Ulasan kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos): Dual-tele dengan ruang untuk peningkatan – spesifikasi kamera ultra samsung galaxy s21

Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) mampu menangkap foto dan klip video yang layak di hampir semua kondisi,

Anda sedang menonton: spesifikasi kamera ultra samsung galaxy s21

Samsung S-series flagship baru, Galaxy S21 Ultra 5G, hadir dengan desain yang diperbarui dan sejumlah peningkatan di bawah kapnya. Versi internasional perangkat, subjek pengujian ini, ditenagai oleh chipset kelas atas 5nm Exynos 2100 Samsung dan merupakan perangkat non-Note pertama perusahaan yang menawarkan dukungan stylus S-Pen.

Layar Dynamic AMOLED 2x 6,8 inci yang besar dan cerah dengan rasio aspek 20:9 adalah layar yang bagus untuk semua jenis pembuatan konten, berkat resolusi tinggi 3200 x 1440 piksel dan kecepatan bingkai fleksibel hingga 120 Hz .

Di departemen kamera, Galaxy S21 Ultra hadir dengan peningkatan besar dibandingkan pendahulunya S20 Ultra—mengganti lensa tele periskop setara 103 mm dengan pengaturan tele ganda. Lensa 70 mm menangani bidikan jarak menengah, sedangkan juggernaut 240 mm memungkinkan zoom jarak jauh yang sangat lama. Baik kamera utama lebar maupun ultra lebar terlihat lebih mirip dengan model tahun lalu, tetapi hadir dengan peningkatan yang lebih halus.

Baca terus untuk mengetahui apakah mereka berhasil dan bagaimana kinerja Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) di bawah versi 4 protokol pengujian Kamera DXOMARK.

Spesifikasi kamera utama:

  • Utama: Sensor 108 MP 1/1,33″, 0,8μm, lensa bukaan f/1.8 setara 24 mm, OIS, PDAF
  • Ultra-lebar: 12 MP 1/2.55″ sensor, 1,4μm, lensa aperture f/2.2 setara 13 mm, Dual-Pixel AF
  • Sensor tele 1: 10 MP 1/3.24″, lensa aperture f/2.4 setara 1,22μm 72 mm, Dual-Pixel AF, OIS
  • Tele 2: Sensor 10 MP 1/3.24″, lensa aperture f/4.9 setara 1,22μm 240 mm, Dual-Pixel AF, OIS
  • Lampu kilat LED
  • Video: 4320p/24 fps, 2160p/60/30 fps (2160p/60 fps diuji), HDR10+











Tentang pengujian Kamera DXOMARK: Untuk penilaian dan analisis dalam ulasan kamera ponsel cerdas kami, teknisi DXOMARK menangkap dan mengevaluasi lebih dari 3000 gambar uji dan lebih dari 2,5 jam video baik di lingkungan lab terkontrol maupun di dalam ruangan alami dan pemandangan luar ruangan, menggunakan pengaturan default kamera. Artikel ini dirancang untuk menyoroti hasil terpenting dari pengujian kami. Untuk informasi selengkapnya tentang protokol pengujian Kamera DXOMARK, klik di sini. Detail selengkapnya tentang cara kami menilai kamera ponsel tersedia di sini.

Ringkasan pengujian

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

121

kamera

128

foto
Eksposur

95

111

Warna

100

107

Fokus otomatis

91

109

Tekstur

91

111

Kebisingan

69

102

Artefak

66

77

Malam

57

82

Bokeh

70

80

Pratinjau

66

80

76

zoom
Tele

96

140

Lebar

46

58

98

video
Eksposur

96

118

Warna

95

107

Fokus otomatis

91

109

Tekstur

60

99

Kebisingan

75

105

Artefak

75

94

Stabilisasi

90

103

Dengan skor keseluruhan Kamera DXOMARK 121, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) memberikan kinerja kamera yang baik tetapi agak tertinggal dari pesaing terbaik di segmen ultra-premium. Tanpa diduga, skornya juga lebih rendah dari pendahulunya S20 Ultra 5G di 126.

Skor Foto 128 adalah 16 poin lebih rendah dari peringkat teratas Huawei Mate 40 Pro+. Meskipun Samsung melakukan banyak hal dengan baik, ada beberapa ruang untuk perbaikan di sebagian besar kategori pengujian, terutama jika mempertimbangkan spesifikasi kamera kelas atas.

S21 Ultra 5G memberikan warna dan warna kulit yang bagus dalam cahaya yang bagus.

Eksposur target biasanya akurat dan rentang dinamisnya lebar, menampilkan detail yang bagus di area sorotan dan bayangan bingkai. Pemrosesan HDR bisa jadi sedikit tidak stabil, dengan variasi yang mencolok antara bidikan berurutan dari pemandangan yang sama.

Warna terlihat bagus dan rona kulit menyenangkan saat memotret pada tingkat cahaya yang wajar, tetapi saturasi berkurang dalam cahaya rendah. Sistem fokus otomatis juga melambat dalam kondisi cahaya redup dan kontras tinggi, tetapi jika tidak, sebagian besar perangkat menghasilkan gambar dengan fokus akurat.

Pertukaran tekstur/noise adalah area di mana S21 Ultra 5G menyisakan sebagian besar ruang untuk peningkatan, terutama noise jauh lebih buruk daripada beberapa pesaing langsung. Ada kehilangan detail halus yang nyata saat memotret di dalam ruangan dan dalam cahaya redup. Pada saat yang sama, noise terlihat di hampir semua gambar, bahkan yang direkam dalam cahaya terang. Noise gambar bisa sangat mengganggu dan tidak hanya terbatas pada tampilan kasar dari noise luminance — terkadang chromatic noise juga terlihat.

Skor Zoom 76 dibantu oleh kinerja ultra-lebar yang layak. Kamera ultra lebar menawarkan bidang pandang yang luas, tetapi seperti kamera lebar utama, noise berdampak negatif pada kualitas gambar. Tele tidak cukup memenuhi harapan yang diajukan oleh pengaturan dual-tele yang tampak mengesankan. Tingkat detailnya cukup rendah di seluruh rentang zoom tele, dengan tekstur dan artefak fusi yang dirender secara tidak wajar.

Ultra-wide kamera menawarkan bidang pandang yang luas.

Dengan skor Video 98, Samsung juga tidak berada di level yang sama dengan pesaing langsungnya untuk video, menyamai skor perangkat yang sedikit lebih tua dan lebih murah, seperti Huawei P40 dan Google Pixel 4a.< /p>

Di sisi positifnya, eksposur stabil dan rentang dinamis cukup lebar selama Anda tidak merekam dalam cahaya rendah. Fokus otomatis biasanya membuat segala sesuatunya tetap tajam, dan berkat kecepatan bingkai 60 fps, sebagian besar gerakan terlihat bagus dan mulus.

Namun, tingkat detail yang direkam jauh lebih rendah daripada perangkat pesaing, dengan artefak “tekstur bergerak” yang sering terlihat. Kebisingan juga lebih tinggi di sebagian besar kondisi pemotretan. Warna cenderung cukup desaturasi dan gips white balance sering mengurangi kualitas video secara keseluruhan. Stabilisasi video juga bisa lebih efektif. Anda masih mendapatkan guncangan kamera saat merekam sambil diam dan efek jello yang cukup kuat akan terlihat saat kamera bergerak.

Skor foto dijelaskan

Samsung Galaxy S21 Ultra (Exynos) mencapai skor Foto 128. Di bagian ini, kita melihat lebih dekat bagaimana setiap sub-skor ditentukan dan membandingkan kualitas gambar dengan beberapa pesaing utama.

Eksposur dan Kontras

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

95

111

Kehormatan Magic4 Ultimate

Terbaik: Honor Magic4 Ultimate (111)

Seperti yang diharapkan dari perangkat kelas atas pada tahun 2021, Galaxy S21 Ultra mampu memberikan eksposur target yang baik di semua kondisi, mulai dari sinar matahari yang cerah hingga cahaya redup.

Gambar ini menunjukkan kamera mempertahankan kontras yang baik pada subjek, bahkan saat menangkap pemandangan cahaya latar yang menantang. Rentang dinamis keseluruhan sangat baik dalam kondisi luar ruangan dan di bawah pencahayaan dalam ruangan yang khas. Ini sedikit lebih baik daripada Apple iPhone 12 Pro Max tetapi tidak sebagus Huawei Mate 40 Pro, yang mempertahankan sentuhan lebih detail di area sorotan dan bayangan bingkai.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), rentang dinamis yang sangat baik

Huawei Mate 40 Pro, rentang dinamis luar biasa

Apple iPhone 12 Pro Max, rentang dinamis yang bagus

Meskipun rentang dinamis Samsung tidak buruk, melihat spesifikasi sensor dan chipset, kami pikir mungkin untuk mendorong pemrosesan HDR lebih jauh. Kami juga mengamati beberapa ketidakstabilan dalam pemetaan nada dan variasi pencahayaan pada bidikan berurutan, seperti pada contoh di bawah ini. Sebagian besar waktu Anda masih berakhir dengan rentang dinamis yang baik, tetapi terkadang kamera tidak memaksimalkan kemampuan HDR-nya.

Pemrosesan HDR telah dimulai, mempertahankan detail yang layak di langit.

Pemrosesan HDR belum diaktifkan, mengakibatkan area terpotong besar.

Warna

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

100

107

Apple iPhone 13 Pro Max

Terbaik: Apple iPhone 13 Pro Max (107)

Kamera menghasilkan rendering warna Samsung yang halus seperti biasa, dengan tingkat saturasi tinggi dan warna kulit yang bagus bahkan dalam pemandangan cahaya latar yang sulit. Sering juga ada sedikit warna cyan ke langit (Beberapa orang mungkin menganggap saturasinya agak terlalu kuat, tapi ini adalah gaya khas Samsung dan, seperti banyak hal, ini adalah masalah preferensi pribadi.) Sisi negatifnya, putih keseimbangan bisa menjadi kebiruan saat memotret di tempat teduh.

Xem Thêm  12 Kamera Film Point & Shoot Terbaik Untuk 2022 (Ulasan BARU) - kamera point and shoot terbaik 2021

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), warna bagus< /p>
Huawei Mate 40 Pro, saturasi lebih rendah

Apple iPhone 12 Pro Max, saturasi lebih rendah

Sedikit kekurangan saturasi cenderung terlihat dalam cahaya redup. Dalam kondisi seperti itu, pesaing seperti Huawei Mate 40 Pro dan iPhone 12 Pro Max memberikan warna yang sedikit lebih menyenangkan.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), warna lumayan, warna kulit agak dingin

Huawei Mate 40 Pro, warna dan warna kulit bagus

Apple iPhone 12 Pro Max, warna dan warna kulit bagus

Catatan tambahan: Penguji kami juga mengamati bahwa Samsung telah memilih rendering yang cukup netral untuk sumber cahaya suhu warna rendah (hangat). Meskipun hal ini dapat menghasilkan warna yang menyenangkan, hal ini juga tampaknya meningkatkan noise gambar dalam pemandangan seperti itu. Pertukaran ini tampaknya tidak dikelola dengan baik secara keseluruhan dan tingkat kebisingan yang lebih rendah harus dapat dicapai (lihat bagian Kebisingan di bawah untuk informasi lebih lanjut).

Fokus otomatis

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

91

109

Smartphone Asus untuk Orang Dalam Snapdragon

Terbaik: Smartphone Asus untuk Snapdragon Insiders (109)

Fokus otomatis S21 Ultra 5G dapat diandalkan di sebagian besar situasi kecuali dalam cahaya yang sangat redup, di mana ada beberapa potensi gambar yang salah fokus. Fokus otomatis juga terasa melambat dalam cahaya rendah. Dalam grafik ini Anda dapat melihat kamera membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunci fokus pada 20 lux.

Perbandingan fokus otomatis dalam cahaya redup (20 lux) dengan 4 variasi EV

Tidak seperti kebanyakan pesaing andalannya, Samsung masih tidak menggunakan buffering berkelanjutan dan jeda rana nol di semua kondisi, yang berarti waktu pengambilan sedikit lebih lambat daripada perangkat pesaing. Akibatnya, Anda mungkin melewatkan momen yang menentukan dan menangkap subjek dengan mata tertutup atau yang sedang bergerak.

Kedalaman bidang cukup sempit, yang berarti subjek di belakang potret grup cenderung dirender sedikit lembut.

Penundaan fokus otomatis sedikit dapat mengakibatkan gambar dengan mata subjek tertutup.

Subjek di bagian belakang dibuat sedikit lembut.

Tekstur

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

91

111

Xiaomi Mi 11

Terbaik: Xiaomi Mi 11 (111)

Kebisingan

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

69

102

Kehormatan Magic4 Ultimate

Terbaik: Honor Magic4 Ultimate (102)

Tingkat detail yang ditangkap oleh kamera S21 Ultra lumayan, tetapi lebih rendah dari yang kami harapkan dari perangkat unggulan dengan spesifikasi Samsung ini. Kamera cenderung menemukan kompromi yang baik antara pelestarian tekstur dan pengurangan noise dalam bidikan potret, terutama dalam bidikan dalam ruangan dan saat memotret pemandangan dalam cahaya luar yang terang. Namun, hilangnya detail sering terlihat dalam bidikan lanskap, bahkan saat direkam dalam cahaya terang, seperti dalam pemandangan ini. Ada juga lebih banyak noise (dan dering) daripada yang ingin kita lihat di langit dan di area bayangan dari bidikan ini.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tekstur dan noise


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), crop: kehilangan detail halus, noise, dering


Huawei Mate 40 Pro, tekstur dan kebisingan


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail sangat bagus, noise rendah


Apple iPhone 12 Pro Max, tekstur dan kebisingan


Apple iPhone 12 Pro Max, potong: detail bagus, noise rendah

Hasil nyata di atas dikonfirmasi oleh pengukuran kami di lab, di mana pelestarian detail S21 Ultra 5G secara konsisten lebih rendah daripada Huawei Mate 40 Pro.

Perbandingan tekstur

Tingkat noise yang tinggi dan kurangnya detail halus juga sangat terlihat dalam bidikan potret cahaya rendah ini.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tekstur dan noise

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), crop: noise terstruktur yang kuat, kurang detail


Huawei Mate 40 Pro, tekstur dan kebisingan


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail bagus, noise rendah


Apple iPhone 12 Pro Max, tekstur dan kebisingan


Apple iPhone 12 Pro Max, crop: beberapa noise, detail yang layak

Hasilnya serupa untuk pengukuran kebisingan kami di lab. S21 Ultra mengukur lebih tinggi dari iPhone 12 Pro Max dan Huawei Mate 40 Pro dalam cahaya terang dan dalam kondisi dalam ruangan. Ini setara dengan perangkat Apple dalam cahaya redup.

Perbandingan kebisingan visual

S21 Ultra 5G juga menghasilkan lebih banyak noise gambar daripada pendahulunya, S20 Ultra 5G. Ini cukup terlihat dalam sampel ini. Noise pada S21 Ultra 5G sering kali muncul sebagai noise terstruktur dan mencakup noise chroma berwarna, yang lebih mengganggu daripada noise luminance kasar.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), kebisingan cahaya rendah


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), potong: noise kuat


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), kebisingan cahaya rendah


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), potong: noise lebih rendah

Artefak

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

66

77

Google Pixel 6

Terbaik: Google Pixel 6 (77)

Artefak gambar dikontrol dengan cukup baik secara keseluruhan di Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos). Namun, penguji kami mengamati beberapa artefak, termasuk kuantisasi warna dan dering; Anda dapat melihat yang terakhir dengan cukup jelas di gambar ini.


Samsung Galaxy S21 Ultra (Exynos), berdering


Samsung Galaxy S21 Ultra (Exynos), potong: dering kuat di tepi kontras tinggi

Ada juga hilangnya ketajaman di bidang dan suar di beberapa gambar. Yang terakhir dapat dilihat dengan jelas dalam contoh di bawah ini. Beberapa suar juga terlihat pada gambar Huawei dan Apple, tetapi efeknya jauh lebih lemah.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ( Exynos), suar yang kuat

Huawei Mate 40 Pro, suar minimal

Apple iPhone 12 Pro Max, suar minimal

Malam

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

57

82

Huawei Mate 40 Pro+

Terbaik: Huawei Mate 40 Pro+ (82)

Saat memotret dalam kondisi kurang cahaya di malam hari, keseimbangan putih dan rendering warna cenderung akurat bahkan dalam kondisi pencahayaan yang menantang. Hal yang sama berlaku untuk eksposur target, tetapi tingkat detail yang ditangkap sangat rendah jika kamera tidak memicu blitz.

Eksposur bagus dalam adegan ini, tetapi hilangnya detail dan noise terstruktur sangat jelas. Kedua perangkat pembanding memberikan hasil yang lebih baik.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), matikan


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), crop: kurang detail, noise terstruktur


Huawei Mate 40 Pro, matikan


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail lebih baik, noise lebih rendah


Apple iPhone 12 Pro Max, matikan


Apple iPhone 12 Pro Max, potong: warna kulit yang layak, kurang detail, noise lebih rendah

Bokeh

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

70

80

Huawei P50 Pro

Terbaik: Huawei P50 Pro (80)

Gambar potret yang diambil dalam mode bokeh menunjukkan isolasi subjek yang baik, berkat apertur simulasi yang cukup lebar. Gradien blur juga dirender dengan cukup baik dari depan pemandangan ke latar belakang. Beberapa ketidakstabilan blur dan rendering warna yang tidak alami terkadang terlihat, tetapi secara keseluruhan mode bokeh S21 Ultra 5G menciptakan efek yang tampak alami yang tidak terlalu jauh dari aslinya.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), efek bokeh yang bagus , kabur kuat

Huawei Mate 40 Pro, efek bokeh bagus, sedikit blur

Apple iPhone 12 Pro Max, efek bokeh bagus, sedikit blur

Namun, kualitas bokeh lebih rendah daripada pendahulunya S20 Ultra 5G (Exynos), yang mendapat skor 75 dalam kategori ini. Model lama menghadirkan detail yang lebih baik, noise yang lebih rendah, dan isolasi subjek yang sedikit lebih presisi dari latar belakang.


Samsung Galaxy S21 5G Ultra (Exynos), simulasi bokeh


Samsung Galaxy S21 5G Ultra (Exynos), crop: kurang detail, noise terstruktur, isolasi subjek yang tidak akurat


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), simulasi bokeh


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), crop: detail lebih baik, noise lebih rendah, isolasi subjek lebih baik

Pratinjau

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

66

80

Apple iPhone 13 Pro Max

Terbaik: Apple iPhone 13 Pro Max (80)

S21 Ultra 5G mencapai skor yang baik untuk pratinjau, tetapi masih ada ruang untuk perbaikan di beberapa area. Apa yang dilakukan Samsung dengan sangat baik adalah transisi antara keempat kamera saat melakukan zoom — keduanya sangat mulus saat menggunakan pinch-zoom atau tombol.





Transisi antar kamera sangat mulus saat melakukan zoom.

Pratinjau untuk HDR dan efek bokeh lumayan tapi tidak terlalu sempurna. Gambar pratinjau memiliki beberapa pemrosesan HDR dan efek bokeh (saat memotret dalam mode bokeh) yang diterapkan padanya, tetapi efeknya terlihat sedikit berbeda dengan tangkapan akhir. Pemrosesan HDR lebih kuat pada yang terakhir dan efek bokeh menunjukkan isolasi subjek yang jauh lebih baik dan gradien blur yang lebih realistis.

Xem Thêm  Top 30 Kegunaan Nfc Di Hp Samsung Update

Skor zoom dijelaskan

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) mencapai skor Zoom yang layak 76, menempatkannya pada level yang sama dengan Note20 Ultra 5G yang stabil dan hanya masuk sepuluh besar dalam peringkat kami. Skor Zoom mencakup sub-skor tele dan lebar. Di bagian ini, kita melihat lebih dekat bagaimana sub-skor ini dicapai dan membandingkan kualitas gambar zoom dengan beberapa pesaing utama.

Telepon

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

96

140

Kehormatan Magic4 Ultimate

Terbaik: Honor Magic4 Ultimate (140)

S21 Ultra 5G mampu menangkap gambar tele berkualitas baik, tetapi mengingat konfigurasi dual-tele yang mengesankan dengan jangkauan setara 240 mm, kami mengharapkan sedikit lebih banyak. Dengan skor 96, kamera tidak berhasil masuk ke eselon atas peringkat tele dan juga mendapat skor lebih rendah dari pendahulunya S20 Ultra 5G tele tunggal.

Meskipun spesifikasi zoom ditingkatkan, gambar tele zoom S21 Ultra menunjukkan rendering tekstur yang tidak alami dan tingkat detail yang lebih rendah daripada yang terbaik di kelasnya dan S20 Ultra di semua pengaturan tele.

Untuk pengujian jarak jauh, kami menempatkan ponsel pembanding pada jarak tetap dari grafik dan mencubit zoom untuk mencapai pembingkaian yang sama di semua perangkat. Mari kita lihat beberapa contoh dari dekat.

Ini adalah bidikan tele jarak dekat (sekitar 2,5x) pada 1000 lux yang cerah. Pada pengaturan tele ini, ponsel harus menggunakan kamera lebar utama untuk memperbesar secara digital, tetapi resolusi keluaran 12 MP kamera ini membatasi jumlah detail yang dapat ditangkap saat memperbesar. Baik Huawei Mate 40 Pro dan S20 Ultra memberikan hasil yang lebih baik. detail dan tekstur pada pengaturan ini. Ada juga beberapa dering di sepanjang tepi dalam bidikan S21 Ultra.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), jarak dekat (2,5x), 1000 lux


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), potong: kurang detail, berdering


Huawei Mate 40 Pro, jarak dekat, 1000 lux


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail sangat bagus


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), jarak dekat, 1000 lux


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), potong: detail bagus

Hasilnya serupa pada 100 lux dan zoom jarak menengah (sekitar 4x). Mate 40 Pro jelas merupakan perangkat terbaik dalam perbandingan ini, dengan S21 tertinggal dari pendahulunya sendiri, menangkap lebih sedikit detail, dan menampilkan sedikit lebih banyak noise.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), jarak menengah (4x), 100 lux


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), potong: kurang detail


Huawei Mate 40 Pro, jarak menengah, 100 lux


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail sangat bagus


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), jarak menengah, 100 lux


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), potong: detail bagus

Memotret pada zoom jarak jauh (sekitar 8x) dalam cahaya redup akan membuat ponsel cerdas apa pun mencapai batasnya, tetapi beberapa masih lebih baik daripada yang lain. Hampir tidak ada detail yang tersisa di gambar S21 Ultra dan banyak noise yang terlihat. Dua gambar lainnya tidak ideal untuk pencetakan skala besar, tetapi menawarkan detail yang jauh lebih baik daripada flagship Samsung yang baru.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), jarak jauh (8x), 20 lux


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), potong: kurang detail


Huawei Mate 40 Pro, jarak jauh, 20 lux


Huawei Mate 40 Pro, potong: detail bagus


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), jarak jauh, 20 lux


Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), potong: detail yang dapat diterima

Contoh di bawah ini dibidik pada pengaturan tele yang setara dengan 110 mm yang lebih panjang. Rentang dinamis sekali lagi bagus, menangkap detail yang bagus di langit cerah maupun di area bayangan. Namun, teksturnya terlihat tidak alami (permukaan air) dan ada banyak kebisingan di beberapa area—misalnya, di rumput di tepi sungai.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), jarak jauh 110 mm


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), crop: noise, tekstur tidak alami


Huawei Mate 40 Pro, jarak jauh 110 mm


Huawei Mate 40 Pro, potong: noise lebih rendah, tekstur lebih baik


Apple iPhone 12 Pro Max, jarak jauh 110 mm


Apple iPhone 12 Pro Max, potong: noise sedikit lebih rendah

Banyak gambar tele-zoom juga menunjukkan artefak fusi kuat yang terjadi saat data gambar dari dua kamera atau lebih digabungkan untuk membuat gambar akhir. Misalnya, efek ghosting yang cukup mengganggu terlihat di latar belakang bidikan potret ini:


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele 200mm


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), artefak fusi yang kuat di latar belakang

Jarak jarak jauh 10x dari S21 Ultra 5G adalah poin plus yang juga kami perhitungkan dalam skor tele kami, tetapi jarak jauh itu sendiri tidak cukup untuk menutupi kurangnya detail, artefak fusi, dan secara keseluruhan lebih rendah kualitas gambar pada pengaturan tele menengah.

Lebar

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos)

46

58

Kehormatan Magic4 Ultimate

Terbaik: Honor Magic4 Ultimate (58)

Perangkat Samsung biasanya berkinerja baik dalam kategori luas dan S21 Ultra 5G tidak terkecuali. Skor 46 menempatkannya dengan kuat ke dalam sepuluh besar untuk sub-skor ini. Gambar yang diambil dengan kamera ultra lebar Samsung biasanya menunjukkan eksposur target yang akurat dan rentang dinamis yang lebar. Pada sisi negatifnya, sedikit white balance cast terkadang terlihat dan tingkat noise gambar lebih tinggi dari yang kita inginkan, terutama dalam pemandangan dalam ruangan.

Dalam perbandingan dalam ruangan ini, gambar Samsung menunjukkan gips yang sedikit hangat dan noise yang cukup kuat. Huawei menangkap gambar yang terasa lebih bersih tetapi hadir dengan gips kebiruan yang kuat. Gambar Apple juga cukup berisik tetapi memberikan warna terbaik.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), ultra lebar 14 mm


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), crop: noise cukup kuat


Huawei Mate 40 Pro, ultra lebar 14 mm


Huawei Mate 40 Pro, potong: noise rendah


Apple iPhone 12 Pro Max, ultra lebar 14 mm


Apple iPhone 12 Pro Max, potong: noise cukup kuat

Perlu disebutkan bahwa kamera ultra lebar secara otomatis beralih ke mode makro saat Anda mendekati subjek lebih dari 10 cm; Anda bisa mendapatkan sedekat sekitar 2 cm. Mode close-up ini tidak terlalu mulus atau stabil, dan sepertinya juga tidak ada cara untuk menonaktifkannya.

Skor video dijelaskan

Skor Video keseluruhan perangkat diperoleh dari kinerja dan hasil di berbagai atribut dengan cara yang sama seperti skor Foto. Diuji dalam mode 4K/60 fps, Samsung Galaxy S21 Ultra 5G mencapai skor Video 98. Itu hasil yang layak, tetapi tidak pada level tinggi yang sama dengan beberapa pesaing andalannya. Sub-skor Videonya adalah sebagai berikut: Eksposur (96), Warna (95), Fokus Otomatis (91), Tekstur (60), Kebisingan (75), Artefak (75), dan Stabilisasi (90). Di bagian ini, kita melihat lebih dekat kekuatan dan kelemahan perangkat untuk video, dengan beberapa perbandingan dengan pesaing utamanya.

S21 Ultra hadir dengan perekaman video 8K dan HDR10+, tetapi yang pertama hampir tidak menawarkan stabilisasi apa pun, sedangkan yang terakhir tidak tersedia dalam resolusi 4K. Kami memutuskan untuk menguji perangkat dalam resolusi 4K dan 60 fps karena setelan tersebut menawarkan tradeoff keseluruhan terbaik di antara semua atribut kualitas gambar.

Eksposur target video di Galaxy S21 Ultra 5G terkadang bisa rendah dalam kondisi cahaya redup. Eksposur umumnya stabil, dengan hanya sedikit ketidakstabilan sesekali.

Dalam hal jangkauan dinamis, Samsung bekerja dengan baik dalam kondisi indoor dan outdoor. Ini sedikit lebih baik daripada Huawei Mate 40 Pro dalam hal ini, tetapi tidak pada tingkat yang sama dengan iPhone 12 Pro Max, terutama ketika melihat retensi sorotan. Beberapa kliping juga terlihat di area bayangan.





Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), video dalam ruangan





Huawei Mate 40 Pro, video dalam ruangan





Apple iPhone 12 Pro Max, video dalam ruangan

Ada beberapa ruang untuk perbaikan warna dalam klip video. Keseimbangan putih cukup stabil dalam semua kondisi yang diuji, tetapi sedikit warna sering terlihat juga. Selain itu, tingkat saturasi berada di sisi rendah di semua tingkat cahaya.





Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), video dalam ruangan





Huawei Mate 40 Pro, video dalam ruangan





Apple iPhone 12 Pro Max, video dalam ruangan

Fokus otomatis S21 Ultra 5G umumnya bekerja dengan baik selama perekaman video, sebagian besar menjaga subjek tetap fokus secara akurat. Kami mengamati beberapa kegagalan fokus hanya dalam adegan dengan cahaya latar yang kuat.

Samsung agak tertinggal di belakang persaingan dalam hal tekstur video. Detail cenderung lembut dan “artefak tekstur bergerak”—di mana elemen bertekstur dari pemandangan tampak mengambang—terkadang terlihat. Kurangnya tekstur dan detail dikonfirmasi oleh pengukuran kami di lab.

Xem Thêm  Top 5 Kacamata Canggih Google Glass Update

Perbandingan kebisingan temporal video

Noise terlihat dalam klip video yang direkam dalam semua kondisi. Selain derau pencahayaan, derau kromatik yang kuat menjadi terlihat dalam cahaya rendah. Sedikit kebisingan pencahayaan juga terlihat dalam cahaya luar ruangan yang terang, tetapi perbedaan antara S21 Ultra dan iPhone 12 Pro Max dan Huawei Mate 40 Pro paling terlihat dalam kondisi dalam ruangan dan cahaya redup.

Perbandingan tekstur video

Detail juga lebih rendah dan tingkat kebisingan lebih tinggi dibandingkan pendahulunya S20 Ultra 5G. Anda dapat melihatnya dalam perbandingan dalam ruangan ini.







Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), video dalam ruangan







Samsung Galaxy S20 Ultra 5G (Exynos), video dalam ruangan

Perbedaan tekstur video antara S21 Ultra 5G dan S20 Ultra 5G dikonfirmasi oleh pengukuran lab kami.

Perbandingan tekstur video

Seperti halnya zoom jarak dekat, tampaknya output sensor 12 MP membatasi detail dalam video 4K (seperti yang kami sarankan di artikel pratinjau kami). Itu tidak memberikan resolusi yang cukup untuk rekaman video 4K yang stabil, yang membutuhkan pemotongan antara 15 dan 30 persen dari bingkai asli agar stabilisasi video elektronik menjadi efektif. Hal ini membuat semacam metode peningkatan skala menjadi suatu keharusan tetapi disertai dengan hilangnya detail gambar yang terkait.

Berkat kecepatan bingkai 60 fps, tidak ada artefak goncangan saat menggeser kamera; namun, rekaman sering kali menunjukkan artefak berbayang dan berdering.

Stabilisasi video menangkal gerakan berjalan dengan cukup baik, tetapi efek jello yang kuat terlihat dan stabilisasi secara keseluruhan tidak seefektif pada model terbaik di kelasnya. Pada pemandangan statis, stabilisasinya cukup efisien, tetapi beberapa gerakan sisa frekuensi tinggi terkadang terlihat. Artefak pergeseran bingkai juga terlihat.





Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), video luar ruang





Huawei Mate 40 Pro, video luar ruang





Apple iPhone 12 Pro Max, video luar ruang

Kesimpulan

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) mampu menangkap foto dan klip video yang layak di hampir semua kondisi. Namun, mengingat spesifikasi perangkat keras yang tampak mengesankan dan status Samsung sebagai perangkat unggulan ultra-premium dari merek besar, wajar untuk mengatakan bahwa kami mengharapkan skor setidaknya 10 poin lebih tinggi.

S21 Ultra 5G tertinggal dari pesaing langsung seperti Huawei Mate 40 Pro dan iPhone 12 Pro Max di hampir semua kategori pengujian — bahkan untuk Zoom, di mana secara teori pengaturan dual-tele seharusnya memberi Samsung keuntungan yang nyata . Anehnya, itu juga tidak dapat bersaing dengan pendahulunya sendiri, Galaxy S20 Ultra, dan perangkat lain yang sedikit lebih tua (misalnya, iPhone 11 Pro Max).

Tidak diragukan lagi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G adalah perangkat yang menarik dengan chipset yang kuat dan tampilan yang mengesankan. Jika kamera adalah prioritas, saat ini ada sejumlah opsi yang lebih baik untuk dipilih, tetapi ada harapan bahwa Samsung mungkin dapat memperbaiki beberapa masalah yang diidentifikasi dalam ulasan ini dengan pembaruan firmware dan dengan demikian mengurangi kesenjangan antara S21 Ultra 5G. dan perangkat berperingkat teratas.

Pro

  • Rentang dinamis yang cukup lebar dan kontras yang baik
  • Aksi zoom halus dan adaptasi eksposur di pratinjau saat mengubah faktor zoom
  • Keseimbangan putih stabil dan fokus otomatis akurat dalam video
  • Gerakan halus berkat kecepatan bingkai tinggi

Kontra

  • Kebisingan dalam segala kondisi, terkadang sangat kuat, terstruktur dan berwarna, baik pada foto maupun video
  • Tekstur yang sedikit tidak alami dan artefak fusi dalam gambar zoom
  • Waktu pemotretan agak lambat dalam kondisi cahaya redup dan kontras tinggi
  • Stabilisasi video performa rendah saat kamera diam selama perekaman, efek jello yang kuat

Catatan editor: Versi firmware

Setelah menerbitkan Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos) kami, ulasan kami menerima sejumlah komentar dari pembaca yang khawatir bahwa kami tidak menggunakan versi firmware terbaru untuk pengujian. Kami menggunakan versi firmware terbaru yang tersedia saat pengujian dimulai; namun, Samsung merilis versi firmware baru antara awal pengujian dan publikasi artikel ulasan.

Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memeriksa hasil pengujian kami terhadap versi firmware terbaru yang tersedia sekarang untuk memastikan bahwa tidak ada perbedaan besar dan bahwa hasil serta skor tetap valid.

Untuk melakukan pemeriksaan, kami menguji ulang sebagian S21 Ultra 5G (Exynos) menggunakan firmware versi G998BXXU1AUB9. Ini bukan versi terbaru tetapi merupakan versi terbaru yang tersedia untuk unit pengujian khusus kami (pembaruan over-the-air atau OTA diterapkan secara bertahap) pada hari Jumat, 5 Maret, hari kami melakukan pemeriksaan.

Seperti yang Anda lihat dalam sampel cahaya redup ini, ada sedikit peningkatan dalam hal noise dengan firmware yang lebih baru. Namun, tingkat kebisingan masih sangat tinggi dan sedikit perbedaan tidak akan berdampak pada kebisingan, foto, atau skor keseluruhan. Hal yang sama berlaku untuk video.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), cahaya redup, firmware yang digunakan dalam tinjauan


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware yang digunakan dalam ulasan, crop: noise yang kuat


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), cahaya redup, firmware baru


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware baru, crop: noise kuat

Kami juga melakukan beberapa pemeriksaan pada kualitas tele-zoom. Detail sedikit meningkat pada jarak dekat tetapi kinerjanya sangat tidak stabil pada jarak jauh, jadi secara keseluruhan tidak ada peningkatan pada skor tele atau zoom.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele jarak dekat, 1000lux, firmware yang digunakan dalam tinjauan


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware yang digunakan dalam peninjauan, potong: beberapa kehilangan detail


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele jarak dekat, 1000lux, firmware baru


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware baru, crop: detail sedikit lebih baik

Tele-zoom sangat tidak stabil pada jarak jauh.


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele jarak jauh, 1000lux, firmware yang digunakan dalam tinjauan


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware yang digunakan dalam peninjauan, potong: beberapa kehilangan detail


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele jarak jauh, 1000 lux, firmware baru


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware baru, crop: beberapa kehilangan detail


Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), tele jarak jauh, 1000 lux, firmware baru

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Exynos), firmware baru, crop: kehilangan detail yang kuat

Video

Dalam Pers


Melihat informasi lebih lanjut terkait topik spesifikasi kamera ultra samsung galaxy s21

Galaxy S21 Ultra vs Galaxy S21 Camera Test Comparison After Update!

alt

  • Penulis: Danny Winget
  • Tanggal posting: 2021-03-01
  • Nilai: 4 ⭐ ( 7238 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Here is my long awaited Galaxy S21 vs Galaxy S21 Ultra Camera comparison. The Galaxy S21 Ultra Camera is the best that Samsung makes right now but is the cheaper Galaxy S21 Camera just as good? As a part of my Galaxy S21 Ultra Camera Review series instead of the Galaxy S21 Camera review being done as a separate video I thought this approach was the best. Which camera do you think does a better job? I know I didn’t use the Galaxy S21 Plus but the same results would happen from the Galaxy S21 Ultra vs Galaxy S21 Plus camera comparison since they both have the exact same camera system.

    galaxys21 galaxys21ultra galaxys21ultracamera

Review Kamera Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

  • Penulis: www.yangcanggih.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 6499 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Lebih awal dari biasanya, Samsung memperkenalkan Galaxy S21 Series di bulan Januari 2021. Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, seri S biasanya

Review Samsung Galaxy S21 Ultra – Handphone Galaxy S Pertama dengan Dukungan S Pen

  • Penulis: gadgetren.com
  • Nilai: 5 ⭐ ( 3319 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Galaxy S21 Ultra terlihat menarik dengan desain kamera yang menyatu dengan rangka handphone-nya. Baterainya pun tahan lama ditambah dengan performa yang kencang. Kameranya walaupun membawa berbagai peningkatan sayangnya kurang bagus di kondisi minim cahaya.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

  • Penulis: www.gsmarena.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 5862 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian:

Ini Spesifikasi Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra

  • Penulis: www.liputan6.com
  • Nilai: 3 ⭐ ( 8123 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Seperti apa spesifikasi lengkap Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra?

Samsung Galaxy S21 Ultra (SD888) Spesifikasi & Kecepatan

  • Penulis: www.ubergizmo.com
  • Nilai: 4 ⭐ ( 4512 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Samsung Galaxy S21 Ultra (SD888): 6.8-inch (3200×1440), 108 MP Camera, 5000 mAh, Snapdragon 888 Processor (12 GB)

Review Samsung Galaxy S21 Ultra

  • Penulis: www.tek.id
  • Nilai: 3 ⭐ ( 2022 peringkat )
  • Cocokkan hasil pencarian: Jika dibandingkan dengan dua seri lainnya (Galaxy S21 & Galaxy S21+), Galaxy S21 Ultra memiliki spesifikasi yang jelas lebih unggul.

Lihat artikel lainnya dalam kategori ini: Teknologi