA5Series TCLExclusiveLaunchingLazada

    ——————————————————————————————————-
    Tukar Tambah Hape Disi Tempatnya : https://invol.co/cllff7
    Ex Review Dijual Disini : https://www.tokopedia.com/1251
    ——————————————————————————————————-
    GadgetEmpire Indonesia Channels :
    YouTube: https://www.youtube.com/c/gadgetempire
    News Portal: http://www.gadgetempire.id/
    Instagram: https://www.instagram.com/gadgetempireid/
    Facebook Page : https://www.facebook.com/GadgetEmpireID/
    Twitter : https://twitter.com/gadgetempire_id
    Business inquiry : gadgetempire.id@gmail.com
    ——————————————————————————————————
    GadgetEmpire Indonesia adalah channel yang membahas mengenai produk Gadgets, Teknologi, Smartphone, Computer, Wearables dan Aksesoris lainnya.

Apakah SmartTV? Untuk apa ia dan kegunaan apa yang boleh anda berikan kepada mereka? ▷➡️ VidaBytes

  • Penulis: vidabytes.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1231 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Pada masa ini, kami telah menemui kemajuan teknologi yang hebat yang menjadikan kehidupan kami lebih mudah dengan penggunaan peranti pintar, seperti

Apa itu TV pintar dan perbedaannya dari TV konvensional?

  • Penulis: id.teknikmark.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 9121 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Smart TV dengan cepat mendapatkan popularitas di kalangan pengguna. Kami belajar bagaimana mereka berbeda dari TV biasa, apa fungsi dan kelebihannya dibandingkan dengan peralatan lain.

Apa itu, Maksud dan Konsep

  • Penulis: ms.erf-est.org
  • Nilai: 4 ⭐ ( 1756 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: TV Pintar adalah konsep Inggeris yang digunakan untuk menamakan TV pintar yang dipanggil. Ia adalah sejenis peranti dengan ciri khas yang membezakannya dari seluruh televisyen. TV pintar disifatkan mempunyai sambungan Internet dan bersedia untuk menawarkan pelbagai perkhidmatan digital.

Apa itu TV Android vs TV pintar?

  • Penulis: reviews.tn
  • Nilai: 3 ⭐ ( 1271 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Apa Itu TV Pintar Dan Bagaimana Ia Berfungsi

  • Penulis: www.ellektronik.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 8197 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: TV pintar mempunyai ciri-ciri canggih yang menjadikannya serupa dengan telefon pintar tetapi dengan ukuran atau kelegaan skrin yang jauh lebih luas.

Apakah TV Pintar?, ciri dan cara ia berfungsi ▷➡️ eltecnoanalista

  • Penulis: eltecnoanalista.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 1971 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Apakah TV Pintar?, ciri dan cara ia berfungsi ➡️

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi